11 Cara Download Video Streaming di Android

Siapa yang tidak suka menonton video streaming di perangkat Android? Dengan adanya berbagai platform streaming seperti YouTube, Netflix, dan Spotify, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai konten video dan musik kapan saja dan di mana saja. Namun, terkadang kita ingin menyimpan video streaming tersebut di perangkat Android untuk ditonton secara offline atau untuk alasan lainnya. Nah, di artikel ini, kami akan memberikan  cara yang berbeda untuk mendownload video streaming di Android.

Seiring dengan perkembangan teknologi, menonton video streaming di perangkat Android telah menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh banyak orang. Namun, terkadang kita ingin menyimpan video tersebut untuk ditonton secara offline. Beruntungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendownload video streaming di Android dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas 11 cara download video streaming di Android yang dapat Anda coba. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati video favorit Anda kapan saja dan di mana saja, bahkan tanpa koneksi internet. Mari kita jelajahi cara-cara tersebut dan temukan yang paling cocok untuk Anda!

Cara Download Video Streaming di Android

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara termudah untuk mendownload video streaming di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang didesain khusus untuk tujuan ini. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda unduh dan instal secara gratis. Beberapa aplikasi populer seperti XYZ Video Downloader, ABC Video Grabber, dan DEF Video Saver dapat membantu Anda mendownload video streaming dengan cepat dan mudah.

Setelah Anda menginstal aplikasi tersebut, cukup salin tautan video streaming yang ingin Anda download, lalu tempelkan di dalam aplikasi tersebut. Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi tautan dan memberikan opsi untuk mengunduh video dalam berbagai kualitas dan format. Pilih opsi yang diinginkan dan tunggu proses pengunduhan selesai. Setelah selesai, video akan tersimpan di perangkat Android Anda dan dapat Anda akses kapan saja.

Walaupun menggunakan aplikasi pihak ketiga memudahkan proses pengunduhan video streaming, pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan aman. Selalu baca ulasan pengguna dan periksa peringkat serta kebijakan privasi sebelum menginstal aplikasi yang tidak dikenal.

2. Memanfaatkan Fitur Download pada Aplikasi Streaming

Saat ini, banyak aplikasi streaming populer seperti Netflix, YouTube, dan Spotify telah menyediakan fitur unduhan resmi di dalam aplikasinya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video atau konten lainnya secara langsung dari aplikasi tersebut, tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk menggunakan fitur download pada aplikasi streaming, cukup buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Pilih video yang ingin Anda download, lalu cari opsi unduhan atau tombol serupa di dalam tampilan pemutaran video. Tekan tombol tersebut, dan aplikasi akan mulai mengunduh video secara otomatis.

Setelah selesai, Anda dapat menemukan video yang diunduh di dalam folder unduhan atau bagian tersendiri di dalam aplikasi streaming tersebut. Penting untuk diingat bahwa tidak semua video atau konten pada aplikasi streaming dapat diunduh.

đź”´ BACA JUGA:  10 Cara Membuat Aplikasi Android dengan Coding

3. Menggunakan Browser dengan Fitur Download Video

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga atau fitur unduhan di aplikasi streaming, Anda juga dapat memanfaatkan browser dengan fitur download video untuk mengunduh video streaming di Android. Beberapa browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan UC Browser memiliki fitur ini yang memungkinkan Anda mengunduh video secara langsung dari browser.

Untuk menggunakan fitur download video pada browser, Anda perlu mengakses situs atau platform streaming yang menyediakan video yang ingin Anda download. Buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi situs streaming tersebut. Cari video yang ingin Anda download dan putar video tersebut. Biasanya, ketika Anda memutar video, akan muncul ikon atau opsi unduhan di dalam pemutar video atau di dekatnya.

Tekan ikon atau opsi unduhan tersebut, dan browser akan mulai mengunduh video secara otomatis. Setelah selesai, video akan tersimpan di perangkat Android Anda dan dapat Anda akses melalui aplikasi pemutar video atau melalui galeri.

4. Menggunakan Plugin atau Ekstensi Browser

Jika Anda menggunakan browser di perangkat Android dengan fitur yang terbatas, Anda juga dapat memasang plugin atau ekstensi browser khusus untuk mendownload video streaming. Beberapa browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox mendukung instalasi plugin atau ekstensi yang dapat menambahkan fitur unduhan video ke dalam browser.

Untuk menggunakan plugin atau ekstensi browser, buka browser di perangkat Android Anda dan cari plugin atau ekstensi yang sesuai dengan browser yang Anda gunakan. Pasang dan aktifkan plugin atau ekstensi tersebut, lalu kunjungi situs streaming yang menyediakan video yang ingin Anda download.

Setelah video diputar, Anda akan melihat opsi unduhan baru yang ditambahkan oleh plugin atau ekstensi di dalam pemutar video atau di dekatnya. Tekan opsi unduhan tersebut, dan video akan mulai diunduh oleh plugin atau ekstensi tersebut. Setelah selesai, video akan tersimpan di perangkat Android Anda seperti biasa.

5. Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Salah satu cara lain untuk mendownload video streaming di Android adalah dengan menggunakan aplikasi perekam layar. Aplikasi perekam layar memungkinkan Anda merekam apa yang sedang terjadi di layar perangkat Android Anda, termasuk pemutaran video streaming.

Untuk menggunakan aplikasi perekam layar, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi perekam layar yang tersedia di Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan atur pengaturan perekaman sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah pengaturan selesai, buka aplikasi streaming yang menyediakan video yang ingin Anda download. Mulai pemutaran video dan aktifkan perekam layar. Aplikasi perekam layar akan merekam semua yang terjadi di layar perangkat Android Anda, termasuk video streaming yang diputar. Setelah video selesai diputar, berhenti merekam layar.

Aplikasi perekam layar akan menyimpan rekaman video sebagai file video di perangkat Android Anda. Anda dapat mengakses file tersebut melalui aplikasi perekam layar atau melalui galeri perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi perekam layar untuk mendownload video streaming mungkin melanggar hak cipta dan kebijakan penggunaan dari platform streaming yang Anda akses. Pastikan untuk menggunakan aplikasi perekam layar dengan bijak dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

6. Menggunakan Teknik Inspeksi Halaman

Teknik selanjutnya yang dapat Anda coba untuk mendownload video streaming di Android adalah menggunakan teknik inspeksi halaman. Teknik ini melibatkan penggunaan fitur inspeksi elemen pada browser untuk menemukan sumber video streaming dan mendownloadnya.

Untuk menggunakan teknik inspeksi halaman, buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi situs streaming yang menyediakan video yang ingin Anda download. Putar video tersebut dan pastikan video telah dimuat sepenuhnya.

đź”´ BACA JUGA:  10 Cara Mengganti Warna Background Foto di Android

Setelah video diputar, tahan tombol pada video atau tekan dengan dua jari untuk membuka opsi konteks. Pilih opsi “Inspect” atau “Inspect Element” untuk membuka panel inspeksi elemen di browser Anda.

Pada panel inspeksi elemen, cari elemen yang berkaitan dengan video. Biasanya, elemen tersebut akan memiliki tag <video> atau <source>. Klik kanan pada elemen tersebut dan pilih opsi “Copy Link Address” atau “Copy Link Location” untuk menyalin tautan video.

Setelah tautan video tercopy, buka tab baru di browser Anda dan tempelkan tautan tersebut di bilah alamat. Tekan Enter untuk membuka tautan video dalam tab baru.
Setelah video terbuka di tab baru, klik kanan pada video tersebut dan pilih opsi “Save Video As” atau “Download Video” untuk mendownload video ke perangkat Android Anda. Tentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan dan tunggu proses pengunduhan selesai.

7. Menggunakan Aplikasi Video Downloader All in One

Jika Anda mencari cara yang lebih sederhana dan praktis, Anda dapat menggunakan aplikasi video downloader all in one. Aplikasi semacam ini menyediakan fitur lengkap untuk mendownload video dari berbagai platform streaming, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, dan banyak lagi.
Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi video downloader all in one yang tersedia di Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan pilih platform streaming yang ingin Anda download video dari.

Setelah memilih platform, masukkan tautan video streaming yang ingin Anda download. Aplikasi akan mendeteksi tautan dan memberikan opsi untuk mengunduh video dalam berbagai kualitas dan format. Pilih opsi yang diinginkan dan tunggu proses pengunduhan selesai.
Dengan menggunakan aplikasi video downloader all in one, Anda dapat dengan mudah mendownload video streaming di Android tanpa harus mencari cara yang berbeda untuk setiap platform streaming yang ingin Anda download. Aplikasi ini menghemat waktu dan usaha Anda dalam mencari cara yang berbeda untuk mendownload video dari berbagai sumber streaming.

8. Menggunakan Fitur Offline pada Aplikasi Streaming Musik

Jika Anda lebih tertarik untuk mendownload video streaming musik, ada beberapa aplikasi streaming musik yang menyediakan fitur offline. Fitur ini memungkinkan Anda mendownload lagu atau video musik untuk diputar secara offline di perangkat Android Anda.

Aplikasi seperti Spotify, Apple Music, dan Deezer adalah contoh beberapa platform streaming musik yang menyediakan fitur offline. Untuk menggunakan fitur ini, cukup buka aplikasi streaming musik yang Anda gunakan, cari lagu atau video musik yang ingin Anda download, dan aktifkan fitur offline atau simpan ke perangkat.
Setelah lagu atau video musik diunduh, Anda dapat memutarnya kapan saja dan di mana saja, bahkan tanpa koneksi internet. Pastikan untuk mengatur pengaturan unduhan dan ruang penyimpanan yang tersedia di aplikasi streaming musik untuk mengoptimalkan pengalaman Anda dalam mendownload video streaming musik.

9. Memanfaatkan Fitur Download pada Aplikasi Sosial Media

Tidak hanya aplikasi streaming video dan musik, beberapa aplikasi sosial media juga menyediakan fitur unduhan video. Misalnya, Facebook, Instagram, dan Twitter memiliki fitur download yang memungkinkan Anda menyimpan video yang dibagikan oleh pengguna lain.

Untuk mendownload video dari aplikasi sosial media, cukup buka aplikasi yang Anda gunakan, temukan video yang ingin Anda download, dan cari tombol unduhan atau opsi serupa. Tekan tombol tersebut, dan video akan diunduh ke perangkat Android Anda.

Perlu diingat bahwa hak cipta dan kebijakan penggunaan video di aplikasi sosial media harus dihormati. Hanya unduh video yang Anda izinkan untuk diunduh atau video yang diperbolehkan oleh pemiliknya.

đź”´ BACA JUGA:  10 Cara Menurunkan Versi Android

10. Menggunakan Layanan Unduh Video Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan atau plugin di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan layanan unduh video online. Ada beberapa situs web yang menyediakan layanan ini, di mana Anda dapat memasukkan tautan video streaming dan mendownloadnya tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Cara menggunakan layanan unduh video online sangatlah mudah. Buka situs web yang menyediakan layanan tersebut di perangkat Android Anda, salin tautan video streaming yang ingin Anda download, dan tempelkan tautan tersebut di kotak atau area yang disediakan di situs web tersebut.

Situs web akan memproses tautan video dan memberikan opsi untuk mengunduh video dalam berbagai kualitas dan format. Pilih opsi yang diinginkan, tunggu proses pengunduhan selesai, dan video akan tersimpan di perangkat Android Anda.

11. Menggunakan Aplikasi Download Manager

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan aplikasi download manager untuk mendownload video streaming di Android. Aplikasi download manager seperti IDM (Internet Download Manager) atau Advanced Download Manager dapat membantu Anda mengelola dan mendownload berbagai jenis file, termasuk video streaming, dengan cepat dan efisien.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi download manager yang sesuai dengan preferensi Anda, buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Biasanya, aplikasi download manager akan secara otomatis terintegrasi dengan browser default Anda.

Selanjutnya, buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi situs atau platform streaming yang menyediakan video yang ingin Anda download. Putar video tersebut dan perhatikan munculnya ikon atau opsi unduhan yang disediakan oleh aplikasi download manager.

Tekan ikon atau opsi unduhan tersebut, dan aplikasi download manager akan mulai mengunduh video secara otomatis. Anda dapat melihat progres unduhan dan mengelola unduhan lainnya melalui antarmuka aplikasi download manager.

Setelah selesai diunduh, video akan tersimpan di perangkat Android Anda dan dapat diakses melalui aplikasi pemutar video atau melalui galeri seperti biasa.
Demikianlah sepuluh cara download video streaming di Android yang dapat Anda coba. Ingatlah untuk selalu menghormati hak cipta dan kebijakan penggunaan dari platform streaming yang Anda akses. Gunakan metode download video dengan bijak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penutup

Dalam era digital yang serba terkoneksi ini, memiliki kemampuan untuk mendownload video streaming di perangkat Android dapat memberikan Anda kebebasan dan fleksibilitas dalam menikmati konten favorit Anda tanpa ketergantungan pada koneksi internet. Dalam artikel ini, kami telah membahas sepuluh cara yang berbeda untuk melakukan hal tersebut.

Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi perekam layar, teknik inspeksi halaman, atau aplikasi video downloader all in one untuk mendownload video dari berbagai platform streaming. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur offline pada aplikasi streaming musik, fitur download pada aplikasi sosial media, layanan unduh video online, atau menggunakan aplikasi download manager yang dapat membantu mengelola unduhan Anda dengan lebih efisien.

Selalu ingat untuk menghormati hak cipta dan kebijakan penggunaan dari platform streaming yang Anda akses. Pastikan untuk hanya mendownload video yang diizinkan untuk diunduh atau video yang tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Gunakan metode download video dengan bijak dan bertanggung jawab.
Semoga artikel ini memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang cara mendownload video streaming di Android. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat dengan mudah mengunduh dan menikmati video favorit Anda di perangkat Android kapan saja dan di mana saja. Selamat mencoba!