10 Cara Membuka RAR di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas 10 cara membuka file RAR di Android secara praktis. RAR adalah format kompresi populer yang sering digunakan untuk mengompresi dan mengarsipkan berbagai jenis file. Dalam era digital saat ini, sangat penting bagi pengguna Android untuk dapat membuka file RAR dengan mudah dan cepat langsung dari perangkat mereka. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk membuka file RAR di Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Membuka RAR di Android

1. Menggunakan Aplikasi RAR Resmi

Salah satu cara termudah untuk membuka file RAR di Android adalah dengan menggunakan aplikasi RAR resmi yang tersedia di Google Play Store. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dan menggunakannya untuk membuka dan mengekstrak file RAR dengan mudah. Setelah menginstal aplikasi, cukup buka file RAR melalui aplikasi RAR resmi, dan Anda akan dapat mengakses isinya.

Aplikasi RAR resmi juga memiliki fitur-fitur lain seperti kemampuan untuk membuat file RAR, mengunci file dengan sandi, dan banyak lagi. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda ingin memiliki aplikasi khusus untuk
mengelola file RAR di perangkat Android Anda.

Namun, pastikan Anda mengunduh aplikasi RAR resmi yang dikembangkan oleh RARLAB untuk memastikan keamanan dan keandalan.

2. Menggunakan Aplikasi Pengarsip Alternatif

Selain aplikasi RAR resmi, ada juga banyak aplikasi pengarsip alternatif yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi ini menawarkan fungsionalitas yang lebih luas daripada aplikasi RAR resmi dan mendukung berbagai formatarsip, termasuk RAR.

Beberapa aplikasi pengarsip alternatif yang populer di Android termasuk ZArchiver, 7-Zipper, dan WinZip. Anda dapat mencoba  beberapa aplikasi ini dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan peringkat aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya.

Setelah Anda menginstal aplikasi pengarsip alternatif, Anda dapat membuka file RAR dengan cara yang sama seperti di aplikasi RAR resmi. Cukup buka aplikasi pengarsip, temukan file RAR yang ingin Anda buka, dan ekstrak isinya.

3. Menggunakan Aplikasi File Manager

Sebagian besar perangkat Android dilengkapi dengan aplikasi File Manager bawaan yang memungkinkan Anda mengelola file dan folder di perangkat Anda. Beberapa aplikasi File Manager juga memiliki kemampuan untuk membuka file RAR langsung dari perangkat Android Anda.

Cari aplikasi File Manager di perangkat Android Anda, biasanya dapat ditemukan dalam folder “Aplikasi” atau “Pengaturan”. Buka aplikasi tersebut dan cari file RAR yang ingin Anda buka. Ketuk file RAR, dan aplikasi File Manager akan mengekstrak isi file tersebut ke dalam folder yang sama atau folder yang Anda tentukan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengaktifkan JavaScript di Android

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi File Manager memiliki kemampuan untuk membuka file RAR. Pastikan Anda menggunakan aplikasi File Manager yang mendukung format RAR atau instal aplikasi File Manager alternatif yang memiliki fitur ini.

4. Menggunakan Aplikasi Ekstraktor Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Anda, Anda juga dapat menggunakan layanan ekstraktor online untuk membuka file RAR di Android. Ada beberapa situs web yang menawarkan layanan ini, di mana Anda dapat mengunggah file RAR Anda dan mereka akan mengekstraknya secara online dan memberi Anda tautan untuk mengunduh file-file yang diekstrak.

Cukup buka browser di perangkat Android Anda dan cari “ekstraktor online RAR”. Anda akan menemukan beberapa situs web yang menyediakan layanan ini. Buka salah satu situs web tersebut, ikuti instruksinya untuk mengunggah file RAR Anda, dan tunggu proses ekstraksi selesai. Setelah selesai, Anda akan dapat mengunduh file-file yang telah diekstrak ke perangkat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan layanan ekstraktor online memerlukan koneksi internet yang stabil dan dapat menimbulkan risiko keamanan. Pastikan untuk menggunakan situs web tepercaya dan tidak mengunggah file-file yang bersifat rahasia atau pribadi ke layanan ini.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga di Komputer

Jika Anda memiliki akses ke komputer, Anda juga dapat membuka file RAR di Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga di komputer Anda dan mentransfer file-file yang diekstrak ke perangkat Android Anda.

Pertama, instal aplikasi pengarsip seperti WinRAR atau 7-Zip di komputer Anda. Kemudian, sambungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB dan aktifkan mode transfer file di perangkat Anda.

Buka aplikasi pengarsip di komputer Anda dan temukan file RAR yang ingin Anda buka. Klik kanan pada file RAR dan pilih opsi “Extract” atau “Extract Here” untuk mengekstrak isi file tersebut. Setelah selesai, salin file-file yang telah diekstrak ke perangkat Android Anda melalui kabel USB atau melalui transfer file nirkabel, seperti melalui email atau aplikasi cloud.

Setelah file-file yang diekstrak telah disalin ke perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi File Manager bawaan atau aplikasi pengarsip alternatif di Android untuk mengakses dan membuka file-file tersebut.

6. Menggunakan Aplikasi Penjelajah File dengan Dukungan RAR

Beberapa aplikasi penjelajah file pihak ketiga di Android memiliki dukungan bawaan untuk membuka file RAR. Ini berarti Anda dapat membuka file RAR langsung dari aplikasi penjelajah file tanpa perlu menggunakan aplikasi pengarsip tambahan.

Cari aplikasi penjelajah file di Google Play Store dan pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur dukungan RAR.
Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi penjelajah file dan cari file RAR yang ingin Anda buka. Ketuk
file RAR, dan aplikasi penjelajah file akan mengekstrak isi file tersebut ke dalam folder yang sama atau folder yang
Anda tentukan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download Game PS2 di Android

Menggunakan aplikasi penjelajah file dengan dukungan RAR adalah cara yang mudah dan praktis untuk membuka file RAR di Android Anda tanpa perlu menginstal aplikasi pengarsip tambahan.

7. Menggunakan Aplikasi Pembuka File RAR Khusus

Selain aplikasi pengarsip umum, ada juga aplikasi khusus yang dirancang secara khusus untuk membuka file RAR di
perangkat Android. Aplikasi ini sering menawarkan fitur yang lebih khusus dan fokus pada pengelolaan file RAR.

Cari aplikasi pembuka file RAR khusus di Google Play Store dan baca deskripsi serta ulasan pengguna sebelum
mengunduh dan menginstalnya. Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki peringkat baik dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah menginstal aplikasi pembuka file RAR, Anda dapat membuka file RAR langsung melalui aplikasi tersebut. Cukup buka aplikasi, cari file RAR yang ingin Anda buka, dan aplikasi akan mengekstrak isi file tersebut untuk diakses langsung di perangkat Anda.

8. Menggunakan Aplikasi Pengompresi dengan Dukungan Ekstraksi RAR

Beberapa aplikasi pengompresi file di Android juga memiliki fitur dukungan ekstraksi RAR. Ini berarti Anda dapat
menggunakan aplikasi pengompresi tersebut untuk membuka file RAR di perangkat Android Anda.

Cari aplikasi pengompresi dengan dukungan ekstraksi RAR di Google Play Store dan pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur tersebut.
Setelah menginstal aplikasi pengompresi dengan dukungan ekstraksi RAR, buka aplikasi tersebut dan cari file RAR yang ingin Anda buka. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi “Extract” atau “Unzip” di dalam aplikasi pengompresi. Pilih file RAR tersebut dan tunggu proses ekstraksi selesai.

Setelah proses ekstraksi selesai, Anda akan dapat mengakses file-file yang diekstrak melalui aplikasi pengompresi atau melalui aplikasi File Manager bawaan di perangkat Android Anda.

9. Menggunakan Aplikasi Pemutar Media dengan Dukungan Ekstraksi RAR

Beberapa aplikasi pemutar media di Android juga memiliki fitur dukungan ekstraksi RAR. Ini berarti Anda dapat
menggunakan aplikasi pemutar media tersebut untuk membuka file RAR dan langsung memutar konten media yang terkandung di dalamnya.

Cari aplikasi pemutar media dengan dukungan ekstraksi RAR di Google Play Store dan pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur tersebut. Setelah menginstal aplikasi pemutar media, buka aplikasi tersebut dan cari file RAR yang ingin Anda buka. Biasanya, ada opsi “Open” atau “Import” di dalam aplikasi pemutar media untuk membuka file RAR. Pilih file RAR tersebut, dan aplikasi pemutar media akan mengekstrak konten media yang ada di dalamnya dan memulai pemutaran langsung.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Deface Website di Android

Fitur ini berguna jika Anda ingin membuka dan menonton video, mendengarkan musik, atau melihat gambar yang terkandung di dalam file RAR tanpa perlu mengekstraknya terlebih dahulu.

10. Menggunakan Aplikasi Office atau Dokumen dengan Dukungan Ekstraksi RAR

Jika Anda memiliki file RAR yang berisi dokumen, seperti dokumen Word, Excel, atau PDF, Anda dapat menggunakan aplikasi Office atau aplikasi dokumen yang mendukung ekstraksi RAR untuk membuka file tersebut.

Cari aplikasi Office atau aplikasi dokumen dengan dukungan ekstraksi RAR di Google Play Store dan pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki fitur tersebut. Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan cari file RAR yang berisi
dokumen yang ingin Anda buka. Pilih file RAR tersebut, dan aplikasi Office atau aplikasi dokumen akan mengekstrak dokumen yang ada di dalamnya. Anda dapat membaca, mengedit, atau mengelola dokumen tersebut langsung melalui aplikasi.

Dengan menggunakan salah satu dari 10 cara di atas, Anda dapat membuka file RAR di perangkat Android dengan mudah dan praktis. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati akses cepat ke konten yang terkompresi dalam format RAR. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola file RAR di perangkat Android Anda!

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahaskan 10 cara membuka file RAR di perangkat Android Anda. Mulai dari menggunakan aplikasi pengarsip bawaan, aplikasi File Manager, aplikasi ekstraktor online, hingga aplikasi pihak ketiga dan pengompresi dengan dukungan RAR. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Sekarang, dengan begitu banyaknya file RAR yang tersebar di internet, penting bagi pengguna Android untuk memiliki kemampuan membuka dan mengakses konten yang terkompresi tersebut. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di artikel ini, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang bagaimana membuka file RAR di perangkat Android Anda.

Jadi, selamat mencoba metode-metode yang telah disebutkan di atas, dan semoga Anda berhasil membuka file RAR dengan mudah dan lancar di perangkat Android Anda. Ingatlah untuk selalu memilih aplikasi yang tepercaya dan mengamankan file-file yang Anda akses. Dengan begitu, Anda dapat menikmati akses penuh ke konten yang dikompresi dalam format RAR di perangkat Android Anda.

Sekian artikel tentang “10 Cara Membuka File RAR di Android”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda dalam mengelola file RAR di perangkat Android. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Share:

Related Post