13 Cara Melihat Rumah di Google Maps Android

Google Maps adalah salah satu aplikasi peta yang paling populer di dunia. Selain membantu kita menemukan arah, Google Maps juga dapat digunakan untuk melihat gambar rumah atau bangunan dari berbagai sudut. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin melihat tampilan rumah atau bangunan sebelum mengunjunginya secara langsung.

Namun, bagaimana cara melihat rumah di Google Maps Android? Dalam artikel ini, kami akan membahas 13 cara yang dapat membantu Anda melihat gambar rumah atau bangunan di Google Maps dengan mudah.

Cara Melihat Rumah di Google Maps Android

1. Gunakan Fitur Street View

Fitur Street View pada Google Maps memungkinkan Anda melihat gambar 360 derajat dari jalan atau lokasi tertentu. Untuk melihat gambar rumah atau bangunan menggunakan fitur ini, cukup geser tanda manusia ke area yang ingin Anda lihat pada peta. Kemudian, putar tampilan pada layar untuk melihat gambar dari berbagai sudut.

Jika gambar belum tersedia di Street View, Anda dapat mengajukan permintaan gambar baru ke Google Maps menggunakan fitur “Tambahkan Foto” di aplikasi.

Jangan lupa, Anda harus memberikan izin aplikasi Google Maps untuk mengakses kamera dan mikrofon di perangkat Android Anda untuk menggunakan fitur ini.

2. Gunakan Fitur Tilt

Fitur Tilt pada Google Maps memungkinkan Anda melihat gambar rumah atau bangunan dari sudut yang lebih tinggi. Untuk menggunakan fitur ini, cukup ketuk dan tahan area yang ingin Anda lihat pada peta. Kemudian, geser jari Anda ke atas atau ke bawah untuk mengatur sudut pandang. Anda juga dapat memutar tampilan pada layar untuk melihat gambar dari berbagai sudut.

Fitur Tilt sangat berguna jika Anda ingin melihat gambar bangunan atau taman dari sudut pandang yang lebih tinggi.

3. Gunakan Fitur Zoom

Fitur Zoom pada Google Maps memungkinkan Anda memperbesar atau memperkecil gambar untuk melihat detail yang lebih jelas. Untuk menggunakan fitur ini, cukup ketuk dua kali area yang ingin Anda lihat pada peta atau gunakan gerakan jari Anda untuk memperbesar atau memperkecil gambar. Anda juga dapat menggunakan tombol zoom di aplikasi Google Maps.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melacak Mobil Menggunakan Android

Fitur Zoom sangat berguna jika Anda ingin melihat detail rumah atau bangunan dari dekat.

4. Gunakan Fitur Measure Distance

Fitur Measure Distance pada Google Maps memungkinkan Anda mengukur jarak antara dua titik pada peta. Untuk menggunakan fitur ini, cukup ketuk dan tahan area pertama yang ingin Anda ukur pada peta. Kemudian, ketuk area kedua. Aplikasi akan menunjukkan jarak antara dua titik tersebut di layar.

Fitur Measure Distance sangat berguna jika Anda ingin mengetahui jarak antara rumah atau bangunan dengan lokasi tertentu, seperti sekolah atau kantor.

5. Gunakan Fitur My Maps

Fitur My Maps pada Google Maps memungkinkan Anda membuat peta khusus dengan menambahkan markah atau titik pada lokasi tertentu. Anda juga dapat menambahkan gambar atau video ke dalam peta tersebut. Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi Google Maps dan ketuk ikon tiga garis di sudut kiri atas layar. Kemudian, ketuk “My Maps” dan buat peta khusus Anda sendiri.

Fitur My Maps sangat berguna jika Anda ingin membuat peta khusus untuk menunjukkan lokasi rumah atau bangunan tertentu beserta informasi lainnya seperti alamat atau nomor telepon.

6. Gunakan Fitur Share Location

Fitur Share Location pada Google Maps memungkinkan Anda membagikan lokasi rumah atau bangunan dengan teman atau keluarga. Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi Google Maps dan ketuk ikon titik tiga di sudut kiri atas layar. Kemudian, ketuk “Share Location” dan pilih kontak yang ingin Anda bagikan lokasi dengan mereka.

Fitur Share Location sangat berguna jika Anda ingin memudahkan teman atau keluarga menemukan rumah atau bangunan tertentu.

7. Gunakan Fitur Save Location

Fitur Save Location pada Google Maps memungkinkan Anda menyimpan lokasi rumah atau bangunan sebagai favorit Anda. Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi Google Maps dan ketuk area yang ingin Anda simpan sebagai favorit. Kemudian, ketuk ikon bintang di pojok kiri atas layar. Lokasi akan disimpan di bagian “Tempat Saya” di aplikasi Google Maps.

🔴 BACA JUGA:  Masalah dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Dengan Mudah

Fitur Save Location sangat berguna jika Anda ingin dengan mudah menemukan kembali lokasi rumah atau bangunan yang sering Anda kunjungi.

8. Gunakan Fitur Explore

Fitur Explore pada Google Maps memungkinkan Anda menemukan tempat menarik atau populer di sekitar lokasi rumah atau bangunan tertentu. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon “Explore” di bagian bawah layar aplikasi Google Maps. Kemudian, pilih jenis tempat yang ingin Anda cari seperti restoran, toko, atau tempat wisata.

Fitur Explore sangat berguna jika Anda ingin menemukan tempat menarik atau populer di sekitar rumah atau bangunan tertentu.

9. Gunakan Fitur Traffic

Fitur Traffic pada Google Maps memungkinkan Anda melihat kondisi lalu lintas di sekitar lokasi rumah atau bangunan tertentu. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon “Traffic” di bagian bawah layar aplikasi Google Maps. Kemudian, aplikasi akan menampilkan kondisi lalu lintas saat ini di sekitar lokasi Anda.

Fitur Traffic sangat berguna jika Anda ingin mengetahui kondisi lalu lintas di sekitar rumah atau bangunan tertentu sebelum memutuskan untuk pergi ke sana.

10. Gunakan Fitur Street View

Fitur Street View pada Google Maps memungkinkan Anda melihat gambar 360 derajat dari jalan di sekitar lokasi rumah atau bangunan tertentu. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon manusia kecil di pojok kanan bawah layar aplikasi Google Maps. Kemudian, seret ikon manusia kecil ke jalan yang ingin Anda lihat gambar Street View-nya.

Fitur Street View sangat berguna jika Anda ingin melihat kondisi jalan atau lingkungan di sekitar lokasi rumah atau bangunan tertentu.

11. Gunakan Fitur Live View

Fitur Live View pada Google Maps memungkinkan Anda melihat panduan arah secara langsung menggunakan kamera ponsel Anda. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon “Live View” di bagian bawah layar aplikasi Google Maps saat Anda sedang menggunakan mode navigasi. Kemudian, arahkan kamera ponsel Anda ke jalan yang ingin Anda tuju, dan aplikasi akan menampilkan panduan arah secara langsung pada layar ponsel Anda.

Fitur Live View sangat berguna jika Anda ingin melihat panduan arah secara langsung tanpa perlu melihat peta atau ikon arah di aplikasi Google Maps.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Menghapus File Sampah di Android

12. Gunakan Fitur Measure Distance

Fitur Measure Distance pada Google Maps memungkinkan Anda mengukur jarak antara dua lokasi di peta. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan bawah layar aplikasi Google Maps. Kemudian, ketuk “Measure Distance” dan pilih dua lokasi di peta. Aplikasi akan menampilkan jarak antara dua lokasi tersebut dalam satuan meter atau kilometer.

Fitur Measure Distance sangat berguna jika Anda ingin mengetahui jarak antara dua lokasi di peta, misalnya jarak antara rumah Anda dan kantor Anda.

13. Gunakan Fitur Report a Problem

Fitur Report a Problem pada Google Maps memungkinkan Anda melaporkan masalah atau kesalahan pada peta Google Maps, seperti alamat yang salah atau jalan yang ditutup. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan bawah layar aplikasi Google Maps. Kemudian, ketuk “Report a Problem” dan pilih jenis masalah atau kesalahan yang ingin Anda laporkan.

Fitur Report a Problem sangat berguna jika Anda ingin membantu meningkatkan kualitas peta Google Maps dengan melaporkan masalah atau kesalahan yang Anda temukan.

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Google Maps, Anda dapat dengan mudah melihat rumah atau bangunan di Google Maps Android. Mulai dari mencari lokasi rumah atau bangunan dengan menggunakan fitur search, hingga melihat gambar 360 derajat dari jalan di sekitar lokasi rumah atau bangunan dengan menggunakan fitur Street View, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur lainnya seperti menandai lokasi favorit dengan menggunakan fitur bookmarks, melihat ulasan dan foto-foto lokasi dengan menggunakan fitur reviews, atau bahkan mengukur jarak antara dua lokasi dengan menggunakan fitur Measure Distance. Selain itu, Anda juga dapat membantu meningkatkan kualitas peta Google Maps dengan melaporkan masalah atau kesalahan yang Anda temukan dengan menggunakan fitur Report a Problem.

Dengan menggunakan aplikasi Google Maps, Anda dapat lebih mudah dan efisien dalam mencari atau melihat rumah atau bangunan di Google Maps Android. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Google Maps untuk membantu aktivitas Anda sehari-hari.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin melihat rumah di Google Maps Android. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai.