10 Cara Memasukkan Subtitle ke Film di Android

Pada zaman digital ini, menonton film menjadi salah satu hiburan yang populer bagi banyak orang. Namun, terkadang kita ingin menonton film dengan subtitle agar dapat lebih memahami dialog dan cerita yang sedang berlangsung. Jika Anda menggunakan perangkat Android untuk menonton film, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memasukkan subtitle ke film di Android. Artikel ini akan memberikan Anda 10 cara praktis untuk melakukan hal tersebut. Simak ulasan berikut untuk menemukan solusi yang tepat!

Cara Memasukkan Subtitle ke Film di Android

1. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video dengan Fitur Subtitle

Salah satu cara termudah untuk memasukkan subtitle ke film di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pemutar video yang memiliki fitur bawaan untuk subtitle. Beberapa aplikasi pemutar video populer yang dapat Anda temukan di Google Play Store adalah MX Player, VLC for Android, dan Kodi. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi yang Anda pilih, memasukkan film ke dalam perangkat Android Anda, dan mengunduh subtitle yang sesuai.

Setelah itu, pastikan Anda meletakkan file subtitle di folder yang sama dengan file film yang ingin Anda tonton. Buka aplikasi pemutar video, pilih film yang ingin Anda tonton, dan secara otomatis subtitle akan muncul jika nama file subtitle cocok dengan nama file film.

Dengan menggunakan aplikasi pemutar video dengan fitur subtitle ini, Anda dapat menikmati film dengan subtitle tanpa perlu repot-repot mengatur secara manual.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memasukkan Subtitle

Jika aplikasi pemutar video bawaan di perangkat Android Anda tidak memiliki fitur untuk memasukkan subtitle, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang populer adalah SubLoader – Subtitles for Movies. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencari, mengunduh, dan memasukkan subtitle ke film yang Anda ingin tonton.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi SubLoader, buka aplikasi tersebut dan pilih film yang ingin Anda tonton. Kemudian, cari subtitle yang sesuai dengan film tersebut melalui database yang tersedia dalam aplikasi. Setelah menemukan subtitle yang cocok, Anda dapat mengunduhnya dan secara otomatis subtitle akan terpasang pada film yang ingin Anda tonton.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download GTA 5 di Android

Aplikasi pihak ketiga ini memungkinkan Anda untuk menonton film dengan subtitle meskipun aplikasi pemutar video bawaan tidak memiliki fitur tersebut.

3. Mengunduh Subtitle dari Situs Web

Jika Anda tidak ingin mengandalkan aplikasi atau ingin menemukan subtitle yang lebih spesifik, Anda dapat mengunduh subtitle dari situs web yang menyediakan layanan subtitle. Beberapa situs web populer untuk mengunduh subtitle adalah Subscene, OpenSubtitles, dan Addic7ed.

Anda dapat mengunjungi salah satu situs web tersebut melalui peramban di perangkat Android Anda. Setelah itu, cari film yang ingin Anda tonton dan unduhlah subtitle yang sesuai dengan bahasa dan versi film yang Anda miliki. Pastikan untuk memilih subtitle dengan format yang kompatibel dengan perangkat Android Anda.

Setelah menemukan subtitle yang sesuai, unduh file subtitle ke perangkat Android Anda. Selanjutnya, buka aplikasi pemutar video yang Anda gunakan dan pastikan film yang ingin Anda tonton berada di perangkat Anda. Pada aplikasi pemutar video, biasanya ada opsi untuk memilih atau memuat subtitle. Cari opsi tersebut dan pilih file subtitle yang telah Anda unduh sebelumnya.

Dengan mengunduh subtitle dari situs web, Anda memiliki lebih banyak pilihan subtitle yang tersedia dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

4. Menggunakan Player Streaming dengan Subtitle

Jika Anda lebih suka menonton film melalui layanan streaming seperti Netflix, Disney+, atau Amazon Prime Video, Anda tidak perlu repot mencari dan memasukkan subtitle secara manual. Platform streaming ini umumnya menyediakan pilihan subtitle di dalam aplikasi mereka.

Setelah Anda memilih film atau acara yang ingin Anda tonton, cari ikon subtitle di antarmuka pemutaran. Biasanya, ikon tersebut terletak di bagian bawah layar atau dapat diakses melalui menu pengaturan. Pilih bahasa subtitle yang diinginkan, dan subtitle akan muncul secara otomatis saat Anda menonton film atau acara tersebut.

Dengan menggunakan player streaming, Anda dapat menikmati film dengan subtitle tanpa perlu mengunduh subtitle terpisah atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

5. Mengonversi File Subtitle ke Format yang Didukung Android

Jika Anda memiliki subtitle dalam format yang tidak didukung oleh perangkat Android Anda, Anda dapat mengonversinya ke format yang kompatibel. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam melakukan konversi ini, seperti Subtitle Converter atau Subtitle Edit.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Aplikasi Android di Laptop

Unduh dan instal salah satu aplikasi konversi subtitle tersebut di perangkat Android Anda. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengimpor file subtitle yang ingin Anda konversi. Pilih format output yang kompatibel dengan perangkat Android, seperti SRT atau SUB.

Setelah konversi selesai, Anda dapat menggunakan file subtitle yang telah diubah formatnya pada aplikasi pemutar video bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

6. Mengatur Sinkronisasi Subtitle dengan Video

Seringkali, ketika Anda mengunduh subtitle dari sumber yang tidak resmi, subtitle tersebut mungkin tidak sinkron dengan waktu film dengan sempurna. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi sinkronisasi subtitle untuk mengatur timing subtitle dengan video yang Anda tonton.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah SubSync. Unduh dan instal aplikasi SubSync di perangkat Android Anda. Buka aplikasi tersebut, lalu pilih file video dan file subtitle yang ingin Anda sinkronkan. Aplikasi akan secara otomatis memproses subtitle dan mencoba untuk menyelaraskan dengan video yang Anda pilih Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Subtitle Workshop di komputer Anda untuk melakukan sinkronisasi subtitle. Setelah Anda melakukan sinkronisasi, Anda dapat mentransfer file subtitle yang telah disesuaikan ke perangkat Android Anda untuk digunakan saat menonton film.

7. Menggunakan Fitur Subtitle pada Aplikasi Perangkat Lunak Pemutar Media

Jika Anda menggunakan aplikasi perangkat lunak pemutar media seperti Kodi atau Plex untuk menonton film di perangkat Android Anda, cek apakah aplikasi tersebut memiliki fitur subtitle yang dapat diaktifkan.

Pada aplikasi seperti Kodi, Anda dapat mengaktifkan opsi “Subtitle” di pengaturan dan memilih metode yang ingin Anda gunakan untuk memasukkan subtitle. Anda dapat memilih untuk menggunakan subtitle internal, eksternal, atau subtitle secara online.

Di Plex, Anda dapat memasukkan subtitle ke dalam folder film di server Plex Anda. Pastikan Anda memberikan nama file subtitle yang cocok dengan nama file film untuk memastikan subtitle terbaca dengan benar saat memutar film melalui aplikasi Plex di perangkat Android.

8. Menyinkronkan Subtitle dengan Aplikasi Khusus SRT

Jika Anda memiliki file subtitle dalam format SRT dan ingin menyesuaikan sinkronisasi subtitle secara manual, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus seperti SRT – Subtitle Player atau SRTAdjuster.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Merekam Suara dengan Headset di Android

Aplikasi SRT – Subtitle Player memungkinkan Anda untuk memutar file video dan mengatur timing subtitle dengan memindahkan waktu mulai dan selesai subtitle. Anda dapat menyesuaikan timing subtitle secara real-time saat memutar film di perangkat Android Anda.

SRTAdjuster adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengedit file subtitle SRT secara langsung. Anda dapat mempercepat atau memperlambat waktu munculnya subtitle atau memindahkan posisi subtitle pada layar.

Kedua aplikasi ini memberikan Anda kontrol penuh untuk menyesuaikan sinkronisasi subtitle dengan presisi.

9. Menggunakan Fitur Caption pada YouTube

Jika Anda menonton film atau video melalui platform YouTube di perangkat Android Anda, YouTube menyediakan fitur caption atau subtitle untuk banyak video yang terdapat di platform tersebut.

Untuk mengaktifkan caption atau subtitle pada YouTube, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar saat menonton video. Pilih opsi “Caption” atau “Subtitle” dan pilih bahasa subtitle yang diinginkan. Subtitle akan muncul di bawah video saat Anda memutarnya.

Fitur caption ini dapat membantu Anda menonton video dengan subtitle tanpa perlu repot mencari dan memasukkan subtitle secara manual.

10. Menggunakan Aplikasi OCR untuk Menerjemahkan Subtitle

Jika Anda memiliki subtitle dalam bahasa yang tidak Anda pahami, Anda dapat menggunakan aplikasi OCR (Optical Character Recognition) untuk menerjemahkan subtitle secara otomatis.

Aplikasi seperti Google Translate atau Microsoft Translator dapat membantu Anda dalam menerjemahkan teks subtitle secara real-time. Cukup buka aplikasi terjemahan, pilih opsi OCR dan arahkan kamera perangkat Android Anda ke subtitle yang ingin Anda terjemahkan. Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi teks subtitle dan menerjemahkannya ke bahasa yang Anda inginkan.

Anda dapat menyalakan fitur OCR saat menonton film dengan subtitle, sehingga Anda dapat memahami dialog dan konten film dengan lebih baik.

Penutup

Demikianlah 10 cara memasukkan subtitle ke film di Android. Dengan menggunakan salah satu metode yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah menikmati film dengan subtitle di perangkat Android Anda. Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, serta pastikan untuk mengunduh subtitle yang cocok dengan film yang ingin Anda tonton.

Dengan adanya subtitle, pengalaman menonton film Anda akan menjadi lebih menyenangkan dan informatif. Nikmati film-film favorit Anda dengan pemahaman yang lebih baik melalui subtitle yang tepat!

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memasukkan subtitle ke film di Android. Selamat menonton!