10 Cara Melihat Password WiFi yang Terhubung di Android

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas tentang cara melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Android Anda. Mengingat betapa pentingnya koneksi WiFi dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu tahu password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android kita. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Anda 10 cara unik untuk melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Android Anda. Jadi, mari kita mulai dan temukan cara terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa dalam beberapa yurisdiksi, mengakses atau menggunakan jaringan WiFi tanpa izin pemiliknya bisa melanggar hukum. Pastikan Anda selalu menghormati privasi orang lain dan hanya menggunakan informasi ini untuk keperluan yang sah dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sekarang, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 10 cara untuk melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Android Anda:

Cara Melihat Password WiFi yang Terhubung di Android

1. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Password

Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpanan password seperti “WiFi Key Recovery”. Aplikasi ini dapat memindai dan menampilkan semua password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Setelah Anda menginstal aplikasi ini, Anda dapat melihat daftar lengkap password WiFi yang tersimpan.

Namun, perlu diingat bahwa untuk menggunakan aplikasi ini, Anda mungkin memerlukan akses root pada perangkat Android Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan risiko dan konsekuensi sebelum melakukan rooting perangkat Anda.

Jika perangkat Android Anda sudah di-root, Anda dapat mencari “WiFi Key Recovery” di Play Store, menginstalnya, dan mulai melihat password WiFi yang tersimpan dengan mudah.

2. Menggunakan Pengaturan WiFi Android

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga atau perangkat Anda tidak di-root, Anda masih dapat melihat password WiFi yang terhubung melalui pengaturan WiFi Android bawaan. Caranya cukup sederhana:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download Video di Vidio.com Lewat Android

– Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda dan cari opsi “WiFi”.
– Temukan jaringan WiFi yang terhubung dan tekan lama pada nama jaringan tersebut.
– Pilih opsi “Ubah jaringan” atau “Tunjukkan password” (tergantung pada versi Android Anda).
– Setelah itu, perangkat Android akan menampilkan password WiFi yang terhubung di sana.

Dengan menggunakan pengaturan WiFi Android bawaan, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang terhubung tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga atau melakukan rooting pada perangkat Android Anda.

3. Menggunakan File Konfigurasi WiFi

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan file konfigurasi WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. File ini biasanya dapat diakses jika Anda memiliki akses root ke perangkat Anda. Berikut langkah-langkahnya:

– Gunakan aplikasi file manager yang mendukung akses root, misalnya “ES File Explorer”.
– Buka aplikasi file manager dan cari direktori “/data/misc/wifi”.
– Di dalam direktori ini, Anda akan menemukan file bernama “wpa_supplicant.conf”.
– Buka file tersebut menggunakan editor teks di perangkat Anda.
– Di dalam file ini, Anda akan melihat semua informasi tentang jaringan WiFi yang pernah terhubung, termasuk nama dan passwordnya.

Namun, perlu diingat bahwa mengedit file konfigurasi WiFi dapat berisiko dan memerlukan pengetahuan teknis. Jika Anda tidak yakin apa yang Anda lakukan, sebaiknya hindari langkah ini atau cari bantuan dari seseorang yang berpengalaman.

4. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Sandi

Selain aplikasi penyimpanan password, ada juga beberapa aplikasi yang secara khusus dirancang untuk menyimpan dan mengelola sandi WiFi. Aplikasi seperti “WiFi Password Show” atau “WiFi Password Viewer” dapat membantu Anda melihat password WiFi yang terhubung dengan mudah. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk melihat password WiFi yang terhubung.

Pastikan untuk membaca ulasan dan memeriksa keandalan aplikasi sebelum menginstalnya, karena beberapa aplikasi mungkin memiliki iklan yang mengganggu atau masalah keamanan potensial. Pilih aplikasi yang memiliki peringkat baik dan ulasan positif dari pengguna lain.

5. Menggunakan Perangkat Tambahan

Jika Anda ingin menghindari penggunaan aplikasi atau mengakses file sistem, Anda juga dapat memanfaatkan perangkat tambahan seperti WiFi extender atau router. Beberapa perangkat ini memiliki opsi untuk menampilkan password WiFi yang terhubung secara langsung di panel pengaturannya. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengakses pengaturan perangkat tambahan tersebut dan mencari opsi untuk melihat password WiFi yang terhubung.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download Aplikasi VideoScribe di Android

Pastikan untuk membaca panduan pengguna perangkat tambahan Anda atau mencari informasi lebih lanjut dari produsen tentang cara melihat password WiFi yang terhubung menggunakan perangkat tersebut.

6. Menghubungi Penyedia Layanan WiFi

Jika Anda tidak dapat mengakses password WiFi yang terhubung menggunakan metode di atas, Anda masih memiliki opsi untuk menghubungi penyedia layanan WiFi. Penyedia layanan biasanya memiliki akses ke informasi lengkap tentang jaringan mereka, termasuk password yang terhubung.

Anda dapat menghubungi layanan pelanggan penyedia WiFi Anda dan meminta bantuan mereka dalam mendapatkan password WiFi yang terhubung. Pastikan Anda memiliki informasi yang valid dan dapat mengidentifikasi diri Anda sebagai pemilik akun WiFi yang ingin mengakses password yang terhubung. Biasanya, penyedia layanan akan meminta informasi dan melakukan verifikasi keamanan sebelum memberikan password kepada Anda.

7. Menggunakan Perangkat Lain yang Terhubung

Jika Anda memiliki perangkat lain yang sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat memanfaatkannya untuk melihat password WiFi yang terhubung. Misalnya, jika Anda memiliki laptop yang terhubung ke WiFi, Anda dapat menggunakan perintah CMD (Command Prompt) atau aplikasi pihak ketiga seperti “WirelessKeyView” untuk melihat password yang terhubung.

Cara ini bergantung pada fakta bahwa perangkat lain sudah terhubung dan memiliki akses ke password WiFi tersebut. Anda dapat mencari panduan atau tutorial online tentang cara melihat password WiFi menggunakan perangkat lain yang terhubung.

8. Menggunakan Fitur Pengelolaan Jaringan WiFi

Beberapa perangkat Android memiliki fitur pengelolaan jaringan WiFi yang memungkinkan Anda melihat password WiFi yang terhubung. Fitur ini biasanya tersedia di menu pengaturan jaringan atau pengaturan WiFi. Anda dapat menjelajahi pengaturan perangkat Android Anda dan mencari opsi seperti “Saved Networks”, “Network History”, atau “Network Manager”. Di dalam opsi ini, Anda mungkin dapat melihat daftar jaringan WiFi yang terhubung beserta passwordnya.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Cheat 8 Ball Pool Android Tanpa Root

Namun, perlu diingat bahwa setiap perangkat Android memiliki antarmuka pengguna yang berbeda, jadi opsi ini mungkin tidak tersedia di semua perangkat. Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat Anda dan mencari fitur serupa di pengaturan WiFi Anda.

9. Merekam Password WiFi saat Terhubung

Metode ini mungkin agak rumit dan memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga, tetapi bisa menjadi pilihan terakhir jika metode lain tidak berhasil. Ada aplikasi yang dapat merekam atau mencatat password WiFi saat perangkat Anda terhubung ke jaringan tersebut.

Aplikasi seperti “WiFi Password Recorder” atau “WiFi Password Capture” dapat merekam password WiFi yang terhubung saat Anda memasukkannya untuk pertama kali. Setelah password tercatat, Anda dapat mengakses aplikasi tersebut dan melihat password yang tersimpan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan aplikasi semacam ini dapat melanggar kebijakan privasi dan keamanan. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang tepercaya dan memberikan izin yang sesuai kepada aplikasi tersebut.

10. Menggunakan Fitur Berbagi Password

Jika Anda memiliki akses ke perangkat Android lain yang sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat memanfaatkan fitur berbagi password yang ada di Android. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi password WiFi dengan perangkat lain melalui koneksi Bluetooth atau QR code.

Cukup buka pengaturan WiFi pada perangkat Android yang sudah terhubung, cari fitur berbagi password, dan pilih opsi untuk berbagi password melalui Bluetooth atau QR code. Setelah itu, Anda dapat menghubungkan perangkat lain dengan perangkat yang sudah terhubung menggunakan metode berbagi yang dipilih. Perangkat yang baru terhubung akan secara otomatis memasukkan password WiFi yang terhubung.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan 10 cara unik untuk melihat password WiFi yang terhubung di perangkat Android Anda. Namun, kami ingin mengingatkan Anda bahwa menggunakan cara-cara ini haruslah dilakukan dengan etika dan mematuhi peraturan yang berlaku. Selalu pastikan Anda memiliki izin untuk mengakses dan menggunakan password WiFi yang terhubung.

Terakhir, kami harap artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda dalam memecahkan masalah melihat password WiFi di perangkat Android Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!