11 Cara Mengubah Video YouTube Menjadi MP3 di Android

YouTube adalah platform berbagi video terbesar di dunia yang memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai jenis konten, termasuk musik, podcast, atau klip suara dari berbagai sumber. Namun, terkadang Anda mungkin ingin mengubah video YouTube menjadi format MP3 untuk dapat dinikmati secara offline, diputar di perangkat lain, atau digunakan sebagai nada dering atau alarm di ponsel Android Anda. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 11 cara yang dapat Anda coba untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 di perangkat Android Anda.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi MP3 di Android

1. Menggunakan Aplikasi Konversi Video ke MP3

Salah satu cara yang paling mudah dan cepat untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android adalah dengan menggunakan aplikasi konversi video ke MP3. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda instal di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi populer untuk konversi video ke MP3 di antaranya adalah TubeMate, VidMate, dan Snaptube.

Setelah menginstal aplikasi konversi video ke MP3 pilihan Anda, buka aplikasi tersebut dan cari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengonversi video menjadi file MP3. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih format file MP3 dan kualitas suara yang diinginkan sebelum mengonversi video menjadi MP3.

Setelah konversi selesai, Anda akan dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di folder penyimpanan perangkat Android Anda. Anda bisa mendengarkan atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

2. Menggunakan Konverter Online

Selain menggunakan aplikasi konversi video ke MP3, Anda juga bisa mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android menggunakan konverter online. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan konversi video YouTube menjadi MP3 secara online. Anda hanya perlu mengunjungi situs web konverter online yang Anda pilih melalui browser di perangkat Android Anda.

Langkah pertama adalah mencari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 dan salin URL video tersebut. Kemudian, tempelkan URL video ke dalam kolom yang disediakan di situs web konverter online. Pilih format file MP3 dan kualitas suara yang diinginkan, lalu klik tombol konversi untuk memulai proses konversi.

Setelah konversi selesai, Anda akan diberikan opsi untuk mengunduh file MP3 yang dihasilkan. Klik tombol unduh dan file MP3 akan otomatis diunduh ke perangkat Android Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Pengunduh Video

Selain menggunakan aplikasi konversi video ke MP3 atau konverter online, Anda juga bisa mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android menggunakan aplikasi pengunduh video. Beberapa aplikasi pengunduh video seperti TubeMate dan VidMate juga menyediakan fitur untuk mengonversi video menjadi file MP3.

Setelah menginstal aplikasi pengunduh video pilihan Anda, buka aplikasi tersebut dan cari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengunduh video ke perangkat Android Anda. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih format video yang ingin diunduh, seperti MP4 atau FLV.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Upgrade Versi Android

Setelah video diunduh, Anda dapat mengonversinya menjadi MP3 dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh aplikasi pengunduh video tersebut. Biasanya, ada opsi untuk mengonversi video menjadi MP3 langsung dari aplikasi atau Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengonversi video yang telah diunduh menjadi MP3.

Setelah konversi selesai, Anda akan dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di folder penyimpanan perangkat Android Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

4. Menggunakan Layanan Streaming Musik

Selain menggunakan aplikasi konversi video ke MP3 atau konverter online, Anda juga bisa mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android menggunakan layanan streaming musik seperti Spotify atau Deezer. Beberapa layanan streaming musik memungkinkan Anda untuk mengonversi video YouTube menjadi file MP3 yang bisa didengarkan secara offline di aplikasi mereka.

Untuk menggunakan layanan streaming musik sebagai cara mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android, Anda perlu menginstal aplikasi layanan streaming musik pilihan Anda di perangkat Android Anda. Kemudian, cari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 di aplikasi layanan streaming musik tersebut. Biasanya, Anda bisa menemukan opsi untuk mengonversi video menjadi MP3 langsung dari aplikasi atau mengunduh video ke perangkat Anda dan kemudian mengonversinya menjadi MP3 menggunakan fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Setelah konversi selesai, Anda akan dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di dalam aplikasi layanan streaming musik Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Edit Audio

Selain menggunakan aplikasi konversi video ke MP3, konverter online, atau layanan streaming musik, Anda juga bisa mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android menggunakan aplikasi edit audio. Beberapa aplikasi edit audio, seperti Audacity atau WaveEditor, memungkinkan Anda untuk mengimpor file video dan mengonversinya menjadi file audio MP3.

Setelah menginstal aplikasi edit audio pilihan Anda, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi untuk mengimpor file video. Cari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 di perangkat Android Anda dan impor video tersebut ke aplikasi edit audio. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengonversi video menjadi file MP3. Biasanya, Anda akan diberikan opsi untuk memotong atau mengedit audio sebelum mengonversinya menjadi MP3.

Setelah konversi selesai, Anda akan dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di dalam aplikasi edit audio Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

6. Menggunakan Aplikasi Konversi Video ke MP3

Ada banyak aplikasi konversi video ke MP3 yang tersedia di Play Store yang bisa Anda gunakan untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android. Beberapa aplikasi populer yang bisa Anda coba adalah VidMate, Snaptube, atau TubeMate. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi konversi video ke MP3 pilihan Anda di perangkat Android Anda, kemudian mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengonversi video menjadi MP3.

Biasanya, Anda bisa mencari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 langsung dari aplikasi konversi video ke MP3 tersebut. Setelah itu, Anda bisa memilih format audio yang ingin dihasilkan, seperti MP3 atau M4A. Beberapa aplikasi juga menyediakan opsi untuk memilih kualitas audio yang diinginkan sebelum mengonversinya menjadi MP3.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Keluar dari Google Chrome Android

Setelah konversi selesai, Anda akan dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di folder penyimpanan perangkat Android Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

7. Menggunakan Konverter Online

Selain menggunakan aplikasi konversi video ke MP3, Anda juga bisa mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android menggunakan konverter online. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan konversi video YouTube menjadi MP3 secara online tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan di perangkat Anda. Beberapa situs web populer yang bisa Anda coba adalah Y2mate, Convertio, atau Online Video Converter.

Untuk menggunakan konverter online, Anda hanya perlu mencari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3, salin URL video tersebut, dan tempelkan ke situs web konverter online pilihan Anda. Kemudian, pilih format audio yang ingin dihasilkan, seperti MP3 atau M4A, dan klik tombol konversi. Tunggu beberapa saat sampai konversi selesai, dan Anda akan diberikan opsi untuk mengunduh file MP3 yang dihasilkan ke perangkat Android Anda.

Setelah konversi selesai, Anda akan dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di folder penyimpanan perangkat Android Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

8. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Cloud

Anda juga bisa menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, seperti Google Drive atau Dropbox, sebagai cara mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengunggah video YouTube ke penyimpanan cloud, kemudian mengunduhnya sebagai file MP3 ke perangkat Android Anda.

Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi penyimpanan cloud pilihan Anda di perangkat Android Anda dan membuat akun jika belum memiliki satu. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan masuk ke akun Anda.

Selanjutnya, buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan cari video yang ingin Anda ubah menjadi MP3. Setelah menemukannya, salin URL video tersebut.

Kemudian, kembali ke aplikasi penyimpanan cloud yang Anda instal sebelumnya, pilih opsi untuk mengunggah file atau foto baru, dan pilih opsi untuk mengunggah file dari tautan atau URL. Tempelkan URL video YouTube yang telah Anda salin sebelumnya ke kolom yang disediakan.

Tunggu hingga proses pengunggahan selesai, dan file video akan disimpan di akun penyimpanan cloud Anda. Setelah itu, Anda bisa mengakses file video tersebut dari aplikasi penyimpanan cloud di perangkat Android Anda.

Selanjutnya, Anda bisa mengunduh file video tersebut sebagai file MP3 ke perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi penyimpanan cloud juga menyediakan opsi untuk mengonversi file video menjadi file MP3 langsung di aplikasi tersebut. Setelah konversi selesai, Anda akan dapat menemukan file MP3 yang dihasilkan di folder penyimpanan perangkat Android Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

9. Menggunakan Layanan Streaming Musik Online

Ada beberapa layanan streaming musik online yang juga menyediakan opsi untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 di Android. Beberapa layanan populer yang bisa Anda coba adalah YouTube Music, Spotify, atau SoundCloud.

Anda hanya perlu menginstal aplikasi layanan streaming musik online pilihan Anda di perangkat Android Anda, kemudian mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengonversi video YouTube menjadi MP3. Biasanya, Anda bisa mencari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 langsung dari aplikasi layanan streaming musik online tersebut.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mempercepat Koneksi Wi-Fi di Android

Setelah itu, Anda bisa memilih opsi untuk mengunduh video sebagai file MP3 ke perangkat Android Anda atau menambahkannya ke daftar putar atau perpustakaan musik Anda di aplikasi layanan streaming musik online tersebut. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

10. Menggunakan Plugin atau Ekstensi Browser

Jika Anda lebih sering menggunakan browser di perangkat Android Anda untuk mengakses YouTube, Anda juga bisa menggunakan plugin atau ekstensi browser sebagai cara mengubah video YouTube menjadi MP3. Beberapa browser, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, memiliki plugin atau ekstensi yang memungkinkan Anda untuk mengunduh video YouTube sebagai file MP3 di perangkat Anda.

Anda hanya perlu menginstal plugin atau ekstensi yang tersedia di toko aplikasi atau toko ekstensi browser, kemudian mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh plugin atau ekstensi tersebut untuk mengubah video YouTube menjadi MP3. Biasanya, Anda hanya perlu menemukan video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3, kemudian memilih opsi untuk mengunduh video sebagai file MP3.

Setelah proses unduh selesai, file MP3 akan tersimpan di perangkat Android Anda. Anda bisa memutar atau menggunggah file MP3 tersebut sesuai kebutuhan Anda.

11. Menggunakan Aplikasi Konversi Video ke MP3

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus konversi video ke MP3 di perangkat Android Anda. Ada banyak aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Android yang memungkinkan Anda untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 secara langsung di perangkat Anda.

Beberapa aplikasi populer yang bisa Anda coba adalah VidMate, TubeMate, atau Peggo. Anda hanya perlu menginstal aplikasi pilihan Anda, kemudian mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengonversi video YouTube menjadi MP3.

Biasanya, Anda cukup menyalin URL video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3, kemudian memasukkannya ke dalam aplikasi konversi video ke MP3 tersebut. Setelah itu, Anda bisa memilih opsi untuk mengunduh video sebagai file MP3 ke perangkat Anda.

Kesimpulan

Itulah 11 cara mengubah video YouTube menjadi MP3 di perangkat Android. Dari penggunaan aplikasi konversi video ke MP3, penggunaan situs web, layanan penyimpanan cloud, hingga layanan streaming musik online, Anda memiliki banyak opsi untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 dengan mudah di perangkat Android Anda.

Penting untuk diingat bahwa sebelum mengunduh atau mengonversi video YouTube menjadi MP3, pastikan Anda mematuhi hak cipta dan aturan penggunaan yang berlaku. Menggunakan konten YouTube untuk tujuan yang tidak sah atau melanggar hak cipta bisa melibatkan pelanggaran hukum. Pastikan Anda hanya mengunduh atau mengonversi video yang memiliki izin atau lisensi untuk digunakan sebagai file MP3.

Selain itu, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh setiap metode atau aplikasi dengan cermat untuk menghindari risiko malware atau virus yang dapat merusak perangkat Anda. Gunakan metode yang telah terpercaya dan diakui oleh banyak pengguna untuk menghindari masalah keamanan.

Dengan demikian, Anda dapat menikmati lagu atau audio favorit dari video YouTube secara offline dengan mengubahnya menjadi file MP3 di perangkat Android Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengubah video YouTube menjadi MP3 di perangkat Android Anda!