10 Cara Melihat Password WiFi di Android Tanpa Root

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda pernah menghadapi situasi di mana Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi tetapi tidak tahu kata sandinya? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membahas 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk melihat password WiFi di perangkat Android tanpa memerlukan akses root. Dengan menggunakan metode yang kami jelaskan di bawah ini, Anda akan dapat mengakses jaringan WiFi dengan mudah dan tanpa kesulitan. Mari kita lihat 10 cara ini lebih detail.

1. Mencoba Password Default

Banyak router WiFi memiliki kata sandi default yang diatur oleh produsen. Biasanya, kata sandi ini tercetak pada stiker di belakang router atau dapat ditemukan dalam buku petunjuk penggunaan. Anda dapat mencoba menggunakan kata sandi default ini untuk mengakses jaringan WiFi yang ingin Anda gunakan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua router menggunakan kata sandi default yang sama, jadi pastikan untuk mencari informasi yang relevan untuk router spesifik Anda.

Jika Anda tidak menemukan kata sandi default pada stiker atau buku petunjuk penggunaan, Anda dapat mencari informasi ini secara online. Cari merek dan model router Anda untuk menemukan kata sandi default yang mungkin digunakan. Ada banyak situs web yang menyediakan daftar kata sandi default untuk berbagai merek router.

Jika kata sandi default tidak berhasil, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain yang dapat Anda coba untuk melihat password WiFi di Android tanpa root.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi populer termasuk WiFi Map, WiFi Password Recovery, dan WiFi Password Show. Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi ini melalui Google Play Store.

Setelah menginstal aplikasi, jalankan aplikasi tersebut dan Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah Anda terhubung sebelumnya. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, dan aplikasi akan menampilkan kata sandi yang tersimpan. Perlu diingat bahwa untuk menggunakan aplikasi semacam ini, Anda mungkin perlu memberikan izin root, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  11 Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Jika Anda tidak ingin memberikan akses root ke aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mencoba metode lain yang tidak memerlukan akses root.

3. Menggunakan File Konfigurasi WiFi

Pada perangkat Android, informasi tentang jaringan WiFi yang pernah Anda terhubung disimpan dalam file konfigurasi tertentu. Anda dapat mengakses file ini dengan menggunakan aplikasi manajer file yang mendukung akses ke direktori root perangkat Anda, seperti ES File Explorer.

Setelah Anda membuka aplikasi manajer file, cari direktori bernama “/data/misc/wifi”. Di dalam direktori ini, Anda akan menemukan file dengan ekstensi “.conf”. Setiap file ini mewakili satu jaringan WiFi yang pernah terhubung dengan perangkat Anda.

Buka file dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Di dalam file ini, cari baris yang berisi “psk=” diikuti dengan kata sandi WiFi yang tersembunyi. Anda dapat menyalin kata sandi ini dan menggunakannya untuk terhubung ke jaringan WiFi.

4. Menggunakan Perintah ADB

Jika Anda terbiasa dengan penggunaan perintah ADB (Android Debug Bridge), Anda dapat menggunakan perintah ini untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android. Untuk menggunakan perintah ini, Anda perlu menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer dengan kabel USB dan menginstal ADB di komputer Anda.

Setelah perangkat Anda terhubung dan ADB diinstal, buka terminal atau command prompt di komputer Anda dan jalankan perintah berikut:

adb pull /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf

Perintah ini akan menyalin file konfigurasi WiFi perangkat Android ke komputer Anda. Setelah itu, Anda dapat membuka file tersebut menggunakan editor teks dan mencari kata sandi WiFi yang ingin Anda lihat.

5. Menggunakan Fitur Share WiFi

Android memiliki fitur yang memungkinkan Anda berbagi kata sandi WiFi dengan perangkat lain melalui kode QR. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda. Fitur ini tersedia di Android 10 atau versi yang lebih baru.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  5 Cara Menghapus Teman Facebook di Android

Untuk menggunakan fitur ini, buka pengaturan WiFi pada perangkat Android Anda. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, lalu pilih opsi “Share” atau “Bagikan”. Android akan menghasilkan kode QR yang berisi informasi jaringan WiFi, termasuk kata sandi.

Gunakan perangkat lain, seperti ponsel cerdas atau tablet, untuk memindai kode QR tersebut. Perangkat lain akan secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi tanpa harus memasukkan kata sandi.

6. Menggunakan Perintah Terminal

Jika perangkat Android Anda di-root, Anda dapat menggunakan perintah terminal untuk melihat kata sandi WiFi yang tersimpan. Anda perlu menginstal aplikasi Terminal Emulator di perangkat Android Anda untuk menjalankan perintah-perintah ini.

Setelah menginstal Terminal Emulator, jalankan aplikasi tersebut dan ketik perintah berikut:

su

cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf

Perintah ini akan menampilkan isi file konfigurasi WiFi yang mencakup kata sandi jaringan yang tersimpan di perangkat Android Anda. Cari baris yang berisi kata sandi yang ingin Anda lihat.

7. Menggunakan Akses Tethering

Metode selanjutnya untuk melihat password WiFi di Android tanpa root adalah dengan memanfaatkan fitur akses tethering atau hotspot. Anda dapat menggunakan perangkat lain, seperti laptop, untuk terhubung ke perangkat Android Anda melalui tethering.

Setelah terhubung, buka pengaturan hotspot di perangkat Android Anda. Di sana, Anda akan melihat opsi “Tampilkan password” atau “Lihat password”. Pilih opsi ini, dan perangkat Android akan menampilkan password WiFi yang sedang digunakan dalam bentuk teks yang dapat Anda lihat.

8. Menggunakan Aplikasi WiFi Key Recovery

WiFi Key Recovery adalah aplikasi lain yang dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Aplikasi ini bekerja pada perangkat yang tidak di-root, sehingga Anda tidak perlu memberikan akses root kepada aplikasi ini.

Unduh dan instal aplikasi WiFi Key Recovery melalui Google Play Store. Setelah diinstal, jalankan aplikasi tersebut dan Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah Anda terhubung sebelumnya. Pilih jaringan yang ingin Anda lihat passwordnya, dan aplikasi akan menampilkan kata sandi yang tersimpan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara Nonton TV di Android Gratis

Aplikasi ini berguna jika Anda ingin melihat password WiFi yang tersimpan tetapi tidak ingin memberikan akses root ke perangkat Anda.

9. Menggunakan Fitur WiFi Password Sharing

Pada perangkat Android dengan versi yang lebih baru, terdapat fitur WiFi password sharing yang memungkinkan Anda untuk melihat password WiFi yang tersimpan. Fitur ini memungkinkan Anda berbagi kata sandi WiFi dengan perangkat lain melalui koneksi Bluetooth.

Untuk menggunakan fitur ini, buka pengaturan WiFi pada perangkat Android Anda. Temukan jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, lalu ketuk dan tahan nama jaringan tersebut. Pilih opsi “Share” atau “Bagikan” dan pilih perangkat Bluetooth yang ingin Anda gunakan untuk berbagi password WiFi.

Perangkat penerima akan menerima permintaan untuk menerima password WiFi dan setelah itu, kata sandi akan ditampilkan pada perangkat penerima.

10. Menghubungi Provider WiFi

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau tidak memungkinkan, Anda dapat menghubungi penyedia jasa WiFi atau pemilik jaringan WiFi untuk meminta kata sandi. Penyedia jasa WiFi biasanya memberikan kata sandi WiFi kepada pelanggan mereka dan dapat memberikan Anda informasi yang Anda butuhkan.

Sebelum menghubungi penyedia jasa WiFi, pastikan Anda memiliki informasi yang diperlukan, seperti nomor akun atau alamat rumah. Anda mungkin perlu memberikan bukti kepemilikan atau mengonfirmasi identitas Anda sebelum mendapatkan kata sandi.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan 10 cara melihat password WiFi di Android tanpa perlu akses root. Mulai dari mencoba kata sandi default hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga dan fitur bawaan perangkat Android, Anda memiliki berbagai pilihan untuk memperoleh kata sandi WiFi yang tersimpan di perangkat Anda.

Perlu diingat bahwa melihat password WiFi tanpa izin pemilik jaringan merupakan pelanggaran privasi dan dapat melanggar hukum. Pastikan Anda menggunakan metode-metode ini hanya untuk tujuan yang sah, seperti mengakses jaringan WiFi yang Anda miliki atau memiliki izin untuk mengaksesnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah terkait password WiFi di perangkat Android. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post