10 Cara Mempercepat Koneksi WiFi Android

Koneksi WiFi merupakan salah satu teknologi yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang koneksi WiFi di perangkat Android sering mengalami masalah. Entah itu lambat, lemah, atau bahkan tidak terkoneksi sama sekali. Jika kamu sedang mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir. Kali ini kami akan memberikan 10 cara mempercepat koneksi WiFi di perangkat Androidmu.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas koneksi WiFi di perangkat Androidmu. Faktor tersebut antara lain jarak, interferensi, jumlah pengguna, dan lain-lain. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan kecepatan koneksi WiFi di perangkat Androidmu. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sebelum kita membahas cara mempercepat koneksi WiFi, pastikan bahwa kamu telah memeriksa koneksi WiFi di perangkatmu dengan benar. Pastikan WiFi sudah terhubung dan sinyalnya kuat. Kamu juga dapat memeriksa kecepatan koneksi WiFi di perangkatmu dengan mengunjungi situs speedtest.net atau fast.com. Jika kamu sudah melakukan hal tersebut dan masih mengalami masalah, simak tips-tips berikut ini.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi Android

1. Perbarui Perangkat Androidmu

Perangkat Androidmu mungkin akan mengalami masalah jika sistem operasinya sudah ketinggalan zaman. Pastikan kamu selalu memperbarui sistem operasi Android di perangkatmu agar dapat memaksimalkan kinerja perangkat. Perbaruan sistem operasi Android biasanya akan menambahkan fitur baru, meningkatkan stabilitas perangkat, dan tentunya meningkatkan keamanan perangkatmu.

Untuk memperbarui sistem operasi Android, kamu dapat pergi ke menu Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem. Pastikan kamu telah terhubung dengan jaringan WiFi yang stabil dan memiliki daya baterai yang cukup untuk melakukan pembaruan.

Jika perangkatmu sudah terlalu tua dan tidak mendukung pembaruan sistem operasi terbaru, kamu dapat mencoba untuk melakukan root pada perangkatmu dan memasang custom ROM. Namun, kamu harus berhati-hati karena melakukan root dan memasang custom ROM dapat merusak perangkatmu dan menghilangkan garansi resmi dari produsen.

🔴 BACA JUGA:  10 Merk HP Samsung Harga 3 Jutaan

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak aplikasi di perangkatmu yang berjalan di latar belakang dan menggunakan koneksi internet secara terus-menerus. Hal ini dapat memperlambat koneksi WiFi di perangkatmu. Oleh karena itu, matikan aplikasi yang tidak digunakan agar tidak menguras koneksi internetmu.

Kamu dapat mematikan aplikasi yang tidak digunakan dengan membuka menu Recent Apps atau tombol square di perangkatmu, lalu geser aplikasi yang tidak digunakan ke kiri atau kanan. Kamu juga dapat mematikan aplikasi secara manual di menu Pengaturan > Aplikasi.

Selain itu, pastikan aplikasi yang sedang digunakan tidak mengunduh data di latar belakang. Beberapa aplikasi seperti game dan streaming video sering kali mengunduh data di latar belakang. Kamu dapat mematikan pengunduhan data di latar belakang pada aplikasi tersebut di menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi yang Digunakan > Batasi Penggunaan Data.

3. Gunakan Jaringan WiFi yang Berbeda

Jika kamu sedang mengalami masalah dengan koneksi WiFi di perangkatmu, cobalah untuk menghubungkan perangkatmu ke jaringan WiFi yang berbeda. Terkadang masalah koneksi WiFi dapat terjadi karena masalah di sisi jaringan, bukan di perangkatmu.

Kamu dapat mencoba menghubungkan perangkatmu ke jaringan WiFi di tempat lain seperti di rumah teman atau di tempat umum seperti kedai kopi atau pusat perbelanjaan. Jika koneksi WiFi di tempat tersebut lebih baik, maka masalah koneksi WiFi di perangkatmu mungkin disebabkan oleh masalah jaringan WiFi di rumahmu.

Namun, jika koneksi WiFi di tempat lain juga tidak stabil, maka masalah koneksi WiFi mungkin ada pada perangkatmu. Kamu dapat mencoba tips-tips berikutnya untuk memperbaiki masalah koneksi WiFi di perangkatmu.

4. Restart Perangkat Androidmu

Restart perangkat Androidmu dapat membantu memperbaiki beberapa masalah teknis pada perangkatmu, termasuk masalah koneksi WiFi. Saat kamu melakukan restart pada perangkatmu, sistem operasi Android dan aplikasi yang berjalan di perangkatmu akan dimatikan dan kemudian diaktifkan kembali.

Sebelum melakukan restart pada perangkatmu, pastikan kamu telah menyimpan data pentingmu. Kamu dapat melakukan restart pada perangkatmu dengan menekan dan menahan tombol power, lalu pilih opsi Restart.

Setelah perangkatmu menyala kembali, coba untuk menghubungkan perangkatmu ke jaringan WiFi dan periksa apakah koneksi WiFi di perangkatmu sudah membaik.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Mengubah Video YouTube Menjadi MP3 di Android

5. Gunakan Antena WiFi Eksternal

Jika perangkatmu sering mengalami masalah dengan koneksi WiFi di area yang jauh dari router, kamu dapat mencoba menggunakan antena WiFi eksternal. Antena WiFi eksternal dapat membantu meningkatkan sinyal WiFi pada perangkatmu dan mempercepat koneksi internetmu.

Kamu dapat membeli antena WiFi eksternal yang dapat disambungkan dengan perangkatmu melalui port USB. Beberapa antena WiFi eksternal bahkan dilengkapi dengan teknologi seperti MIMO dan beamforming yang dapat membantu meningkatkan kinerja sinyal WiFi pada perangkatmu.

Namun, sebelum membeli antena WiFi eksternal, pastikan perangkatmu mendukung koneksi USB OTG. Beberapa perangkat Android mungkin tidak mendukung koneksi USB OTG, sehingga tidak dapat menggunakan antena WiFi eksternal.

6. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi pada perangkatmu dapat memperlambat koneksi WiFi dan mempengaruhi kinerja perangkatmu secara keseluruhan. Cache dan data aplikasi adalah file-file yang disimpan oleh aplikasi pada perangkatmu untuk membantu aplikasi berjalan lebih cepat dan efisien.

Namun, cache dan data aplikasi yang terlalu banyak dapat mengambil ruang penyimpanan yang berharga dan memperlambat perangkatmu. Oleh karena itu, kamu dapat menghapus cache dan data aplikasi secara berkala untuk memperbaiki masalah koneksi WiFi dan meningkatkan kinerja perangkatmu.

Kamu dapat menghapus cache dan data aplikasi pada perangkatmu di menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi yang Digunakan. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache dan data-nya, lalu pilih opsi Hapus Cache atau Hapus Data.

7. Ganti DNS pada Perangkatmu

DNS atau Domain Name System adalah sistem yang menghubungkan alamat IP dengan nama domain website. Pada perangkatmu, DNS digunakan untuk mengakses website dan layanan internet lainnya.

Terkadang, masalah koneksi WiFi dapat disebabkan oleh DNS yang tidak responsif atau lambat. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu dapat mengganti DNS pada perangkatmu dengan DNS yang lebih cepat atau responsif.

Kamu dapat mengganti DNS pada perangkatmu di menu Pengaturan > Jaringan dan Internet > WiFi > Nama Jaringan WiFi yang Digunakan > Lanjutan > IP Statis. Pilih opsi Tampilkan Opsi Lanjutan, lalu pilih opsi DNS 1 dan DNS 2 dan masukkan DNS yang ingin kamu gunakan.

🔴 BACA JUGA:  Cara Backup Data Android yang Mudah dan Efektif

8. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Ada beberapa aplikasi penguat sinyal WiFi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu meningkatkan kinerja koneksi WiFi pada perangkatmu. Aplikasi penguat sinyal WiFi bekerja dengan memperkuat sinyal WiFi pada perangkatmu dan memperbaiki masalah teknis pada koneksi WiFi.

Beberapa aplikasi penguat sinyal WiFi yang populer di antaranya adalah WiFi Master, WiFi Signal Booster, dan Network Master. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi penguat sinyal WiFi tidak selalu efektif dan dapat memperburuk kinerja perangkatmu jika tidak digunakan dengan benar.

9. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu faktor yang dapat memperlambat koneksi WiFi pada perangkatmu adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dapat menghabiskan sumber daya perangkatmu dan mempengaruhi kinerja WiFi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mematikan aplikasi yang tidak digunakan saat sedang terhubung dengan jaringan WiFi. Kamu dapat mematikan aplikasi yang tidak digunakan di menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi yang Digunakan. Pilih aplikasi yang ingin kamu matikan, lalu pilih opsi Matikan.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur Penghemat Baterai pada perangkatmu untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan secara otomatis.

10. Perbarui Perangkatmu

Terakhir, pastikan perangkatmu selalu diperbarui dengan versi sistem operasi terbaru dan pembaruan keamanan. Pembaruan perangkat lunak dapat membantu memperbaiki masalah koneksi WiFi dan meningkatkan kinerja perangkatmu secara keseluruhan.

Kamu dapat memperbarui perangkatmu di menu Pengaturan > Pembaruan Sistem atau melalui aplikasi pengaturan perangkatmu.

Penutup

Itulah 10 cara yang dapat kamu coba untuk mempercepat koneksi WiFi pada perangkat Android-mu. Dari memeriksa kecepatan koneksi WiFi hingga menggunakan antena WiFi eksternal, kamu dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk meningkatkan kinerja koneksi WiFi pada perangkatmu.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun cara-cara ini dapat membantu mempercepat koneksi WiFi pada perangkatmu, terkadang masalah koneksi WiFi dapat disebabkan oleh faktor luar seperti jarak antara perangkat dan router atau gangguan elektromagnetik di sekitar perangkatmu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memastikan perangkatmu selalu dalam kondisi optimal dan berada di lingkungan yang sesuai untuk mendapatkan koneksi WiFi yang stabil dan cepat.