10 Cara Membuka Arsip di WhatsApp Android

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, dan banyak pengguna Android mengandalkannya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna WhatsApp adalah arsip pesan. Dengan mengarsipkan pesan, pengguna dapat menyembunyikan percakapan yang tidak lagi relevan tetapi masih ingin disimpan. Jika Anda ingin mempelajari cara membuka arsip di WhatsApp Android, berikut ini adalah 10 cara yang bisa Anda coba.

Cara Membuka Arsip di WhatsApp Android

1. Menggunakan Fitur Pencarian di WhatsApp

Salah satu cara termudah untuk membuka arsip di WhatsApp Android adalah dengan menggunakan fitur pencarian yang disediakan oleh aplikasi. Fitur pencarian ini memungkinkan Anda mencari pesan-pesan tertentu berdasarkan kata kunci atau nama pengirim. Untuk membuka arsip, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.

2. Ketuk ikon kaca pembesar atau masukkan kata kunci pada bilah pencarian di bagian atas layar.

3. Hasil pencarian akan muncul, dan Anda dapat melihat pesan-pesan yang terkait dengan kata kunci atau nama pengirim yang Anda cari.

2. Menggulir ke Bawah pada Daftar Percakapan

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk membuka arsip di WhatsApp Android adalah dengan menggulir ke bawah pada daftar percakapan. Ketika Anda mengarsipkan sebuah percakapan, percakapan tersebut akan pindah ke bagian bawah daftar dan tidak akan muncul di bagian atas lagi. Untuk membuka arsip, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.

2. Gulir ke bawah pada daftar percakapan sampai Anda menemukan percakapan yang ingin Anda buka.

3. Ketuk percakapan tersebut untuk membukanya dan melihat pesan-pesan di dalamnya.

3. Menggunakan Fitur Restore Chat

Jika Anda telah mencadangkan riwayat chat WhatsApp Anda sebelum mengarsipkan percakapan, Anda dapat menggunakan fitur Restore Chat untuk membuka arsip di WhatsApp Android. Fitur ini memungkinkan Anda mengembalikan percakapan yang telah Anda arsipkan ke dalam daftar percakapan utama. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Merubah Emoji Android Menjadi iPhone

1. Pastikan Anda telah mencadangkan riwayat chat WhatsApp Anda.

2. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.

3. Ketuk titik tiga di sudut kanan atas layar untuk membuka menu.

4. Pilih “Settings” dari menu yang muncul.

5. Ketuk “Chats” dan kemudian pilih “Chat backup”.

6. Ketuk “Restore” dan pilih cadangan yang ingin Anda pulihkan dari daftar cadangan yang tersedia.

Tunggu proses pemulihan selesai, dan setelah itu, percakapan yang telah Anda arsipkan akan muncul kembali di daftar percakapan utama WhatsApp Anda.

4. Menggunakan Aplikasi File Manager

Jika Anda ingin membuka arsip di WhatsApp Android secara manual, Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager yang terinstal di ponsel Anda. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda melalui prosesnya:

1. Buka aplikasi File Manager di ponsel Android Anda.

2. Cari folder bernama “WhatsApp” dan buka folder tersebut.

3. Di dalam folder “WhatsApp”, cari folder bernama “Databases” dan buka folder tersebut.

4. Anda akan melihat file dengan format “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” di dalam folder “Databases”. File ini berisi riwayat chat WhatsApp Anda.

5. Pilih file yang ingin Anda buka dan salin file tersebut ke lokasi yang mudah diakses, misalnya folder “Downloads”.

6. Ganti ekstensi file dari “.crypt12” menjadi “.db” menggunakan aplikasi File Manager atau aplikasi pengelola file lainnya.

7. Setelah mengubah ekstensi file, Anda dapat membuka file tersebut menggunakan aplikasi pengolah teks atau melihatnya dalam format yang dapat dibaca.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan metode yang lebih canggih dan memiliki antarmuka pengguna yang lebih baik, Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membuka arsip di WhatsApp Android. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan adalah:

– WhatsApp Viewer: Aplikasi ini memungkinkan Anda membuka dan membaca riwayat chat WhatsApp yang telah diarsipkan. Anda juga dapat mencari pesan-pesan tertentu dan melihat lampiran seperti foto dan video.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Melihat Password Gmail di Android

– WazzapMigrator: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengimpor riwayat chat WhatsApp yang telah diarsipkan ke aplikasi WhatsApp di ponsel baru atau setelah melakukan pengaturan ulang ponsel.

– Backuptrans Android iPhone WhatsApp Transfer: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mentransfer riwayat chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau sebaliknya. Anda juga dapat membuka dan membaca pesan-pesan yang diarsipkan menggunakan aplikasi ini.

6. Mengaktifkan Mode Arsip Otomatis

Jika Anda ingin memudahkan proses pengarsipan dan pembukaan arsip di WhatsApp Android, Anda dapat mengaktifkan mode arsip otomatis pada aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan mode arsip otomatis, percakapan yang sudah lama tidak aktif secara otomatis akan diarsipkan oleh WhatsApp. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan mode arsip otomatis:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.

2. Ketuk titik tiga di sudut kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih “Settings” dari menu yang muncul.

4. Ketuk “Chats” dan kemudian pilih “Chat history”.

5. Pilih opsi “Archive chats”.

6. Di sini, Anda dapat memilih “Archive all chats” untuk mengarsipkan semua percakapan secara otomatis, atau memilih “Archive individual chats” untuk mengarsipkan percakapan secara individual.

7. Setelah memilih opsi yang diinginkan, WhatsApp akan mulai mengarsipkan percakapan sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

7. Mencoba Pencarian Eksternal

Jika Anda tidak dapat menemukan pesan yang diarsipkan melalui fitur pencarian di WhatsApp, Anda juga dapat mencoba menggunakan layanan pencarian eksternal. Beberapa aplikasi pencarian file dan teks yang terinstal di ponsel Anda dapat membantu Anda menemukan pesan yang diarsipkan di WhatsApp. Cukup masukkan kata kunci atau nama pengirim pada aplikasi pencarian, dan hasil yang relevan akan ditampilkan.

8. Membuka Arsip Media

Selain pesan teks, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk mengarsipkan media seperti foto, video, dan file audio. Jika Anda ingin membuka arsip media di WhatsApp Android, Anda dapat melakukannya melalui galeri atau aplikasi pengelola file di ponsel Anda. Cari folder bernama “WhatsApp” dan di dalamnya Anda akan menemukan folder “Media” atau “WhatsApp Images/Video/Audio”. Di dalam folder ini, Anda dapat menemukan dan membuka arsip media yang diarsipkan.

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Masuk Deep Web Android dengan Aman

9. Menghapus Arsip

Jika Anda ingin menghapus arsip di WhatsApp Android, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.

2. Ketuk titik tiga di sudut kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih “Settings” dari menu yang muncul.

4. Ketuk “Chats” dan kemudian pilih “Chat history”.

5. Pilih opsi “Archive chats”.

6. Di sini, Anda dapat melihat daftar percakapan yang telah diarsipkan.

7. Ketuk dan tahan percakapan yang ingin Anda hapus dari arsip.

8. Pilih opsi “Unarchive” untuk mengembalikan percakapan ke dalam daftar percakapan utama WhatsApp atau pilih opsi “Delete chat” untuk menghapus percakapan secara permanen.

10. Menggunakan Fitur Notifikasi Arsip

WhatsApp juga memiliki fitur notifikasi arsip yang dapat membantu Anda membuka arsip dengan lebih cepat. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan menerima pemberitahuan saat ada pesan baru dari percakapan yang telah diarsipkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur notifikasi arsip:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.

2. Ketuk titik tiga di sudut kanan atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih “Settings” dari menu yang muncul.

4. Ketuk “Notifications” dan kemudian pilih “Archive notifications”.

5. Aktifkan opsi “Show notification” untuk mengaktifkan notifikasi arsip.

6. Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda akan menerima pemberitahuan saat ada pesan baru dari percakapan yang telah diarsipkan. Anda dapat mengklik pemberitahuan tersebut untuk membuka pesan-pesan tersebut.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk membuka arsip di WhatsApp Android. Mulai dari fitur pencarian di dalam aplikasi WhatsApp hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga, ada berbagai opsi yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Ingatlah untuk selalu mencadangkan riwayat chat WhatsApp Anda secara teratur agar Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengelola arsip Anda. Selamat mencoba!