10 Cara Menampilkan FPS di Android

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara menampilkan FPS (Frame Per Second) di perangkat Android Anda. Jika Anda seorang gamer atau pengembang aplikasi, mengetahui berapa jumlah FPS yang dihasilkan oleh perangkat Android Anda adalah hal penting. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 cara yang mudah dan efektif untuk menampilkan FPS di Android Anda. Mari kita mulai!

Perhatian: Sebelum Anda melanjutkan, pastikan perangkat Android Anda telah di-root atau Anda memiliki izin untuk mengakses informasi sistem yang diperlukan untuk menampilkan FPS.

Cara Menampilkan FPS di Android

1. Menggunakan Aplikasi FPS Counter

Salah satu cara termudah untuk menampilkan FPS di Android Anda adalah dengan menggunakan aplikasi FPS Counter yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi FPS Counter populer termasuk Gamers GLTool, GameBench, dan GameBench Community Edition. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat meluncurkannya dan mulai memantau FPS permainan atau aplikasi yang sedang Anda jalankan.

Aplikasi FPS Counter ini biasanya menyediakan pengaturan tambahan seperti pengaturan peringatan FPS, tampilan overlay FPS, dan grafik performa yang berguna. Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda untuk mendapatkan informasi FPS yang akurat dan relevan.

2. Menggunakan Developer Options

Pada sebagian besar perangkat Android, terdapat opsi pengembang yang dapat diakses untuk mengaktifkan fitur-fitur pengembangan yang tersembunyi. Salah satu fitur yang dapat diaktifkan melalui Developer Options adalah tampilan FPS. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tampilan FPS di Developer Options:

1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang telepon” atau “Tentang perangkat” (bisa berbeda tergantung pada perangkat Anda).

3. Cari opsi “Nomor Build” atau “Versi Perangkat Lunak” dan ketuk tujuh kali untuk mengaktifkan Developer Options.

4. Kembali ke menu Pengaturan, dan Anda akan melihat opsi “Opsi Pengembang” baru di bagian bawah.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

5. Masuk ke Opsi Pengembang dan cari opsi “Tampilkan tampilan GPU” atau “Tampilkan FPS” (bisa berbeda tergantung pada perangkat dan versi Android Anda).

6. Aktifkan opsi tersebut, dan FPS akan ditampilkan di layar Android Anda saat menjalankan aplikasi atau permainan.

Setelah Anda mengaktifkan tampilan FPS melalui Developer Options, Anda dapat

3. Menggunakan Aplikasi Benchmark

Selain aplikasi FPS Counter, Anda juga dapat menggunakan aplikasi benchmark untuk menampilkan FPS di perangkat Android. Aplikasi benchmark seperti AnTuTu, Geekbench, dan 3DMark dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif tentang kinerja perangkat Android Anda, termasuk FPS.

Langkah-langkahnya cukup sederhana:

1. Unduh dan instal aplikasi benchmark pilihan Anda dari Play Store.

2. Jalankan aplikasi benchmark tersebut dan pilih tes yang berkaitan dengan kinerja grafis atau gaming.

3. Selama tes berjalan, FPS akan ditampilkan di layar perangkat Anda.

Dengan menggunakan aplikasi benchmark, Anda dapat melihat FPS secara real-time dan membandingkan performa perangkat Anda dengan perangkat lain yang serupa. Ini akan membantu Anda dalam mengevaluasi kualitas permainan atau aplikasi yang Anda gunakan.

4. Menggunakan ADB Commands

Jika Anda lebih suka menggunakan perintah ADB (Android Debug Bridge) melalui komputer, Anda juga dapat menampilkan FPS di perangkat Android Anda dengan cara ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda telah menginstal ADB dan menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer melalui kabel USB.

2. Buka terminal atau command prompt di komputer Anda dan ketikkan perintah berikut:

adb shell dumpsys gfxinfo <package_name>

Gantilah <package_name> dengan nama paket aplikasi atau permainan yang ingin Anda periksa FPS-nya.

3. Tekan Enter, dan Anda akan melihat output yang berisi informasi FPS dari aplikasi tersebut.

Perintah ADB ini memungkinkan Anda untuk mengakses informasi yang lebih rinci tentang kinerja grafis aplikasi atau permainan di perangkat Android Anda. Namun, penggunaan perintah ADB membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih dalam dan bisa lebih rumit dibandingkan dengan metode sebelumnya.

5. Menggunakan Aplikasi Pengembang Permainan

Jika Anda adalah seorang pengembang permainan, Anda mungkin sudah menggunakan alat pengembang permainan seperti Unity atau Unreal Engine. Alat-alat ini sering menyediakan fitur pemantauan FPS yang terintegrasi yang memungkinkan Anda untuk melihat FPS secara langsung saat Anda menguji permainan di perangkat Android.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android

Anda hanya perlu mengakses pengaturan atau panel pemantauan di alat pengembang permainan Anda dan mengaktifkan tampilan FPS. Kemudian, saat Anda menjalankan permainan di perangkat Android, FPS akan ditampilkan di antarmuka pengembang permainan tersebut.

6. Menggunakan Aplikasi Overlay

Apabila Anda ingin menampilkan FPS secara overlay di layar perangkat Android Anda saat menggunakan aplikasi atau bermain game, Anda dapat menggunakan aplikasi overlay khusus. Aplikasi seperti FPS Monitor, GameBench, atau XOverlay dapat membantu Anda dalam hal ini.

Langkah-langkahnya umumnya sebagai berikut:

1. Unduh dan instal aplikasi overlay yang sesuai dengan preferensi Anda dari Play Store.

2. Buka aplikasi dan aktifkan fitur overlay FPS.

3. Setelah diaktifkan, overlay FPS akan muncul di layar Anda saat Anda menjalankan aplikasi atau bermain game.

Aplikasi overlay ini biasanya juga menyediakan pengaturan tambahan seperti ukuran, posisi, dan tampilan overlay FPS. Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi visual Anda.

7. Menggunakan Aplikasi Perekam Layar dengan FPS Counter

Jika Anda ingin merekam layar perangkat Android sambil juga menampilkan FPS, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar yang dilengkapi dengan fitur FPS Counter. Beberapa aplikasi perekam layar populer seperti AZ Screen Recorder, Mobizen, atau DU Recorder menyediakan opsi untuk menampilkan FPS saat merekam layar.

Langkah-langkahnya cukup mudah:

1. Unduh dan instal aplikasi perekam layar yang mendukung fitur FPS Counter dari Play Store.

2. Buka aplikasi dan aktifkan fitur FPS Counter atau pengaturan serupa yang berkaitan dengan tampilan FPS.

3. Mulai merekam layar perangkat Android Anda, dan FPS akan ditampilkan di layar secara bersamaan dengan rekaman video.

Dengan menggunakan aplikasi perekam layar ini, Anda dapat merekam dan menampilkan FPS secara simultan, yang dapat berguna dalam mereview kinerja permainan, membuat tutorial, atau berbagi konten yang melibatkan FPS.

8. Menggunakan Custom ROM atau Modifikasi Kernel

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis dan perangkat Android yang di-root, Anda dapat mencoba menginstal custom ROM atau melakukan modifikasi kernel yang memiliki fitur built-in untuk menampilkan FPS. Beberapa ROM populer seperti LineageOS atau Paranoid Android, serta beberapa kernel modifikasi, menyediakan opsi untuk mengaktifkan tampilan FPS.

Langkah-langkahnya akan berbeda tergantung pada custom ROM atau kernel yang Anda gunakan. Disarankan untuk mencari informasi dan panduan yang spesifik untuk perangkat dan ROM/kernel Anda agar dapat mengaktifkan fitur tampilan FPS dengan benar.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Menampilkan Subtitle di Android Tanpa Aplikasi

9. Menggunakan Aplikasi Pengaturan Grafis Permainan

Beberapa permainan populer memiliki pengaturan grafis yang canggih di dalam aplikasinya sendiri. Dalam pengaturan grafis ini, Anda dapat menemukan opsi untuk menampilkan FPS saat bermain.

Langkah-langkahnya dapat bervariasi, tetapi secara umum sebagai berikut:

1. Buka permainan dan masuk ke pengaturan atau opsi permainan.

2. Cari opsi “Tampilan FPS” atau “Pemantauan Kinerja” atau opsi serupa.

3. Aktifkan opsi tersebut, dan FPS akan ditampilkan di layar selama Anda bermain.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua permainan menyediakan opsi ini, jadi Anda perlu memeriksa pengaturan permainan secara spesifik untuk melihat apakah ada opsi untuk menampilkan FPS.

10. Menggunakan Aplikasi Pengontrol Performa

Ada beberapa aplikasi pengontrol performa yang dapat membantu Anda menampilkan FPS di perangkat Android Anda. Aplikasi seperti Game Booster, GFX Tool, atau Performance Control menyediakan pengaturan yang lebih lanjut untuk meningkatkan performa permainan dan juga menampilkan FPS.

Langkah-langkahnya serupa dengan menggunakan aplikasi overlay:

1. Unduh dan instal aplikasi pengontrol performa yang sesuai dengan preferensi Anda dari Play Store.

2. Buka aplikasi dan aktifkan fitur tampilan FPS atau opsi serupa.

3. Saat Anda menjalankan permainan, FPS akan ditampilkan di layar perangkat Anda.

Aplikasi pengontrol performa ini dapat membantu Anda mengoptimalkan kinerja perangkat Android Anda secara keseluruhan dan juga menampilkan FPS sebagai referensi performa.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membagikan 10 cara yang berbeda untuk menampilkan FPS di perangkat Android Anda. Mulai dari aplikasi FPS Counter, pengaturan Developer Options, penggunaan aplikasi benchmark, hingga menggunakan aplikasi overlay atau pengontrol performa, Anda memiliki beragam pilihan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan memperhatikan kompatibilitas perangkat dan versi Android Anda saat mengaktifkan tampilan FPS. Dengan mengetahui jumlah FPS yang dihasilkan oleh perangkat Android Anda, Anda dapat memantau kinerja permainan atau aplikasi Anda, melakukan perbaikan, dan meningkatkan pengalaman bermain Anda secara keseluruhan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menampilkan FPS di perangkat Android Anda. Selamat mencoba dan nikmati pengalaman bermain yang lebih baik!