10 Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu Android

Selamat datang di artikel ini! Jika Anda seorang pecinta musik dan ingin belajar cara menghilangkan vokal pada lagu di perangkat Android Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh cara yang berbeda untuk membantu Anda menghapus vokal pada lagu menggunakan perangkat Android. Tak perlu khawatir, Anda tidak perlu menjadi ahli teknologi untuk mengikuti langkah-langkah ini. Mari kita mulai!

Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu Android

1. Menggunakan Aplikasi Karaoke

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan vokal pada lagu di Android adalah dengan menggunakan aplikasi karaoke. Ada banyak aplikasi karaoke yang tersedia di Play Store, seperti Karaoke Sing & Record, Smule, atau SingPlay. Anda dapat mengunduh salah satu aplikasi ini dan mengimpor lagu yang ingin Anda hilangkan vokalnya.

Setelah Anda memilih lagu, aplikasi karaoke akan memisahkan vokal dari musik latar. Anda dapat memainkan lagu tanpa vokal dan bernyanyi di atasnya atau menyimpan lagu tanpa vokal sebagai file baru.

Keuntungan menggunakan aplikasi karaoke adalah kemudahan penggunaan dan kualitas hasil yang baik. Namun, beberapa aplikasi mungkin memerlukan pembelian dalam aplikasi untuk mengakses fitur penghapusan vokal penuh.

2. Menggunakan Aplikasi Perekam Suara

Metode lain untuk menghilangkan vokal pada lagu di perangkat Android adalah dengan menggunakan aplikasi perekam suara. Anda dapat merekam lagu yang ingin Anda hilangkan vokalnya melalui mikrofon ponsel Anda saat lagu tersebut diputar.

Setelah merekam lagu, Anda dapat menggunakan fitur pengeditan suara pada aplikasi perekam suara untuk mengurangi atau menghapus vokal. Anda perlu memanipulasi frekuensi dan panning suara untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Sayangnya, metode ini membutuhkan keahlian lebih dalam pengeditan suara dan hasilnya mungkin tidak sebaik menggunakan aplikasi karaoke khusus. Namun, jika Anda ingin bereksperimen dengan suara dan lebih terlibat dalam proses pengeditan, metode ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

3. Menggunakan Software Audio Editing

Selain menggunakan aplikasi di perangkat Android, Anda juga dapat menghilangkan vokal pada lagu dengan menggunakan perangkat lunak pengeditan audio di komputer Anda. Ada beberapa perangkat lunak terkenal seperti Adobe Audition, Audacity, atau FL Studio yang dapat Anda gunakan untuk mengedit lagu dan menghapus vokalnya.

🔴 BACA JUGA:  12 Cara Mengubah Warna Daun di Lightroom Android

Pertama, impor lagu yang ingin Anda hilangkan vokalnya ke dalam perangkat lunak pengeditan audio. Kemudian, gunakan alat penghilang vokal atau teknik pengeditan lainnya yang disediakan oleh perangkat lunak untuk menghapus vokal dari lagu. Anda mungkin perlu melakukan beberapa percobaan dan penyesuaian untuk mencapai hasil yang optimal.

Metode ini membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam pengeditan audio, tetapi memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan aplikasi di perangkat Android. Jika Anda serius tentang menghilangkan vokal pada lagu dan ingin hasil yang berkualitas tinggi, menggunakan perangkat lunak pengeditan audio di komputer adalah pilihan terbaik.

4. Menggunakan Plugin Penghilang Vokal

Selain perangkat lunak pengeditan audio, Anda juga dapat menggunakan plugin penghilang vokal yang dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak audio seperti DAW (Digital Audio Workstation) atau aplikasi pemutar musik. Plugin seperti Vocal Remover Pro, iZotope RX, atau XTRAX STEMS dapat membantu Anda menghilangkan vokal pada lagu dengan hasil yang lebih baik daripada metode manual.

Setelah Anda menginstal plugin yang sesuai, ikuti petunjuk penggunaan yang disediakan oleh plugin tersebut. Biasanya, Anda perlu memasukkan lagu yang ingin dihilangkan vokalnya dan mengatur pengaturan yang sesuai sebelum memulai proses penghapusan vokal.

Metode ini membutuhkan sedikit pengetahuan tentang penggunaan plugin dan konfigurasi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun, jika Anda terbiasa dengan penggunaan DAW atau aplikasi pemutar musik yang mendukung plugin, ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan vokal pada lagu.

5. Menggunakan Sumber Audio Tanpa Vokal

Jika Anda tidak dapat menemukan cara yang memuaskan untuk menghilangkan vokal pada lagu dengan perangkat Android atau perangkat lunak pengeditan audio, alternatif lain adalah mencari sumber audio tanpa vokal atau instrumental dari lagu yang Anda inginkan. Banyak situs web dan platform musik menyediakan versi instrumental atau karaoke dari lagu-lagu populer.

Anda dapat mencari versi instrumental lagu yang Anda inginkan dan mengunduhnya ke perangkat Android atau komputer Anda. Dengan menggunakan sumber audio tanpa vokal, Anda dapat menikmati lagu tanpa ada vokal yang mengganggu. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua lagu memiliki versi instrumental yang tersedia, terutama untuk lagu-lagu yang lebih baru atau kurang populer. Namun, jika Anda dapat menemukan sumber audio tanpa vokal, ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mendengarkan lagu tanpa vokal yang mengganggu.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba mencari sumber audio yang disebut “stems”. Stems adalah file audio terpisah yang berisi trek individual dari lagu, seperti vokal, gitar, drum, dan lainnya. Dengan memiliki stems lagu, Anda dapat menghilangkan trek vokal dan memutar sisa trek untuk mendengarkan lagu tanpa vokal.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mencegah Orang Untuk Add Friend ke Grup WhatsApp Mereka

Namun, perlu diingat bahwa mencari sumber audio tanpa vokal atau stems dapat membutuhkan usaha dan kadang-kadang tidak mudah ditemukan. Anda dapat mencari di situs web musik, forum, atau bahkan berdiskusi dengan produser musik untuk membantu Anda mendapatkan sumber audio yang Anda cari.

6. Menggunakan Equalizer

Metode lain yang dapat Anda coba untuk menghilangkan vokal pada lagu di perangkat Android adalah dengan menggunakan equalizer. Equalizer adalah fitur yang umumnya ada di pemutar musik Android yang memungkinkan Anda mengatur frekuensi suara.

Untuk menghilangkan vokal, Anda dapat menurunkan frekuensi vokal pada equalizer dan meningkatkan frekuensi instrumen atau musik latar. Dengan menyesuaikan pengaturan equalizer secara tepat, Anda dapat meminimalkan suara vokal dan lebih mendengarkan musik instrumental.

Namun, metode ini mungkin tidak memberikan hasil yang sebaik penghapusan vokal menggunakan aplikasi karaoke atau pengeditan audio. Equalizer hanya mengatur frekuensi suara secara umum, dan tidak spesifik untuk vokal. Namun, ini bisa menjadi pilihan jika Anda hanya ingin mengurangi kehadiran vokal dalam lagu.

7. Menggunakan Layanan Online

Jika Anda tidak ingin repot mengunduh aplikasi atau software, Anda juga dapat mencoba layanan online yang menyediakan penghapusan vokal pada lagu. Beberapa situs web seperti PhonicMind, Vocal Remover, atau Lalal.ai menawarkan layanan ini secara online.

Anda cukup mengunggah lagu yang ingin Anda hilangkan vokalnya ke situs web tersebut, dan mereka akan memproses lagu tersebut untuk menghilangkan vokal. Setelah selesai, Anda dapat mengunduh lagu tanpa vokal yang dihasilkan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa layanan online mungkin membatasi jumlah lagu yang dapat Anda proses secara gratis atau memerlukan biaya untuk mengakses fitur penghapusan vokal penuh.

Metode ini relatif mudah digunakan, tetapi kualitas hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada layanan online yang Anda gunakan. Beberapa layanan online dapat menghasilkan hasil yang cukup baik dalam menghilangkan vokal, sementara yang lain mungkin menghasilkan hasil yang kurang memuaskan. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan mencoba beberapa layanan sebelum memutuskan yang terbaik untuk Anda.

8. Menggunakan Perangkat Lunak Karaoke Offline

Selain aplikasi karaoke online, ada juga perangkat lunak karaoke offline yang dapat Anda instal di komputer atau laptop Anda. Beberapa contoh perangkat lunak karaoke offline populer termasuk Karafun, Kanto Karaoke, atau Karaoke Builder Studio.

Dengan menggunakan perangkat lunak karaoke offline, Anda dapat memilih lagu yang ingin Anda hilangkan vokalnya dan melakukan proses penghapusan vokal di komputer Anda. Metode ini biasanya memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan aplikasi karaoke online, karena Anda memiliki lebih banyak kontrol dan opsi pengeditan.

🔴 BACA JUGA:  Mudah Untuk Cara Mengunduh Windows 11 di PC Anda: Ikuti Langkah-Langkah Ini!

Namun, perangkat lunak karaoke offline mungkin memerlukan pembelian atau lisensi untuk mengakses fitur penghapusan vokal penuh. Pastikan untuk membaca persyaratan dan fitur yang disediakan sebelum menggunakan perangkat lunak karaoke offline tertentu.

9. Menggunakan Software Musik Produksi

Jika Anda tertarik dengan musik produksi dan memiliki pengetahuan atau keahlian dalam penggunaan software musik produksi seperti Ableton Live, FL Studio, atau Logic Pro, Anda dapat mencoba menghilangkan vokal pada lagu menggunakan metode yang lebih canggih.

Dalam software musik produksi, Anda dapat mengimpor lagu dan bekerja dengan trek individual. Dengan menggunakan teknik seperti fase inversi, penyesuaian stereo, atau panning, Anda dapat mencoba menghapus vokal dan mempertahankan bagian instrumental dari lagu.

Namun, metode ini membutuhkan pengetahuan mendalam tentang produksi musik dan penggunaan software musik produksi. Jika Anda sudah terbiasa dengan software tersebut, ini dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan vokal pada lagu dengan kontrol yang lebih besar.

10. Menggunakan DAW (Digital Audio Workstation)

Terakhir, jika Anda memiliki akses ke DAW (Digital Audio Workstation) seperti Pro Tools, Cubase, atau Reaper, Anda dapat menggunakan DAW untuk menghilangkan vokal pada lagu dengan lebih detail.

Dalam DAW, Anda dapat memuat lagu, memisahkan trek vokal dan instrumental, dan melakukan pengolahan suara yang lebih lanjut. Anda dapat menggunakan efek, plugin, dan teknik pengeditan yang lebih maju untuk mencapai hasil penghapusan vokal yang lebih baik.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan DAW membutuhkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang produksi musik dan pengeditan audio. Anda perlu mempelajari dan memahami fungsi-fungsi yang tersedia dalam DAW serta teknik pengolahan suara yang relevan untuk menghilangkan vokal dengan hasil yang memuaskan.

Dalam proses menghilangkan vokal pada lagu, penting untuk diingat bahwa hasilnya mungkin tidak sempurna. Terkadang, penghapusan vokal dapat menyebabkan efek samping seperti pengurangan kualitas audio atau sisa-sisa vokal yang masih terdengar. Oleh karena itu, selalu bijaksana untuk mendengarkan hasilnya secara seksama dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Dalam menghilangkan vokal pada lagu, terdapat beberapa metode yang dapat Anda coba, mulai dari aplikasi karaoke di perangkat Android hingga perangkat lunak pengeditan audio di komputer. Setiap metode memiliki kelebihan dan keterbatasan tersendiri, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan pengetahuan Anda.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan panduan yang bermanfaat bagi Anda yang ingin menghilangkan vokal pada lagu di perangkat Android. Selamat mencoba dan selamat menikmati lagu-lagu favorit Anda tanpa vokal yang mengganggu!