11 Cara Scan Barcode di Android

admin

0 Comment

Link

Barcode telah menjadi bagian penting dari dunia modern, digunakan dalam berbagai industri, termasuk e-commerce, manufaktur, logistik, dan lainnya. Mungkin Anda pernah menemui barcode di berbagai produk yang Anda beli, dan sekarang, dengan bantuan ponsel pintar Android Anda, Anda dapat melakukan scan barcode dengan mudah. Artikel ini akan membahas 11 cara yang berbeda untuk melakukan scan barcode di perangkat Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Scan Barcode di Android

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara termudah untuk melakukan scan barcode di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda unduh dari Play Store. Ada banyak aplikasi tersedia, seperti Barcode Scanner, QR & Barcode Scanner, atau ZXing Barcode Scanner. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi pilihan Anda, buka aplikasi tersebut, arahkan kamera ponsel ke barcode, dan biarkan aplikasi membaca kode tersebut.

Aplikasi-aplikasi ini biasanya mendukung berbagai jenis barcode, termasuk kode QR, kode batang, dan lainnya. Mereka juga sering dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti penyimpanan riwayat scan, pemindaian dari gambar yang ada di galeri ponsel Anda, atau kemampuan untuk berbagi informasi yang ditemukan melalui barcode tersebut.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga ini sangat mudah dan nyaman, dan dapat menjadi solusi yang baik jika Anda sering melakukan scan barcode di Android.

2. Menggunakan Fitur Bawaan pada Aplikasi Kamera

Banyak ponsel Android modern dilengkapi dengan fitur scan barcode yang terintegrasi langsung pada aplikasi kamera bawaan. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan scan barcode tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga tambahan.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi kamera ponsel Anda dan temukan opsi “Scan Barcode” atau “Barcode Scanner” di menu pengaturan. Setelah Anda mengaktifkan opsi tersebut, Anda dapat langsung melakukan scan barcode dengan mengarahkan kamera ponsel ke kode barcode yang ingin Anda baca.

Fitur ini dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model ponsel Android Anda. Beberapa fitur mungkin memiliki kemampuan tambahan, seperti deteksi otomatis barcode dan tautan langsung ke informasi terkait barcode tersebut.

3. Menggunakan Google Lens

Google Lens adalah salah satu fitur canggih yang disediakan oleh Google, yang dapat membantu Anda melakukan scan barcode di perangkat Android Anda. Fitur ini tidak hanya dapat membaca barcode, tetapi juga dapat mengenali berbagai objek, teks, dan gambar.

Untuk menggunakan Google Lens, buka aplikasi Google atau aktifkan fitur Google Lens di dalam aplikasi kamera ponsel Anda. Setelah itu, arahkan kamera ponsel Anda ke barcode yang ingin Anda scan. Google Lens akan secara otomatis mengenali barcode dan menampilkan informasi terkait di layar ponsel Anda. Anda juga dapat mengeklik hasil scan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau tindakan tambahan, seperti membuka tautan terkait atau menyimpan kontak dari barcode tersebut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  6 Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone Tanpa Aplikasi

4. Menggunakan Aplikasi Pembaca QR Code

Selain aplikasi pihak ketiga yang mendukung scan barcode secara umum, ada juga aplikasi yang khusus dirancang untuk membaca dan mengolah QR code. QR code adalah salah satu jenis barcode yang populer dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pembayaran digital, pengambilan tiket, atau mengakses informasi tambahan.

Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi pembaca QR code seperti QR Code Reader atau QR Droid dari Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan arahkan kamera ponsel Anda ke QR code yang ingin Anda scan. Aplikasi akan membaca dan mengolah QR code tersebut untuk memberikan hasil yang sesuai, seperti tautan situs web, informasi kontak, atau detail produk.

Beberapa aplikasi pembaca QR code juga dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti kemampuan untuk membuat QR code sendiri atau mengakses riwayat scan sebelumnya.

5. Menggunakan Fitur Google Chrome

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome di perangkat Android Anda, Anda juga dapat melakukan scan barcode dengan mudah langsung melalui browser tersebut. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan scan QR code langsung dari halaman web tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Untuk menggunakan fitur ini, buka Google Chrome di perangkat Android Anda dan kunjungi halaman web yang memiliki QR code. Ketika QR code muncul di layar, Chrome akan secara otomatis mendeteksinya dan menampilkan opsi “Open” atau “Go to” untuk membuka tautan yang terkait dengan QR code tersebut.

Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin mengakses tautan atau informasi tambahan yang diberikan melalui QR code tanpa harus keluar dari browser atau mengalihkan ke aplikasi lain.

6. Menggunakan Aplikasi Pembayaran Digital

Banyak aplikasi pembayaran digital, seperti GoPay, OVO, atau Dana, juga menyediakan fitur scan barcode di dalam aplikasi mereka. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan pembayaran atau transaksi lainnya dengan cara yang mudah dan cepat.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi pembayaran digital yang Anda gunakan, temukan opsi “Scan Barcode” atau “Bayar dengan Barcode,” dan arahkan kamera ponsel Anda ke barcode yang ingin Anda scan. Aplikasi akan membaca barcode dan menampilkan informasi pembayaran yang diperlukan. Anda dapat mengonfirmasi transaksi dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara Mengganti Banner YouTube di Android

Aplikasi pembayaran digital juga sering menyimpan riwayat transaksi dan menawarkan fitur tambahan, seperti pengelolaan saldo atau penggunaan poin atau promo kode untuk pembayaran yang sedang berlaku.

7. Menggunakan Fitur WhatsApp

WhatsApp, salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer, juga memiliki fitur scan barcode yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, jika Anda menerima barcode melalui pesan WhatsApp, Anda dapat dengan mudah melakukan scan langsung melalui aplikasi tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, buka pesan yang berisi barcode, ketuk ikon “Lampiran” atau “Attachment” di bagian bawah layar, lalu pilih opsi “Scan Barcode”. Arahkan kamera ponsel Anda ke barcode dan biarkan WhatsApp membaca informasi yang terkandung di dalamnya.

Fitur ini sangat berguna jika Anda menerima barcode dalam bentuk pesan atau jika Anda ingin berbagi barcode dengan kontak WhatsApp Anda.

8. Menggunakan Aplikasi Pembaca E-book

Jika Anda sering membaca e-book di perangkat Android Anda, aplikasi pembaca e-book seperti Kindle atau Google Play Buku juga menyediakan fitur scan barcode. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan scan barcode di dalam buku fisik untuk mendapatkan versi digitalnya dengan cepat.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi pembaca e-book yang Anda gunakan, temukan opsi “Scan Barcode” atau “Tambah Buku dengan Barcode,” dan arahkan kamera ponsel Anda ke barcode yang ada di buku fisik. Aplikasi akan membaca barcode tersebut dan mencari versi digital yang sesuai di toko e-book. Anda dapat dengan mudah membeli atau mendownload buku digital tersebut ke perangkat Anda.

Fitur ini sangat praktis bagi pecinta buku yang ingin memiliki versi digital dari koleksi buku fisik mereka.

9. Menggunakan Fitur Google Assistant

Google Assistant adalah asisten virtual cerdas yang tersedia di perangkat Android. Selain membantu Anda menjawab pertanyaan atau melakukan tugas tertentu, Google Assistant juga dapat digunakan untuk melakukan scan barcode.

Untuk menggunakan fitur ini, buka Google Assistant dengan menekan dan menahan tombol Home atau mengucapkan kata kunci “Ok Google.” Setelah Google Assistant aktif, katakan “Scan Barcode” atau “Buka pemindai barcode.” Arahkan kamera ponsel Anda ke barcode yang ingin Anda scan, dan Google Assistant akan membaca dan mengenali informasi yang terkandung di dalamnya.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat Barcode di Android

Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin melakukan scan barcode secara cepat tanpa perlu membuka aplikasi tambahan.

10. Menggunakan Aplikasi Belanja Online

Jika Anda sering berbelanja online melalui aplikasi seperti Tokopedia, Shopee, atau Lazada, aplikasi tersebut juga sering menyediakan fitur scan barcode. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan pencarian produk dengan cepat dan mudah.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi belanja online yang Anda gunakan, temukan opsi “Scan Barcode” atau “Cari dengan Barcode,” dan arahkan kamera ponsel Anda ke barcode produk yang ingin Anda cari. Aplikasi akan membaca barcode tersebut dan menampilkan hasil pencarian yang sesuai. Anda dapat dengan mudah melihat informasi produk, ulasan, harga, dan opsi pembelian.

11. Menggunakan Fitur Penelusuran Gambar Google

Fitur Penelusuran Gambar Google memungkinkan Anda melakukan pencarian gambar berdasarkan barcode yang Anda scan. Fitur ini dapat membantu Anda menemukan informasi lebih lanjut tentang produk yang terkait dengan barcode tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi Google di perangkat Android Anda dan ketuk ikon kamera di kotak penelusuran. Pilih opsi “Pencarian gambar” dan arahkan kamera ponsel Anda ke barcode yang ingin Anda scan. Google akan membaca barcode tersebut dan menampilkan hasil pencarian yang terkait.

Anda dapat melihat informasi produk, tautan terkait, atau gambar terkait dengan barcode tersebut. Fitur ini berguna jika Anda ingin menelusuri informasi lebih lanjut tentang produk yang diwakili oleh barcode tersebut.

Penutup

Scan barcode di perangkat Android telah menjadi lebih mudah dengan berbagai cara yang tersedia. Mulai dari menggunakan aplikasi pihak ketiga, fitur bawaan pada aplikasi kamera, hingga fitur Google Lens dan Google Assistant, Anda memiliki banyak opsi untuk memenuhi kebutuhan scan barcode Anda.

Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Jika Anda sering melakukan scan barcode, mungkin lebih baik untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga yang khusus dirancang untuk membaca barcode. Namun, jika Anda hanya membutuhkan scan barcode sesekali, fitur bawaan atau fitur yang terintegrasi pada aplikasi yang Anda gunakan sehari-hari mungkin sudah cukup.

Dengan memanfaatkan teknologi di perangkat Android Anda, Anda dapat melakukan scan barcode dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi tambahan, melakukan pembayaran, atau menemukan produk yang Anda cari.

 

Share:

Related Post