10 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Apakah kamu pernah mengalami masalah ketika mencoba memutar video favorit di ponsel Android kamu? Jika iya, jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna Android menghadapi kesulitan saat memutar video di perangkat mereka. Beruntungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah ini. Artikel ini akan membahas 10 cara yang dapat membantu memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android kamu. Baca terus untuk mengetahui solusi-solusi yang mungkin bisa kamu terapkan.

Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

1. Periksa Format Video

Salah satu alasan umum mengapa video tidak bisa diputar di Android adalah format file yang tidak didukung oleh perangkat. Pastikan video yang ingin kamu putar memiliki format yang kompatibel dengan Android. Format yang umumnya didukung adalah MP4, 3GP, AVI, dan MKV. Jika video kamu memiliki format yang berbeda, kamu perlu mengonversinya ke format yang didukung sebelum mencoba memutarnya.

Jika kamu tidak yakin tentang format video yang kamu miliki, kamu bisa menggunakan aplikasi pemutar video pihak ketiga yang mendukung berbagai format. Beberapa aplikasi pemutar video populer seperti MX Player dan VLC dapat memutar sebagian besar format video yang ada.

Selain itu, pastikan juga bahwa video kamu tidak rusak atau terkompresi dengan buruk. Video yang rusak atau terkompresi dengan buruk dapat menyebabkan masalah saat diputar di perangkat Android. Untuk memeriksa apakah video kamu rusak atau tidak, coba putar video tersebut di perangkat lain atau menggunakan aplikasi pemutar video di komputer. Jika video berjalan dengan baik di perangkat lain, maka kemungkinan besar masalah ada pada perangkat Android kamu.

2. Update Aplikasi Pemutar Video

Aplikasi pemutar video di Android sering diperbarui oleh pengembang untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki bug. Jika video kamu tidak bisa diputar, ada kemungkinan bahwa masalahnya terletak pada versi aplikasi pemutar video yang kamu gunakan. Pastikan kamu selalu menggunakan versi terbaru aplikasi pemutar video di perangkat Android kamu.

🔴 BACA JUGA:  Cara Cek Mata Minus di Android dengan Mudah

Untuk memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi pemutar video, ikuti langkah berikut:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android kamu.

2. Ketuk ikon menu di sudut kiri atas layar.

3. Pilih “My apps & games” (aplikasi saya dan game).

4. Cari aplikasi pemutar video kamu dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ada, pilih “Update” atau “Update” untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru.

Jika kamu sudah menggunakan versi terbaru aplikasi pemutar video dan masih mengalami masalah, kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi pemutar video alternatif. Ada banyak opsi yang tersedia di Google Play Store, seperti VLC, MX Player, atau BSPlayer. Mungkin salah satu dari aplikasi ini dapat memutar video yang tidak bisa diputar oleh aplikasi bawaan.

3. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil juga dapat menyebabkan masalah saat memutar video di perangkat Android. Jika video yang tidak bisa diputar tergantung pada streaming online, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang baik dan stabil. Cobalah memperbaiki koneksi internet dengan cara berikut:

1. Pastikan kamu berada dalam jangkauan sinyal Wi-Fi yang kuat jika menggunakan Wi-Fi. Jika sinyalnya lemah, kamu mungkin perlu mendekat ke router Wi-Fi atau menggunakan sinyal data seluler yang lebih stabil.

2. Jika kamu menggunakan data seluler, pastikan kuota data kamu mencukupi dan sinyalnya cukup kuat.

3. Coba matikan dan nyalakan kembali koneksi Wi-Fi atau data seluler di perangkat Android kamu untuk menyegarkan koneksi.

4. Hapus Cache Aplikasi Pemutar Video

Cache yang terakumulasi dalam aplikasi pemutar video juga dapat menyebabkan masalah saat memutar video di Android. Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat kinerja. Namun, terkadang cache yang rusak atau berlebihan dapat mengganggu pemutaran video.

Untuk menghapus cache aplikasi pemutar video, ikuti langkah berikut:

1. Buka Pengaturan di perangkat Android kamu.

2. Cari dan pilih “Apps” atau “Aplikasi & notifikasi” (tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).

3. Cari dan pilih aplikasi pemutar video yang kamu gunakan.

4. Pilih “Storage” (penyimpanan) atau “Penyimpanan & cache” (tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

5. Pilih “Clear cache” (hapus cache) untuk menghapus cache aplikasi pemutar video.

5. Restart Perangkat Android

Kadang-kadang, masalah pemutaran video di Android dapat diselesaikan dengan melakukan restart sederhana pada perangkat. Restart akan membantu menyegarkan sistem dan menghapus sementara masalah yang mungkin muncul.

Untuk merestart perangkat Android, tahan tombol daya (power) perangkat kamu dan pilih opsi “Restart” (mulai ulang) atau “Reboot” (nyalakan ulang) ketika opsi tersebut muncul di layar. Setelah perangkat direstart, coba putar video yang sebelumnya tidak bisa diputar dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi. Jika masih mengalami masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Perbarui Sistem Operasi Android

Salah satu alasan mengapa video tidak bisa diputar di Android adalah karena ada masalah dengan sistem operasi yang digunakan. Terkadang, pembaruan sistem operasi yang tersedia dapat memperbaiki bug dan masalah yang terkait dengan pemutaran video.

Untuk memeriksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia, ikuti langkah berikut:

1. Buka Pengaturan di perangkat Android kamu.

2. Cari dan pilih “Tentang ponsel” atau “Tentang perangkat” (tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).

3. Pilih “Pembaruan sistem” atau “Update sistem” dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia.

Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan sistem operasi terbaru. Setelah pembaruan selesai, coba putar video yang sebelumnya tidak bisa diputar dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

7. Instal Kodek Video Tambahan

Kodek adalah komponen yang digunakan oleh aplikasi pemutar video untuk mendekode dan memutar format video tertentu. Jika video yang tidak bisa diputar menggunakan format yang tidak didukung oleh pemutar video bawaan di Android, kamu dapat menginstal kodek video tambahan untuk mendukung format tersebut.

Di Google Play Store, terdapat beberapa aplikasi kodek video tambahan yang dapat kamu instal. Cari aplikasi kodek yang sesuai dengan format video yang ingin kamu putar, unduh, dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya di perangkat Android kamu.

8. Gunakan Aplikasi Pemutar Video Online

Jika video yang ingin kamu putar adalah video yang tersimpan secara online, kamu juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pemutar video online. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memutar video langsung dari internet tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu ke perangkat.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Ada beberapa aplikasi pemutar video online yang tersedia di Google Play Store, seperti YouTube, Netflix, atau VLC. Coba instal aplikasi pemutar video online yang sesuai dengan sumber video yang ingin kamu putar, lalu buka aplikasi tersebut dan putar video yang diinginkan.

9. Gunakan Pemutar Video Berbeda

Jika semua solusi di atas tidak berhasil memperbaiki masalah pemutaran video di Android kamu, mungkin masalahnya terletak pada pemutar video itu sendiri. Cobalah menggunakan pemutar video pihak ketiga yang lebih canggih dan kompatibel dengan berbagai format video.

Di Google Play Store, terdapat banyak pemutar video pihak ketiga yang dapat kamu instal, seperti MX Player, VLC, atau BSPlayer. Coba instal salah satu pemutar video tersebut, kemudian buka video yang sebelumnya tidak bisa diputar menggunakan aplikasi pemutar video baru tersebut. Beberapa aplikasi pemutar video pihak ketiga memiliki opsi pengaturan yang lebih luas dan fitur yang lebih canggih, yang dapat membantu dalam memperbaiki masalah pemutaran video di Android kamu.

10. Cek Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan yang penuh atau hampir penuh pada perangkat Android juga dapat mempengaruhi kemampuan pemutar video untuk memutar video dengan lancar. Pastikan bahwa perangkat Android kamu memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia untuk memuat dan memutar video.

Untuk memeriksa kapasitas penyimpanan di perangkat Android kamu, buka Pengaturan dan cari opsi “Penyimpanan” atau “Storage” (tergantung pada versi Android yang kamu gunakan). Di sana, kamu dapat melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang telah digunakan dan berapa banyak yang masih tersedia.

Jika ruang penyimpanan hampir penuh, kamu dapat menghapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan untuk membuat lebih banyak ruang. Jika memungkinkan, gunakan juga kartu SD eksternal untuk menyimpan file media, termasuk video.

Sekarang kamu telah mengetahui 10 cara untuk memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android. Mulai dari memeriksa format video, mengupdate aplikasi pemutar video, memeriksa koneksi internet, menghapus cache, merestart perangkat, hingga menginstal kodek video tambahan dan menggunakan pemutar video pihak ketiga. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk memperbaiki masalah pemutaran video di perangkat Android kamu.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!