10 Cara Memblokir Iklan di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas 10 cara efektif untuk memblokir iklan di perangkat Android Anda. Jika Anda bosan dengan iklan yang mengganggu saat menggunakan aplikasi atau menjelajahi web, kami telah menyusun daftar metode yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat mengurangi jumlah iklan yang muncul dan meningkatkan pengalaman pengguna di perangkat Android Anda. Mari kita mulai!

Disclaimer: Artikel ini ditujukan untuk tujuan informatif. Beberapa metode mungkin memerlukan akses root pada perangkat Anda. Harap berhati-hati saat melakukan langkah-langkah yang memodifikasi sistem perangkat Anda.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara termudah untuk memblokir iklan di perangkat Android Anda adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Ada berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengatasi iklan yang mengganggu. Beberapa aplikasi populer termasuk Adblock Plus, AdGuard, dan Blokada. Setelah Anda menginstal aplikasi ini, Anda dapat mengaktifkannya dan menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, Adblock Plus adalah aplikasi yang populer dan andal yang memungkinkan Anda memblokir iklan di browser dan aplikasi Android. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya melalui Google Play Store, dan kemudian mengikuti instruksi sederhana untuk mengaktifkan fitur pemblokiran iklan.

Jika Anda mencari alternatif lain, Anda juga dapat mempertimbangkan AdGuard, yang menawarkan fitur serupa untuk memblokir iklan di browser dan aplikasi. AdGuard juga menawarkan perlindungan terhadap pelacak online dan phishing.

2. Menggunakan Fitur Pemblokiran Iklan di Browser

Banyak browser yang populer untuk Android, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Samsung Internet, menawarkan fitur bawaan untuk memblokir iklan. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di pengaturan browser Anda untuk mengurangi tampilan iklan saat menjelajahi web.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Google Chrome, buka aplikasi, ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas, pilih “Pengaturan”, dan cari opsi “Pemblokiran iklan”. Aktifkan opsi ini, dan Chrome akan secara otomatis memblokir iklan saat Anda menggunakan browser.

Perlu diingat bahwa fitur pemblokiran iklan bawaan mungkin tidak sekuat solusi pihak ketiga yang khusus dibuat untuk memblokir iklan. Namun, ini adalah opsi yang mudah diakses dan dapat memberikan perlindungan dasar dari iklan yang mengganggu.

3. Mengonfigurasi Hosts File

Salah satu metode yang lebih canggih untuk memblokir iklan di perangkat Android adalah dengan mengonfigurasi file hosts. File hosts adalah file teks yang berisi daftar alamat IP dan nama domain yang dikaitkan dengan mereka. Dengan memodifikasi file hosts, Anda dapat memblokir alamat IP yang diketahui digunakan oleh server iklan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

Untuk mengonfigurasi file hosts, Anda memerlukan akses root pada perangkat Android Anda. Setelah Anda mendapatkan akses root, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AdAway atau menggunakan editor teks untuk mengedit file hosts secara manual.

Pastikan Anda mengikuti panduan yang akurat dan berhati-hati saat mengedit file hosts, karena kesalahan dalam mengedit file ini dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda.

4. Mengaktifkan Mode Penghemat Data

Perangkat Android modern memiliki fitur yang disebut “Mode Penghemat Data” yang dirancang untuk mengurangi penggunaan data dan mengoptimalkan koneksi internet. Salah satu manfaat tambahan dari fitur ini adalah kemampuannya untuk memblokir iklan.

Untuk mengaktifkan Mode Penghemat Data, buka Pengaturan di perangkat Anda, cari opsi “Penggunaan Data” atau “Koneksi Data”, dan pilih “Mode Penghemat Data”. Setelah diaktifkan, mode ini akan mencoba memblokir iklan dan mengompres data sebelum mentransfernya ke perangkat Anda, sehingga mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat dan menghemat kuota data Anda.

Perlu diingat bahwa fitur ini mungkin tidak tersedia di semua perangkat Android dan dapat berbeda-beda di antara produsen perangkat. Jadi, periksa pengaturan perangkat Anda untuk memastikan apakah fitur ini tersedia dan mengaktifkannya jika memungkinkan.

5. Menggunakan VPN dengan Fitur Pemblokiran Iklan

Virtual Private Network (VPN) tidak hanya memungkinkan Anda menjelajahi web secara aman dan anonim, tetapi juga dapat membantu memblokir iklan di perangkat Android Anda. Beberapa penyedia VPN menawarkan fitur pemblokiran iklan yang terintegrasi, yang memungkinkan Anda menghindari iklan yang mengganggu saat menggunakan aplikasi atau browsing web.

Ada beberapa VPN yang populer dengan fitur pemblokiran iklan, seperti NordVPN, CyberGhost, dan AdGuard VPN. Setelah Anda menginstal VPN ini, Anda dapat mengaktifkan fitur pemblokiran iklan di pengaturan VPN dan menikmati pengalaman bebas iklan saat menggunakan perangkat Android Anda.

6. Menghapus Aplikasi Beriklan

Banyak aplikasi di Google Play Store memiliki iklan terintegrasi yang muncul saat Anda menggunakannya. Jika Anda merasa terganggu dengan iklan dalam aplikasi ini, satu cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghapus aplikasi beriklan tersebut dan mencari alternatif yang tidak mengandung iklan.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka menu “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
Pilih “Aplikasi” atau “Aplikasi & Notifikasi” untuk melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.
Cari aplikasi yang sering menampilkan iklan. Biasanya, aplikasi dengan rating rendah atau ulasan yang mencela iklan berlebihan menjadi indikasi.
Pilih aplikasi tersebut dan Anda akan dibawa ke halaman “Info Aplikasi”.
Gulir ke bawah dan pilih opsi “Hapus” atau “Uninstall” untuk menghapus aplikasi tersebut dari perangkat Anda.
Setelah menghapus aplikasi tersebut, Anda dapat mencari alternatif yang tidak mengandung iklan di Google Play Store atau toko aplikasi lainnya.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  11 Cara Membuka File RAR di Android

7. Mengatur Batasan Iklan di Pengaturan Google

Google menyediakan opsi pengaturan iklan yang memungkinkan Anda mengontrol jenis iklan yang ditampilkan di perangkat Android Anda. Dengan mengatur preferensi iklan, Anda dapat memblokir kategori iklan tertentu atau menyesuaikan preferensi berdasarkan minat Anda.

Untuk mengatur preferensi iklan di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Anda.
2. Cari dan pilih opsi “Google” atau “Akun Google” untuk masuk ke pengaturan Google.
3. Pilih opsi “Iklan” atau “Iklan Google” untuk mengakses pengaturan iklan.
4. Di sini, Anda dapat melihat preferensi iklan Anda saat ini dan memodifikasinya.
5. Anda dapat memilih untuk menonaktifkan minat iklan atau memilih preferensi kategori iklan yang Anda inginkan.
6. Setelah Anda melakukan pengaturan yang diinginkan, tekan tombol “Terapkan” atau “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

8. Mengaktifkan Fitur Pemblokiran Pop-Up

Pop-up iklan seringkali sangat mengganggu saat menggunakan aplikasi atau menjelajahi web di perangkat Android. Untungnya, perangkat Android menyediakan fitur pemblokiran pop-up bawaan yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Untuk mengaktifkan fitur pemblokiran pop-up, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Anda.
2. Cari opsi “Pengaturan Situs” atau “Pengaturan Penelusuran” tergantung pada versi perangkat Android Anda.
3. Pilih “Pop-up” atau “Izinkan Pop-up” untuk mengakses pengaturan pop-up.
4. Pastikan opsi “Blokir Pop-up” atau “Hindari Pop-up” diaktifkan.
5. Dengan mengaktifkan fitur ini, perangkat Anda akan secara otomatis memblokir pop-up iklan yang muncul saat Anda menggunakan browser atau aplikasi.

9. Mengupdate Aplikasi dan Sistem Operasi

Perangkat Android yang tidak diperbarui rentan terhadap celah keamanan yang dapat dieksploitasi oleh iklan berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui aplikasi dan sistem operasi perangkat Anda.

Untuk memperbarui aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Google Play Store di perangkat Anda.
2. Ketuk ikon tiga garis di bagian atas untuk membuka menu samping.
3. Pilih opsi “My Apps & Games” atau “Aplikasi & Game Saya” untuk melihat daftar aplikasi yang perlu diperbarui.
4. Pilih “Update All” atau “Perbarui Semua” untuk memperbarui semua aplikasi yang memiliki pembaruan yang tersedia.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Menelpon Nomor yang Memblokir Kita di Android

Untuk memperbarui sistem operasi perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Anda.
2. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat” untuk masuk ke pengaturan informasi perangkat.
3. Cari opsi “Pembaruan Sistem” atau “Software Update” untuk memeriksa pembaruan yang tersedia.
4. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut.

10. Mengaktifkan Mode Terbang

Jika Anda sedang tidak menggunakan koneksi internet dan ingin menghindari iklan sepenuhnya, Anda dapat mengaktifkan Mode Terbang pada perangkat Android Anda. Mode Terbang mematikan semua koneksi nirkabel pada perangkat, termasuk jaringan seluler dan Wi-Fi, sehingga tidak ada iklan yang dapat dimuat.

Untuk mengaktifkan Mode Terbang, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
2. Cari opsi “Mode Terbang” atau “Mode Pesawat” dan aktifkan fitur ini.
3. Setelah Mode Terbang diaktifkan, perangkat Anda akan berada dalam mode offline dan tidak ada iklan yang akan muncul saat Anda menggunakan aplikasi atau menjelajahi web.

Terakhir, penting untuk diingat bahwa iklan adalah salah satu sumber pendapatan bagi banyak pengembang aplikasi dan penyedia konten online. Meskipun mengblokir iklan dapat meningkatkan pengalaman pengguna, penting untuk tetap mendukung konten yang Anda nikmati dengan mempertimbangkan opsi non-intrusif seperti berlangganan premium atau memberikan dukungan langsung kepada pengembang.

Penutup

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memblokir iklan yang mengganggu di perangkat Android Anda. Dengan menerapkan metode yang disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda dan menikmati pengalaman yang lebih lancar dan bebas iklan. Ingatlah untuk selalu menggunakan metode yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Selamat menjelajahi dunia digital tanpa iklan yang mengganggu!

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna dan membantu Anda dalam memblokir iklan di perangkat Android Anda. Dengan menerapkan metode yang telah disebutkan, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda dan mengurangi gangguan iklan yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk terus memperbarui perangkat dan aplikasi Anda, mengaktifkan fitur pemblokiran iklan, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengendalikan iklan. Dengan menggabungkan beberapa metode ini, Anda akan dapat menikmati pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih santai di perangkat Android Anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses dalam memblokir iklan di perangkat Android Anda! Terima kasih telah membaca artikel ini.

 

Share:

Related Post