10 Cara Melihat Wifi yang Tersembunyi di Android

Selamat datang di artikel ini! Jika Anda sedang mencari cara untuk melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi di perangkat Android Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara yang efektif untuk menemukan jaringan Wi-Fi yang tersembunyi menggunakan smartphone Android Anda. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai!

Sebelum kita masuk ke cara-cara spesifik, penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan jaringan Wi-Fi tersembunyi. Jaringan Wi-Fi tersembunyi adalah jaringan nirkabel yang tidak ditampilkan dalam daftar jaringan yang tersedia pada perangkat Android Anda secara otomatis. Biasanya, ini adalah jaringan yang disembunyikan oleh pemiliknya dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan. Namun, dengan bantuan beberapa metode dan aplikasi, Anda dapat menemukan jaringan Wi-Fi yang tersembunyi tersebut. Berikut adalah 10 cara melakukannya:

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Wi-Fi Analyzer atau Network Analyzer untuk melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi. Aplikasi ini memberikan informasi lebih rinci tentang jaringan Wi-Fi di sekitar Anda, termasuk jaringan yang tersembunyi. Setelah Anda menginstal aplikasi tersebut, jalankan aplikasi dan periksa daftar jaringan yang terdeteksi.

Biasanya, jaringan Wi-Fi tersembunyi akan ditandai dengan nama jaringan yang tidak terlihat pada daftar jaringan biasa. Jika Anda menemukan jaringan yang mencurigakan, Anda dapat mencobanya dengan memasukkan nama jaringan yang diketahui secara manual.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga tidak menjamin keberhasilan dalam menemukan jaringan Wi-Fi tersembunyi. Hasilnya tergantung pada kualitas sinyal dan kemampuan perangkat Android Anda.

2. Menggunakan Command Prompt

Salah satu cara lain untuk melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi adalah dengan menggunakan Command Prompt di perangkat Android Anda. Pastikan Anda memiliki akses root pada perangkat Anda sebelum mencoba metode ini.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android

Untuk menggunakan Command Prompt, instal aplikasi terminal emulator seperti Termux dari Google Play Store. Setelah menginstalnya, jalankan aplikasi dan masukkan perintah berikut:

su
wifi list hidden

Perintah ini akan menampilkan daftar jaringan Wi-Fi yang tersembunyi di sekitar Anda. Jika ada jaringan yang menarik perhatian Anda, Anda dapat mencoba untuk terhubung ke jaringan tersebut secara manual dengan memasukkan nama jaringan yang diketahui.

3. Menggunakan Aplikasi Wi-Fi Passwords

Aplikasi Wi-Fi Passwords adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda melihat kata sandi jaringan Wi-Fi yang pernah Anda terhubung sebelumnya. Namun, beberapa aplikasi semacam ini juga dapat membantu Anda menemukan jaringan Wi-Fi yang tersembunyi.

Instal aplikasi Wi-Fi Passwords yang tersedia di Google Play Store, dan jalankan aplikasi tersebut. Aplikasi akan menampilkan daftar semua jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung ke perangkat Android Anda. Jika ada jaringan yang tersembunyi, aplikasi akan menampilkan nama jaringan tersebut bersama dengan kata sandinya.

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi semacam ini mungkin tidak selalu berhasil menemukan jaringan Wi-Fi yang tersembunyi, tergantung pada banyak faktor seperti keamanan jaringan dan kekuatan sinyal.

4. Membuat Jaringan Wi-Fi Palsu

Cara lain untuk menemukan jaringan Wi-Fi yang tersembunyi adalah dengan membuat jaringan Wi-Fi palsu. Ini melibatkan menggunakan perangkat Android Anda sebagai titik akses Wi-Fi palsu, yang akan menarik perangkat lain untuk terhubung ke jaringan yang Anda buat.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menginstal aplikasi seperti Wi-Fi Tethering atau Portable Wi-Fi Hotspot dari Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, aktifkan fitur tethering Wi-Fi di perangkat Android Anda dan beri nama jaringan Wi-Fi palsu sesuai keinginan Anda.

Perangkat lain di sekitar Anda kemungkinan akan mendeteksi jaringan Wi-Fi palsu yang Anda buat, dan jika jaringan tersebut menarik perhatian pemilik jaringan tersembunyi, mereka mungkin akan terhubung ke jaringan Anda. Namun, perlu diingat bahwa metode ini ilegal dan dapat melanggar hukum di beberapa yurisdiksi.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Memperbaiki Layar Android yang Tidak Merespon

5. Menggunakan WiFi Inspector

WiFi Inspector adalah aplikasi lain yang dapat membantu Anda melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi di Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur pemindaian yang memungkinkan Anda melacak jaringan Wi-Fi tersembunyi di sekitar Anda.

Instal WiFi Inspector dari Google Play Store, lalu jalankan aplikasi tersebut. Setelah memindai jaringan Wi-Fi di sekitar Anda, WiFi Inspector akan menampilkan daftar semua jaringan, termasuk yang tersembunyi. Anda dapat mencoba terhubung ke jaringan tersebut secara manual dengan memasukkan nama jaringan yang diketahui.

Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan dalam menemukan jaringan Wi-Fi tersembunyi menggunakan aplikasi semacam ini tergantung pada faktor-faktor seperti kekuatan sinyal dan keamanan jaringan.

6. Menggunakan Monitor Mode

Jika perangkat Android Anda mendukung mode monitor, Anda dapat menggunakan mode ini untuk melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi. Mode monitor memungkinkan perangkat Android Anda untuk memindai semua saluran Wi-Fi yang tersedia di sekitarnya, termasuk jaringan yang tidak terlihat secara normal.

Namun, untuk menggunakan mode monitor, Anda perlu mengakses akses root pada perangkat Android Anda dan menginstal aplikasi pihak ketiga seperti bcmon. Setelah menginstal aplikasi tersebut, aktifkan mode monitor dan jalankan pemindai Wi-Fi.

Pemindai akan menampilkan semua jaringan Wi-Fi yang terdeteksi, termasuk yang tersembunyi. Anda dapat mencoba untuk terhubung ke jaringan tersebut secara manual dengan memasukkan nama jaringan yang diketahui.

7. Menggunakan Perangkat Khusus

Cara lain untuk melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi adalah dengan menggunakan perangkat khusus seperti Wi-Fi Pineapple. Wi-Fi Pineapple adalah perangkat yang dirancang khusus untuk menguji keamanan jaringan Wi-Fi.

Perangkat ini dapat memindai semua saluran Wi-Fi yang tersedia di sekitarnya, termasuk jaringan yang tersembunyi. Selain itu, Wi-Fi Pineapple juga dapat meniru jaringan Wi-Fi yang ada untuk menarik perangkat lain untuk terhubung ke jaringan palsu tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan perangkat semacam ini harus dilakukan dengan izin dan kehati-hatian, karena dapat melanggar hukum dan etika.

8. Menggunakan Wi-Fi Analyzer

Wi-Fi Analyzer adalah aplikasi pihak ketiga yang populer yang dapat membantu Anda melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi di Android. Aplikasi ini menyediakan grafik dan informasi yang detail tentang semua jaringan Wi-Fi di sekitar Anda.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mudah Create Email di HP/Smartphone dan PC /Laptop

Instal Wi-Fi Analyzer dari Google Play Store, lalu jalankan aplikasi tersebut. Setelah melakukan pemindaian, aplikasi akan menampilkan daftar semua jaringan, termasuk yang tersembunyi. Anda dapat mencoba terhubung ke jaringan tersebut secara manual dengan memasukkan nama jaringan yang diketahui.

Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan dalam menemukan jaringan Wi-Fi tersembunyi menggunakan aplikasi semacam ini tergantung pada faktor-faktor seperti kekuatan sinyal dan keamanan jaringan.

9. Menggunakan Metode Reverse Engineering

Metode ini melibatkan menggunakan teknik reverse engineering untuk melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi. Metode ini kompleks dan membutuhkan pengetahuan mendalam tentang protokol dan keamanan jaringan Wi-Fi.

Namun, penting untuk diingat bahwa metode ini melibatkan kegiatan ilegal dan melanggar privasi orang lain. Penggunaan metode ini tanpa izin dapat melanggar hukum dan etika.

10. Menghubungi Penyedia Jaringan Wi-Fi

Jika Anda memiliki akses yang sah ke jaringan Wi-Fi yang tersembunyi, Anda dapat menghubungi penyedia jaringan Wi-Fi dan meminta informasi tentang jaringan tersebut. Mereka mungkin akan memberikan informasi lebih lanjut atau memberi Anda akses ke jaringan tersembunyi jika Anda memenuhi persyaratan tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua penyedia jaringan akan memberikan informasi atau akses ke jaringan tersembunyi. Keputusan akhir tetap ada pada penyedia jaringan.

Penutup

Itulah 10 cara melihat jaringan Wi-Fi yang tersembunyi menggunakan perangkat Android Anda. Penting untuk diingat bahwa beberapa cara di atas mungkin ilegal atau melanggar privasi orang lain. Pastikan untuk menggunakan metode ini dengan bijak dan mematuhi hukum dan etika yang berlaku.

Jika Anda memiliki akses yang sah atau izin untuk mengakses jaringan Wi-Fi tersembunyi, pastikan untuk menggunakan informasi dengan bertanggung jawab dan tidak menyalahgunakannya. Selalu penting untuk menjaga privasi dan keamanan jaringan Wi-Fi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda menemukan jaringan Wi-Fi yang tersembunyi di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!