13 Cara Melihat Download di Google Chrome Android

admin

0 Comment

Link

Saat kita mengunduh file menggunakan Google Chrome di Android, terkadang kita tidak tahu di mana file tersebut disimpan. Mencari file unduhan bisa sangat merepotkan dan memakan waktu, terutama jika kamu tidak tahu di mana mencarinya.

Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan 13 cara mudah untuk melihat file unduhan di Google Chrome Android. Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara-cara yang bisa kamu lakukan!

Cara Melihat Download di Google Chrome Android

1. Melalui Menu Pengaturan Chrome

Cara pertama untuk melihat file unduhan di Google Chrome Android adalah dengan menggunakan menu pengaturan Chrome. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di Android kamu
  2. Tap ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan Chrome
  3. Pilih “Unduhan” di menu pengaturan
  4. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang pernah kamu unduh menggunakan Chrome di Android

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan yang sudah pernah kamu unduh sebelumnya.

2. Menggunakan Aplikasi File Manager

Jika kamu tidak menemukan file unduhan di menu pengaturan Chrome, kamu bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi file manager. Beberapa file manager bahkan memiliki fitur khusus untuk menampilkan file unduhan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi file manager di Android kamu
  2. Pilih menu “Unduhan” atau “Downloads”
  3. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang ada di ponsel kamu, termasuk file unduhan dari Chrome

Jika kamu tidak memiliki aplikasi file manager di ponsel kamu, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga seperti ES File Explorer atau Solid Explorer.

3. Melalui Notifikasi Unduhan

Setiap kali kamu mengunduh file menggunakan Google Chrome di Android, kamu akan menerima notifikasi unduhan di ponsel kamu. Kamu bisa langsung membuka notifikasi tersebut untuk melihat file unduhan yang baru saja kamu unduh. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Swipe notifikasi unduhan ke bawah untuk membuka menu notifikasi unduhan
  2. Tap notifikasi unduhan untuk membuka file unduhan tersebut

Dengan cara ini, kamu bisa dengan cepat melihat file unduhan yang baru saja kamu unduh tanpa harus mencarinya di menu pengaturan Chrome atau aplikasi file manager.

4. Menggunakan Aplikasi Download Manager

Jika kamu sering mengunduh file di Android kamu, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi download manager untuk memudahkan proses unduhan dan melihat file unduhan. Beberapa aplikasi download manager bahkan memiliki fitur untuk mengatur file unduhan secara otomatis ke dalam folder tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi download manager seperti Advanced Download Manager atau Download Accelerator Plus di Android kamu
  2. Buka aplikasi download manager tersebut dan pilih menu “Unduhan”
  3. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang pernah kamu unduh menggunakan aplikasi tersebut
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Vivo Y28 Resmi Diluncurkan di Indonesia: Ponsel dengan Baterai 6.000 mAh dan Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Dengan menggunakan aplikasi download manager, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan yang sudah pernah kamu unduh sebelumnya dan mengatur file unduhan ke dalam folder tertentu.

5. Menggunakan Fitur “Recent Files” di Google Drive

Jika kamu sering menggunakan Google Drive untuk menyimpan file di Android kamu, kamu bisa menggunakan fitur “Recent Files” di Google Drive untuk melihat file unduhan terbaru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Drive di Android kamu
  2. Pilih menu “Recent” atau “Baru-baru ini”
  3. Di sini kamu akan melihat daftar semua file terbaru yang sudah kamu akses atau buat di Google Drive, termasuk file unduhan dari Chrome

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan terbaru di Google Drive dan mengunduhnya kembali jika diperlukan.

6. Melalui Aplikasi Chrome Canary

Chrome Canary adalah versi uji coba dari Google Chrome yang memiliki fitur dan pembaruan terbaru. Jika kamu menggunakan Chrome Canary di Android kamu, kamu bisa mencoba cara ini untuk melihat file unduhan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Chrome Canary di Android kamu
  2. Tap ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan Chrome
  3. Pilih “Unduhan” di menu pengaturan
  4. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang pernah kamu unduh menggunakan Chrome Canary di Android

Dengan menggunakan Chrome Canary, kamu bisa mencoba fitur dan pembaruan terbaru dari Chrome dan juga melihat file unduhan dengan mudah.

7. Melalui Aplikasi File Explorer Bawaan

Seperti halnya aplikasi file manager, Android juga memiliki aplikasi file explorer bawaan yang bisa kamu gunakan untuk melihat file unduhan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi File Explorer bawaan di Android kamu
  2. Pilih menu “Unduhan” atau “Downloads”
  3. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang sudah kamu unduh menggunakan Chrome atau aplikasi lain di Android kamu

Dengan menggunakan aplikasi file explorer bawaan, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan di Android kamu tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

8. Melalui Aplikasi File Commander

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi file manager yang lebih canggih, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi File Commander. Aplikasi ini memiliki fitur untuk melihat file unduhan secara mudah dan juga fitur pengaturan file yang lengkap. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi File Commander di Android kamu
  2. Buka aplikasi File Commander dan pilih menu “Home”
  3. Pilih folder “Unduhan” atau “Downloads”
  4. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang sudah kamu unduh menggunakan Chrome atau aplikasi lain di Android kamu
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Rekomendasi 10 Hp Kamera Selfie Terbaik 2023, Cocok Untuk Kaum Vlogger

Dengan menggunakan aplikasi File Commander, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan dan juga mengatur file-file tersebut dengan mudah.

9. Melalui Aplikasi ES File Explorer

ES File Explorer adalah salah satu aplikasi file manager terbaik di Android. Selain fitur pengaturan file yang lengkap, ES File Explorer juga memiliki fitur untuk melihat file unduhan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi ES File Explorer di Android kamu
  2. Buka aplikasi ES File Explorer dan pilih menu “Home”
  3. Pilih folder “Unduhan” atau “Downloads”
  4. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang sudah kamu unduh menggunakan Chrome atau aplikasi lain di Android kamu

Dengan menggunakan aplikasi ES File Explorer, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan dan juga mengatur file-file tersebut dengan mudah.

10. Menggunakan Fitur “Downloads” di Chrome Canary

Selain menggunakan aplikasi Chrome Canary secara langsung, kamu juga bisa menggunakan fitur “Downloads” di Chrome Canary untuk melihat file unduhan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Chrome Canary di Android kamu
  2. Tap ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu pengaturan Chrome
  3. Pilih “Downloads” di menu pengaturan
  4. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang pernah kamu unduh menggunakan Chrome Canary di Android

Dengan menggunakan fitur “Downloads” di Chrome Canary, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan dan juga mengatur file-file tersebut dengan mudah.

11. Melalui Aplikasi Google Files

Google Files adalah salah satu aplikasi file manager terbaik di Android yang dikembangkan oleh Google. Selain fitur pengaturan file yang lengkap, Google Files juga memiliki fitur untuk melihat file unduhan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi Google Files di Android kamu
  2. Buka aplikasi Google Files dan pilih menu “Home”
  3. Pilih folder “Unduhan” atau “Downloads”
  4. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang sudah kamu unduh menggunakan Chrome atau aplikasi lain di Android kamu

Dengan menggunakan aplikasi Google Files, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan dan juga mengatur file-file tersebut dengan mudah.

12. Melalui Aplikasi UC Browser

UC Browser adalah salah satu aplikasi browser terbaik di Android yang juga memiliki fitur untuk melihat file unduhan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi UC Browser di Android kamu
  2. Buka aplikasi UC Browser dan tap ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu
  3. Pilih “Unduhan” atau “Downloads” di menu
  4. Di sini kamu akan melihat daftar semua file unduhan yang sudah kamu unduh menggunakan UC Browser di Android kamu
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mengupdate Versi Android: Panduan Lengkap untuk Pengguna Santai

Dengan menggunakan aplikasi UC Browser, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan dan juga mengatur file-file tersebut dengan mudah.

13. Menggunakan Aplikasi Unduhan Pihak Ketiga

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aplikasi unduhan pihak ketiga untuk melihat file unduhan di Android kamu. Ada banyak aplikasi unduhan pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store seperti Advanced Download Manager, IDM Download Manager, dan sebagainya.

Dengan menggunakan aplikasi unduhan pihak ketiga, kamu bisa dengan mudah melihat file unduhan dan juga mengatur file-file tersebut dengan mudah. Namun, pastikan kamu menggunakan aplikasi unduhan pihak ketiga yang terpercaya dan aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Dari pengalaman saya menggunakan 13 cara melihat download di Google Chrome Android di atas, saya menemukan bahwa beberapa cara lebih mudah dan cepat dilakukan, seperti menggunakan fitur bawaan Chrome atau menggunakan aplikasi “Google Files”. Namun, beberapa cara lainnya mungkin lebih cocok bagi pengguna yang memiliki kebutuhan khusus, seperti menggunakan aplikasi unduhan pihak ketiga untuk mengunduh berbagai jenis file atau menggunakan aplikasi tertentu untuk mengelola file unduhan secara lebih terperinci.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa cara di atas memerlukan pengetahuan dan keterampilan teknis yang cukup untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebelum mencoba salah satu cara di atas, pastikan untuk membaca instruksinya dengan cermat atau meminta bantuan dari seseorang yang lebih berpengalaman.

Terakhir, pastikan untuk selalu mengelola file unduhan dengan bijak dan memeriksa file tersebut sebelum membukanya atau membagikannya. Hal ini dapat membantu mencegah risiko terhadap keamanan atau privasi data Anda.

Dengan menggunakan 13 cara melihat download di Google Chrome Android di atas, kamu dapat dengan mudah melacak dan mengelola file unduhan di perangkat Android kamu. Selain itu, beberapa cara di atas juga dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas penggunaan perangkat Android kamu. Jangan lupa untuk selalu mengelola file unduhan dengan bijak dan hati-hati, serta memperbarui perangkat Android kamu secara teratur untuk memastikan keamanan dan stabilitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu!

Share:

Related Post