10 Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus di Android

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Namun, terkadang kita menghapus chat WhatsApp secara tidak sengaja atau bahkan sengaja dan kemudian menyadari bahwa pesan itu penting. Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus di perangkat Android Anda.

Perhatian: Artikel ini hanya bertujuan untuk tujuan informatif. Penting untuk menghormati privasi dan batasan hukum yang berlaku. Pastikan Anda memiliki izin yang sah sebelum menggunakan metode yang dijelaskan dalam artikel ini.

Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus di Android

1. Menggunakan Cadangan Google Drive

Jika Anda mengaktifkan fitur cadangan di WhatsApp, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan chat yang sudah dihapus melalui Google Drive. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

Langkah 1: Buka WhatsApp dan pastikan akun Google Anda terhubung ke aplikasi.

Langkah 2: Masuk ke pengaturan WhatsApp dan pilih “Chat” -> “Cadangan chat”.

Langkah 3: Pilih opsi “Cadangkan ke Google Drive” dan atur frekuensi cadangan yang diinginkan.

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika Anda tidak menggunakan cadangan WhatsApp atau ingin mengembalikan pesan yang dihapus tanpa cadangan, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Beberapa aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memulihkan chat WhatsApp yang sudah dihapus. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melihat Password WiFi First Media di Android

Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi pemulihan data WhatsApp dari Google Play Store.

Langkah 2: Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk memindai perangkat Anda.

Langkah 3: Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan pesan yang dapat dipulihkan. Pilih pesan yang ingin Anda kembalikan dan ikuti petunjuk yang diberikan.

3. Menggunakan File Explorer

Jika Anda memiliki akses ke penyimpanan internal perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan file explorer untuk mencari dan memulihkan file pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Instal file explorer yang kompatibel dengan perangkat Anda melalui Google Play Store.

Langkah 2: Buka file explorer dan temukan folder “WhatsApp” di penyimpanan internal Anda.

Langkah 3: Cari folder “Databases” dan temukan file dengan ekstensi “.crypt12” atau “.crypt”. Inilah file yang berisi pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Langkah 4: Pindahkan file tersebut ke perangkat lain atau salin ke komputer Anda.

Langkah 5: Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti “WhatsApp Viewer” untuk membuka dan membaca isi file pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

4. Menggunakan Aplikasi Data Recovery

Aplikasi pemulihan data juga dapat membantu Anda dalam memulihkan chat WhatsApp yang sudah dihapus di perangkat Android. Beberapa aplikasi ini memiliki fitur khusus untuk memulihkan data dari aplikasi pesan seperti WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi pemulihan data yang kompatibel dengan perangkat Anda dari Google Play Store.

Langkah 2: Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk memindai perangkat Anda.

Langkah 3: Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan data yang dapat dipulihkan. Pilih chat WhatsApp yang sudah dihapus dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkannya.

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Memindahkan WhatsApp dari Android ke iPhone

5. Menggunakan Aplikasi Backup dan Restore

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membuat cadangan dan mengembalikan data di perangkat Android juga dapat digunakan untuk memulihkan chat WhatsApp yang sudah dihapus. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi backup dan restore yang kompatibel dengan perangkat Anda dari Google Play Store.

Langkah 2: Buka aplikasi dan pilih opsi “Restore” atau “Import” data.

Langkah 3: Cari file cadangan yang berisi pesan WhatsApp yang sudah dihapus dan pilih untuk mengembalikannya.

6. Menggunakan WhatsApp Web

Jika Anda terhubung ke WhatsApp Web melalui perangkat lain sebelum chat dihapus, Anda masih memiliki peluang untuk melihat pesan yang sudah dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka WhatsApp Web di perangkat yang Anda gunakan sebelum chat dihapus.

Langkah 2: Jika sesi WhatsApp Web masih aktif, Anda akan melihat pesan yang dihapus dalam riwayat chat.

Langkah 3: Scroll ke bawah dan cari pesan yang ingin Anda lihat.

7. Minta Pengirim Pesan

Jika Anda sangat membutuhkan pesan yang sudah dihapus, Anda dapat menghubungi pengirim pesan dan meminta mereka untuk mengirim kembali pesan tersebut. Meskipun ini bergantung pada kebijakan dan kesediaan pengirim pesan, ini dapat menjadi cara sederhana untuk mendapatkan kembali pesan yang sudah dihapus.

8. Gunakan Aplikasi Pemulihan Pesan WhatsApp

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memulihkan pesan yang hilang, termasuk pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Cari dan unduh aplikasi pemulihan pesan WhatsApp dari Google Play Store.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Memindahkan Foto dari Android ke iPhone

Langkah 2: Buka aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk memindai perangkat Anda.

Langkah 3: Pilih opsi “Pemulihan Pesan” atau “Pulihkan Data” di dalam aplikasi.

Langkah 4: Aplikasi akan memulai proses pemindaian dan menampilkan pesan WhatsApp yang dapat dipulihkan.

Langkah 5: Pilih pesan yang ingin Anda pulihkan dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkannya.

9. Menggunakan Aplikasi Keylogger

Metode ini sebaiknya digunakan dengan hati-hati dan dengan memperhatikan privasi orang lain. Aplikasi keylogger dapat merekam setiap ketukan yang dilakukan pada perangkat Android, termasuk pesan yang diketik di WhatsApp. Namun, penggunaan aplikasi keylogger melibatkan masalah privasi dan kelegalan. Pastikan untuk mempertimbangkan hukum dan etika sebelum menggunakan metode ini.

10. Konsultasikan dengan Profesional IT

Jika Anda tidak merasa yakin atau tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup, Anda dapat mencari bantuan dari profesional IT atau ahli pemulihan data. Mereka memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk membantu Anda memulihkan pesan WhatsApp yang sudah dihapus dengan aman dan efektif.

Dalam kesimpulan, meskipun mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus mungkin menjadi tugas yang menantang, masih ada beberapa metode yang dapat Anda coba. Mulai dari menggunakan cadangan Google Drive hingga aplikasi pemulihan data, ada berbagai cara yang dapat membantu Anda melihat kembali pesan yang penting. Ingatlah untuk selalu menghormati privasi orang lain dan mengikuti hukum yang berlaku saat menggunakan metode ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus di perangkat Android Anda.