10 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

Saat menggunakan ponsel pintar berbasis Android, mungkin Anda pernah mengalami situasi di mana Anda tidak sengaja menghapus atau menguninstall aplikasi yang penting. Ini bisa menjadi masalah yang menjengkelkan, terutama jika Anda membutuhkan aplikasi tersebut dengan segera. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall di Android. Dalam artikel ini, kami akan membagikan sepuluh metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Mari kita lihat lebih dekat!

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

1. Menggunakan Play Store

Salah satu cara termudah untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall adalah dengan menggunakan Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

Kemudian, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.

Pilih “My apps & games” atau “Aplikasi dan game saya” dari opsi yang tersedia.

Setelah itu, buka tab “Library” atau “Perpustakaan” untuk melihat daftar semua aplikasi yang pernah diinstall di perangkat Anda. Cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan dan ketuk tombol “Install” atau “Pasang” yang ada di sebelahnya.

Dalam sekejap, aplikasi tersebut akan diunduh dan diinstal kembali di perangkat Anda. Anda sekarang dapat mengaksesnya seperti biasa.

2. Menggunakan Backup dan Restore

Jika Anda telah mengaktifkan fitur backup dan restore di perangkat Android Anda sebelumnya, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka pengaturan perangkat Anda dan cari opsi “Backup & Restore” atau “Cadangkan & Pulihkan”.

Ketuk opsi ini dan pastikan fitur “Back up my data” atau “Cadangkan data saya” telah diaktifkan.

Setelah itu, pilih opsi “Restore” atau “Pulihkan” dan tunggu prosesnya selesai.

Perangkat Android Anda akan mengembalikan semua data dan aplikasi yang sebelumnya telah dicadangkan, termasuk aplikasi yang sudah di uninstall.

3. Menggunakan File APK

Jika Anda pernah mengunduh file APK dari aplikasi yang ingin Anda kembalikan sebelumnya, Anda dapat menggunakan file tersebut untuk menginstal ulang aplikasi di perangkat Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, pastikan Anda memiliki file APK yang sesuai dengan aplikasi yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat mencarinya di penyimpanan internal perangkat atau mengunduhnya kembali jika Anda telah menyimpannya di tempat lain.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Selanjutnya, buka aplikasi File Manager atau Pengelola File di perangkat Anda dan temukan file APK yang ingin Anda gunakan.

Ketuk file APK tersebut, dan Anda akan melihat opsi untuk menginstal aplikasi. Ketuk opsi “Install” atau “Pasang” untuk memulai proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, aplikasi akan kembali diinstal di perangkat Android Anda, dan Anda dapat menggunakannya seperti biasa.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall di Android. Aplikasi semacam ini memungkinkan Anda untuk mencari dan menginstal kembali aplikasi yang telah dihapus dengan mudah. Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda coba:

App Backup & Restore: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencadangkan dan mengembalikan aplikasi dengan cepat dan mudah.

Easy Uninstaller: Selain membantu Anda menghapus aplikasi, Easy Uninstaller juga dapat mengarsipkan aplikasi yang dihapus sehingga Anda dapat mengembalikannya nanti.

Apk Extractor: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengekstrak file APK dari aplikasi yang sudah diinstal di perangkat Anda.

Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi-aplikasi ini melalui Google Play Store. Setelah terpasang, ikuti petunjuk yang diberikan oleh masing-masing aplikasi untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall.

5. Menggunakan Fitur Pabrik

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall melalui fitur pabrik di perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa metode ini akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di perangkat Anda, sehingga sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka pengaturan perangkat Anda dan cari opsi “Backup & Reset” atau “Cadangkan & Setel Ulang”.

Pilih opsi “Factory data reset” atau “Setel ulang data pabrik”. Anda mungkin perlu memasukkan kata sandi atau pola keamanan untuk melanjutkan.

Tunggu hingga proses reset selesai. Perangkat Android Anda akan kembali ke pengaturan pabrik.

Setelah perangkat Anda telah direset, Anda dapat mengatur ulang dan mengunduh kembali aplikasi yang Anda butuhkan dari Google Play Store.

6. Menggunakan Akun Google

Jika Anda telah menghubungkan akun Google Anda dengan perangkat Android, Anda dapat menggunakan akun tersebut untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, pastikan Anda telah masuk ke akun Google yang sama yang sebelumnya digunakan di perangkat Android Anda.

Buka Google Play Store di perangkat Android dan ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas

layar untuk membuka menu.

Pilih opsi “My apps & games” atau “Aplikasi dan game saya” dari opsi yang tersedia.

Kemudian, buka tab “Library” atau “Perpustakaan” dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Not on this device” atau “Tidak ada di perangkat ini”.

🔴 BACA JUGA:  Mengungkap 9 Alasan Utama Baterai Smartphone Cepat Habis dan Solusi Efektifnya

Di sini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terhubung dengan akun Google Anda tetapi belum diinstal di perangkat Android Anda saat ini. Cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan dan ketuk tombol “Install” atau “Pasang” untuk menginstal ulang aplikasi tersebut.

Aplikasi akan diunduh dan diinstal kembali di perangkat Android Anda, dan Anda dapat mengaksesnya seperti sebelumnya.

7. Menggunakan Penyedia Aplikasi Alternatif

Selain Google Play Store, terdapat beberapa penyedia aplikasi alternatif seperti APKMirror, Aptoide, atau Amazon Appstore yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi yang sudah di uninstall. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka penyedia aplikasi alternatif yang Anda pilih di perangkat Android Anda.

Cari aplikasi yang ingin Anda kembalikan menggunakan fitur pencarian yang tersedia.

Ketuk opsi untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan aman, serta memeriksa ulasan dan penilaian pengguna sebelum menginstalnya.

8. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Cloud

Jika Anda telah menyimpan data aplikasi di penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox sebelumnya, Anda dapat mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall dengan mengunduh data tersebut dan menginstal ulang aplikasi di perangkat Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi penyimpanan cloud yang Anda gunakan di perangkat Android Anda.

Cari folder atau file yang berisi data aplikasi yang ingin Anda kembalikan.

Ketuk file tersebut dan pilih opsi untuk mengunduhnya ke perangkat Anda.

Setelah selesai mengunduh, buka file tersebut dan ikuti petunjuk untuk menginstal ulang aplikasi di perangkat Anda.

Anda dapat mengakses aplikasi tersebut dengan data yang telah dikembalikan seperti sebelumnya.

9. Menghubungi Pengembang Aplikasi

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi pengembang aplikasi langsung. Kadang-kadang, pengembang aplikasi dapat memberikan solusi khusus atau memberikan Anda akses ke versi sebelumnya dari aplikasi yang Anda butuhkan.

Cari informasi kontak pengembang aplikasi melalui Google Play Store atau situs web resmi aplikasi tersebut.

Kirimkan pesan atau email kepada pengembang dengan menjelaskan situasi Anda dan meminta bantuan.

Tunggu hingga Anda menerima tanggapan atau panduan dari pengembang aplikasi. Mereka mungkin dapat memberikan solusi atau arahan yang dapat membantu Anda mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall.

10. Menggunakan Aplikasi Recovery Data

Terakhir, jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi recovery data khusus untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall. Namun, metode ini memerlukan akses root pada perangkat Android Anda. Perlu diingat bahwa melakukan root dapat membatalkan garansi perangkat Anda dan berpotensi merusak sistem. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam melakukan root, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli sebelum melanjutkan. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Mengubah Tema Instagram Menjadi Hitam di Android

Pertama, root perangkat Android Anda dengan menggunakan alat atau aplikasi root yang tepat.

Setelah berhasil melakukan root, unduh dan instal aplikasi recovery data seperti DiskDigger atau Undeleter dari Play Store atau sumber tepercaya lainnya.

Buka aplikasi recovery data tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan.

Pilih jenis data yang ingin Anda pulihkan, dalam hal ini, pilih aplikasi yang sudah di uninstall.

Tunggu hingga proses pemulihan selesai. Aplikasi yang berhasil dipulihkan akan muncul dalam daftar hasil pemulihan.

Perlu diingat bahwa keberhasilan pemulihan aplikasi dengan menggunakan aplikasi recovery data tidak dapat dijamin, terutama jika data tersebut telah dihapus atau ditimpa oleh data lainnya. Namun, metode ini masih dapat dicoba sebagai opsi terakhir.

Demikianlah sepuluh cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall di perangkat Android Anda. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi pilihlah yang sesuai dengan situasi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah yang mungkin timbul. Selamat mencoba!

Penutup

Dalam situasi di mana Anda tidak sengaja menghapus atau menguninstall aplikasi penting di perangkat Android Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikannya. Mulai dari menggunakan Google Play Store, fitur backup dan restore, file APK, aplikasi pihak ketiga, fitur pabrik, akun Google, penyedia aplikasi alternatif, penyimpanan cloud, hingga menghubungi pengembang aplikasi, ada berbagai opsi yang dapat Anda coba.

Tentu saja, setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan, dan hasilnya dapat bervariasi tergantung pada kondisi dan pengaturan perangkat Android Anda. Selalu ingat untuk melakukan backup data secara berkala dan berhati-hati saat menggunakan metode yang melibatkan root atau aplikasi pihak ketiga.

Terakhir, jangan ragu untuk bereksperimen dan mencoba berbagai cara untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall. Dengan sedikit usaha, Anda dapat memulihkan akses ke aplikasi yang Anda butuhkan. Namun, jika semua upaya tersebut gagal, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan alternatif atau solusi pengganti yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Selalu ingat untuk memperhatikan keamanan perangkat Anda dan menghindari mengunduh atau menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

Dalam dunia yang cepat berkembang seperti teknologi, kehilangan atau menghapus aplikasi bukanlah hal yang tak teratasi. Dengan berbagai metode dan opsi yang tersedia, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstall di perangkat Android Anda.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan bantuan bagi Anda yang sedang menghadapi masalah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam mengembalikan aplikasi yang hilang di perangkat Android Anda!