google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

10 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram Android

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang menarik dan memungkinkan pengguna untuk berbagi momen mereka dengan mudah. Salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh Instagram adalah dark mode. Dark mode membuat tampilan aplikasi menjadi lebih gelap, yang tidak hanya membuatnya terlihat lebih modern, tetapi juga membantu menghemat daya baterai pada smartphone Anda. Di artikel ini, kami akan membahas 10 cara untuk mengaktifkan dark mode di Instagram pada perangkat Android Anda.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda sudah memiliki versi terbaru dari Instagram. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store. Setelah itu, Anda siap untuk mengaktifkan dark mode di Instagram. Berikut adalah 10 cara untuk melakukannya:

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram Android

1. Mengaktifkan Dark Mode di Pengaturan Android

Cara pertama untuk mengaktifkan dark mode di Instagram adalah dengan mengaktifkannya pada pengaturan Android Anda. Banyak perangkat Android yang telah memiliki opsi dark mode, jadi langkah pertama adalah memastikan bahwa opsi ini sudah diaktifkan.

Jika Anda menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android 9.0 Pie atau yang lebih baru, Anda dapat mengaktifkan dark mode dengan langkah berikut:

1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan ketuk “Tampilan”.

3. Ketuk “Mode Gelap” untuk mengaktifkan opsi ini.

Jika Anda menggunakan perangkat dengan sistem operasi yang lebih lama, Anda mungkin perlu mencari opsi dark mode di menu pengaturan Anda. Setelah Anda mengaktifkan dark mode pada pengaturan Android, tampilan aplikasi Instagram akan berubah menjadi mode gelap.

2. Aktifkan Dark Mode di Instagram Menggunakan Opsi dalam Aplikasi

Cara kedua untuk mengaktifkan dark mode di Instagram adalah dengan menggunakan opsi dalam aplikasi itu sendiri. Instagram memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dark mode dari menu pengaturan aplikasi.

🔴 BACA JUGA:  10 Merk HP Samsung Harga 3 Jutaan

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon profil Anda di bagian kanan bawah layar.

3. Ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas layar.

4. Gulir ke bawah dan ketuk “Pengaturan”.

5. Ketuk “Tema”.

6. Pilih “Gelap” untuk mengaktifkan dark mode pada aplikasi Instagram.

Jika Anda ingin mengembalikan tampilan Instagram ke mode biasa, ikuti langkah-langkah yang sama dan pilih “Cahaya”.

3. Aktifkan Dark Mode di Instagram Menggunakan Fitur Google Chrome

Cara ketiga untuk mengaktifkan dark mode di Instagram adalah dengan menggunakan fitur Google Chrome yang disebut “Mode Malam”. Fitur ini dapat digunakan untuk mengubah tampilan aplikasi Instagram menjadi mode gelap. Namun, cara ini hanya dapat digunakan jika Anda membuka Instagram di browser Google Chrome pada perangkat Android Anda.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Chrome di perangkat Android Anda.

2. Ketik “instagram.com” pada bilah alamat dan buka situs Instagram.

3. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar.

4. Ketuk “Pengaturan” dan kemudian “Mode Malam”.

Setelah Anda mengaktifkan Mode Malam, tampilan Instagram akan berubah menjadi mode gelap. Namun, jika Anda membuka Instagram di aplikasi, tampilan akan kembali ke mode biasa.

4. Menggunakan Aplikasi Pengubah Tampilan

Jika perangkat Android Anda tidak memiliki opsi dark mode atau jika Anda tidak ingin mengaktifkannya, Anda dapat menggunakan aplikasi pengubah tampilan untuk mengubah tampilan Instagram menjadi mode gelap. Ada banyak aplikasi pengubah tampilan yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan dark mode di Instagram.

Berikut adalah beberapa aplikasi pengubah tampilan yang dapat Anda gunakan:

– Dark Mode

– Swift Installer

– Substratum Theme Engine

– Theme Galaxy

Setelah Anda mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi pengubah tampilan di atas, Anda dapat mengaktifkan dark mode di Instagram dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan dark mode di Instagram. Aplikasi ini akan mengubah tampilan Instagram menjadi mode gelap secara otomatis.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Main Binomo untuk Pemula di Android

Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan:

– Dark Mode for Instagram

– Instagram Dark Mode

– Dark Mode Theme for Instagram

Setelah Anda mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi di atas, cukup buka aplikasi Instagram melalui aplikasi pihak ketiga tersebut, dan tampilan Instagram akan berubah menjadi mode gelap.

6. Menggunakan Aplikasi Instagram Lite

Jika Anda ingin menghemat ruang penyimpanan pada perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Instagram Lite. Aplikasi ini memiliki fitur dark mode yang dapat diaktifkan dengan mudah.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store dan unduh aplikasi Instagram Lite.

2. Instal aplikasi dan buka aplikasi Instagram Lite.

3. Ketuk ikon profil Anda di bagian kanan bawah layar.

4. Ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas layar.

5. Ketuk “Pengaturan”.

6. Pilih “Tema” dan kemudian “Gelap”.

Setelah Anda mengaktifkan dark mode di Instagram Lite, tampilan Instagram akan berubah menjadi mode gelap.

7. Menggunakan Aplikasi Third-Party

Anda juga dapat menggunakan aplikasi third-party untuk mengaktifkan dark mode di Instagram. Aplikasi ini akan mengubah tampilan Instagram menjadi mode gelap secara otomatis.

Berikut adalah beberapa aplikasi third-party yang dapat Anda gunakan:

– GBInstagram

– OGInsta+

– Instagram Plus

– Instagram Pro

Setelah Anda mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi di atas, cukup buka aplikasi Instagram melalui aplikasi third-party tersebut, dan tampilan Instagram akan berubah menjadi mode gelap.

8. Menggunakan Aplikasi Pengubah Tema

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengubah tema untuk mengubah tampilan Instagram menjadi mode gelap. Aplikasi ini akan mengubah seluruh tampilan perangkat Android Anda menjadi mode gelap.

Berikut adalah beberapa aplikasi pengubah tema yang dapat Anda gunakan:

– Dark Mode

– Substratum Theme Engine

– Swift Installer

– Theme Galaxy

Setelah Anda mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi pengubah tema di atas, Anda dapat mengaktifkan dark mode di Instagram dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

9. Menggunakan Aplikasi Khusus Instagram

Instagram saat ini sedang menguji coba fitur dark mode di aplikasinya. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk sejumlah pengguna yang beruntung. Jika Anda ingin mencoba dark mode di Instagram, Anda dapat mengunduh aplikasi khusus Instagram yang telah dimodifikasi untuk mengaktifkan dark mode.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Root Explorer

Berikut adalah beberapa aplikasi khusus Instagram yang dapat Anda gunakan:

– Instagram Mod

– Instagram Plus

– GBInstagram

Setelah Anda mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi di atas, Anda dapat mengaktifkan dark mode di Instagram dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

10. Menggunakan Aplikasi Android Q

Jika perangkat Android Anda sudah menggunakan versi Android Q atau lebih baru, Anda dapat mengaktifkan dark mode untuk seluruh aplikasi yang terinstall di perangkat Anda, termasuk Instagram.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan ketuk “Tampilan” atau “Tema” tergantung pada merek perangkat Android Anda.

3. Ketuk “Gelap” atau “Gelap” jika opsi tersebut tersedia.

Setelah Anda mengaktifkan dark mode pada perangkat Android Anda, tampilan Instagram akan berubah menjadi mode gelap secara otomatis.

Kesimpulan

Dark mode merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna Instagram yang ingin menghemat daya baterai dan mengurangi kelelahan mata. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan dark mode di Instagram, mulai dari mengaktifkannya melalui pengaturan Instagram, mengaktifkannya melalui pengaturan perangkat Android, menggunakan aplikasi third-party, menggunakan aplikasi pengubah tema, hingga menggunakan aplikasi khusus Instagram. Dengan menggunakan salah satu cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah tampilan Instagram menjadi mode gelap.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua cara yang kami sebutkan di atas cocok untuk semua pengguna Instagram. Beberapa cara mungkin tidak dapat berfungsi pada semua perangkat atau tidak sesuai dengan preferensi pengguna. Oleh karena itu, sebelum mencoba salah satu cara di atas, pastikan untuk membaca petunjuk dengan teliti dan memastikan bahwa cara tersebut cocok dengan perangkat Anda dan sesuai dengan preferensi Anda.

Terakhir, penting untuk diingat bahwa meskipun dark mode dapat membantu menghemat daya baterai dan mengurangi kelelahan mata, penggunaan dark mode pada perangkat Android dapat mengurangi kontras dan memengaruhi kualitas gambar. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan pengaturan tampilan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.