google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

10 Cara Menampilkan File Tersembunyi di Android

Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan smartphone Android semakin meluas. Banyak pengguna Android yang menyimpan berbagai jenis file penting di perangkat mereka. Namun, ada kalanya file-file ini dapat tersembunyi secara tidak sengaja atau disengaja, membuat pengguna kesulitan untuk menemukannya. Untungnya, terdapat beberapa cara untuk menampilkan file tersembunyi di Android. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara yang efektif untuk membantu Anda menemukan file tersembunyi di perangkat Android Anda.

Cara Menampilkan File Tersembunyi di Android

1. Menggunakan File Manager Bawaan

Salah satu cara termudah untuk menampilkan file tersembunyi di Android adalah melalui file manager bawaan yang disediakan oleh pabrikan perangkat Anda. Setiap perangkat Android umumnya dilengkapi dengan aplikasi file manager bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengakses semua file di perangkat Anda. Untuk menampilkan file tersembunyi, cukup buka file manager, pergi ke pengaturan atau opsi, dan aktifkan opsi “Tampilkan file tersembunyi” atau serupa.

Setelah Anda mengaktifkan opsi ini, file tersembunyi akan ditampilkan dalam daftar file Anda. Anda dapat menjelajahi folder-file tersembunyi ini dan mengelolanya sesuai kebutuhan Anda.

Pastikan untuk memeriksa aplikasi file manager bawaan Anda, karena tata letak dan pengaturan mungkin sedikit berbeda antara pabrikan perangkat yang berbeda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika file manager bawaan Anda tidak menyediakan opsi untuk menampilkan file tersembunyi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga. Ada banyak aplikasi file manager yang tersedia di Google Play Store yang menawarkan fitur yang lebih lengkap, termasuk kemampuan untuk menampilkan file tersembunyi.

Anda dapat mencari aplikasi file manager di Play Store dengan menggunakan kata kunci seperti “file manager”, “explorer”, atau “file browser”. Baca ulasan pengguna dan peringkat aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya. Pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP Android

Setelah Anda menginstal aplikasi file manager pihak ketiga, buka aplikasi tersebut dan periksa opsi pengaturan atau preferensi untuk mengaktifkan tampilan file tersembunyi. Setelah Anda mengaktifkan opsi ini, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengelola file tersembunyi yang ada di perangkat Android Anda melalui aplikasi tersebut.

3. Menggunakan Kode Dial

Beberapa perangkat Android memiliki kode dial rahasia yang dapat Anda gunakan untuk mengakses pengaturan tersembunyi, termasuk file tersembunyi. Anda dapat mencoba memasukkan kode dial khusus pada aplikasi panggilan di perangkat Anda untuk membuka menu pengaturan tersembunyi.

Kode dial yang umum digunakan untuk mengakses pengaturan tersembunyi adalah *#*#4636#*#* atau *#*#7780#*#*. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perangkat Android memiliki kode dial yang sama. Coba cari tahu kode dial yang sesuai untuk perangkat Anda dengan melakukan pencarian online atau menghubungi layanan dukungan pabrikan.

Saat Anda memasukkan kode dial yang tepat, perangkat Anda akan membuka menu pengaturan tersembunyi. Di dalam menu ini, Anda dapat menemukan opsi untuk menampilkan file tersembunyi dan mengaksesnya dengan mudah.

4. Menggunakan Aplikasi Penjelajah File Khusus

Di Play Store, terdapat juga aplikasi penjelajah file khusus yang dirancang khusus untuk menemukan dan menampilkan file tersembunyi di Android. Aplikasi semacam ini menawarkan fitur yang lebih spesifik untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam menemukan file tersembunyi.

Anda dapat mencari aplikasi penjelajah file dengan menggunakan kata kunci seperti “hidden file explorer”, “file finder”, atau “file recovery”. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan peringkat aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya.

Setelah Anda menginstal aplikasi penjelajah file khusus, buka aplikasi tersebut dan periksa opsi pengaturan untuk mengaktifkan fitur tampilan file tersembunyi. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengelola file tersembunyi yang ada di perangkat Android Anda.

5. Menggunakan Perintah ADB (Android Debug Bridge)

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih mendalam tentang Android, Anda dapat menggunakan perintah ADB (Android Debug Bridge) untuk menampilkan file tersembunyi. ADB adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat Android Anda melalui komputer.

Untuk menggunakan perintah ADB, Anda perlu menginstal SDK Android di komputer Anda dan mengaktifkan mode pengembang serta debug USB di perangkat Android Anda. Setelah itu, sambungkan perangkat Anda ke komputer menggunakan kabel USB dan buka terminal atau command prompt di komputer.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Download Video Facebook di Android

Di terminal atau command prompt, masukkan perintah ADB yang tepat untuk menampilkan file tersembunyi. Contoh perintah yang dapat Anda gunakan adalah “adb shell ls -a” yang akan menampilkan semua file, termasuk file tersembunyi, di perangkat Android Anda.

6. Menggunakan Aplikasi Pencarian File

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pencarian file untuk menemukan file tersembunyi di Android Anda. Aplikasi pencarian file bekerja dengan cara memindai seluruh penyimpanan perangkat Anda dan menampilkan daftar file yang tersembunyi atau tidak terlihat secara biasa.

Anda dapat mencari aplikasi pencarian file di Play Store dengan menggunakan kata kunci seperti “file search”, “hidden file finder”, atau “file scanner”. Pastikan untuk memilih aplikasi yang memiliki fitur pemindaian yang cermat dan dapat diandalkan.

Setelah Anda menginstal aplikasi pencarian file, jalankan aplikasi tersebut dan biarkan proses pemindaian selesai. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan daftar file tersembunyi yang ada di perangkat Anda. Anda dapat menelusuri dan mengelola file-file ini sesuai kebutuhan Anda.

7. Mengubah Pengaturan Tampilan File di Aplikasi Galeri

Jika file yang tersembunyi adalah gambar atau video, Anda juga dapat mencoba mengubah pengaturan tampilan file di aplikasi galeri default perangkat Anda. Beberapa aplikasi galeri memiliki opsi untuk menampilkan file tersembunyi atau menyembunyikannya.

Untuk mengubah pengaturan tampilan file di aplikasi galeri, buka aplikasi tersebut dan periksa opsi pengaturan atau preferensi. Cari opsi yang berkaitan dengan tampilan file, mungkin dengan nama seperti “Tampilkan file tersembunyi” atau “Sembunyikan file tersembunyi”.

Jika Anda menemukan opsi tersebut, aktifkan atau nonaktifkan sesuai keinginan Anda. Setelah itu, aplikasi galeri akan menampilkan atau menyembunyikan file tersembunyi sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih.

8. Memanfaatkan Fitur Pencarian Bawaan

Perangkat Android umumnya dilengkapi dengan fitur pencarian bawaan yang memungkinkan Anda mencari file berdasarkan nama atau jenis file. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk menemukan file tersembunyi di perangkat Anda.

Untuk menggunakan fitur pencarian bawaan, buka aplikasi file manager atau aplikasi galeri, tergantung di mana Anda menyimpan file tersembunyi. Biasanya, terdapat ikon kaca pembesar atau opsi pencarian di pojok atas aplikasi.

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Memasang Subtitle di Android Tanpa Aplikasi

Tekan ikon pencarian dan ketikkan kata kunci atau nama file yang Anda cari. Perangkat Anda akan melakukan pencarian dan menampilkan file yang sesuai dengan kriteria pencarian Anda, termasuk file tersembunyi.

9. Mengecek Folder Tersembunyi

Beberapa perangkat Android memiliki folder tersembunyi khusus di penyimpanan internal atau kartu SD eksternal. Folder ini mungkin tidak terlihat secara biasa, tetapi Anda dapat memeriksa secara manual untuk menemukan file tersembunyi.

Untuk memeriksa folder tersembunyi, buka aplikasi file manager Anda dan cari opsi untuk menampilkan folder tersembunyi. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan dalam pengaturan atau opsi tampilan aplikasi file manager Anda.

Setelah Anda mengaktifkan opsi untuk menampilkan folder tersembunyi, periksa penyimpanan internal perangkat Anda dan kartu SD eksternal (jika ada). Cari folder yang memiliki tanda tersembunyi atau nama yang tidak biasa. Inilah tempat di mana file tersembunyi mungkin disimpan.

Buka folder-folder ini dan periksa isinya. Anda mungkin menemukan file-file tersembunyi yang sebelumnya tidak terlihat secara biasa.

10. Menggunakan Aplikasi Recovery Data

Jika Anda telah kehilangan file tersembunyi dan ingin mengembalikannya, Anda dapat menggunakan aplikasi recovery data khusus untuk melakukan pemulihan file. Aplikasi ini dapat memindai perangkat Anda dan mengembalikan file yang telah terhapus atau tersembunyi.

Anda dapat mencari aplikasi recovery data di Play Store dengan menggunakan kata kunci seperti “data recovery”, “file recovery”, atau “file restore”. Pastikan untuk memilih aplikasi yang memiliki fitur pemulihan yang andal dan telah menerima ulasan positif dari pengguna.

Setelah Anda menginstal aplikasi recovery data, jalankan aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk untuk memulai proses pemulihan. Aplikasi akan memindai perangkat Anda dan menampilkan file-file yang dapat dipulihkan. Pilih file tersembunyi yang ingin Anda pulihkan dan ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengembalikannya.

Penutup

Dengan menggunakan salah satu dari 10 cara di atas, Anda dapat menampilkan file tersembunyi di perangkat Android Anda. Pastikan untuk menggunakan cara yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan selalu berhati-hati saat mengelola file-file tersembunyi. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan file tersembunyi dengan mudah dan efektif di perangkat Android Anda.