10 Cara Melihat Password WiFi di HP Android

Seiring dengan kemajuan teknologi, internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering kali terhubung ke jaringan WiFi untuk mengakses internet, baik di rumah, kafe, atau tempat lainnya. Namun, terkadang kita lupa atau tidak tahu password WiFi yang sedang kita gunakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 cara untuk melihat password WiFi di HP Android dengan mudah. Dengan pengetahuan ini, Anda akan dapat terhubung ke jaringan WiFi tanpa kesulitan.

Cara Melihat Password WiFi di HP Android

1. Melihat Password WiFi dengan Aplikasi Penyimpan Password

Banyak aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Aplikasi seperti WiFi Key Recovery, WiFi Password Recovery, atau WiFi Password Show dapat digunakan untuk tujuan ini. Anda hanya perlu menginstal salah satu aplikasi ini, dan mereka akan menampilkan daftar jaringan WiFi yang pernah Anda sambungkan berserta passwordnya.

Selain itu, beberapa aplikasi manajer kata sandi seperti LastPass atau 1Password juga dapat menyimpan password WiFi untuk Anda. Anda dapat mencari aplikasi ini di Play Store, menginstalnya, dan mengimpor password WiFi ke dalam aplikasi tersebut.

Adapun beberapa aplikasi serupa, pastikan untuk membaca ulasan pengguna, memeriksa peringkat, dan memilih aplikasi yang terpercaya sebelum menginstalnya.

2. Menggunakan Pengaturan WiFi Android

Salah satu cara termudah untuk melihat password WiFi di HP Android adalah melalui pengaturan WiFi bawaan pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka menu “Pengaturan” di HP Android Anda.

– Pilih opsi “Wi-Fi” atau “Jaringan & Internet”, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

– Temukan jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, kemudian ketuk dan tahan nama jaringan tersebut.

– Pilih opsi “Lihat Detail Jaringan” atau “Forget Network”.

– Jika Anda memilih “Lihat Detail Jaringan”, maka Anda akan melihat informasi jaringan, termasuk passwordnya di bagian “Password”.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Memperbaiki Layar Android yang Tidak Merespon

– Jika Anda memilih “Forget Network”, perangkat Anda akan lupa tentang jaringan WiFi tersebut, dan ketika Anda terhubung kembali, Anda harus memasukkan password baru.

3. Menggunakan Aplikasi File Explorer

Beberapa aplikasi file explorer seperti ES File Explorer atau Root Explorer memiliki fitur untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android. Jika perangkat Anda sudah di-root, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

– Buka aplikasi file explorer yang sudah Anda instal di perangkat Android yang di-root.

– Akses direktori sistem dengan mengklik folder “/”.

– Cari folder bernama “data” dan buka.

– Di dalam folder “data”, cari folder “misc” dan buka.

– Anda akan melihat file dengan nama “wifi” atau “wpa_supplicant.conf”.

– Buka file tersebut dengan menggunakan editor teks bawaan atau aplikasi pihak ketiga.

– Di dalam file tersebut, Anda akan menemukan daftar jaringan WiFi beserta passwordnya.

– Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dan perhatikan password yang tercantum di sebelahnya.

4. Menggunakan Perintah ADB (Android Debug Bridge)

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang ADB dan telah menginstalnya di komputer Anda, Anda dapat melihat password WiFi di perangkat Android melalui perintah ADB. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Hubungkan perangkat Android ke komputer melalui kabel USB.

– Buka terminal atau command prompt di komputer Anda.

– Ketik perintah “adb shell” untuk masuk ke shell perangkat Android.

– Setelah masuk ke shell, ketik perintah “su” untuk mendapatkan akses root (jika perangkat Anda sudah di-root).

– Ketik perintah “cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf” untuk melihat file konfigurasi WiFi.

– Anda akan melihat daftar jaringan WiFi beserta passwordnya.

5. Menggunakan Aplikasi Penjelajah Jaringan

Terdapat beberapa aplikasi penjelajah jaringan seperti Fing, Network Analyzer, atau WiFi Analyzer yang dapat membantu Anda melihat password WiFi di sekitar Anda. Aplikasi ini dapat memindai jaringan WiFi yang tersedia dan menampilkan informasi lengkap tentang jaringan tersebut, termasuk passwordnya jika tersedia.

Anda hanya perlu menginstal salah satu aplikasi ini melalui Google Play Store, membuka aplikasinya, dan memindai jaringan WiFi di sekitar Anda. Aplikasi akan menampilkan daftar jaringan WiFi beserta informasi rinci, termasuk password jika tersedia.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Menghilangkan Internet Positif di Android Tanpa VPN

6. Menanyakan Pemilik Jaringan WiFi

Jika Anda memiliki izin atau berada di tempat yang memungkinkan, cara termudah untuk mengetahui password WiFi adalah dengan menanyakan langsung kepada pemilik jaringan WiFi. Misalnya, jika Anda berada di rumah teman atau kerabat, Anda dapat meminta mereka untuk memberikan password WiFi.

Ini adalah cara yang paling etis dan memastikan bahwa Anda memiliki akses yang sah terhadap jaringan WiFi. Jika Anda tidak dapat melihat password WiFi menggunakan metode lain, berkomunikasi dengan pemilik jaringan adalah cara terbaik untuk mendapatkan password yang benar.

7. Menggunakan Fitur Bagikan Password WiFi (Android 10 atau yang lebih baru)

Pada Android 10 atau versi yang lebih baru, ada fitur bagikan password WiFi yang memungkinkan Anda berbagi password WiFi dengan perangkat lain secara mudah. Namun, untuk menggunakan fitur ini, perangkat yang ingin Anda hubungkan harus menggunakan versi Android yang kompatibel dan sudah terhubung ke akun Google yang sama.

Langkah-langkah untuk menggunakan fitur bagikan password WiFi:

– Pastikan perangkat yang ingin Anda hubungkan menggunakan versi Android 10 atau yang lebih baru.

– Pastikan perangkat yang ingin Anda hubungkan sudah terhubung ke akun Google yang sama dengan perangkat Anda.

– Aktifkan fitur “Bagikan Password WiFi” pada perangkat Anda melalui pengaturan.

– Pada perangkat yang ingin Anda hubungkan, minta pemilik jaringan untuk membagikan password WiFi menggunakan fitur “Bagikan Password WiFi”.

– Setelah itu, perangkat yang ingin Anda hubungkan akan secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi tanpa perlu memasukkan password.

8. Menggunakan Router Configuration Page

Jika Anda memiliki akses ke halaman konfigurasi router, Anda dapat melihat password WiFi di sana. Langkah-langkahnya dapat berbeda tergantung pada merek dan model router yang Anda gunakan. Namun, secara umum, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

– Buka peramban web di perangkat Anda.

– Ketikkan alamat IP router Anda di bilah alamat (misalnya, 192.168.0.1 atau 192.168.1.1) dan tekan Enter.

– Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke halaman konfigurasi router (biasanya tercetak di bawah atau belakang router Anda, atau dapat ditemukan dalam petunjuk pengguna).

– Temukan opsi “Wireless” atau “WiFi” di halaman konfigurasi.

– Di dalam opsi tersebut, Anda akan menemukan pengaturan keamanan dan password WiFi yang terkait.

🔴 BACA JUGA:  Cara Meningkatkan Kinerja dan Masa Pakai Printer Menjadi Lebih Baik

– Catat password WiFi atau ubah jika diperlukan.

9. Menggunakan Fitur Sambungkan Otomatis

Beberapa perangkat Android memiliki fitur sambungkan otomatis yang memungkinkan Anda terhubung ke jaringan WiFi yang pernah Anda gunakan sebelumnya secara otomatis tanpa perlu memasukkan password. Jika Anda telah menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi sebelumnya dan fitur ini diaktifkan, perangkat akan mengingat password WiFi dan secara otomatis terhubung ke jaringan saat perangkat berada di jangkauan.

Untuk memeriksa apakah fitur sambungkan otomatis diaktifkan di perangkat Anda:

– Buka menu “Pengaturan” di perangkat Android Anda.

– Pilih opsi “Wi-Fi” atau “Jaringan & Internet”.

– Temukan opsi “Sambungkan Otomatis” atau “Network Preferences” (nama dapat bervariasi tergantung pada versi Android yang Anda gunakan) dan buka.

– Pastikan opsi “Sambungkan Otomatis” diaktifkan.

– Perangkat Anda akan secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi yang telah Anda sambungkan sebelumnya saat perangkat berada dalam jangkauan.

10. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Password WiFi

Ada juga beberapa aplikasi pemulihan password WiFi yang dapat membantu Anda mendapatkan password jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Android Anda. Aplikasi seperti WiFi Password Recovery, WiFi Key Recovery, atau WiFi Password Show dapat membantu dalam hal ini.

Anda hanya perlu menginstal salah satu aplikasi ini melalui Google Play Store, membuka aplikasinya, dan mengizinkannya untuk mengakses data WiFi yang tersimpan di perangkat Anda. Aplikasi akan menampilkan daftar jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan berserta passwordnya.

Dengan menggunakan salah satu dari 10 cara di atas, Anda dapat melihat password WiFi di HP Android Anda. Pastikan untuk menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi Anda. Ingatlah untuk selalu menjaga privasi dan etika penggunaan internet.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara melihat password WiFi di HP Android. Anda dapat menggunakan aplikasi penyimpan password, pengaturan WiFi Android, aplikasi file explorer, perintah ADB, aplikasi penjelajah jaringan, bertanya kepada pemilik jaringan, fitur bagikan password WiFi, halaman konfigurasi router, fitur sambungkan otomatis, dan aplikasi pemulihan password WiFi.

Pastikan untuk menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan Anda. Namun, perlu diingat bahwa mengakses jaringan WiFi tanpa izin yang sah adalah ilegal dan tidak etis. Pastikan untuk selalu menghormati privasi dan kebijakan penggunaan WiFi yang berlaku.