11 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda pernah mengalami kejadian yang menyebalkan ketika foto-foto berharga Anda terhapus secara tidak sengaja di HP Android? Jangan panik! Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami masalah serupa, tetapi ada solusinya. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 11 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus di HP Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan kembali foto-foto berharga Anda. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

1. Periksa Folder Sampah di Galeri Anda

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa folder sampah di galeri HP Android Anda. Kadang-kadang, ketika Anda menghapus foto, mereka tidak langsung terhapus secara permanen, melainkan pindah ke folder sampah. Jadi, buka aplikasi galeri Anda dan periksa apakah foto-foto yang hilang berada di sana. Jika iya, Anda dapat memulihkannya dengan mudah.

Jika Anda tidak menemukan folder sampah di aplikasi galeri Anda, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus di HP Android Anda.

2. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika langkah pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data khusus untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda dalam proses ini. Beberapa aplikasi populer di antaranya adalah DiskDigger, Dumpster, dan Restore Image (Super Easy). Unduh salah satu aplikasi tersebut, instal di HP Android Anda, dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan foto-foto yang terhapus.

Aplikasi pemulihan data umumnya bekerja dengan cara memindai memori internal atau kartu SD HP Anda untuk mencari jejak-jejak foto yang terhapus. Mereka kemudian akan memulihkan foto-foto tersebut dan mengembalikannya ke galeri Anda. Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan pemulihan tergantung pada sejauh mana foto-foto tersebut terhapus dan apakah mereka telah ditimpa dengan data baru.

3. Manfaatkan Layanan Cloud

Jika Anda memiliki kebiasaan membackup foto-foto Anda ke layanan cloud seperti Google Photos atau Dropbox, ada kemungkinan besar bahwa foto-foto yang terhapus masih ada di sana. Coba periksa akun Anda dan lihat apakah Anda dapat mengakses foto-foto yang hilang melalui layanan cloud tersebut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Upgrade Android Samsung

Jika Anda menemukan foto-foto yang ingin Anda pulihkan, Anda dapat mengunduhnya kembali ke HP Android Anda atau memulihkannya langsung ke galeri Anda melalui aplikasi layanan cloud yang Anda gunakan. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus, terutama jika Anda memiliki kebiasaan melakukan backup secara otomatis.

4. Gunakan Fitur Pengembalian ke Versi Sebelumnya

HP Android umumnya dilengkapi dengan fitur pengembalian ke versi sebelumnya yang dapat membantu mengembalikan foto-foto yang terhapus. Fitur ini bekerja dengan cara menyimpan salinan cadangan otomatis dari foto-foto Anda dalam jangka waktu tertentu.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi galeri Anda dan temukan foto yang ingin Anda pulihkan. Kemudian, tekan dan tahan foto tersebut, dan pilih opsi “Pulihkan ke Versi Sebelumnya” atau serupa. HP Android Anda akan mencari salinan cadangan foto tersebut dan mengembalikannya ke galeri Anda. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan berhasil jika Anda telah mengaktifkan opsi cadangan dan sinkronisasi di pengaturan HP Android Anda.

5. Coba Pemulihan Melalui PC atau Laptop

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan PC atau laptop sebagai alternatif. Anda dapat menggunakan software pemulihan data seperti EaseUS Data Recovery Wizard, Recuva, atau Dr.Fone untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus.

Untuk melakukannya, hubungkan HP Android Anda ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan Anda telah mengaktifkan opsi transfer file (MTP) di HP Android Anda. Kemudian, jalankan software pemulihan data yang telah Anda instal dan ikuti panduan yang diberikan untuk memulihkan foto-foto yang terhapus dari HP Android Anda.

6. Gunakan Backup Eksternal

Jika Anda telah membuat backup foto-foto Anda ke perangkat eksternal seperti kartu SD atau hard drive eksternal, Anda dapat mencoba mengakses backup tersebut untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus. Sambungkan kartu SD atau hard drive eksternal ke HP Android Anda dan buka aplikasi galeri. Pilih opsi untuk mengimpor foto-foto dari perangkat eksternal, dan Anda dapat melihat apakah foto-foto yang hilang ada di sana.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  8 Cara Memblokir Nomor yang Tidak Ada di Kontak Android

Jika foto-foto yang Anda cari tidak ada di backup eksternal, kemungkinan besar mereka telah terhapus secara permanen dan sulit untuk dipulihkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk secara teratur membuat backup foto-foto Anda untuk menghindari kehilangan data yang berharga.

7. Konsultasikan dengan Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua upaya pemulihan sendiri tidak membuahkan hasil, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsultasikan masalah Anda dengan layanan pemulihan data profesional. Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa pemulihan data, terutama untuk perangkat yang mengalami kerusakan fisik atau masalah yang lebih kompleks.

Anda dapat mencari perusahaan pemulihan data terpercaya di daerah Anda dan menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Namun, perlu diingat bahwa layanan pemulihan data profesional mungkin memerlukan biaya yang cukup tinggi, tergantung pada tingkat kesulitan dan jenis pemulihan yang diperlukan. Sebelum menggunakan layanan ini, pastikan untuk melakukan penelitian yang mendalam tentang reputasi dan keandalan perusahaan yang Anda pilih.

8. Verifikasi Penyimpanan di Akun Google Anda

HP Android biasanya terhubung dengan akun Google Anda, yang secara otomatis menyinkronkan data seperti foto ke penyimpanan cloud Google. Anda dapat memeriksa apakah foto-foto yang terhapus masih tersedia di akun Google Anda.

Masuk ke akun Google Anda melalui peramban web di PC atau laptop. Buka Google Photos atau layanan penyimpanan cloud Google lainnya dan periksa apakah foto-foto yang hilang dapat ditemukan di sana. Jika iya, Anda dapat mengunduhnya kembali ke perangkat Anda atau mengambil tindakan lain yang disediakan oleh layanan tersebut untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus.

9. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Seringkali, kita menginstal aplikasi pihak ketiga di HP Android kita untuk mengelola dan mengedit foto. Beberapa aplikasi ini mungkin memiliki fitur pemulihan tersembunyi yang dapat membantu mengembalikan foto-foto yang terhapus.

Coba cari tahu apakah aplikasi yang Anda gunakan memiliki opsi pemulihan atau folder sampah di dalamnya. Buka aplikasi tersebut dan periksa apakah foto-foto yang hilang dapat ditemukan di sana. Jika ada opsi pemulihan, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan foto-foto tersebut ke galeri Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Facebook Android

10. Gunakan Fitur Pemulihan HP Android

Beberapa merek HP Android memiliki fitur pemulihan bawaan yang dapat membantu mengembalikan data yang terhapus, termasuk foto-foto. Fitur ini biasanya dapat diakses melalui mode pemulihan HP.

Untuk menggunakan fitur ini, matikan HP Android Anda terlebih dahulu. Kemudian, tekan kombinasi tombol tertentu (biasanya tombol volume atas atau bawah bersamaan dengan tombol daya) untuk masuk ke mode pemulihan. Di dalam mode pemulihan, Anda dapat mencari opsi pemulihan data atau pemulihan foto. Pilih opsi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus.

11. Lindungi dan Pemulihan di Masa Depan

Setelah Anda berhasil mengembalikan foto-foto yang terhapus, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi dan memulihkan data di masa depan.

Pertama, pastikan Anda secara teratur melakukan backup data, termasuk foto-foto, ke penyimpanan eksternal atau cloud. Buatlah kebiasaan untuk mengaktifkan opsi sinkronisasi dan cadangan otomatis di HP Android Anda agar data Anda selalu aman.

Kedua, hindari menghapus atau memindahkan foto-foto secara sembarangan. Periksa dengan cermat sebelum menghapus atau mengedit foto dan pastikan Anda memahami konsekuensi dari tindakan tersebut.

Kesimpulan:

Dalam artikel ini, kami telah membahas 11 cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP Android Anda. Mulai dari memeriksa folder sampah di galeri, menggunakan aplikasi pemulihan data, memanfaatkan layanan cloud, hingga menggunakan fitur pemulihan bawaan HP Android. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, dan keberhasilan pemulihan tergantung pada berbagai faktor seperti waktu, tindakan setelah penghapusan, dan tingkat kerusakan data.

Agar memiliki peluang yang lebih baik dalam mengembalikan foto-foto yang terhapus, disarankan untuk mengambil tindakan segera setelah menyadari penghapusan foto tersebut. Selain itu, penting untuk secara rutin melakukan backup foto-foto Anda ke penyimpanan eksternal atau layanan cloud yang dapat diandalkan.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan solusi yang berguna bagi Anda yang menghadapi masalah kehilangan foto di HP Android. Ingatlah bahwa ketekunan dan kesabaran adalah kunci untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam pemulihan data. Selamat mencoba!

Share:

Related Post