10 Cara Mengambil Vokal dari Lagu di Android

Musik adalah salah satu bentuk hiburan yang sangat populer di kalangan banyak orang. Ada kalanya kita ingin mengambil vokal dari lagu favorit kita untuk berkreasi dengan cara yang baru. Di era teknologi yang semakin maju, mengambil vokal dari lagu di Android menjadi lebih mudah daripada sebelumnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara praktis untuk mengambil vokal dari lagu di perangkat Android Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menciptakan pengalaman musik yang unik dan menarik. Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui caranya!

Cara Mengambil Vokal dari Lagu di Android

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Karaoke

Salah satu cara termudah untuk mengambil vokal dari lagu di Android adalah dengan menggunakan aplikasi karaoke. Banyak aplikasi karaoke yang tersedia di Play Store, seperti Sing! Karaoke, Smule, atau Karaoke by Yokee. Anda dapat memilih lagu yang ingin Anda nyanyikan dan mengubah setelan audio untuk mengurangi suara vokal asli. Aplikasi karaoke ini umumnya dilengkapi dengan fitur efek suara dan pengaturan vokal yang dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan.

Selain itu, beberapa aplikasi karaoke juga menyediakan fitur merekam, sehingga Anda dapat merekam suara Anda sendiri dan menghapus vokal asli dari lagu. Setelah merekam, Anda dapat menyimpan file audio hasil rekaman Anda dan menggunakannya untuk berbagai keperluan kreatif, seperti membuat remix atau cover lagu.

Menggunakan aplikasi karaoke untuk mengambil vokal dari lagu sangatlah praktis, karena Anda dapat melakukannya langsung di perangkat Android Anda. Selain itu, banyak aplikasi karaoke yang memiliki database lagu yang luas, sehingga Anda dapat memilih lagu apa pun yang ingin Anda gunakan sebagai dasar pengambilan vokal.

Cara 2: Menggunakan Software Audio Editing

Jika Anda ingin memiliki kontrol lebih besar dalam proses pengambilan vokal dari lagu, Anda dapat menggunakan software audio editing di komputer Anda. Ada banyak software audio editing yang dapat Anda gunakan, seperti Adobe Audition, Audacity, atau FL Studio. Dalam software ini, Anda dapat memuat lagu yang ingin Anda edit dan menggunakan berbagai efek dan alat untuk menghapus atau mengurangi vokal asli.

Proses pengambilan vokal, berikutnya:

Dalam software audio editing, Anda dapat menggunakan teknik seperti filtering atau phase cancellation untuk menghapus vokal dari lagu. Teknik filtering melibatkan penggunaan equalizer untuk mengurangi frekuensi vokal dalam lagu, sementara teknik phase cancellation melibatkan mencocokkan fase audio vokal asli dengan fase yang dibalik untuk membatalkan vokal tersebut.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengembalikan Email yang Terhapus di HP Android

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan software audio editing memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang lebih dalam dalam pengeditan audio. Jika Anda tidak terbiasa menggunakan software ini, mungkin membutuhkan waktu dan latihan untuk menguasainya. Namun, dengan menggunakan software audio editing, Anda memiliki lebih banyak kontrol dalam proses pengambilan vokal dan dapat mencapai hasil yang lebih akurat dan presisi.

Selain itu, setelah Anda selesai mengambil vokal dari lagu, Anda dapat melakukan pengeditan lebih lanjut, seperti penyesuaian volume, penambahan efek, atau mixing dengan suara lain, untuk menciptakan hasil akhir yang lebih kreatif dan unik.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Pemotongan Audio

Selain menggunakan software audio editing di komputer, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemotongan audio yang tersedia di perangkat Android Anda. Aplikasi seperti Timbre, MP3 Cutter, atau Ringtone Maker dapat membantu Anda memotong bagian vokal dari lagu dengan cepat dan mudah.

Anda hanya perlu memilih lagu yang ingin dipotong, menentukan bagian yang ingin Anda hapus, dan menyimpan hasil potongan audio tersebut. Beberapa aplikasi pemotongan audio juga dilengkapi dengan fitur editing sederhana, seperti pengaturan volume atau penambahan efek suara dasar.

Meskipun penggunaan aplikasi pemotongan audio ini lebih sederhana daripada software audio editing di komputer, tetapi mereka dapat memberikan hasil yang memadai dalam mengambil vokal dari lagu dengan cepat dan tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam.

Cara 4: Menggunakan Aplikasi Remix

Jika Anda ingin menciptakan remix lagu dengan menghilangkan atau mengurangi vokal asli, Anda dapat menggunakan aplikasi remix yang tersedia di Android. Beberapa aplikasi remix populer termasuk edjing Mix, Cross DJ, atau FL Studio Mobile. Dalam aplikasi ini, Anda dapat memuat lagu dan menggunakan berbagai fitur dan efek untuk mengedit dan mencampur ulang lagu tersebut.

Beberapa aplikasi remix juga dilengkapi dengan fitur vokal remover yang dapat membantu Anda menghilangkan vokal asli dengan mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut dan mengatur setelan yang sesuai untuk mengurangi suara vokal dalam lagu. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan remix lagu Anda sebagai file audio yang dapat diputar di perangkat Android Anda.

Penggunaan aplikasi remix ini sangatlah praktis dan mudah, terutama jika Anda ingin menciptakan pengalaman musik yang berikut dan kreatif. Anda dapat mengeksplorasi berbagai efek dan alat yang tersedia dalam aplikasi untuk menciptakan remix yang unik dan menarik.

Cara 5: Menggunakan Online Audio Editor

Selain menggunakan aplikasi atau software di perangkat Anda, Anda juga dapat memanfaatkan layanan online audio editor untuk mengambil vokal dari lagu. Beberapa platform populer termasuk Audacity Online, Online Audio Cutter, atau TwistedWave Online. Dalam platform ini, Anda dapat mengunggah lagu yang ingin Anda edit dan menggunakan alat-alat yang disediakan untuk mengurangi suara vokal.

Keuntungan menggunakan online audio editor adalah Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan dan dapat mengaksesnya dari mana saja asalkan Anda terhubung ke internet. Namun, perlu diingat bahwa kualitas dan fitur yang ditawarkan oleh online audio editor mungkin tidak sekomprehensif seperti software audio editing di komputer. Namun, untuk pengambilan vokal yang sederhana, platform online ini dapat menjadi pilihan yang praktis.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Cara 6: Menggunakan Alat Efek Suara

Jika Anda mencari cara yang lebih kreatif dan unik untuk mengambil vokal dari lagu, Anda dapat menggunakan alat efek suara di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi efek suara populer seperti Voloco, AutoRap, atau Voice Changer with Effects dapat membantu Anda mengubah suara vokal menjadi berbagai gaya dan nada yang berbeda.

Anda dapat merekam suara vokal asli menggunakan aplikasi ini, kemudian menggunakan efek-efek yang tersedia untuk mengubah karakter vokal. Dengan mengubah suara vokal, Anda secara efektif mengambil vokal asli dari lagu dan menciptakan versi baru yang unik.

Selain itu, beberapa aplikasi efek suara juga dilengkapi dengan fitur perekaman multitrack, sehingga Anda dapat merekam suara vokal asli dan latar musik terpisah, kemudian mengatur volume masing-masing track untuk mengurangi vokal asli. Hal ini memungkinkan Anda memiliki lebih banyak kontrol dalam proses pengambilan vokal dan menciptakan hasil yang lebih presisi.

Cara 7: Menggunakan Perangkat Khusus

Jika Anda adalah seorang profesional atau memiliki kebutuhan yang lebih serius dalam pengambilan vokal dari lagu, Anda dapat menggunakan perangkat khusus seperti mixer audio atau vocal remover. Perangkat-perangkat ini biasanya lebih mahal dan memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dalam pengolahan audio.

Mixer audio dapat membantu Anda mengatur volume vokal asli dan latar musik secara terpisah, sehingga Anda dapat mengurangi atau menghilangkan vokal dengan lebih akurat. Vocal remover, di sisi lain, adalah perangkat yang dirancang khusus untuk menghapus vokal asli dari lagu dengan presisi tinggi.

Namun, perangkat khusus ini mungkin tidak tersedia atau terjangkau secara umum dan lebih mahal untuk dibeli. Mereka biasanya digunakan oleh produser musik profesional atau studio rekaman yang memiliki kebutuhan khusus dalam pengambilan vokal.

Cara 8: Menggunakan Teknik DIY (Do It Yourself)

Jika Anda ingin mencoba cara yang lebih kreatif dan eksperimental, Anda dapat menggunakan teknik DIY untuk mengambil vokal dari lagu. Salah satu teknik yang populer adalah menggunakan fase audio. Anda dapat memuat lagu yang ingin Anda edit ke dalam software audio editing dan mengubah fase audio vokal asli untuk mencocokkan dengan fase audio yang dibalik. Hal ini akan menghasilkan efek pembatalan fase yang membatalkan vokal tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan teknik filtering dengan equalizer atau alat-alat efek lainnya untuk mengurangi frekuensi vokal dalam lagu. Eksperimen dengan berbagai pengaturan dan alat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Teknik DIY ini memungkinkan Anda untuk lebih eksploratif dan kreatif dalam mengambil vokal dari lagu. Namun, perlu diingat bahwa hasilnya mungkin tidak seakurat atau sepresisi teknik yang digunakan oleh perangkat atau software khusus. Namun, hal ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menciptakan pengalaman musik yang unik dan sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Duplikat WhatsApp di Android untuk Kenyamanan Penggunaan Ganda

Cara 9: Menggunakan Layanan Jasa Audio Editing

Jika Anda tidak memiliki waktu atau pengetahuan untuk melakukan pengambilan vokal sendiri, Anda juga dapat memanfaatkan layanan jasa audio editing. Ada banyak profesional atau studio audio editing yang dapat membantu Anda mengambil vokal dari lagu dengan hasil yang berkualitas.

Anda dapat mencari penyedia jasa audio editing melalui internet atau referensi dari teman atau rekan musik Anda. Pastikan untuk memilih penyedia jasa yang memiliki reputasi baik dan portofolio yang solid. Diskusikan kebutuhan Anda dengan mereka dan sampaikan hasil yang Anda harapkan. Dengan menggunakan layanan jasa, Anda dapat mendapatkan hasil yang memadai tanpa perlu repot melakukan pengeditan sendiri.

Cara 10: Mengikuti Tutorial dan Panduan Online

Terakhir, jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang pengambilan vokal dari lagu di Android, Anda dapat mengikuti tutorial dan panduan online yang tersedia. Ada banyak sumber belajar yang menyediakan panduan langkah demi langkah, video tutorial, atau forum diskusi di internet yang membahas topik ini.

Anda dapat mencari tutorial di platform seperti YouTube, blog musik, atau forum audio editing. Ikuti petunjuk dengan cermat dan eksperimen dengan berbagai teknik yang diajarkan. Dengan belajar secara mandiri, Anda dapat mengembangkan keterampilan pengambilan vokal dan meningkatkan keahlian Anda dalam menciptakan musik.

Penutup

Mengambil vokal dari lagu di Android dapat menjadi proses yang menarik dan kreatif. Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara yang dapat Anda coba untuk mengambil vokal dari lagu di Android. Mulai dari menggunakan software audio editing di komputer, aplikasi pemotongan audio, aplikasi remix, online audio editor, alat efek suara, perangkat khusus, teknik DIY, layanan jasa audio editing, hingga mengikuti tutorial online.

Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan Anda serta alat yang Anda miliki. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan eksperimen dengan berbagai pengaturan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dalam proses pengambilan vokal, penting untuk diingat bahwa kualitas dan akurasi hasil dapat bervariasi tergantung pada metode yang Anda gunakan. Beberapa metode seperti penggunaan perangkat khusus atau layanan jasa audio editing dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan profesional, tetapi mungkin memerlukan biaya tambahan.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan hak cipta dan lisensi lagu yang Anda gunakan. Pastikan Anda memiliki izin yang sesuai untuk menggunakan dan mengedit lagu-lagu tersebut.

Dengan eksplorasi dan latihan, Anda dapat menguasai teknik pengambilan vokal dari lagu di Android dan menciptakan hasil yang unik dan sesuai dengan preferensi musik Anda. Selamat mencoba dan selamat berkarya!