10 Cara Melihat Sandi WiFi di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan memberikan Anda 10 cara unik untuk melihat sandi WiFi di perangkat Android Anda. Tidak jarang kita lupa atau kehilangan sandi WiFi, tetapi jangan khawatir! Dengan beberapa trik sederhana yang akan kami bagikan, Anda akan dapat mengakses sandi WiFi dengan mudah. Jadi, mari kita mulai dengan menjelajahi 10 cara yang berguna ini!

1. Memanfaatkan Pengaturan WiFi di Android

Salah satu cara tercepat dan paling mudah untuk melihat sandi WiFi adalah dengan menggunakan pengaturan WiFi bawaan di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Pilih opsi “Wi-Fi” atau “Jaringan dan Internet” di dalam menu Pengaturan.

Langkah 3: Temukan jaringan WiFi yang ingin Anda lihat sandinya dan ketuk nama jaringan tersebut.

Langkah 4: Di layar informasi jaringan WiFi, ketuk opsi “Lihat Sandi” atau “Tunjukkan Sandi” untuk mengungkapkan sandi WiFi.

2. Menggunakan Aplikasi Manajemen WiFi

Jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih canggih, Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi manajemen WiFi dari Google Play Store. Beberapa aplikasi populer termasuk WiFi Password, WiFi Map, dan banyak lagi. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi ini:

Langkah 1: Buka Google Play Store dan cari aplikasi manajemen WiFi.

Langkah 2: Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Buka aplikasi dan berikan izin yang diminta.

Langkah 4: Di dalam aplikasi, pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat sandinya dan temukan opsi untuk melihat atau mengungkapkan sandi tersebut.

3. Menggunakan Command Prompt di Windows

Jika Anda memiliki komputer Windows dan perangkat Android yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat sandi WiFi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Command Prompt di komputer Windows Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Windows + R” secara bersamaan, mengetik “cmd” dalam kotak dialog, dan menekan Enter.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

Langkah 2: Ketik perintah “netsh wlan show profile” di Command Prompt dan tekan Enter. Ini akan menampilkan daftar profil jaringan WiFi yang pernah terhubung di komputer Anda.

Langkah 3: Pilih profil jaringan WiFi yang ingin Anda lihat sandinya dan ketik perintah “netsh wlan show profile [nama-profil] key=clear”, lalu tekan Enter. Gantilah [nama-profil] dengan nama profil jaringan WiFi yang Anda pilih.

Langkah 4: Cari bidang “Key Content” di output yang ditampilkan, dan sandi WiFi akan ditampilkan di sana.

4. Menggunakan File Manajer di Android

Jika perangkat Android Anda telah di-root, Anda dapat menggunakan file manajer yang mendukung akses root untuk melihat sandi WiFi secara langsung dari sistem Android. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

Langkah 1: Instal file manajer yang mendukung akses root di perangkat Android Anda. Beberapa contoh aplikasi yang populer termasuk ES File Explorer, Root Explorer, dan Solid Explorer.

Langkah 2: Buka file manajer dan berikan izin akses root yang diminta.

Langkah 3: Telusuri direktori sistem Android dengan mengikuti jalur berikut: data -> misc -> WiFi -> wpa_supplicant.conf.

Langkah 4: Buka file wpa_supplicant.conf, cari jaringan WiFi yang ingin Anda lihat sandinya, dan sandi WiFi akan terlihat dalam bentuk teks.

5. Menggunakan Aplikasi Penyimpan Sandi

Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk menyimpan sandi WiFi yang pernah Anda terhubung sebelumnya. Dengan menggunakan aplikasi semacam ini, Anda dapat dengan mudah melihat sandi WiFi yang disimpan di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Play Store dan cari “aplikasi penyimpan sandi WiFi”.

Langkah 2: Pilih aplikasi yang memiliki rating tinggi dan instal di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses yang diminta.

Langkah 4: Di dalam aplikasi, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah Anda terhubung sebelumnya bersama dengan sandi yang terkait.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara Mengatur Ulang Kode Sandi dan Tanggal Kedaluwarsa dan Untuk Email di Gmail Dalam Mode Rahasia

6. Menggunakan Router WiFi

Jika Anda memiliki akses ke router WiFi yang ingin Anda lihat sandinya, Anda dapat menggunakannya untuk melihat sandi WiFi. Biasanya, sandi WiFi dapat ditemukan pada bagian bawah atau belakang router. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Temukan router WiFi dan periksa bagian bawah atau belakangnya.

Langkah 2: Cari label atau stiker yang berisi informasi tentang jaringan WiFi, termasuk nama jaringan (SSID) dan sandi (biasanya disebut sebagai “Key” atau “Password”).

Langkah 3: Catat sandi WiFi yang tertera di label atau stiker tersebut.

Langkah 4: Gunakan sandi WiFi untuk terhubung ke jaringan WiFi di perangkat Android Anda.

7. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Sandi WiFi

Jika Anda pernah terputus dari jaringan WiFi tertentu dan lupa sandinya, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan sandi WiFi untuk mengembalikan sandi tersebut. Beberapa aplikasi pemulihan sandi WiFi populer termasuk WiFi Password Recovery, WiFi Key Recovery, dan sebagainya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Play Store dan cari “aplikasi pemulihan sandi WiFi”.

Langkah 2: Pilih aplikasi yang memiliki rating tinggi dan instal di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses yang diminta.

Langkah 4: Di dalam aplikasi, pilih opsi untuk memulihkan sandi WiFi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mendapatkan kembali sandi WiFi yang lupa.

8. Menggunakan Metode WPS (Wi-Fi Protected Setup)

Jika router WiFi yang Anda gunakan mendukung fitur WPS, Anda dapat menggunakan metode WPS untuk terhubung ke jaringan WiFi tanpa harus memasukkan sandi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pastikan perangkat Android Anda mendukung fitur WPS.

Langkah 2: Pada router WiFi, aktifkan mode WPS dengan menekan tombol WPS atau melalui pengaturan router.

Langkah 3: Di perangkat Android Anda, buka menu Pengaturan dan pilih opsi “Wi-Fi”.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menyambungkan Android ke TV

Langkah 4: Pilih opsi “Tambahkan jaringan” atau “Sambungkan dengan WPS” dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan perangkat Android ke jaringan WiFi menggunakan metode WPS.

9. Menggunakan Perangkat Lain yang Terhubung ke Jaringan WiFi

Jika Anda memiliki perangkat lain yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat melihat sandi WiFi di perangkat tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pastikan perangkat lain (misalnya, laptop, tablet, atau perangkat lain) terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda lihat sandinya.

Langkah 2: Di perangkat lain, buka pengaturan jaringan dan temukan opsi untuk melihat atau mengungkapkan sandi WiFi yang terhubung.

Langkah 3: Catat sandi WiFi yang ditampilkan di perangkat lain tersebut.

Langkah 4: Gunakan sandi WiFi untuk terhubung ke jaringan WiFi di perangkat Android Anda.

10. Menghubungi Penyedia Layanan Internet (ISP)

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak memiliki akses ke router WiFi, Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet (ISP) Anda untuk mendapatkan kembali sandi WiFi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Cari tahu nomor layanan pelanggan penyedia layanan internet Anda.

Langkah 2: Hubungi nomor layanan pelanggan dan berikan informasi yang diminta untuk memverifikasi identitas Anda sebagai pemilik akun.

Langkah 3: Tanyakan kepada perwakilan layanan pelanggan apakah mereka dapat memberikan Anda sandi WiFi yang terhubung ke akun Anda.

Langkah 4: Jika verifikasi berhasil, perwakilan layanan pelanggan akan memberikan sandi WiFi kepada Anda.

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara unik untuk melihat sandi WiFi di perangkat Android Anda. Anda dapat memilih metode yang sesuai dengan situasi Anda dan mengembalikan akses ke jaringan WiFi yang diperlukan. Selalu ingat untuk menggunakan informasi ini dengan bertanggung jawab dan hanya menggunakan metode-metode ini pada jaringan yang Anda miliki atau dengan izin pemilik jaringan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba!

 

Share:

Related Post