10 Cara Menghilangkan Pop-up di Chrome Android

Pop-up yang muncul di browser Chrome Android dapat mengganggu pengalaman browsing Anda. Mungkin Anda seringkali merasa terganggu dengan iklan-iklan yang muncul tiba-tiba di layar ponsel Anda. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan Anda 10 cara efektif untuk menghilangkan pop-up di Chrome Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat menikmati browsing yang lebih lancar dan tanpa gangguan. Mari kita mulai!

Cara Menghilangkan Pop-up di Chrome

1. Aktifkan Mode Blokir Pop-up di Pengaturan Chrome

Jika Anda ingin menghilangkan pop-up di Chrome Android, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan mode blokir pop-up di pengaturan Chrome. Caranya sangat mudah. Buka aplikasi Chrome di ponsel Anda, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

a. Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

b. Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan”.

c. Di bawah bagian “Layanan”, ketuk “Situs web”.

Setelah Anda masuk ke pengaturan situs web, Anda akan melihat opsi “Pop-ups dan pengalihan”. Pastikan opsi ini dinonaktifkan atau tidak diizinkan. Dengan mengaktifkan mode blokir pop-up di pengaturan Chrome, Anda dapat mencegah pop-up yang tidak diinginkan muncul saat Anda sedang menjelajah internet.

d. Aktifkan opsi “Blokir pop-up”.

Langkah ini akan membantu memblokir sebagian besar pop-up yang muncul di Chrome Android Anda.

2. Perbarui Aplikasi Chrome ke Versi Terbaru

Penting untuk selalu memperbarui aplikasi Chrome Anda ke versi terbaru. Pembaruan tersebut seringkali mencakup peningkatan keamanan dan perbaikan bug, termasuk solusi untuk masalah pop-up yang mungkin Anda alami. Untuk memperbarui Chrome di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka Google Play Store di ponsel Anda.

b. Ketuk ikon tiga garis horisontal di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.

c. Gulir ke bawah dan pilih “My apps & games” (Aplikasi & game saya).

Anda akan melihat daftar aplikasi yang perlu diperbarui. Cari Chrome di daftar tersebut, dan jika ada pembaruan yang tersedia, ketuk tombol “Update” (Perbarui) di sampingnya. Tunggu sampai proses pembaruan selesai, dan setelah itu, buka kembali Chrome dan periksa apakah masalah pop-up telah teratasi.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Banner YouTube di Android

3. Nonaktifkan Notifikasi untuk Situs Tertentu

Terkadang, pop-up yang muncul di Chrome Android berasal dari situs-situs tertentu yang meminta izin untuk menampilkan notifikasi. Jika Anda tidak ingin menerima notifikasi dari situs-situs tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan notifikasinya:

a. Buka aplikasi Chrome di ponsel Anda.

b. Buka situs yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya.

c. Ketuk ikon kunci atau “i” di pojok kiri atas layar.

d. Pilih “Info Situs” atau “Site Settings” (Pengaturan Situs).

Anda akan melihat opsi “Notifications” (Notifikasi). Ketuk opsi ini dan pilih “Blocked” (Diblokir) untuk menghentikan situs tersebut mengirimkan notifikasi kepada Anda. Dengan mematikan notifikasi untuk situs-situs tertentu, Anda dapat mengurangi kemungkinan munculnya pop-up yang tidak diinginkan di Chrome Android Anda.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Blokir Pop-up

Jika langkah-langkah di atas tidak efektif dalam menghilangkan pop-up di Chrome Android, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memblokir pop-up. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda coba:

a. Adblock Plus: Aplikasi ini adalah salah satu yang paling populer dalam memblokir iklan dan pop-up di browser.

b. Blokada: Aplikasi ini menggunakan VPN untuk memblokir iklan dan pop-up di seluruh perangkat Anda.

c. Brave Browser: Selain memiliki fitur keamanan yang kuat, Brave Browser juga mampu memblokir iklan dan pop-up dengan baik.

Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi ini melalui Google Play Store dan mengikuti petunjuk instalasinya. Setelah diinstal, aplikasi-aplikasi ini akan membantu Anda menghilangkan pop-up yang mengganggu di Chrome Android Anda.

5. Bersihkan Cache dan Data Chrome

Cache dan data yang tersimpan di aplikasi Chrome dapat menyebabkan masalah, termasuk munculnya pop-up yang tidak diinginkan. Untuk menghilangkan pop-up tersebut, Anda dapat membersihkan cache dan data Chrome dengan langkah-langkah berikut:

a. Buka pengaturan di ponsel Anda.

b. Cari dan pilih “Aplikasi & Notifikasi” atau “Apps” (Aplikasi).

c. Temukan dan pilih “Google Chrome” dalam daftar aplikasi yang terpasang.

d. Ketuk “Penyimpanan” atau “Storage” (Penyimpanan).

e. Pilih “Bersihkan cache” atau “Clear cache” untuk menghapus cache Chrome.

f. Jika masalah masih berlanjut, pilih “Hapus data” atau “Clear data” untuk menghapus data Chrome.</p

Setelah membersihkan cache dan data Chrome, buka kembali aplikasi Chrome dan periksa apakah masalah pop-up telah teratasi. Membersihkan cache dan data Chrome secara berkala dapat membantu memperbaiki berbagai masalah, termasuk pop-up yang muncul di Chrome Android.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Menyambungkan HP Android ke TV Menggunakan Kabel Data

6. Aktifkan Mode Incognito

Mode Incognito pada Chrome adalah mode penyamaran yang tidak menyimpan riwayat browsing, cookie, atau data situs web lainnya. Menggunakan mode Incognito dapat membantu menghindari pop-up yang muncul berdasarkan data browsing Anda. Untuk mengaktifkan Mode Incognito di Chrome Android, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka aplikasi Chrome di ponsel Anda.

b. Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

c. Pilih “Mode Incognito”.

Setelah memasuki Mode Incognito, Anda dapat melakukan browsing tanpa khawatir tentang munculnya pop-up yang tidak diinginkan.

7. Periksa dan Hapus Aplikasi yang Mungkin Menyebabkan Pop-up

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang diinstal di ponsel Anda mungkin menyebabkan munculnya pop-up di Chrome Android. Untuk mengidentifikasi aplikasi yang bertanggung jawab dan menghapusnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka pengaturan di ponsel Anda.

b. Pilih “Aplikasi & Notifikasi” atau “Apps” (Aplikasi).

c. Cari aplikasi yang mungkin terkait dengan pop-up yang muncul di Chrome.

d. Pilih aplikasi tersebut, lalu ketuk “Hapus” atau “Uninstall” (Hapus).

Setelah menghapus aplikasi yang dicurigai, coba buka kembali Chrome dan periksa apakah masalah pop-up telah teratasi. Jika pop-up tidak muncul lagi, itu berarti aplikasi yang Anda hapus adalah penyebabnya.

8. Periksa Pengaturan Situs Web Chrome

Chrome Android memiliki pengaturan khusus untuk setiap situs web yang Anda kunjungi. Pengaturan ini mencakup izin pop-up, notifikasi, penggunaan kamera, dan lain-lain. Untuk menghilangkan pop-up di Chrome Android, Anda dapat memeriksa dan mengatur ulang pengaturan situs web dengan langkah-langkah berikut:

a. Buka aplikasi Chrome di ponsel Anda.

b. Buka situs web yang menghasilkan pop-up.

c. Ketuk ikon kunci atau “i” di pojok kiri atas layar.

d. Pilih “Info Situs” atau “Site Settings” (Pengaturan Situs).

e. Periksa pengaturan “Pop-ups and redirects” (Pop-up dan pengalihan). Pastikan opsi ini dikonfigurasi sesuai keinginan Anda.

Dengan memeriksa dan mengatur ulang pengaturan situs web, Anda dapat mengontrol pop-up yang muncul di Chrome Android saat Anda mengunjungi situs-situs tertentu.

9. Gunakan Aplikasi Antivirus dan Anti-Malware

Beberapa pop-up yang muncul di Chrome Android dapat disebabkan oleh adware atau malware yang terinfeksi di ponsel Anda. Untuk menghilangkan pop-up tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi antivirus atau anti-malware yang terpercaya. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam membersihkan ponsel dari adware atau malware:

a. Malwarebytes: Aplikasi ini dapat mendeteksi dan menghapus malware serta adware yang mengganggu.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Cari Uang Lewat HP Android

b. Avast Mobile Security: Selain melindungi ponsel Anda dari ancaman keamanan, aplikasi ini juga dapat memindai dan menghapus adware.

c. Bitdefender Mobile Security: Aplikasi ini menyediakan perlindungan terhadap malware dan adware yang mungkin menginfeksi ponsel Anda.

Unduh dan instal salah satu aplikasi di atas melalui Google Play Store, lalu jalankan pemindaian penuh untuk membersihkan ponsel Anda dari adware atau malware. Setelah ponsel bersih, kemungkinan munculnya pop-up yang tidak diinginkan di Chrome Android akan berkurang.

10. Periksa Pengaturan Notifikasi di Chrome

Terakhir, pastikan pengaturan notifikasi di Chrome telah dikonfigurasi dengan benar. Beberapa pop-up mungkin muncul karena situs web yang Anda kunjungi memiliki izin untuk menampilkan notifikasi. Untuk mengelola pengaturan notifikasi di Chrome Android, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka aplikasi Chrome di ponsel Anda.

b. Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

c. Pilih “Pengaturan” dan gulir ke bawah hingga menemukan “Notifikasi”.

Anda akan melihat daftar situs web yang memiliki izin untuk menampilkan notifikasi. Periksa setiap situs web tersebut dan sesuaikan pengaturannya sesuai keinginan Anda. Anda dapat memilih untuk memblokir notifikasi dari situs-situs tertentu atau menghapus izin notifikasi yang sudah ada.

Dengan mengelola pengaturan notifikasi di Chrome, Anda dapat mengendalikan pop-up yang muncul di Chrome Android dan memilih situs web mana yang boleh menampilkan notifikasi.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah memberikan 10 cara efektif untuk menghilangkan pop-up di Chrome Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat menikmati pengalaman browsing yang lebih lancar dan bebas dari gangguan. Ingatlah untuk mengaktifkan mode blokir pop-up, memperbarui aplikasi Chrome ke versi terbaru, dan memeriksa pengaturan situs web serta notifikasi di Chrome. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memblokir pop-up, membersihkan cache dan data Chrome, serta memeriksa dan menghapus aplikasi yang mungkin menyebabkan pop-up. Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi antivirus atau anti-malware untuk memeriksa adware atau malware yang mungkin terinfeksi di ponsel Anda.

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, Anda dapat menghilangkan pop-up yang mengganggu di Chrome Android Anda dan meningkatkan pengalaman browsing Anda secara keseluruhan. Selalu perhatikan pengaturan dan keamanan perangkat Anda untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat menggunakan Chrome di ponsel Android Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah pop-up di Chrome Android. Selamat browsing tanpa gangguan!