10 Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus di HP Android

Facebook Messenger adalah salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di seluruh dunia, dengan lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif bulanan. Namun, terkadang kita memilih untuk menghapus pesan yang sebenarnya masih penting dan ingin kita lihat kembali. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas 10 cara melihat pesan Messenger yang sudah dihapus di HP Android. Simak terus ya!

Jika kamu sering menghapus pesan di aplikasi Messenger, maka kamu mungkin pernah mengalami kejadian dimana kamu membutuhkan informasi dari pesan tersebut, tapi kamu tidak bisa menemukannya karena sudah terhapus. Hal ini seringkali membuat kita merasa frustrasi dan kecewa, apalagi jika pesan tersebut berisi informasi penting. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk melihat kembali pesan Messenger yang sudah dihapus. Berikut adalah 10 cara yang bisa kamu coba:

Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus di HP Android

1. Gunakan Fitur Arsip Pesan

Jika kamu tidak sengaja menghapus pesan, kamu masih bisa mengakses pesan tersebut melalui fitur arsip pesan yang ada di Messenger. Fitur arsip ini memungkinkan kamu untuk menyimpan pesan-pesan yang diarsipkan agar tetap tersedia, namun tidak akan muncul di kotak masuk. Berikut cara menggunakan fitur arsip pesan:

Pertama, buka aplikasi Messenger dan tekan ikon kunci di bagian kanan bawah layar. Selanjutnya, pilih pesan yang ingin kamu arsipkan dengan menekan lama pada pesan tersebut. Setelah itu, tekan tombol Arsipkan di bagian atas layar. Pesan tersebut sekarang akan diarsipkan dan tidak akan muncul di kotak masuk. Untuk melihat pesan yang diarsipkan, kamu bisa menggeser layar ke bawah di layar pesan utama Messenger dan memilih opsi Arsipkan.

Setelah kamu memilih opsi Arsipkan, kamu akan melihat semua pesan yang sudah diarsipkan. Kamu bisa membuka pesan tersebut dengan menekannya dan menekan tombol Keluar dari Arsip jika kamu ingin mengembalikan pesan tersebut ke kotak masuk.

2. Gunakan Fitur Pencarian

Jika kamu tidak mengarsipkan pesan tersebut, kamu masih bisa mencarinya dengan menggunakan fitur pencarian yang ada di Messenger. Fitur pencarian ini memungkinkan kamu untuk mencari pesan berdasarkan kata kunci atau nama pengirim pesan. Berikut cara menggunakan fitur pencarian:

Pertama, buka aplikasi Messenger dan tekan ikon kaca pembesar di bagian kanan atas layar. Selanjutnya, ketikkan kata kunci atau nama pengirim pesan yang ingin kamu cari. Messenger akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan. Kamu bisa membuka pesan tersebut dengan menekannya dan melihat isinya.

Ingat, fitur pencarian ini hanya akan menampilkan pesan yang masih tersedia di kotak masuk atau pesan yang belum dihapus. Jika pesan tersebut sudah dihapus, maka fitur pencarian tidak akan menemukannya.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Memindahkan Data WhatsApp dari Android ke iPhone

3. Gunakan Aplikasi Recovery Data

Jika kamu tidak bisa menemukan pesan yang dihapus melalui fitur arsip atau pencarian, kamu bisa menggunakan aplikasi recovery data untuk mencari kembali pesan tersebut. Aplikasi recovery data adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus dari perangkat Android. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi recovery data:

Pertama, unduh dan instal aplikasi recovery data seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, atau Dr. Fone di perangkat Android kamu. Setelah aplikasi terinstal, jalankan aplikasi tersebut dan pilih jenis file yang ingin kamu pulihkan, yaitu pesan di aplikasi Messenger. Kamu juga bisa memilih untuk memulihkan seluruh file yang terhapus di perangkat kamu.

Setelah itu, aplikasi akan mulai mencari file yang terhapus di perangkat kamu. Tunggu hingga proses pencarian selesai dan pilih pesan yang ingin kamu pulihkan. Kamu juga bisa melihat preview pesan sebelum memulihkannya. Terakhir, tekan tombol Pulihkan dan tunggu hingga proses pulih data selesai.

4. Gunakan Fitur Backup dan Restore

Jika kamu sudah menggunakan fitur backup dan restore di Messenger, kamu bisa mencari kembali pesan yang sudah dihapus dengan mudah. Fitur backup dan restore ini memungkinkan kamu untuk mem-backup seluruh pesan yang ada di aplikasi Messenger dan mengembalikannya kembali di kemudian hari. Berikut cara menggunakan fitur backup dan restore:

Pertama, buka aplikasi Messenger dan tekan ikon profil di bagian kanan atas layar. Selanjutnya, pilih opsi Setelan & Privasi dan tekan opsi Cadangkan Chat di bawah kategori Chat.

Setelah itu, pilih opsi Cadangkan Sekarang untuk memulai proses backup. Tunggu hingga proses backup selesai dan pastikan bahwa pesan kamu sudah berhasil terbackup. Jika sudah, kamu bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus dengan cara merestore chat kamu.

Untuk merestore chat, kamu bisa kembali ke menu Cadangkan Chat dan pilih opsi Pulihkan Chat. Kamu juga bisa memilih apakah kamu ingin merestore chat dari file cadangan atau akun Google Drive kamu. Tunggu hingga proses restore selesai dan kamu akan bisa melihat kembali pesan yang sudah terhapus di aplikasi Messenger.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu masih tidak bisa menemukan pesan yang sudah dihapus, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Undeleter, Dumpster, atau DiskDigger untuk mencari kembali pesan tersebut. Aplikasi ini memiliki fungsi yang mirip dengan aplikasi recovery data, namun lebih fokus untuk mengembalikan file yang terhapus di perangkat Android.

Undeleter adalah salah satu aplikasi pihak ketiga terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mencari kembali pesan yang sudah dihapus di aplikasi Messenger. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan bisa menemukan file yang terhapus baik di memori internal maupun kartu SD perangkat kamu. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Undeleter:

Pertama, unduh dan instal aplikasi Undeleter di perangkat Android kamu. Setelah itu, jalankan aplikasi tersebut dan izinkan akses root jika perangkat kamu sudah di-rooting. Jika belum, kamu bisa memilih opsi Scan Standar untuk mencari file yang terhapus di memori internal atau kartu SD kamu.

Selanjutnya, pilih opsi Lokasi Pencarian dan pilih folder tempat pesan dihapus. Kamu juga bisa memilih opsi Cari Semua untuk mencari file yang terhapus di seluruh perangkat kamu. Tunggu hingga proses pencarian selesai dan pilih pesan yang ingin kamu pulihkan. Terakhir, tekan tombol Pulihkan dan tunggu hingga proses pulih data selesai.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Google Form di Android

6. Gunakan Fitur Restore dari Google Drive

Jika kamu sudah mengaktifkan fitur backup dan restore di Messenger, kamu juga bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus dengan menggunakan fitur restore dari Google Drive. Fitur ini akan memungkinkan kamu untuk mengembalikan seluruh chat kamu di Messenger termasuk pesan yang sudah dihapus. Berikut adalah cara menggunakan fitur restore dari Google Drive:

Pertama, pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan fitur backup dan restore di Messenger. Setelah itu, buka aplikasi Messenger dan tekan ikon profil di bagian kanan atas layar. Selanjutnya, pilih opsi Setelan & Privasi dan tekan opsi Cadangkan Chat di bawah kategori Chat.

Setelah itu, pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan opsi Cadangkan ke Google Drive. Kamu juga bisa memilih frekuensi cadangan dan akun Google Drive yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan cadangan chat kamu.

Jika sudah, kamu bisa mengembalikan chat kamu dengan cara menginstal ulang aplikasi Messenger di perangkat kamu. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Messenger dan ikuti prosedur pendaftaran seperti biasa. Pada tahap ini, aplikasi akan menawarkan opsi untuk mengembalikan chat kamu dari Google Drive. Pilih opsi ini dan tunggu hingga proses restore selesai.

7. Gunakan Fitur Time Machine X

Jika kamu menggunakan aplikasi Messenger versi lama atau ingin mengembalikan pesan yang sudah dihapus dari waktu yang lama, kamu bisa menggunakan aplikasi Time Machine X. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengakses versi lama dari aplikasi Messenger dan mencari kembali pesan yang sudah dihapus dari waktu yang lama.

Untuk menggunakan aplikasi Time Machine X, kamu perlu melakukan rooting pada perangkat Android kamu. Setelah itu, unduh dan instal aplikasi Time Machine X dari situs web pengembangnya. Setelah aplikasi terinstal, jalankan aplikasi tersebut dan pilih opsi Messenger di menu aplikasi.

Setelah itu, pilih opsi Tampilkan Pesan Lama untuk melihat seluruh pesan yang ada di aplikasi Messenger versi lama. Kamu juga bisa memilih opsi Cari untuk mencari pesan tertentu yang sudah dihapus. Setelah menemukan pesan yang ingin kamu pulihkan, tekan tombol Pulihkan dan tunggu hingga proses pulih data selesai.

8. Cek Riwayat Chat di Facebook

Jika kamu sudah melakukan backup chat di Facebook, kamu juga bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus dengan cara mengecek riwayat chat di Facebook. Fitur ini akan menampilkan seluruh pesan yang kamu kirim dan terima di Facebook termasuk pesan yang sudah dihapus. Berikut adalah cara mengecek riwayat chat di Facebook:

Pertama, buka aplikasi Facebook di perangkat kamu dan buka menu Utama dengan menekan ikon tiga garis di bagian kanan atas layar. Setelah itu, gulir ke bawah dan pilih opsi Pengaturan & Privasi. Selanjutnya, pilih opsi Aktivitas Saya dan tekan opsi Riwayat Aktivitas Saya.

Setelah itu, pilih opsi Filter di bagian atas layar dan pilih opsi Pesan untuk menampilkan seluruh riwayat chat kamu di Facebook. Kamu juga bisa memilih opsi Cari untuk mencari pesan tertentu yang sudah dihapus. Setelah menemukan pesan yang ingin kamu pulihkan, tekan tombol Pulihkan dan tunggu hingga proses pulih data selesai.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Gambar Menjadi PDF di Android

9. Gunakan Aplikasi SMS Backup & Restore

Jika kamu menggunakan aplikasi Messenger untuk mengirim pesan SMS, kamu juga bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus dengan menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan backup dan restore pesan SMS di perangkat Android kamu.

Untuk menggunakan aplikasi SMS Backup & Restore, pertama-tama unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Android kamu. Setelah itu, jalankan aplikasi tersebut dan pilih opsi Cadangkan Sekarang untuk melakukan backup seluruh pesan SMS di perangkat kamu.

Setelah backup selesai, kamu bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus dengan cara menginstal ulang aplikasi Messenger di perangkat kamu. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Messenger dan ikuti prosedur pendaftaran seperti biasa. Pada tahap ini, aplikasi akan menawarkan opsi untuk mengembalikan pesan SMS kamu dari backup yang sudah kamu lakukan.

10. Gunakan Aplikasi DiskDigger

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aplikasi DiskDigger untuk mengembalikan pesan yang sudah dihapus di aplikasi Messenger. Aplikasi ini akan memindai seluruh memori internal dan kartu SD perangkat kamu untuk mencari file yang terhapus.

Untuk menggunakan aplikasi DiskDigger, unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Android kamu. Setelah itu, jalankan aplikasi tersebut dan pilih opsi Memindai Penuh untuk mencari file yang terhapus di seluruh perangkat kamu.

Selanjutnya, pilih opsi Lokasi Pencarian dan pilih folder tempat pesan Messenger kamu disimpan. Jika kamu tidak tahu lokasi penyimpanan pesan Messenger, kamu bisa memilih opsi Memindai Seluruh Perangkat untuk mencari file yang terhapus di seluruh perangkat kamu.

Setelah proses pemindaian selesai, DiskDigger akan menampilkan semua file yang terhapus di perangkat kamu. Cari file pesan Messenger yang ingin kamu pulihkan dan tekan tombol Pulihkan untuk mengembalikan file tersebut.

Kesimpulan

Menghapus pesan di aplikasi Messenger bisa dilakukan dengan mudah, namun seringkali kita ingin mengembalikan pesan yang sudah dihapus tersebut karena terdapat informasi penting di dalamnya. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat dan mengembalikan pesan Messenger yang sudah dihapus di perangkat Android kamu.

Metode pertama adalah dengan memanfaatkan fitur Arsip Pesan yang tersedia di aplikasi Messenger. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan pesan-pesan penting yang kamu terima atau kirim di aplikasi Messenger agar tidak terhapus. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Backup & Restore di aplikasi Messenger untuk membuat backup pesan-pesan penting kamu.

Jika kamu tidak melakukan backup sebelumnya, kamu masih bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus dengan menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Dr. Fone, EaseUS MobiSaver, atau DiskDigger. Namun, sebaiknya kamu selalu melakukan backup secara rutin agar data-data penting kamu selalu terlindungi.

Ingatlah bahwa melihat dan mengembalikan pesan Messenger yang sudah dihapus bisa saja tidak berhasil 100%, terutama jika pesan tersebut sudah terhapus secara permanen. Namun, dengan menggunakan cara-cara di atas, kamu memiliki kesempatan untuk mengembalikan pesan-pesan penting yang sudah terhapus di aplikasi Messenger.