10 Cara Mengembalikan Pesan Messenger yang Terhapus di Android

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara mengembalikan pesan Messenger yang terhapus di perangkat Android. Jika Anda pernah menghapus pesan penting dan ingin mengembalikannya, jangan khawatir, karena kami akan membagikan 10 metode yang dapat Anda gunakan. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan setiap metode secara rinci sehingga Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah. Jadi, mari kita mulai!

Cara Mengembalikan Pesan Messenger yang Terhapus di Android

Disclaimer: Sebelum kami memulai, penting untuk dicatat bahwa tidak ada jaminan 100% bahwa Anda akan dapat mengembalikan pesan yang terhapus. Namun, dengan mengikuti metode-metode berikut, Anda memiliki peluang yang baik untuk mendapatkan kembali pesan yang hilang.

1. Periksa Folder Arsip di Messenger

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa folder arsip di aplikasi Messenger Anda. Terkadang, pesan yang diarsipkan oleh Anda mungkin tetap ada di folder ini. Untuk memeriksa folder arsip, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Messenger di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon “Tiga Garis” di bagian atas layar untuk membuka menu.

3. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Arsipkan Pesan”.

4. Ketuk opsi tersebut dan periksa apakah pesan yang Anda cari ada di sana.

2. Manfaatkan Fitur Pencarian di Messenger

Jika Anda tidak menemukan pesan yang dihapus di folder arsip, Anda dapat mencoba menggunakan fitur pencarian di aplikasi Messenger. Fitur pencarian ini memungkinkan Anda mencari pesan berdasarkan kata kunci atau nama pengirim. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur pencarian:

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Pindah WhatsApp Android ke iPhone

1. Buka aplikasi Messenger di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon “Lup” di bagian atas layar untuk membuka fitur pencarian.

3. Ketikkan kata kunci atau nama pengirim pesan yang ingin Anda cari.

4. Messenger akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci atau nama pengirim yang Anda masukkan. Periksa apakah pesan yang dihapus ada di antara hasil pencarian tersebut.

3. Gunakan Cadangan Pesan di Facebook

Jika Anda telah mengaktifkan fitur cadangan pesan di Facebook, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan pesan yang terhapus melalui cadangan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan cadangan pesan di Facebook:

1. Buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon “Tiga Garis” di bagian atas layar untuk membuka menu.

3. Gulir

4. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data Android

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil mengembalikan pesan yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data Android. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk memulihkan data yang hilang, termasuk pesan di aplikasi Messenger. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari aplikasi pemulihan data Android seperti “Dr.Fone”, “DiskDigger”, atau “Undeleter” dan instal salah satunya.

3. Buka aplikasi pemulihan data yang Anda instal dan ikuti petunjuk di layar untuk memulai proses pemulihan data.

4. Pilih opsi pemulihan pesan atau data aplikasi Messenger.

5. Biarkan aplikasi memindai perangkat Anda untuk mencari pesan yang terhapus dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengembalikannya.

5. Gunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data PC

Jika Anda tidak dapat memulihkan pesan yang terhapus menggunakan aplikasi di perangkat Android, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data di komputer. Ada beberapa perangkat lunak yang dapat Anda gunakan, seperti “EaseUS Data Recovery Wizard” atau “Dr.Fone – Android Data Recovery”. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengaktifkan Android System WebView

1. Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

2. Buka perangkat lunak pemulihan data yang Anda instal di komputer.

3. Ikuti petunjuk perangkat lunak untuk mendeteksi perangkat Android Anda.

4. Pilih opsi pemulihan pesan atau data aplikasi Messenger.

5. Biarkan perangkat lunak memindai perangkat Android Anda untuk mencari pesan yang terhapus dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengembalikannya.

6. Hubungi Dukungan Pelanggan Messenger

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengembalikan pesan yang terhapus, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan pelanggan resmi Messenger. Kadang-kadang, mereka dapat memberikan bantuan tambahan atau informasi tentang cara mengembalikan pesan yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Buka aplikasi Messenger di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon “Tiga Garis” di bagian atas layar untuk membuka menu.

3. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Bantuan & Dukungan”.

4. Ketuk opsi tersebut dan cari opsi untuk menghubungi dukungan pelanggan.

5. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menghubungi dukungan pelanggan Messenger dan jelaskan masalah Anda dengan detail.

7. Cek Riwayat Cadangan Google

Jika Anda menggunakan layanan Google Drive untuk mencadangkan data perangkat Android Anda, termasuk aplikasi Messenger, Anda dapat memeriksa riwayat cadangan Google untuk mencari pesan yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda.

2. Ketuk ikon “Tiga Garis” di bagian atas layar untuk membuka menu.

3. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Setelan” dari menu tersebut.

4. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Cadangan” atau “Backup & restore”.

5. Ketuk opsi tersebut dan periksa apakah ada riwayat cadangan yang tersedia.

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Blokir Iklan di Android: Solusi Ampuh untuk Menghindari Gangguan Iklan di Smartphone Anda

6. Jika ada riwayat cadangan yang sesuai dengan tanggal atau waktu ketika pesan Anda masih ada, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengembalikan pesan tersebut.

8. Memulihkan dari Penyedia Layanan Pemulihan Data

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi untuk menggunakan penyedia layanan pemulihan data profesional. Ada perusahaan yang menyediakan layanan pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan pesan yang terhapus dari perangkat Android. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini mungkin berbayar dan tidak ada jaminan kesuksesan mutlak dalam memulihkan pesan yang terhapus.

9. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi pemulihan data yang disebutkan sebelumnya, ada juga aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan pesan Messenger yang terhapus di perangkat Android. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba adalah “GT Recovery”, “DiskDigger”, atau “Wondershare Dr.Fone”. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan mengunduh aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya.

10. Membuat Kebiasaan Pencadangan Data

Agar menghindari kehilangan pesan yang penting di masa mendatang, sangat disarankan untuk membuat kebiasaan pencadangan data secara berkala. Anda dapat menggunakan layanan cadangan bawaan di perangkat Android, seperti Google Drive, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk pencadangan data. Dengan mencadangkan data secara teratur, Anda dapat dengan mudah mengembalikan pesan yang terhapus jika terjadi kesalahan atau kehilangan di masa depan.

Penutup

Demikianlah 10 cara mengembalikan pesan Messenger yang terhapus di perangkat Android. Setiap metode memiliki kelebihan dan keterbatasan, jadi penting untuk mencoba beberapa metode sebelum menyerah. Ingatlah untuk selalu mencadangkan data secara teratur agar menghindari kehilangan pesan yang berharga. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda!