10 Cara Upgrade Android ke Marshmallow – Panduan Lengkap

Selamat datang di panduan lengkap tentang cara upgrade Android ke Marshmallow! Jika Anda pengguna Android yang ingin memperoleh fitur baru dan peningkatan performa dengan menggunakan versi terbaru sistem operasi, Anda telah berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengupgrade perangkat Android Anda ke Marshmallow. Dari metode OTA (Over-The-Air) hingga custom ROM, kami akan memberikan penjelasan detail dan panduan langkah demi langkah untuk setiap metode. Jadi, simak artikel ini dengan seksama dan pilih metode yang paling sesuai untuk Anda!

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa proses upgrade sistem operasi dapat berbeda-beda tergantung pada produsen dan model perangkat Android Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang disediakan oleh produsen perangkat Anda dan melakukan langkah-langkah dengan hati-hati. Selain itu, pastikan Anda melakukan cadangan data penting sebelum memulai proses upgrade, untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Android Marshmallow adalah salah satu versi sistem operasi Android yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Dengan fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja, Marshmallow memberikan pengalaman yang lebih baik dalam penggunaan perangkat Android. Jika Anda ingin melakukan upgrade perangkat Android Anda ke Marshmallow, berikut ini adalah 10 cara yang dapat Anda ikuti untuk melakukan proses upgrade tersebut.

Cara Upgrade Android ke Marshmallow

1. Memeriksa Ketersediaan Pembaruan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa ketersediaan pembaruan untuk perangkat Android Anda. Buka Pengaturan, gulir ke bawah, dan pilih “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Di sini, Anda akan menemukan opsi “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Pembaruan Sistem”. Ketuk opsi tersebut dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk perangkat Anda.

Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya langsung dari perangkat Anda. Pastikan perangkat Anda terhubung ke Wi-Fi atau memiliki koneksi data yang stabil saat mengunduh pembaruan, dan pastikan baterai perangkat Anda cukup untuk menyelesaikan proses upgrade.

Jika tidak ada pembaruan yang tersedia melalui opsi tersebut, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain untuk melakukan upgrade perangkat Android Anda ke Marshmallow.

2. Menggunakan Pembaruan OTA

Pembaruan OTA (Over-the-Air) adalah salah satu metode paling umum untuk melakukan upgrade perangkat Android. Metode ini memungkinkan Anda mengunduh dan menginstal pembaruan langsung dari perangkat Anda tanpa perlu menghubungkannya ke komputer.

Untuk menggunakan pembaruan OTA, buka Pengaturan, pilih “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, dan cari opsi “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Pembaruan Sistem”. Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat opsi “Unduh” atau “Periksa Pembaruan”. Ketuk opsi tersebut dan tunggu sampai proses pengunduhan selesai.

Setelah pengunduhan selesai, perangkat Anda akan meminta Anda untuk menginstal pembaruan. Pastikan baterai perangkat Anda cukup dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses upgrade. Setelah upgrade selesai, perangkat Anda akan secara otomatis restart dan Anda akan dapat menikmati Android Marshmallow di perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Mengubah Video YouTube Menjadi MP3 di Android

3. Menggunakan Perangkat Lunak PC

Jika Anda tidak dapat melakukan upgrade melalui pembaruan OTA, Anda masih memiliki opsi lain untuk mengupgrade perangkat Android Anda ke Marshmallow menggunakan perangkat lunak PC. Metode ini melibatkan penghubungan perangkat Anda ke komputer dan menggunakan perangkat lunak khusus untuk melakukan upgrade.

Untuk menggunakan perangkat lunak PC, pertama-tama Anda perlu mengunduh perangkat lunak yang sesuai dengan perangkat Android Anda. Biasanya, setiap produsen perangkat memiliki perangkat lunak resmi yang dapat Anda unduh dari situs web mereka. Cari perangkat lunak yang sesuai dengan model dan seri perangkat Android Anda.

Setelah Anda mengunduh perangkat lunak, instal perangkat lunak tersebut di komputer Anda. Kemudian, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan perangkat Anda dalam mode pemulihan atau mode download, sesuai dengan petunjuk yang disediakan oleh perangkat lunak.

Setelah perangkat Anda terhubung, jalankan perangkat lunak PC yang telah Anda instal. Di dalam perangkat lunak tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk melakukan upgrade perangkat Android Anda ke versi Marshmallow. Ikuti petunjuk yang disediakan oleh perangkat lunak untuk melanjutkan proses upgrade.

Selama proses upgrade, penting untuk tidak mencabut kabel USB atau mematikan komputer atau perangkat Android Anda. Biarkan proses upgrade berjalan sampai selesai. Setelah upgrade selesai, perangkat Anda akan restart dan Anda dapat mulai menggunakan Android Marshmallow.

4. Mengunjungi Pusat Layanan Resmi

Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin melakukan upgrade perangkat Android sendiri, Anda dapat mengunjungi pusat layanan resmi dari produsen perangkat Android Anda. Di sana, teknisi yang terlatih akan membantu Anda melakukan upgrade perangkat Android ke Marshmallow dengan aman dan tepat.

Anda dapat mencari informasi mengenai pusat layanan resmi di situs web produsen perangkat Anda atau menghubungi layanan pelanggan mereka untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. Pastikan Anda membawa perangkat Android Anda beserta kelengkapan dan dokumen yang diperlukan ketika mengunjungi pusat layanan.

Dalam pusat layanan, teknisi akan melakukan upgrade perangkat Android Anda dengan menggunakan perangkat lunak resmi dan prosedur yang tepat. Mereka juga dapat memberikan saran dan informasi tambahan mengenai fitur-fitur baru yang ada di Android Marshmallow.

5. Memperbarui Melalui Custom ROM

Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam memodifikasi perangkat Android, Anda juga dapat memperbarui perangkat Anda ke Marshmallow menggunakan custom ROM. Custom ROM adalah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang dikembangkan oleh komunitas pengembang.

Untuk memperbarui melalui custom ROM, Anda perlu melakukan rooting pada perangkat Android Anda terlebih dahulu. Rooting adalah proses yang memungkinkan Anda mendapatkan akses penuh ke sistem Android, sehingga Anda dapat menginstal dan mengganti sistem operasi yang ada di perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa rooting perangkat Android dapat membatalkan garansi perangkat Anda dan juga memiliki risiko yang terkait dengan keamanan dan stabilitas sistem.

Setelah Anda melakukan rooting, Anda dapat mencari custom ROM yang kompatibel dengan perangkat Android Anda dan berbasis pada Android Marshmallow. Ada banyak situs web dan forum komunitas yang menyediakan custom ROM untuk berbagai perangkat Android. Pastikan Anda mengunduh custom ROM dari sumber yang terpercaya dan sesuai dengan perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Memperbaiki Masalah Wi-Fi pada Perangkat Android Samsung

Setelah Anda mendapatkan custom ROM yang sesuai, ikuti petunjuk yang disediakan oleh pengembang custom ROM untuk menginstalnya pada perangkat Anda. Biasanya, proses ini melibatkan mengunduh file ROM, mem-flash file tersebut melalui pemulihan kustom seperti TWRP (Team Win Recovery Project), dan melakukan pengaturan tambahan setelah proses instalasi selesai.

Perlu diingat bahwa menginstal custom ROM dapat berpotensi menghilangkan data dan pengaturan perangkat Anda. Pastikan Anda melakukan cadangan data yang penting sebelum memulai proses ini. Selain itu, pastikan Anda memahami risiko dan konsekuensi yang terkait dengan penggunaan custom ROM, seperti kehilangan garansi dan kemungkinan kerusakan perangkat.

6. Memeriksa Kompatibilitas Perangkat

Sebelum Anda melakukan upgrade perangkat Android ke Marshmallow, penting untuk memeriksa kompatibilitas perangkat Anda dengan sistem operasi baru ini. Tidak semua perangkat Android mendukung versi Android Marshmallow, terutama perangkat yang lebih lama.

Anda dapat memeriksa situs web resmi produsen perangkat Android Anda untuk melihat daftar perangkat yang mendukung Marshmallow. Jika perangkat Anda tidak termasuk dalam daftar tersebut, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat melakukan upgrade ke Marshmallow secara resmi.

Namun, meskipun tidak ada upgrade resmi yang tersedia, Anda masih dapat mencoba metode alternatif seperti menggunakan custom ROM untuk mengupgrade perangkat Anda. Tetapi perlu diingat bahwa hal ini mungkin memiliki risiko dan konsekuensi tertentu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

7. Mencari Panduan dan Tutorial

Jika Anda masih merasa bingung atau tidak yakin tentang proses upgrade perangkat Android ke Marshmallow, Anda dapat mencari panduan dan tutorial yang tersedia di internet. Ada banyak situs web, blog, dan forum komunitas yang menyediakan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan upgrade perangkat Android.

Pastikan Anda mencari sumber yang terpercaya dan mengikuti panduan yang sesuai dengan perangkat Android Anda. Baca dengan cermat instruksi dan petunjuk yang disediakan, serta pastikan Anda memahami setiap langkah sebelum melakukannya.

Jika Anda merasa tidak nyaman melakukannya sendiri, jangan ragu untuk mencari bantuan dari orang yang lebih berpengalaman atau memilih opsi lain seperti mengunjungi pusat layanan resmi yang telah disebut sebelumnya.

8. Melakukan Cadangan Data

Sebelum Anda melakukan upgrade perangkat Android ke Marshmallow, sangat penting untuk melakukan cadangan data yang ada di perangkat Anda. Proses upgrade perangkat dapat menghilangkan atau menghapus data yang tersimpan di perangkat, termasuk kontak, pesan, foto, video, dan aplikasi yang telah diinstal.

Anda dapat melakukan cadangan data menggunakan berbagai cara, seperti menyinkronkan data dengan akun Google Anda, menggunakan layanan penyimpanan cloud, atau menggunakan aplikasi cadangan data pihak ketiga. Pastikan untuk mencadangkan semua data penting sebelum memulai proses upgrade, sehingga Anda dapat mengembalikannya setelah upgrade selesai.

Selain data, juga disarankan untuk mencatat pengaturan dan preferensi perangkat Anda sebelum melakukan upgrade. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengembalikan pengaturan perangkat dengan lebih mudah setelah upgrade selesai.

9. Memeriksa Ruang Penyimpanan

Sebelum Anda melakukan upgrade perangkat Android ke Marshmallow, pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda. Upgrade sistem operasi memerlukan ruang penyimpanan yang cukup untuk mengunduh dan menginstal file upgrade.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Memindahkan Kontak iPhone ke Android dengan Mudah

Anda dapat memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda melalui pengaturan. Buka Pengaturan, pilih “Penyimpanan” atau “Ruang Penyimpanan”, dan Anda akan melihat jumlah ruang penyimpanan yang tersisa di perangkat Anda. Pastikan ruang yang tersedia cukup untuk mengunduh dan menginstal upgrade Marshmallow.

Jika ruang penyimpanan tidak mencukupi, Anda dapat memindahkan atau menghapus file yang tidak diperlukan, seperti foto, video, atau aplikasi yang jarang digunakan. Anda juga dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud untuk menyimpan file penting secara online dan mengosongkan ruang penyimpanan perangkat Anda.

10. Memperbarui Aplikasi dan Perangkat Lunak Pendukung

Sebelum dan setelah melakukan upgrade perangkat Android ke Marshmallow, penting untuk memperbarui aplikasi dan perangkat lunak pendukung yang ada di perangkat Anda. Ini termasuk pembaruan aplikasi yang telah diinstal, pembaruan sistem perangkat, dan pembaruan perangkat lunak lainnya yang mungkin diperlukan untuk kompatibilitas dengan Android Marshmallow.

Anda dapat memeriksa pembaruan aplikasi melalui Google Play Store. Buka Play Store, pilih menu dan masuk ke “Aplikasi dan Permainan Saya”. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang perlu diperbarui. Ketuk opsi “Perbarui Semua” untuk memperbarui semua aplikasi secara otomatis.

Selain itu, periksa juga apakah ada pembaruan sistem perangkat yang tersedia. Buka Pengaturan, pilih “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, dan cari opsi “Perbarui Perangkat” atau “Pembaruan Perangkat Lunak”. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstalnya.

Selain aplikasi dan sistem perangkat, pastikan Anda juga memperbarui perangkat lunak pendukung lainnya seperti driver perangkat keras, pembaruan keamanan, dan pembaruan firmware yang diperlukan. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja dan kompatibilitas perangkat Anda setelah upgrade ke Marshmallow.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara untuk mengupgrade perangkat Android ke Marshmallow. Mulai dari metode OTA hingga penggunaan custom ROM, setiap metode memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri. Penting untuk memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan keahlian Anda.

Sebelum melakukan upgrade, pastikan Anda memeriksa kompatibilitas perangkat, melakukan cadangan data, memeriksa ruang penyimpanan, dan memperbarui aplikasi serta perangkat lunak pendukung. Ini akan membantu memastikan proses upgrade berjalan dengan lancar dan menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Selain itu, perlu diingat bahwa setiap metode memiliki risiko dan konsekuensi yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin melakukannya sendiri, lebih baik mencari bantuan dari orang yang lebih berpengalaman atau mengunjungi pusat layanan resmi untuk melakukan upgrade perangkat Anda.

Dengan mengupgrade perangkat Android ke Marshmallow, Anda dapat menikmati fitur baru, peningkatan performa, dan keamanan yang diperbarui. Tetapi ingatlah bahwa upgrade sistem operasi hanya satu aspek dalam memaksimalkan pengalaman pengguna perangkat Android Anda. Tetap menjaga perangkat Anda tetap terlindungi dengan menginstal pembaruan keamanan, memperbarui aplikasi, dan menjaga kebersihan serta kinerja perangkat Anda secara berkala.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam mengupgrade perangkat Android ke Marshmallow. Nikmati pengalaman Android yang lebih baik dan tingkatkan kinerja perangkat Anda dengan versi terbaru sistem operasi. Terima kasih telah membaca artikel ini!