10 Cara Format Flashdisk di Android

admin

0 Comment

Link

Flashdisk adalah salah satu perangkat penyimpanan data yang praktis dan portable. Banyak orang menggunakan flashdisk untuk menyimpan dan memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Namun, terkadang flashdisk perlu diformat agar dapat digunakan secara optimal. Jika Anda menggunakan perangkat Android dan ingin memformat flashdisk, berikut adalah 10 cara yang dapat Anda lakukan:

Cara Format Flashdisk di Android

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan Android

Android memiliki aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda untuk memformat flashdisk dengan mudah. Cari aplikasi bernama “Pengaturan” atau “Settings” di perangkat Android Anda, lalu buka. Selanjutnya, cari opsi “Penyimpanan” atau “Storage” dan pilih flashdisk yang ingin Anda format. Di dalam pengaturan flashdisk, Anda akan menemukan opsi untuk memformat.

Setelah Anda menemukan opsi format, Anda akan diberikan pilihan format yang tersedia, seperti FAT32 atau exFAT. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu ikuti instruksi untuk menyelesaikan proses format.

Penting untuk diingat, saat memformat flashdisk, semua data yang ada di dalamnya akan dihapus secara permanen. Pastikan Anda telah memindahkan semua data penting sebelum memulai proses format.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak menemukan opsi format pada aplikasi bawaan Android, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Terdapat beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk memformat flashdisk di perangkat Android.

Cari aplikasi “Format Flashdisk” atau “Flash Drive Formatter” di Google Play Store, lalu unduh dan instal aplikasi yang dipilih. Buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memformat flashdisk Anda.

Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain. Selalu berhati-hati saat mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak diketahui, karena dapat membahayakan perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Perangkat Lunak di Komputer

Jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil atau Anda lebih memilih menggunakan komputer, Anda dapat memformat flashdisk di perangkat komputer. Caranya adalah dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat diinstal pada komputer Anda.

Ada beberapa perangkat lunak yang dapat Anda gunakan, seperti “HP USB Disk Storage Format Tool” atau “Rufus”. Unduh dan instal perangkat lunak yang Anda pilih, lalu hubungkan flashdisk ke komputer menggunakan kabel USB.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Melihat IP Address Android

Setelah flashdisk terhubung, buka perangkat lunak yang telah Anda instal. Pilih flashdisk yang ingin Anda format, lalu pilih opsi format yang diinginkan, seperti FAT32 atau NTFS. Pastikan Anda telah memilih dengan hati-hati karena proses format akan menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk.

Klik tombol “Format” atau “Start” untuk memulai proses format. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelah selesai, Anda dapat melepas flashdisk dari komputer dan menggunakannya pada perangkat Android Anda.

4. Memformat Melalui Command Prompt

Bagi yang lebih berpengalaman dengan penggunaan command prompt, Anda dapat memformat flashdisk di Android menggunakan perintah yang tersedia. Caranya adalah dengan menghubungkan flashdisk ke komputer dan membuka command prompt.

Di command prompt, ketik perintah “diskpart” untuk membuka utilitas manajemen disk. Selanjutnya, ketik perintah “list disk” untuk menampilkan daftar disk yang terhubung ke komputer. Cari nomor disk yang sesuai dengan flashdisk Anda.

Selanjutnya, ketik perintah “select disk X” (X adalah nomor disk flashdisk Anda) dan tekan Enter. Kemudian, ketik perintah “clean” untuk menghapus partisi yang ada di flashdisk. Setelah itu, ketik perintah “create partition primary” untuk membuat partisi baru.

Terakhir, ketik perintah “format fs=FAT32 quick” (atau format yang diinginkan) untuk memulai proses format flashdisk. Tunggu hingga proses selesai, dan flashdisk Anda siap digunakan di perangkat Android.

5. Menggunakan Aplikasi File Manager

Selain menggunakan aplikasi khusus untuk memformat flashdisk, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi file manager yang telah terinstal di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi file manager memiliki fitur untuk memformat flashdisk.

Buka aplikasi file manager di perangkat Android Anda, lalu cari flashdisk yang ingin Anda format. Pilih flashdisk tersebut, lalu cari opsi “Format” atau “Format Drive” dalam menu pengaturan flashdisk.

Pilih format yang diinginkan, seperti FAT32 atau exFAT, lalu ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses format. Setelah selesai, flashdisk Anda siap digunakan kembali.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Setting Google Chrome di Android

6. Menggunakan Perintah ADB

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang Android Debug Bridge (ADB), Anda dapat memformat flashdisk di perangkat Android menggunakan perintah ADB. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan ADB memerlukan koneksi USB debugging yang diaktifkan di perangkat Android.

Pertama, hubungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan Anda telah menginstal driver ADB yang sesuai di komputer Anda. Buka command prompt atau terminal di komputer, lalu ketik perintah “adb devices” untuk memastikan perangkat Android Anda terdeteksi.

Setelah perangkat Android terdeteksi, ketik perintah “adb shell” untuk masuk ke shell perangkat Android. Selanjutnya, ketik perintah “sm partition disk:179,64 private” untuk memulai proses format flashdisk. Pastikan Anda mengganti “disk:179,64” dengan identifikasi yang sesuai untuk flashdisk Anda.

Tunggu hingga proses format selesai, dan flashdisk Anda akan diformat sebagai penyimpanan internal perangkat Android. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan flashdisk tersebut untuk menyimpan aplikasi dan data secara langsung di perangkat Android.

7. Menggunakan Aplikasi Partisi

Jika Anda ingin melakukan partisi pada flashdisk di perangkat Android, Anda dapat menggunakan aplikasi partisi yang tersedia di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memformat flashdisk dan membuat partisi baru sesuai kebutuhan Anda.

Cari aplikasi “Aplikasi Partisi Flashdisk” atau “Flash Drive Partition” di Google Play Store, lalu unduh dan instal aplikasi yang dipilih. Buka aplikasi tersebut dan pilih flashdisk yang ingin Anda format dan partisi.

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk membuat partisi baru dan memformat flashdisk. Pastikan Anda memahami proses partisi dengan baik sebelum melanjutkan, karena kesalahan dapat menyebabkan hilangnya data.

8. Memformat di Perangkat Lain

Jika Anda tidak memiliki akses ke komputer atau perangkat Android, Anda masih dapat memformat flashdisk menggunakan perangkat lain seperti laptop, tablet, atau perangkat lain yang memiliki fitur memformat.

Sambungkan flashdisk ke perangkat yang Anda pilih, lalu buka pengaturan atau aplikasi penyimpanan perangkat tersebut. Cari opsi memformat atau mengatur ulang perangkat penyimpanan eksternal, dan pilih flashdisk yang ingin Anda format.

Ikuti instruksi yang diberikan untuk memulai proses format. Setelah selesai, flashdisk Anda siap digunakan kembali.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

9. Memformat dengan Menekan Tombol

Beberapa flashdisk memiliki tombol format fisik yang dapat Anda gunakan untuk memformat flashdisk di perangkat Android. Tombol ini umumnya terletak di sisi atau bagian belakang flashdisk.

Untuk memformat flashdisk dengan tombol format, pastikan flashdisk terhubung ke perangkat Android Anda. Cari tombol format dan tekan dan tahan tombol tersebut selama beberapa detik hingga Anda melihat indikator format, seperti lampu LED berkedip atau perangkat Android Anda memberikan notifikasi.

Setelah proses format selesai, Anda dapat melepas flashdisk dari perangkat Android dan menggunakannya kembali.

10. Mencari Bantuan Teknisi

Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, Anda selalu dapat mencari bantuan dari teknisi komputer atau teknisi perangkat Android. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan untuk memformat flashdisk dengan aman dan benar sesuai dengan perangkat Android Anda. Anda dapat membawa flashdisk Anda ke toko atau pusat layanan terdekat dan meminta bantuan dari teknisi untuk memformatnya.

Pastikan Anda menjelaskan dengan jelas kepada teknisi tentang kebutuhan Anda dan pastikan mereka menggunakan metode format yang sesuai dan aman. Selain itu, pastikan untuk melakukan cadangan semua data yang ada di flashdisk sebelum membawanya ke teknisi, karena proses format akan menghapus semua data yang ada.

Dalam penutup, memformat flashdisk di perangkat Android dapat dilakukan dengan berbagai cara yang telah disebutkan di atas. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk memahami prosesnya dengan baik sebelum melakukannya. Penting juga untuk selalu melakukan cadangan data penting sebelum memulai proses format.

Dengan menggunakan salah satu dari 10 cara format flashdisk di Android yang telah dijelaskan, Anda dapat memastikan flashdisk Anda siap digunakan kembali dengan performa yang optimal. Ingatlah bahwa setiap langkah harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan agar tidak merusak flashdisk atau kehilangan data yang berharga.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memformat flashdisk di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!

Share:

Related Post