10 Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di Android: Ringkas dan Mudah

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara mengubah video menjadi file MP3 di perangkat Android Anda. Saat ini, banyak pengguna Android yang ingin mengonversi video mereka menjadi format audio MP3 untuk mendengarkan musik favorit mereka atau membagikan audio dengan teman-teman mereka. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara yang mudah dan efektif untuk melakukan konversi video ke MP3 di perangkat Android Anda. Baca terus untuk menemukan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, penting untuk diketahui bahwa konversi video ke MP3 adalah proses yang legal jika Anda memiliki hak cipta atau izin yang diperlukan. Pastikan Anda hanya mengonversi video yang sah dan tidak melanggar hak cipta. Dengan itu diingat, mari kita mulai dengan cara pertama untuk mengubah video menjadi MP3 diperangkat Android.

Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di Android

1. Menggunakan Aplikasi Konversi Video ke MP3

Salah satu cara termudah untuk mengubah video menjadi MP3 di Android adalah dengan menggunakan aplikasi konversi
video ke MP3. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melakukan tugas ini.
Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi “konversi video ke MP3”. Pilih salah satu aplikasi yang memiliki rating dan ulasan baik. Setelah itu, instal aplikasi tersebut di perangkat Anda.
  • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan pilih video yang ingin Anda ubah menjadi MP3. Biasanya, Anda dapat memilih video dari galeri perangkat Anda atau langsung dari aplikasi.
  • Setelah memilih video, Anda akan diberikan opsi untuk mengonversinya ke format MP3. Pilih opsi tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai.
  • Setelah selesai, Anda akan memiliki file MP3 yang siap untuk didengarkan atau dibagikan.

2. Menggunakan Konverter Online

Selain menggunakan aplikasi konversi video ke MP3, Anda juga dapat menggunakan konverter online untuk melakukan tugas yang sama. Konverter online adalah layanan yang memungkinkan Anda mengubah video menjadi MP3 tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka browser di perangkat Android Anda dan cari konverter video ke MP3 online. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan ini, jadi pilih salah satu yang Anda percaya dan buka halaman webnya.
  • Setelah halaman web terbuka, Anda akan melihat area di mana Anda dapat mengunggah video yang ingin Anda konversi ke MP3. Pilih opsi “Unggah” atau seret dan lepas video ke area yang ditentukan.
  • Setelah video diunggah, Anda mungkin perlu memilih format keluaran. Pastikan Anda memilih format MP3 atau audio lainnya sesuai kebutuhan Anda.
  • Setelah Anda mengatur preferensi konversi, klik tombol “Konversi” atau “Ubah” untuk memulai proses konversi. Tunggu beberapa saat hingga konversi selesai.
🔴 BACA JUGA:  11 Cara Membuat Pengingat di Kalender Android

Setelah selesai, Anda akan diberikan tautan atau opsi untuk mengunduh file MP3 yang telah dikonversi. Klik tautan tersebut atau ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh file ke perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Pemutar Video dengan Fitur Ekstraksi Audio

Beberapa aplikasi pemutar video di Android juga dilengkapi dengan fitur ekstraksi audio. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah video menjadi file audio tanpa perlu menggunakan aplikasi konversi tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan Anda memiliki aplikasi pemutar video yang mendukung fitur ekstraksi audio. Beberapa aplikasi yang
    populer adalah VLC, MX Player, dan KMPlayer. Buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.
  • Setelah aplikasi terbuka, cari dan pilih video yang ingin Anda konversi. Buka video tersebut dengan menggunakan aplikasi pemutar video yang Anda pilih.
  • Selanjutnya, cari opsi atau ikon yang menunjukkan fitur ekstraksi audio. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini dengan mengklik ikon tiga titik atau tombol menu di aplikasi pemutar video.
  • Setelah menemukan opsi ekstraksi audio, pilih format keluaran sebagai MP3 dan klik tombol “Ekstrak” atau “Konversi”. Tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi selesai.

Setelah selesai, Anda akan memiliki file MP3 yang dapat didengarkan atau dibagikan langsung dari aplikasi pemutar video tersebut.

4. Menggunakan Aplikasi Editor Video dengan Fitur Ekstraksi Audio

Selain aplikasi pemutar video, beberapa aplikasi editor video di Android juga menawarkan fitur ekstraksi audio. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengonversi video menjadi MP3 dan melakukan pengeditan audio jika diperlukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan Anda memiliki aplikasi editor video yang mendukung fitur ekstraksi audio. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan adalah Kinemaster, PowerDirector, atau FilmoraGo. Instal salah satu aplikasi tersebut di perangkat Android Anda dan buka aplikasi setelah proses instalasi selesai.
  • Setelah aplikasi terbuka, pilih opsi “Buat Proyek Baru” atau “Buka Proyek”. Anda dapat memilih proyek kosong atau memilih video yang ingin Anda konversi menjadi MP3.
  • Setelah proyek terbuka, cari video yang ingin Anda konversi. Tambahkan video tersebut ke timeline atau area kerja aplikasi editor video.
  • Setelah video ditambahkan, cari opsi atau ikon yang menunjukkan fitur ekstraksi audio. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini dengan mengklik ikon menu atau opsi “Audio” di aplikasi editor video.
  • Setelah menemukan opsi ekstraksi audio, pilih format keluaran sebagai MP3 dan klik tombol “Ekstrak” atau “Konversi”. Tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi selesai.

Setelah selesai, Anda akan memiliki file MP3 yang telah diubah dari video. Anda dapat menyimpannya di perangkat Android Anda dan mendengarkannya atau membagikannya sesuai keinginan Anda.

5. Menggunakan Situs Web Perangkat Lunak

Selain aplikasi di perangkat Android, Anda juga dapat menggunakan situs web perangkat lunak untuk mengonversi video menjadi MP3. Situs web ini biasanya menawarkan layanan konversi yang cepat dan mudah langsung dari browser di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka browser di perangkat Android Anda dan cari situs web perangkat lunak yang menawarkan layanan konversi video ke MP3. Beberapa situs web yang populer adalah OnlineVideoConverter, Convertio, atau YouTube to MP3.
  • Setelah menemukan situs web yang Anda inginkan, buka situs web tersebut di browser Anda.
  • Di situs web, Anda akan melihat area di mana Anda dapat mengunggah video yang ingin Anda konversi ke MP3. Pilih opsi “Unggah” atau seret dan lepas video ke area yang ditentukan.
  • Setelah video diunggah, Anda mungkin perlu memilih format keluaran sebagai MP3 atau format audio lainnya sesuai kebutuhan Anda.
  • Setelah Anda mengatur preferensi konversi, klik tombol “Konversi” atau “Ubah” untuk memulai proses konversi. Tunggu beberapa saat hingga konversi selesai.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Daftar Google AdSense di Android

Setelah selesai, Anda akan diberikan tautan atau opsi untuk mengunduh file MP3 yang telah dikonversi. Klik tautan tersebut atau ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh file ke perangkat Android Anda.

6. Menggunakan Aplikasi YouTube to MP3

Jika Anda sering mengunduh musik dari platform YouTube, Anda dapat menggunakan aplikasi YouTube to MP3 yang dapat membantu Anda mengubah video YouTube menjadi file MP3 langsung di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi “YouTube to MP3”. Pilih salah satu aplikasi yang memiliki rating dan ulasan baik. Setelah itu, instal aplikasi tersebut di perangkat Anda.
  • Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan salin tautan video YouTube yang ingin Anda konversi ke MP3.
  • Kembali ke aplikasi YouTube to MP3 dan tempelkan tautan yang telah Anda salin ke dalam aplikasi tersebut. Pilih opsi konversi atau unduh untuk memulai proses konversi.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai. Setelah selesai, Anda akan memiliki file MP3 yang dapat didengarkan atau dibagikan langsung dari aplikasi YouTube to MP3 tersebut.

7. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain opsi yang disebutkan di atas, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengubah video menjadi MP3 di perangkat Android. Beberapa aplikasi populer seperti Peggo, MP3 Video Converter, dan Vid2MP3. Langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, tetapi umumnya Anda perlu memilih video, mengatur preferensi konversi, dan menunggu proses konversi selesai sebelum Anda bisa mendapatkan file MP3 yang dihasilkan.

8. Memanfaatkan Fitur Bawaan Perangkat Android

Beberapa perangkat Android mungkin sudah dilengkapi dengan fitur bawaan yang memungkinkan Anda mengubah video menjadi file MP3. Misalnya, beberapa perangkat memiliki fitur “Ekstrak Audio” di aplikasi Galeri atau Pengelola File. Anda dapat mencoba mencari opsi ini di perangkat Anda dengan membuka video yang ingin Anda konversi dan mencari ikon atau menu yang menunjukkan fitur ekstraksi audio. Jika perangkat Anda memiliki fitur ini, Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengonversi video menjadi MP3.

9. Menggunakan Aplikasi Streaming Musik

Jika Anda menggunakan aplikasi streaming musik seperti Spotify, Apple Music, atau Deezer, Anda mungkin dapat mengunduh lagu atau playlist favorit Anda langsung dari aplikasi tersebut. Meskipun ini bukanlah konversi langsung dari video menjadi MP3, Anda masih dapat mendapatkan file audio berkualitas tinggi yang dapat didengarkan secara offline. Pastikan Anda memiliki langganan premium di aplikasi streaming musik Anda untuk menikmati fitur unduhan ini.

🔴 BACA JUGA:  12 Cara Mengetahui Versi Android

10. Mengonversi dari video menjadi MP3 di komputer dan mentransfernya ke perangkat Android Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak konversi video yang kompatibel dengan komputer Anda untuk mengubah video menjadi format MP3, seperti HandBrake, Any Video Converter, atau VLC Media Player. Setelah Anda mengonversi video menjadi MP3 di komputer, Anda dapat mentransfer file MP3 tersebut ke perangkat Android Anda melalui kabel USB atau menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Setelah file MP3 dipindahkan ke perangkat Android Anda, Anda dapat memutarnya menggunakan pemutar musik bawaan atau aplikasi pemutar musik pihak ketiga.

Mengubah video menjadi file audio MP3 di perangkat Android bisa menjadi tugas yang sederhana dengan menggunakan berbagai metode dan aplikasi yang tersedia. Dari aplikasi konversi khusus hingga fitur bawaan perangkat Android, Anda memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan file MP3 dari video favorit Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengonversi video menjadi MP3 di perangkat Android Anda dan menikmati musik atau audio favorit Anda kapan saja dan di mana saja.

Ingatlah untuk mematuhi hak cipta dan kebijakan penggunaan konten saat mengonversi video menjadi MP3. Pastikan Anda memiliki izin yang diperlukan sebelum mengunduh atau mengonversi video yang dilindungi hak cipta. Selamat mengubah video menjadi MP3 di perangkat Android Anda!

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas 10 cara yang berbeda untuk mengubah video menjadi MP3 di perangkat Android Anda. Mulai dari menggunakan aplikasi konversi, situs web perangkat lunak, hingga memanfaatkan fitur bawaan perangkat Android, Anda memiliki berbagai opsi yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di setiap metode, Anda dapat dengan mudah mendapatkan file MP3 dari video favorit Anda dan menikmati musik atau audio di perangkat Android Anda secara praktis.

Setiap metode yang dijelaskan dalam artikel ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pastikan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan Anda dan memperhatikan kualitas audio yang dihasilkan. Juga, selalu ingat untuk mematuhi hak cipta dan kebijakan penggunaan konten saat mengonversi video menjadi MP3. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat mengubah video menjadi MP3 dengan cara yang legal dan aman.

Sekarang, Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk memilih metode yang sesuai dan mengubah video menjadi MP3 di perangkat Android Anda. Cobalah metode yang paling Anda sukai dan nikmati koleksi musik atau audio favorit Anda di mana saja dan kapan saja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari cara mengubah video menjadi MP3 di perangkat Android. Ingatlah untuk selalu menggunakan metode yang legal dan menghormati hak cipta saat mengonversi video menjadi MP3. Dengan demikian, Anda dapat menikmati musik favorit Anda dengan cara yang aman dan sesuai dengan peraturan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin menambahkan metode lain untuk mengonversi video menjadi MP3 di perangkat Android, jangan ragu untuk berbagi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil mengubah video menjadi MP3 dengan mudah dan lancar di perangkat Android Anda!