11 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Pop up iklan merupakan salah satu hal yang mengganggu bagi pengguna perangkat Android. Ketika Anda sedang menggunakan aplikasi atau menjelajahi internet, tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu tampilan layar dan mengganggu pengalaman pengguna. Selain itu, pop up iklan seringkali dapat mengarahkan pengguna ke halaman web yang tidak diinginkan atau berpotensi berbahaya.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan atau mengurangi pop up iklan yang muncul di perangkat Android Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan 11 cara yang efektif untuk menghadapi masalah pop up iklan di perangkat Android Anda. Dari pengaturan browser, penggunaan aplikasi pemblokir iklan, hingga pengaturan notifikasi, kami akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghadapi pop up iklan yang mengganggu. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda dan mengurangi gangguan dari pop up iklan yang tidak diinginkan di perangkat Android Anda.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

1. Menggunakan Browser dengan Fitur Blokir Iklan

Salah satu cara terbaik untuk menghindari pop up iklan di Android adalah dengan menggunakan browser yang memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan. Beberapa browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera Mini telah dilengkapi dengan fitur ad blocker yang dapat Anda aktifkan untuk menghentikan pop up iklan yang mengganggu.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengakses pengaturan browser Anda, lalu cari opsi “Blokir iklan” atau “Pengaturan Situs” dan aktifkan fitur tersebut. Dengan begitu, browser akan secara otomatis memblokir pop up iklan ketika Anda mengunjungi situs web.

Dengan menggunakan browser yang memiliki fitur blokir iklan, Anda dapat menghemat waktu dan menghindari ketidaknyamanan akibat pop up iklan yang mengganggu saat menggunakan Android Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Blokir Iklan

Selain menggunakan browser dengan fitur blokir iklan, Anda juga dapat menginstal aplikasi blokir iklan di Android Anda. Ada banyak aplikasi blokir iklan yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda menghilangkan pop up iklan yang muncul di aplikasi dan situs web.

Beberapa aplikasi blokir iklan populer yang dapat Anda coba adalah AdGuard, Blokada, dan Adblock Plus. Anda tinggal menginstal aplikasi pilihan Anda dari Google Play Store, lalu mengikuti petunjuk untuk mengaktifkan fitur blokir iklan di perangkat Anda.

Dengan menggunakan aplikasi blokir iklan, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna di Android Anda dan mengurangi gangguan pop up iklan yang tidak diinginkan.

3. Mengatur Pengaturan Iklan di Pengaturan Android

Android memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda mengontrol iklan yang ditampilkan di perangkat Anda. Anda dapat mengakses pengaturan iklan di Android Anda untuk mengatur preferensi iklan Anda dan mengurangi jumlah pop up iklan yang muncul.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Infrared di Android

Untuk mengatur pengaturan iklan di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan Android Anda.
  2. Pilih “Akun Google” atau “Google” dari menu pengaturan.
  3. Pilih “Iklan” atau “Iklan pribadi” dari daftar opsi yang tersedia.
  4. Pilih “Atur Preferensi Iklan” atau “Penyaringan iklan” untuk mengatur preferensi iklan Anda.
  5. Di sini, Anda dapat memilih untuk mematikan iklan yang disesuaikan berdasarkan minat Anda, memblokir iklan yang tidak sesuai, atau mengatur preferensi iklan Anda sesuai kebutuhan Anda.
  6. Selain itu, Anda juga dapat membatasi penggunaan iklan pribadi di aplikasi Google dan mengatur pengaturan iklan anak di bawah umur jika Anda membagikan perangkat Android Anda dengan anggota keluarga yang lebih muda.

Dengan mengatur pengaturan iklan di pengaturan Android, Anda dapat mengendalikan jenis iklan yang ditampilkan di perangkat Anda dan mengurangi kemungkinan munculnya pop up iklan yang mengganggu.

4. Menggunakan Aplikasi Anti-Malware

Pop up iklan yang muncul secara terus-menerus di Android Anda mungkin juga disebabkan oleh adware atau malware yang terinfeksi di perangkat Anda. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi anti-malware dapat membantu Anda menghilangkan pop up iklan yang tidak diinginkan.

Ada banyak aplikasi anti-malware yang tersedia di Google Play Store, seperti Malwarebytes, Norton Mobile Security, dan Avast Mobile Security, yang dapat Anda instal di perangkat Anda. Setelah menginstal aplikasi anti-malware, lakukan pemindaian penuh pada perangkat Anda untuk menemukan dan menghapus adware atau malware yang mungkin ada.

Setelah adware atau malware dihapus, pop up iklan yang muncul secara terus-menerus di Android Anda kemungkinan akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

5. Menghindari Aplikasi atau Situs Web yang Membuka Pop Up Iklan

Beberapa aplikasi atau situs web tertentu dapat menjadi penyebab pop up iklan yang muncul di Android Anda. Oleh karena itu, menghindari aplikasi atau situs web yang dikenal membuka pop up iklan dapat membantu mengurangi jumlah pop up iklan yang mengganggu.

Sebelum menginstal aplikasi baru atau mengunjungi situs web, periksa ulasan pengguna dan reputasi aplikasi atau situs web tersebut terlebih dahulu. Hindari menginstal aplikasi atau mengunjungi situs web yang memiliki reputasi buruk atau dikenal memiliki banyak iklan yang mengganggu.

Jika Anda sudah menginstal aplikasi atau mengunjungi situs web yang membuka pop up iklan, coba hapus aplikasi atau jangan kunjungi situs web tersebut untuk menghindari pop up iklan yang lebih lanjut.

6. Menggunakan Modus Blokir Pop Up di Browser

Banyak browser untuk Android memiliki fitur modus blokir pop up yang dapat Anda aktifkan untuk mencegah munculnya pop up iklan yang mengganggu. Anda dapat mengaktifkan modus blokir pop up di pengaturan browser Anda untuk memastikan bahwa pop up iklan tidak muncul di perangkat Anda saat Anda menjelajahi internet.

Setiap browser memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkan modus blokir pop up. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai browser default di perangkat Android Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan modus blokir pop up:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.
  2. Tap ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih “Situs web” di bagian “Privasi dan keamanan”.
  5. Pilih “Pop-up dan pengalihan” di bawah bagian “Izin”.
  6. Aktifkan opsi “Blokir pop-up” dengan menggesernya ke kanan.
🔴 BACA JUGA:  Rekomendasi 7 Hp realme 4 Jutaan 2023, Temukan Ponsel Pilihan Kamu!

Dengan mengaktifkan modus blokir pop up di browser Anda, Anda dapat mencegah munculnya pop up iklan yang mengganggu saat Anda menjelajahi internet menggunakan perangkat Android Anda.

7. Menggunakan Aplikasi Browser dengan Fitur Anti-Pop Up

Ada beberapa aplikasi browser pihak ketiga yang memiliki fitur anti-pop up yang dapat membantu menghilangkan pop up iklan yang tidak diinginkan di Android Anda. Aplikasi browser seperti Brave, UC Browser, dan Firefox Focus adalah contoh beberapa aplikasi browser yang memiliki fitur anti-pop up yang dapat Anda manfaatkan.

Aplikasi browser ini biasanya memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda mengaktifkan fitur anti-pop up, yang secara otomatis akan memblokir pop up iklan saat Anda menjelajahi internet menggunakan aplikasi tersebut.

Jadi, jika Anda sering mengalami pop up iklan yang mengganggu saat menggunakan aplikasi browser default di perangkat Android Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi browser pihak ketiga dengan fitur anti-pop up untuk mengatasi masalah ini.

8. Mengatur Notifikasi di Aplikasi

Banyak aplikasi di Android mengirimkan notifikasi berbasis iklan yang dapat muncul sebagai pop up iklan di perangkat Anda. Oleh karena itu, mengatur notifikasi di aplikasi Anda dapat membantu mengurangi pop up iklan yang muncul di Android Anda.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur notifikasi di aplikasi di perangkat Android Anda:

  1. Buka pengaturan Android di perangkat Anda.
  2. Pilih “Aplikasi & pemberitahuan” atau “Aplikasi” dari menu pengaturan.
  3. Pilih aplikasi yang sering mengirimkan pop up iklan di perangkat Anda.
  4. Pilih “Notifikasi” atau “Pemberitahuan” dari pengaturan aplikasi.
  5. Matikan notifikasi berbasis iklan atau notifikasi yang tidak Anda inginkan.

Dengan mengatur notifikasi di aplikasi, Anda dapat mengendalikan jenis notifikasi yang diterima dari aplikasi, termasuk notifikasi berbasis iklan yang dapat muncul sebagai pop up iklan di perangkat Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi jumlah pop up iklan yang mengganggu di perangkat Android Anda.

9. Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemblokir iklan yang tersedia di Google Play Store untuk menghilangkan pop up iklan di perangkat Android Anda. Aplikasi pemblokir iklan seperti AdBlock Plus, AdGuard, dan Blokada adalah beberapa contoh aplikasi pemblokir iklan yang populer dan dapat Anda instal di perangkat Android Anda.

Setelah Anda menginstal aplikasi pemblokir iklan, aplikasi ini akan secara otomatis memblokir iklan yang muncul di berbagai aplikasi dan situs web di perangkat Android Anda, termasuk pop up iklan. Anda dapat mengatur preferensi pemblokir iklan sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghilangkan pop up iklan yang mengganggu.

Perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pemblokir iklan dapat mempengaruhi pendapatan bagi pengiklan dan pemilik situs web yang mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan aplikasi pemblokir iklan dengan bijaksana dan mempertimbangkan implikasi etis dari penggunaan aplikasi ini.

10. Mengupdate Aplikasi dan Sistem Operasi

Salah satu alasan mengapa Anda mungkin menghadapi pop up iklan di perangkat Android Anda adalah karena adanya celah keamanan atau kerentanan dalam aplikasi atau sistem operasi yang digunakan. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengupdate aplikasi dan sistem operasi perangkat Anda ke versi terbaru.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengecek Gula Darah di Android

Developer aplikasi dan sistem operasi secara teratur merilis pembaruan yang memperbaiki celah keamanan dan kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh pengiklan jahat untuk menampilkan pop up iklan yang tidak diinginkan. Dengan mengupdate aplikasi dan sistem operasi, Anda dapat mengurangi risiko terhadap pop up iklan yang tidak diinginkan di perangkat Android Anda.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengupdate aplikasi dan sistem operasi di perangkat Android Anda:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Anda.
  2. Pilih “Menu” atau ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar untuk membuka menu navigasi.
  3. Pilih “My apps & games” atau “Aplikasi saya & permainan” dari menu navigasi.
  4. Pilih “Update” atau “Perbarui” untuk aplikasi yang membutuhkan pembaruan, atau “Update all” atau “Perbarui semua” untuk mengupdate semua aplikasi secara otomatis.

Untuk mengupdate sistem operasi perangkat Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan Android di perangkat Anda.
  2. Pilih “Tentang ponsel” atau “Informasi ponsel” dari menu pengaturan.
  3. Pilih “Pembaruan perangkat lunak” atau “Update software” untuk memeriksa ketersediaan pembaruan sistem operasi.
  4. Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan.

Dengan mengupdate aplikasi dan sistem operasi secara berkala, Anda dapat menjaga perangkat Android Anda tetap aman dan mengurangi risiko munculnya pop up iklan yang tidak diinginkan.

11. Mengatur Pengaturan Notifikasi

Terakhir, Anda juga dapat mengatur pengaturan notifikasi di perangkat Android Anda untuk menghilangkan pop up iklan yang mengganggu. Banyak aplikasi mengirimkan notifikasi yang dapat muncul sebagai pop up iklan di perangkat Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur pengaturan notifikasi untuk membatasi notifikasi yang diterima dan menghindari munculnya pop up iklan yang tidak diinginkan.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur pengaturan notifikasi di perangkat Android Anda:

  1. Buka pengaturan Android di perangkat Anda.
  2. Pilih “Apps & notifications” atau “Aplikasi & pemberitahuan” dari menu pengaturan.
  3. Pilih aplikasi yang mengganggu Anda dengan pop up iklan.
  4. Pilih “App notifications” atau “Pemberitahuan aplikasi” untuk mengatur notifikasi aplikasi tersebut.
  5. Anda dapat memilih untuk mematikan notifikasi secara keseluruhan atau hanya mematikan notifikasi jenis tertentu yang mengganggu, seperti notifikasi pop up.

Dengan mengatur pengaturan notifikasi dengan bijaksana, Anda dapat mengurangi kemungkinan pop up iklan yang muncul di perangkat Android Anda.

Penutup

Pop up iklan dapat mengganggu pengalaman pengguna di perangkat Android. Namun, dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda dapat menghilangkan atau mengurangi jumlah pop up iklan yang muncul di perangkat Anda. Anda dapat mencoba menggunakan pengaturan browser, mengaktifkan proteksi malware, menggunakan aplikasi pemblokir iklan, mengupdate aplikasi dan sistem operasi, serta mengatur pengaturan notifikasi. Selain itu, penting untuk menggunakan perangkat Android dengan bijaksana dan mempertimbangkan implikasi etis dari penggunaan aplikasi pemblokir iklan.

Demikianlah artikel lengkap mengenai 11 cara menghilangkan pop up iklan di perangkat Android. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menghadapi masalah pop up iklan yang mengganggu di perangkat Android Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda dan mengurangi gangguan dari pop up iklan yang tidak diinginkan.