google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

10 Cara Melihat Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai aplikasi yang pernah diinstal di ponsel Android Anda, tetapi kini sudah dihapus? Apakah ada cara untuk melihat riwayat aplikasi yang sudah di-uninstall? Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk melihat aplikasi yang sudah di-uninstall di perangkat Android Anda. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Riwayat Pengunduhan di Play Store

Salah satu cara termudah untuk melihat aplikasi yang sudah di-uninstall adalah dengan memeriksa riwayat pengunduhan di Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda. Kemudian, ketuk ikon garis tiga yang terletak di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.

Setelah itu, gulir ke bawah dan pilih opsi “Aplikasi & Game” dari menu yang muncul. Di sini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang pernah Anda unduh, termasuk yang sudah di-uninstall.

Dengan melihat riwayat pengunduhan di Google Play Store, Anda dapat mengetahui aplikasi mana saja yang pernah di-instal di perangkat Android Anda, bahkan yang sudah dihapus.

2. Pengaturan Aplikasi di Perangkat Android

Selain melalui Play Store, Anda juga dapat melihat aplikasi yang sudah di-uninstall melalui pengaturan aplikasi di perangkat Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda. Cari dan pilih opsi “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi” dalam menu Pengaturan, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

Setelah itu, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Untuk melihat aplikasi yang sudah di-uninstall, ketuk opsi “Semua” atau “Semua Aplikasi” dan gulir ke bawah.

Di sini, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang pernah terinstal di perangkat Android Anda, termasuk yang sudah dihapus. Anda juga dapat melihat informasi tambahan seperti ukuran aplikasi dan data yang terkait dengan aplikasi tersebut.

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Nonton Live Streaming Bola di Android

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin melihat daftar lengkap aplikasi yang sudah di-uninstall di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “My App List” atau “Uninstaller”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka Google Play Store dan cari aplikasi “My App List” atau “Uninstaller”. Unduh dan instal salah satu aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Setelah itu, buka aplikasi yang telah Anda instal. Biasanya, aplikasi semacam ini akan menampilkan daftar semua aplikasi yang pernah Anda unduh dan instal, termasuk yang sudah di-uninstall.

Anda juga dapat menggunakan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh aplikasi ini, seperti pencarian, penyaringan berdasarkan kategori, atau menghapus riwayat aplikasi tertentu.

4. Mengecek Riwayat Pembelian di Google Play

Jika Anda pernah membeli aplikasi berbayar di Google Play Store dan ingin melihat aplikasi yang sudah di-uninstall, Anda dapat memeriksa riwayat pembelian Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda. Kemudian, ketuk ikon garis tiga yang terletak di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.

Setelah itu, pilih opsi “Akun” atau “Akun Saya” dari menu yang muncul. Di sini, Anda akan melihat daftar riwayat pembelian yang terhubung dengan akun Google Anda.

Gulir ke bawah dan cari bagian “Pembelian” atau “Riwayat Pembelian”. Di sini, Anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang pernah Anda beli di Google Play Store, termasuk yang sudah di-uninstall.

5. Menggunakan Aplikasi Pelacakan Ponsel

Jika Anda ingin mengetahui aplikasi yang sudah di-uninstall oleh orang lain di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pelacakan ponsel seperti “Family Link” atau “Find My Device”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka Google Play Store dan cari aplikasi “Family Link” atau “Find My Device”. Unduh dan instal salah satu aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Setelah itu, buka aplikasi yang telah Anda instal dan ikuti petunjuk untuk menghubungkan perangkat Android Anda dengan aplikasi tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi pelacakan ponsel, Anda dapat melihat riwayat aplikasi yang diinstal dan di-uninstall oleh pengguna lain di perangkat Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Ganti Background Foto di Android

6. Pemeriksaan Penggunaan Data

Selain melihat riwayat aplikasi yang sudah di-uninstall, Anda juga dapat memeriksa penggunaan data di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi yang sudah di-uninstall mungkin masih meninggalkan jejak penggunaan data mereka. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda. Cari dan pilih opsi “Penggunaan Data” atau “Penggunaan Data & Baterai” dalam menu Pengaturan, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

Setelah itu, Anda akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan data di perangkat Anda. Gulir ke bawah dan cari aplikasi yang sudah di-uninstall.

Di sini, Anda dapat melihat penggunaan data yang terkait dengan aplikasi yang sudah dihapus. Meskipun aplikasi tersebut tidak terlihat di perangkat Anda, data penggunaan mereka mungkin tetap ada.

7. Menggunakan Penyimpanan Pihak Ketiga

Jika Anda ingin melihat aplikasi yang sudah di-uninstall beserta data yang terkait, Anda dapat menggunakan penyimpanan pihak ketiga seperti Google Drive atau Dropbox. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, pastikan Anda telah terhubung ke akun penyimpanan cloud, seperti Google Drive atau Dropbox, di perangkat Android Anda. Jika belum, unduh dan instal aplikasi penyimpanan cloud tersebut dari Google Play Store.

Setelah itu, buka aplikasi penyimpanan cloud yang telah Anda instal. Biasanya, aplikasi ini akan menampilkan daftar file dan folder yang tersimpan di akun Anda.

Gulir ke bawah dan cari folder yang terkait dengan aplikasi yang ingin Anda periksa. Di dalam folder tersebut, Anda mungkin akan menemukan data yang terkait dengan aplikasi yang sudah di-uninstall.

Dengan menggunakan penyimpanan pihak ketiga, Anda dapat melihat file dan data yang mungkin masih tersimpan meskipun aplikasi sudah dihapus dari perangkat Android Anda.

8. Melalui Riwayat Backup dan Sinkronisasi

Jika Anda telah mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi di perangkat Android Anda, Anda dapat melihat aplikasi yang sudah di-uninstall melalui riwayat backup. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda. Cari dan pilih opsi “Backup dan Sinkronisasi” dalam menu Pengaturan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download GTA 5 PPSSPP Android

Setelah itu, periksa apakah fitur backup dan sinkronisasi diaktifkan. Jika ya, ketuk opsi “Lihat Riwayat Backup” atau “Riwayat Backup” yang tersedia di menu tersebut.

Di sini, Anda akan melihat daftar semua backup yang telah dibuat di perangkat Android Anda. Cari backup yang sesuai dengan tanggal dan waktu saat aplikasi yang ingin Anda periksa masih terinstal.

Kemudian, ikuti petunjuk untuk melihat isi dari backup tersebut. Anda mungkin akan menemukan aplikasi yang sudah di-uninstall beserta data yang terkait di dalamnya.

9. Melalui Catatan atau Histori Pribadi

Jika Anda mencatat atau mencatat aktivitas di perangkat Android Anda, Anda dapat memeriksa catatan atau histori pribadi untuk melihat aplikasi yang sudah di-uninstall. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi catatan atau histori pribadi yang Anda gunakan di perangkat Android Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi catatan, aplikasi kalender, atau aplikasi pencatat aktivitas.

Gulir ke bawah atau cari tanggal atau entri yang sesuai dengan periode waktu saat aplikasi yang ingin Anda periksa masih terinstal di perangkat Android Anda.

Kemudian, lihat catatan atau histori yang terkait dengan tanggal tersebut. Anda mungkin telah mencatat atau mencatat aktivitas terkait dengan penggunaan atau penghapusan aplikasi.

Melalui catatan atau histori pribadi, Anda dapat melihat jejak atau informasi mengenai aplikasi yang sudah di-uninstall di perangkat Android Anda.

10. Menggunakan Aplikasi Forensik

Jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian dalam bidang forensik digital, Anda dapat menggunakan aplikasi forensik untuk melihat aplikasi yang sudah di-uninstall di perangkat Android. Namun, penggunaan aplikasi forensik memerlukan pengetahuan yang mendalam dan dapat rumit. Jadi, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional terkait jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Penutup

Demikianlah 10 cara untuk melihat aplikasi yang sudah di-uninstall di perangkat Android Anda. Mulai dari memeriksa riwayat pengunduhan di Google Play Store hingga menggunakan aplikasi forensik, Anda memiliki berbagai pilihan yang dapat Anda coba. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan mempertimbangkan privasi serta keamanan data pribadi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengeksplorasi riwayat aplikasi di perangkat Android Anda!