13 Cara Melihat Versi Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas 12 cara mudah untuk melihat versi Android di perangkat Anda. Jika Anda penasaran dengan versi Android yang sedang berjalan di smartphone atau tablet Anda, artikel ini akan memberikan informasi yang Anda butuhkan. Dalam dunia Android yang terus berkembang, mengetahui versi yang digunakan sangat penting untuk mendapatkan pembaruan dan memastikan kompatibilitas dengan aplikasi terbaru. Mari kita lihat cara-cara sederhana untuk melihat versi Android yang sedang Anda gunakan.

Cara Melihat Versi Android

1. Menggunakan Pengaturan Sistem

Salah satu cara termudah untuk melihat versi Android adalah melalui pengaturan sistem di perangkat Anda. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda melakukannya:

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk opsi tersebut.

3. Di halaman “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, cari informasi “Versi Android” atau “Nomor Build”. Di sini Anda akan menemukan nomor versi yang sedang berjalan di perangkat Anda.

2. Menggunakan Kode Dial

Jika Anda ingin melihat versi Android dengan cepat, Anda dapat menggunakan kode dial. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Telepon di perangkat Anda.

2. Ketik kode dial berikut: *#*#4636#*#*.

3. Setelah Anda mengetik kode tersebut, Anda akan diarahkan ke menu “Informasi Telepon”. Di sini, Anda dapat melihat informasi tentang perangkat Anda, termasuk versi Android yang sedang berjalan.

3. Melalui Pusat Notifikasi

Beberapa perangkat Android juga memungkinkan Anda melihat versi Android melalui pusat notifikasi. Caranya:

1. Tarik ke bawah pada layar perangkat Anda untuk membuka pusat notifikasi.

2. Cari opsi “Pengaturan” atau ikon gigi yang merupakan pintasan menuju Pengaturan.

3. Ketuk opsi “Pengaturan” atau ikon gigi tersebut.

4. Di halaman Pengaturan, cari opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk opsi tersebut.

5. Di halaman “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, Anda akan menemukan informasi tentang versi Android yang sedang digunakan di perangkat Anda.

4. Melalui Nama Kode Versi

Setiap versi Android memiliki nama kode unik yang biasanya terkait dengan makanan atau makanan penutup

1. Versi Android 1.5 Cupcake: Nama kode ini menunjukkan bahwa versi ini adalah permulaan dari Android yang manis. Cupcake menawarkan fitur-fitur baru seperti keyboard virtual dan dukungan untuk widget.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Edit Video di Lightroom Android

2. Versi Android 1.6 Donut: Donut membawa peningkatan dalam hal pencarian, kinerja, dan antarmuka pengguna. Peningkatan ini mencakup pencarian di dalam aplikasi, galeri foto yang ditingkatkan, dan pembaruan antarmuka pengguna.

3. Versi Android 2.0/2.1 Eclair: Eclair menawarkan beberapa fitur baru yang signifikan, termasuk navigasi turn-by-turn, galeri foto yang ditingkatkan, dan dukungan untuk akun beberapa pengguna.

Setelah memahami beberapa contoh di atas, Anda dapat melihat versi Android yang sedang berjalan di perangkat Anda dan mencari tahu nama kode yang terkait.

5. Melalui Informasi Perangkat Keras

Perangkat Android juga menyediakan informasi tentang versi Android melalui informasi perangkat keras. Untuk melihatnya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk opsi tersebut.

3. Cari informasi tentang perangkat keras seperti “Model Perangkat”, “Nomor Model”, atau “Nama Produk”. Di sini Anda mungkin menemukan informasi tentang versi Android yang sedang digunakan.

6. Melalui Android Debug Bridge (ADB)

Android Debug Bridge (ADB) adalah alat yang digunakan oleh pengembang untuk berkomunikasi dengan perangkat Android melalui komputer. Anda dapat menggunakan ADB untuk melihat versi Android perangkat Anda dengan langkah-langkah berikut:

1. Pastikan Anda memiliki ADB diinstal di komputer Anda.

2. Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

3. Buka terminal atau command prompt di komputer dan ketik perintah berikut: adb shell getprop ro.build.version.release

4. Setelah itu, Anda akan melihat nomor versi Android yang sedang berjalan di perangkat Anda.

7. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melihat versi Android. Anda dapat mencari “Check Android Version” atau “Android Version Checker” di Play Store dan menginstal aplikasi yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Setelah diinstal, jalankan aplikasi tersebut, dan Anda akan melihat versi Android yang digunakan di perangkat Anda.

8. Melalui Informasi Build Number

Pada beberapa perangkat Android, Anda dapat melihat versi Android melalui informasi “Build Number”. Langkah-langkahnya bisa berbeda-beda tergantung pada produsen perangkat. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melihat versi Android melalui informasi “Build Number”:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk opsi tersebut.

3. Cari opsi “Informasi Perangkat Lunak” atau “Versi Perangkat Lunak”. Ketuk opsi tersebut.

4. Di halaman “Informasi Perangkat Lunak”, cari opsi “Build Number”. Biasanya, Anda perlu melakukan ketukan beberapa kali pada opsi ini.

5. Setelah melakukan ketukan yang diperlukan, Anda akan melihat nomor versi Android yang sedang berjalan di perangkat Anda.

9. Melalui Pengaturan Pengembang (Developer Options)

Pengaturan Pengembang adalah opsi tersembunyi di perangkat Android yang menyediakan akses ke pengaturan dan fitur yang lebih lanjut. Untuk melihat versi Android melalui Pengaturan Pengembang, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk opsi tersebut.

3. Di halaman “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, cari opsi “Nomor Build” atau “Nomor Model”. Ketuk opsi tersebut beberapa kali hingga muncul notifikasi bahwa Anda telah memasuki mode Pengembang.

4. Kembali ke menu Pengaturan dan Anda akan melihat opsi baru yang disebut “Pengaturan Pengembang” atau “Developer Options”. Ketuk opsi tersebut.

5. Di dalam Pengaturan Pengembang, cari opsi “Versi Android” atau “Android Version”. Di sini, Anda akan menemukan nomor versi Android yang sedang digunakan di perangkat Anda.

10. Melalui Dokumen Perangkat

Jika Anda memiliki petunjuk atau buku panduan yang disertakan dengan perangkat Android Anda, Anda mungkin dapat menemukan informasi tentang versi Android di dalamnya. Carilah bagian yang menjelaskan tentang sistem operasi atau versi perangkat lunak, dan Anda akan menemukan informasi tentang versi Android yang sedang digunakan di perangkat Anda.

11. Melalui Situs Web Resmi Produsen

Produsen perangkat Android biasanya menyediakan informasi terperinci tentang perangkat yang mereka produksi di situs web resmi mereka. Cari situs web produsen perangkat Anda, dan cari informasi tentang versi Android yang didukung oleh perangkat Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di bagian spesifikasi atau dukungan produk mereka.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara Mengatur Warna Layar Android

12. Melalui Bantuan dari Komunitas Android

Jika Anda masih memiliki kesulitan untuk menemukan versi Android di perangkat Anda, Anda juga dapat mencari bantuan dari komunitas Android. Ada banyak forum dan platform komunitas yang didedikasikan untuk pengguna Android di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan dan meminta bantuan. Beberapa tempat yang bisa Anda coba adalah:

Forum XDA Developers: XDA Developers adalah platform komunitas yang sangat populer di kalangan pengguna Android. Anda dapat bergabung dengan forum mereka, mencari thread yang relevan, dan meminta bantuan dari anggota komunitas yang berpengalaman.

Reddit /r/Android: Subreddit /r/Android di Reddit adalah tempat di mana pengguna Android dari seluruh dunia berkumpul untuk berdiskusi, bertukar informasi, dan membantu satu sama lain. Anda dapat membuat posting dan meminta bantuan dari komunitas Reddit.

Grup Facebook: Ada banyak grup Facebook yang didedikasikan untuk pengguna Android. Cari grup yang relevan dengan perangkat atau versi Android Anda, bergabunglah, dan ajukan pertanyaan Anda di grup tersebut.

Komunitas pengguna Android lainnya: Selain itu, ada juga komunitas pengguna Android lainnya seperti komunitas di Telegram, WhatsApp, atau platform lainnya. Anda dapat mencari grup atau kanal yang sesuai dengan minat Anda dan berinteraksi dengan anggota komunitas untuk mendapatkan bantuan.

Dengan bergabung dengan komunitas Android, Anda memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman, belajar dari pengguna lain, dan mendapatkan bantuan langsung dalam mengetahui versi Android yang sedang berjalan di perangkat Anda.

Penutup

Demikianlah 12 cara mudah untuk melihat versi Android di perangkat Anda. Dari pengaturan sistem hingga penggunaan aplikasi pihak ketiga, Anda memiliki berbagai opsi untuk memeriksa versi Android yang sedang digunakan. Mengetahui versi Android yang Anda gunakan penting untuk memastikan kompatibilitas aplikasi dan mendapatkan pembaruan sistem terbaru.

Ingatlah bahwa setiap perangkat Android mungkin memiliki langkah-langkah yang sedikit berbeda, tergantung pada antarmuka pengguna yang digunakan dan produsen perangkat tersebut. Namun, dengan panduan ini, Anda diharapkan dapat menemukan versi Android dengan mudah.

Jadi, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi tentang versi Android di perangkat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengecek versi Android dengan cepat dan mudah!

 

Share:

Related Post