11 Cara Menghapus Iklan di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan memberikan Anda 11 cara efektif untuk menghapus iklan di Android. Saat ini, pengguna smartphone Android seringkali menghadapi gangguan dari iklan yang muncul di berbagai aplikasi dan situs web. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui beberapa metode yang dapat membantu Anda mengatasi masalah iklan yang mengganggu ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami sajikan, Anda dapat menikmati pengalaman menggunakan Android yang lebih bebas iklan. Mari kita mulai!

Cara Menghapus Iklan di Android

1. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi Android Anda

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghapus iklan di Android adalah dengan memperbarui aplikasi dan sistem operasi Android Anda ke versi terbaru. Perusahaan pengembang secara teratur merilis pembaruan yang mengatasi bug dan masalah keamanan, termasuk peningkatan perlindungan terhadap iklan yang tidak diinginkan.

Memperbarui aplikasi dan sistem operasi Android juga dapat membantu Anda mendapatkan fitur baru yang mungkin menyertakan pengaturan tambahan untuk mengontrol iklan. Untuk memperbarui aplikasi, buka Google Play Store, kunjungi bagian “My Apps & Games”, dan pilih “Update” untuk aplikasi yang perlu diperbarui.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa pembaruan sistem operasi Android dengan mengunjungi “Settings”, pilih “About Phone”, dan cari opsi “Software Updates” atau “System Updates”. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstalnya.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika pembaruan tidak cukup efektif dalam menghapus iklan di Android Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memblokir iklan. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengontrol iklan yang muncul di perangkat Android Anda.

Salah satu aplikasi populer adalah “AdGuard”. AdGuard adalah aplikasi yang dapat memblokir iklan di aplikasi dan browser Android Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store, menginstalnya, dan mengikuti petunjuk untuk mengaktifkannya. AdGuard akan membantu menyaring iklan yang tidak diinginkan dan meningkatkan pengalaman berselancar Anda.

Selain AdGuard, beberapa aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah “AdAway”, “Blokada”, dan “DNS66”. Setiap aplikasi pada iklan tidak diinginkan dan mengurangi gangguan saat menggunakan perangkat Android Anda.

3. Atur Pengaturan Privasi dan Perizinan Aplikasi

Banyak iklan yang muncul di Android disesuaikan berdasarkan data pengguna, termasuk riwayat browsing dan preferensi pribadi. Dengan mengatur pengaturan privasi dan perizinan aplikasi dengan hati-hati, Anda dapat mengurangi jumlah iklan yang muncul di perangkat Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  13 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-tiba Muncul

Di perangkat Android, buka “Settings” dan temukan opsi “Privacy” atau “Security”. Di sini, Anda dapat mengatur perizinan aplikasi secara individual dan membatasi aksesnya ke data pribadi Anda. Pastikan untuk memeriksa perizinan aplikasi yang ada dan matikan perizinan yang tidak perlu atau yang tidak relevan dengan fungsi aplikasi tersebut.

Anda juga dapat mengatur pengaturan privasi browser Anda untuk memblokir pelacakan dan iklan yang tidak diinginkan. Banyak browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox memiliki pengaturan privasi yang canggih yang dapat membantu mengurangi iklan yang muncul saat Anda browsing.

4. Nonaktifkan Notifikasi Iklan

Salah satu sumber iklan yang mengganggu di Android adalah notifikasi iklan. Beberapa aplikasi dapat mengirimkan notifikasi yang berisi iklan atau promosi, yang bisa sangat mengganggu dan mengganggu aktivitas Anda.

Untuk menghapus iklan notifikasi, buka “Settings” di perangkat Android Anda dan cari opsi “Notifications” atau “App Notifications”. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang diizinkan untuk mengirim notifikasi. Cari aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi iklan dan nonaktifkan notifikasi mereka.

Jika Anda ingin lebih jauh mengontrol notifikasi, Anda dapat memilih “Advanced” atau “More Settings” dan menyesuaikan pengaturan notifikasi untuk setiap aplikasi secara individual. Dengan menonaktifkan notifikasi iklan, Anda dapat mengurangi gangguan yang disebabkan oleh iklan di Android Anda.

5. Gunakan Browser dengan Fitur Pemblokir Iklan

Salah satu cara efektif untuk menghapus iklan di Android adalah dengan menggunakan browser dengan fitur pemblokir iklan bawaan. Beberapa browser populer, seperti Brave Browser atau Mozilla Firefox, memiliki fitur pemblokir iklan yang kuat yang dapat membantu memfilter iklan yang tidak diinginkan saat Anda browsing.

Anda dapat mengunduh dan menginstal browser ini dari Google Play Store, dan setelah diinstal, aktifkan fitur pemblokir iklan di pengaturan browser. Dengan menggunakan browser yang dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan, Anda dapat menghilangkan sebagian besar iklan yang muncul saat Anda mengakses situs web melalui perangkat Android Anda.

6. Ganti DNS dengan DNS Ad-Blocking

DNS (Domain Name System) adalah layanan yang menghubungkan nama domain dengan alamat IP yang sesuai. Dalam hal menghapus iklan di Android, Anda dapat mencoba mengganti DNS default perangkat Anda dengan DNS yang menyediakan fitur ad-blocking.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Pindahkan Backup Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda mengganti DNS dengan DNS Ad-Blocking, seperti “Blokada” atau “DNS66” yang disebutkan sebelumnya. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat mengatur DNS Ad-Blocking sebagai DNS default perangkat Anda.

Dengan mengganti DNS default Anda, aplikasi ini akan membantu memblokir iklan dan menghindari permintaan ke server iklan. Ini dapat secara signifikan mengurangi iklan yang muncul di aplikasi dan browser di perangkat Android Anda.

7. Hapus Aplikasi yang Mengandung Iklan

Banyak aplikasi di Google Play Store yang menyertakan iklan sebagai sumber pendapatan. Jika Anda mengalami masalah dengan iklan yang mengganggu di Android Anda, mungkin ada beberapa aplikasi di perangkat Anda yang menjadi penyebabnya.

Untuk menghapus iklan di Android, Anda dapat memeriksa aplikasi yang terinstal di perangkat Anda dan mengidentifikasi aplikasi yang sering menampilkan iklan. Jika aplikasi tersebut tidak penting bagi Anda, pertimbangkan untuk menghapusnya dari perangkat Anda untuk mengurangi iklan yang muncul.

Anda dapat membuka “Settings” dan pilih “Apps” atau “Applications” untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal. Telusuri aplikasi yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan dan pilih opsi “Uninstall” untuk menghapusnya dari perangkat Anda.

8. Periksa Pengaturan Aplikasi Individual

Beberapa aplikasi memiliki pengaturan individual yang memungkinkan Anda mengontrol iklan yang ditampilkan. Setelah mengidentifikasi aplikasi yang sering menampilkan iklan, buka pengaturan aplikasi tersebut dan periksa opsi yang tersedia.

Biasanya, dalam pengaturan aplikasi, Anda akan menemukan opsi seperti “Ads” atau “Advertisement”. Di sini, Anda dapat menonaktifkan pengaturan iklan atau memilih untuk memblokir iklan tertentu. Dengan memanfaatkan pengaturan ini, Anda dapat mengendalikan jenis dan frekuensi iklan yang ditampilkan oleh aplikasi tersebut.

9. Gunakan Modus “Do Not Disturb” atau “Flight Mode”

Modus “Do Not Disturb” atau “Flight Mode” di perangkat Android dapat membantu menghilangkan gangguan dari iklan yang muncul di perangkat Anda. Modus “Do Not Disturb” akan menonaktifkan notifikasi, termasuk notifikasi iklan, saat Anda menggunakannya.

Sementara itu, modus “Flight Mode” akan memutuskan koneksi jaringan perangkat Anda sepenuhnya, termasuk koneksi data dan Wi-Fi. Dengan mematikan koneksi jaringan, iklan yang tergantung pada koneksi internet tidak akan muncul di perangkat Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  6 Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone Tanpa Aplikasi

10. Pasang Aplikasi Anti-Malware dan Anti-Virus

Beberapa iklan yang muncul di Android dapat menjadi tanda adanya program jahat atau malware di perangkat Anda. Untuk melindungi perangkat Anda dari iklan yang tidak diinginkan dan menghapus program jahat, disarankan untuk memasang aplikasi anti-malware dan anti-virus yang terpercaya.

Aplikasi seperti Avast, AVG, atau Malwarebytes adalah contoh aplikasi anti-malware dan anti-virus yang dapat membantu mendeteksi dan menghapus program jahat di perangkat Anda. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, jalankan pemindaian penuh pada perangkat Anda untuk memeriksa adanya program jahat atau malware.

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan memberikan laporan tentang program jahat yang ditemukan. Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menghapus program jahat tersebut dan membersihkan perangkat Anda dari ancaman yang mungkin menyebabkan iklan yang tidak diinginkan.

11. Batasi Penggunaan Aplikasi Beriklan

Terakhir, jika Anda ingin menghapus iklan di Android secara menyeluruh, pertimbangkan untuk mengurangi penggunaan aplikasi yang beriklan. Beberapa aplikasi populer memiliki versi berbayar yang tidak menyertakan iklan. Dengan mengupgrade ke versi berbayar, Anda dapat menikmati pengalaman pengguna yang lebih bersih tanpa gangguan iklan.

Selain itu, Anda juga dapat mencari alternatif aplikasi yang tidak memiliki iklan atau yang menawarkan opsi untuk menghapus iklan dengan membayar. Meskipun mungkin memerlukan investasi tambahan, ini akan membantu Anda menikmati pengalaman pengguna yang lebih lancar dan mengurangi gangguan dari iklan yang tidak diinginkan.

Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui 11 cara menghapus iklan di Android. Mulai dari memperbarui aplikasi dan sistem operasi, menggunakan aplikasi pihak ketiga, mengatur pengaturan privasi, hingga mengganti DNS dan menghapus aplikasi yang beriklan, Anda memiliki banyak pilihan untuk mengendalikan iklan yang muncul di perangkat Android Anda.

Ingatlah bahwa kombinasi dari beberapa metode mungkin akan memberikan hasil yang lebih efektif. Cobalah beberapa langkah yang disebutkan di atas dan temukan kombinasi yang paling cocok untuk Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memiliki pengalaman menggunakan Android yang lebih bebas iklan dan lebih nyaman.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan berhasil menghapus iklan di Android Anda. Nikmati penggunaan perangkat Android yang lebih lancar dan fokus tanpa gangguan dari iklan yang tidak diinginkan!

 

Share:

Related Post