10 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android yang Tidak Berfungsi

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda sedang mengalami masalah dengan layar sentuh Android Anda yang tidak berfungsi? Jika iya, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut. Layar sentuh yang tidak berfungsi bisa sangat mengganggu dan membuat frustrasi, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android yang Tidak Berfungsi

1. Bersihkan Layar dan Keringkan dengan Lembut

Layar yang kotor atau basah dapat menyebabkan masalah pada sensitivitas sentuhan. Gunakan kain yang lembut dan bersihkan layar secara perlahan. Pastikan juga untuk mengeringkan layar dengan lembut setelah membersihkannya.

2. Restart Perangkat Android Anda

Kadang-kadang, masalah pada layar sentuh dapat diselesaikan dengan melakukan restart sederhana pada perangkat Anda. Matikan perangkat selama beberapa detik, lalu nyalakan kembali dan periksa apakah layar sentuh sudah berfungsi dengan baik.

3. Periksa Pengaturan Layar Sentuh

Pergi ke pengaturan perangkat Anda dan cari opsi yang terkait dengan layar sentuh. Pastikan bahwa semua pengaturan yang terkait dengan layar sentuh diatur dengan benar dan sesuai dengan preferensi Anda.

4. Kalibrasi Ulang Layar Sentuh

Kalibrasi ulang layar sentuh dapat membantu memperbaiki masalah sensitivitas dan responsivitas pada perangkat Android. Cara melakukan kalibrasi ulang dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Android Anda. Namun, umumnya Anda dapat menemukan opsi kalibrasi ulang di pengaturan perangkat Anda.

5. Perbarui Sistem Operasi Android

Kadang-kadang, masalah pada layar sentuh dapat disebabkan oleh bug atau masalah perangkat lunak yang dapat diperbaiki melalui pembaruan sistem operasi Android. Periksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia untuk perangkat Anda dan instal jika diperlukan.

🔴 BACA JUGA:  13 Cara Menggunakan Zoom Meeting di Android

6. Nonaktifkan Aplikasi yang Mungkin Menyebabkan Masalah

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat menyebabkan konflik dengan layar sentuh Android. Coba nonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut satu per satu dan periksa apakah masalah layar sentuh berhenti setelah menonaktifkan aplikasi tertentu. Jika ya, Anda dapat menghapus aplikasi tersebut atau mencari pembaruan yang mungkin telah dirilis untuk memperbaiki masalah tersebut.

7. Periksa Konektivitas Layar Sentuh

Periksa apakah kabel fleksibel yang menghubungkan layar sentuh dengan motherboard perangkat Anda terhubung dengan baik. Jika tidak, pastikan untuk memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru.

8. Periksa Aksesori Eksternal

Jika Anda menggunakan aksesori eksternal seperti sarung pelindung atau penutup layar, coba lepas aksesori tersebut dan periksa apakah masalah layar sentuh masih ada. Beberapa aksesori mungkin mengganggu responsivitas layar sentuh.

9. Periksa Aplikasi yang Menggunakan Overlay

Beberapa aplikasi yang menggunakan fitur overlay seperti Facebook Messenger atau Facebook Chat Heads dapat mengganggu fungsi layar sentuh pada perangkat Android. Coba nonaktifkan atau matikan fitur overlay pada aplikasi-aplikasi tersebut dan periksa apakah masalah layar sentuh berhenti.

10. Reset Pabrik Perangkat Anda

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, reset pabrik mungkin menjadi pilihan terakhir yang dapat Anda coba. Harap dicatat bahwa reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan perangkat Anda, jadi pastikan untuk mencadangkan semua data penting sebelum melakukannya. Setelah reset pabrik, perangkat Anda akan kembali ke pengaturan awal pabrik dan masalah layar sentuh yang tidak berfungsi kemungkinan akan teratasi.

Penutup

Semoga 10 cara di atas dapat membantu Anda memperbaiki masalah layar sentuh Android yang tidak berfungsi. Penting untuk diingat bahwa setiap perangkat Android dapat memiliki perbedaan dalam pengaturan dan opsi yang tersedia, jadi Anda mungkin perlu menyesuaikan langkah-langkah di atas sesuai dengan perangkat Anda. Jika masalah masih persisten, disarankan untuk menghubungi pusat layanan atau dukungan pelanggan resmi dari pabrikan perangkat Android Anda untuk bantuan lebih lanjut.

🔴 BACA JUGA:  Mudah Untuk Cara Mengunduh Windows 11 di PC Anda: Ikuti Langkah-Langkah Ini!

Semoga berhasil!

 

Share:

Related Post