10 Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Apakah Anda sering ingin menonton video di perangkat Android Anda sambil membuka aplikasi lain? Jika ya, Anda mungkin pernah merasa frustrasi karena beberapa aplikasi pemutar video tidak memungkinkan Anda untuk memutar video di latar belakang. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan 10 cara unik untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda. Dengan mengikuti metode-metode ini, Anda dapat menikmati pemutaran video yang tidak terputus sambil melakukan tugas lain seperti membaca email, menjelajahi web, atau menggunakan aplikasi lain. Jadi, mari kita jelajahi cara-cara tersebut!

Android adalah sistem operasi yang populer untuk perangkat mobile, dengan berbagai fitur dan kemampuan yang memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah pemutar video. Namun, terkadang Anda mungkin ingin memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal tersebut.

Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

1. Pemutar Video Floating

Salah satu cara untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android adalah dengan menggunakan pemutar video floating. Beberapa pemutar video, seperti VLC atau MX Player, menyediakan fitur ini. Anda dapat mengaktifkan mode pemutaran floating di pengaturan pemutar video, dan kemudian Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi pemutar video sesuai keinginan Anda. Dengan demikian, Anda dapat memutar video sambil menjelajahi aplikasi lain di perangkat Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal pemutar video yang mendukung pemutaran floating. Setelah itu, buka aplikasi pemutar video tersebut dan masuk ke pengaturan. Cari opsi “Pemutaran Floating” atau “Pemutaran di Atas Aplikasi Lain” dan aktifkan fitur tersebut. Selanjutnya, pilih video yang ingin Anda putar dan sesuaikan ukuran dan posisi pemutar video floating sesuai keinginan Anda.

Keuntungan dari menggunakan pemutar video floating adalah Anda dapat menonton video favorit Anda sambil melakukan tugas lain, seperti menjawab pesan atau menjelajahi internet. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi mungkin tidak mendukung pemutaran floating, jadi pastikan untuk menguji fitur ini dengan berbagai aplikasi di perangkat Anda.

2. Fitur Picture-in-Picture

Android memiliki fitur bawaan yang disebut Picture-in-Picture (PiP), yang memungkinkan Anda memutar video dalam jendela kecil di atas aplikasi lain. Fitur ini umumnya tersedia di perangkat dengan versi Android 8.0 (Oreo) atau yang lebih baru. Jika perangkat Anda memenuhi persyaratan tersebut, Anda dapat memanfaatkan fitur PiP untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain.

Untuk menggunakan fitur PiP, buka aplikasi pemutar video yang kompatibel dengan fitur ini dan mulai memutar video. Setelah video dimulai, Anda dapat menekan tombol Beranda (Home) pada perangkat Anda. Video akan berlanjut dalam mode PiP dan akan muncul dalam jendela kecil di atas layar utama perangkat Anda. Anda dapat menyeret jendela kecil ini ke lokasi yang nyaman bagi Anda dan mulai membuka aplikasi lain. Video akan tetap terlihat dan terus diputar sambil Anda menjelajahi aplikasi lain di perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android

Fitur Picture-in-Picture sangat berguna ketika Anda ingin menonton video tutorial atau streaming sambil melakukan tugas lain, seperti membaca email atau mencari informasi di internet. Namun, tidak semua aplikasi pemutar video mendukung fitur ini, jadi pastikan untuk menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan PiP.

3. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video Multitasking

Selain menggunakan fitur bawaan atau opsi pemutar video yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat mengunduh aplikasi pemutar video khusus yang mendukung multitasking. Beberapa aplikasi populer seperti Floating Tube dan Video Popup Player menyediakan kemampuan untuk memutar video dalam jendela kecil sambil membuka aplikasi lain.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi pemutar video multitasking, buka aplikasi tersebut dan cari video yang ingin Anda putar. Selanjutnya, pilih opsi untuk memutar video dalam jendela kecil atau mode multitasking. Aplikasi akan menampilkan video dalam jendela terpisah yang dapat Anda letakkan di lokasi yang diinginkan pada layar. Anda dapat membuka aplikasi lain dan video akan tetap diputar dalam jendela kecil tersebut.

Pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi pemutar video multitasking, karena biasanya ada opsi untuk menyesuaikan ukuran, posisi, dan transparansi jendela video. Dengan begitu, Anda dapat mengatur tampilan video sesuai keinginan Anda saat membuka aplikasi lain di Android.

4. Menggunakan Fitur Split Screen

Fitur Split Screen (layar terbagi) adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Android untuk memungkinkan pengguna menggunakan dua aplikasi secara bersamaan dalam tampilan layar yang terpisah. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat memutar video di satu sisi layar sambil membuka aplikasi lain di sisi lainnya.

Untuk menggunakan fitur Split Screen, pertama-tama buka aplikasi pemutar video yang Anda inginkan dan mulai memutar video. Selanjutnya, tekan tombol Baru atau Daftar Aplikasi Terkini (Recent Apps) pada perangkat Anda (tombol ini dapat berbeda tergantung pada perangkat Android Anda). Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

Cari aplikasi lain yang ingin Anda buka bersamaan dengan video yang diputar. Ketika Anda menemukan aplikasi tersebut, tahan ikon aplikasi dan seret ke sisi layar yang kosong atau opsi Split Screen yang ditampilkan. Layar akan terbagi menjadi dua bagian, dengan video yang terus diputar di satu sisi dan aplikasi yang Anda pilih di sisi lainnya.

Anda dapat menyesuaikan ukuran masing-masing jendela dengan menggeser garis pembagi antara keduanya. Dengan menggunakan fitur Split Screen, Anda dapat dengan mudah membuka aplikasi lain dan tetap memutar video di Android Anda. Ini sangat berguna ketika Anda ingin menonton video sambil melakukan tugas lain, seperti membaca atau menulis catatan.

5. Menggunakan Fitur Overlay

Beberapa aplikasi pemutar video juga menyediakan fitur overlay yang memungkinkan Anda memutar video dalam jendela kecil yang selalu terlihat di atas aplikasi lain. Dengan menggunakan fitur overlay, Anda dapat membuka aplikasi lain di bawah video yang tetap terlihat dan terus diputar.

Untuk menggunakan fitur overlay, buka aplikasi pemutar video yang mendukung fitur ini dan mulai memutar video. Selanjutnya, aktifkan opsi overlay atau mode jendela kecil di pengaturan aplikasi tersebut. Video akan muncul dalam jendela kecil yang dapat Anda geser dan letakkan di atas aplikasi lain di perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  12 Cara Unlock Modem Bolt Lewat Android: Solusi Praktis untuk Mengatasi Batasan Provider

Anda dapat membuka aplikasi lain di bawah jendela kecil video dan tetap menikmati pemutaran video tanpa terganggu. Fitur overlay sangat berguna ketika Anda ingin memantau video sambil menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan perhatian penuh, seperti game atau chatting.

6. Menggunakan Fitur Pop-up Window

Beberapa perangkat Android memiliki fitur pop-up window yang memungkinkan Anda membuka aplikasi dalam jendela pop-up yang dapat digeser dan ditempatkan di atas aplikasi lain. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk memutar video dalam jendela pop-up sambil membuka aplikasi lain di perangkat Anda.

Untuk menggunakan fitur pop-up window, buka aplikasi pemutar video yang mendukung fitur ini dan mulai memutar video. Setelah video dimulai, cari ikon pop-up window atau opsi yang mengaktifkan mode pop-up di aplikasi tersebut. Ketika Anda memilih opsi tersebut, video akan muncul dalam jendela pop-up yang dapat Anda seret dan letakkan di atas aplikasi lain yang sedang dibuka.

Anda dapat membuka aplikasi lain di belakang jendela pop-up dan tetap menonton video dengan nyaman. Fitur pop-up window sangat berguna ketika Anda ingin mengakses informasi dari aplikasi lain sambil menikmati video tanpa harus beralih antar aplikasi secara penuh.

7. Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda tidak dapat memutar video sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda dengan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda masih dapat menggunakan aplikasi perekam layar. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat merekam video yang sedang diputar dan kemudian membukanya kembali saat membuka aplikasi lain.

Untuk menggunakan aplikasi perekam layar, unduh dan instal aplikasi perekam layar yang tersedia di Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi pemutar video yang Anda inginkan dan mulai memutar video. Selanjutnya, buka aplikasi perekam layar dan mulai merekam. Setelah merekam video selesai, Anda dapat menghentikan perekaman dan menyimpannya. Selanjutnya, Anda dapat membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda, dan saat Anda ingin melanjutkan menonton video, cukup buka aplikasi perekam layar dan putar video yang telah direkam sebelumnya.

Meskipun ini bukan solusi langsung untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain, menggunakan aplikasi perekam layar dapat memberikan pengalaman serupa dengan memutar video di latar belakang.

8. Menggunakan Aplikasi Media Player Universal

Jika Anda mencari solusi yang lebih fleksibel dan mendukung pemutaran video di latar belakang, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi media player universal seperti Kodi atau Plex. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi pusat media yang kuat, dan mereka memiliki fitur untuk memutar video di latar belakang sambil membuka aplikasi lain.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi media player universal, ikuti petunjuk untuk menambahkan video ke perpustakaan Anda. Setelah video ditambahkan, Anda dapat memutarnya dengan memilih video tersebut dan memilih opsi untuk memutar di latar belakang atau di jendela terpisah. Video akan tetap diputar bahkan saat Anda membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda.

Keuntungan menggunakan aplikasi media player universal adalah Anda dapat mengatur dan mengelola koleksi video Anda dengan lebih baik, serta menikmati berbagai fitur tambahan seperti sinkronisasi dengan perangkat lain dan streaming media dari server. Namun, penggunaan aplikasi ini mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian dan pengaturan awal.

🔴 BACA JUGA:  Inilah Cara Kerja Freelancer Online di Berbagai Bidang Profesi

9. Menggunakan Browser dengan Fitur Pemutaran Video di Latar Belakang

Beberapa browser web untuk Android memiliki fitur pemutaran video di latar belakang. Misalnya, browser Google Chrome memiliki opsi “Request desktop site” yang dapat Anda aktifkan untuk memainkan video di latar belakang saat membuka tautan video dalam mode desktop.

Untuk menggunakan fitur ini, buka browser Google Chrome di perangkat Android Anda dan buka tautan video yang ingin Anda putar. Setelah video dimulai, tekan tombol menu di browser dan aktifkan opsi “Request desktop site”. Video akan terus diputar di latar belakang saat Anda membuka aplikasi lain di perangkat Anda.

Beberapa browser web lainnya, seperti Mozilla Firefox atau Opera, juga dapat memiliki fitur serupa. Pastikan untuk memeriksa pengaturan browser Anda atau mencari ekstensi atau plugin yang memungkinkan pemutaran video di latar belakang.

10. Menggunakan Aplikasi Musik Streaming dengan Fitur Video

Terakhir, Anda dapat menggunakan aplikasi musik streaming yang menyediakan fitur pemutaran video. Beberapa aplikasi seperti YouTube Music atau Spotify memiliki koleksi video musik yang dapat Anda putar sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda.

Cari video musik yang ingin Anda tonton di aplikasi musik streaming yang Anda pilih. Setelah video dimulai, Anda dapat melanjutkan untuk membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda. Video musik akan tetap diputar dalam latar belakang atau dalam jendela kecil, tergantung pada fitur yang disediakan oleh aplikasi musik streaming yang Anda gunakan.

Dalam beberapa aplikasi musik streaming, Anda juga dapat membuat daftar putar video musik untuk diputar secara berurutan. Ini memungkinkan Anda menikmati pemutaran video musik tanpa harus terus-menerus mencari video baru setiap kali satu berakhir.

Selain itu, beberapa aplikasi musik streaming juga menyediakan fitur untuk memutar video musik dalam mode offline. Anda dapat mengunduh video musik ke perangkat Anda dan menontonnya secara offline, bahkan saat Anda membuka aplikasi lain.

Dengan memanfaatkan aplikasi musik streaming yang memiliki fitur pemutaran video, Anda dapat menikmati video musik favorit sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah mengulas 10 cara unik untuk memutar video sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda. Mulai dari fitur Picture-in-Picture hingga penggunaan aplikasi media player universal, ada berbagai cara yang dapat Anda coba untuk menikmati pemutaran video yang tidak terputus.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur dan aplikasi yang disebutkan dalam artikel ini, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman menonton video di perangkat Android Anda. Terlepas dari apakah Anda menggunakan fitur bawaan Android seperti Picture-in-Picture atau memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk mengikuti petunjuk dan mengatur perangkat Anda sesuai kebutuhan.

Namun, perlu diingat bahwa ketersediaan fitur dan cara-cara ini dapat bervariasi tergantung pada perangkat Android Anda dan aplikasi yang Anda gunakan. Selain itu, pastikan untuk memperhatikan kebijakan penggunaan dan hak cipta ketika memutar video dari sumber yang sah.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan bermanfaat bagi Anda yang ingin menikmati video sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android. Nikmati pengalaman menonton yang lebih fleksibel dan nyaman!