15 Cara cek tagihan listrik lewat hp android, sangat mudah !

Pada era digital saat ini, segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui smartphone. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android. Banyaknya layanan yang disediakan oleh perusahaan listrik negara (PLN) membuat pelanggan dapat memilih cara yang paling praktis dan efisien untuk memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan mereka.

Namun, bagi sebagian orang, memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android mungkin masih terdengar sulit dan merepotkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas 15 cara cek tagihan listrik lewat HP Android yang sangat mudah. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan dengan mudah dan cepat, sehingga Anda dapat menghindari denda dan biaya tambahan lainnya. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa tips dan catatan penting yang perlu diperhatikan saat memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android. Jadi, mari kita simak bersama-sama!

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

1. Install Aplikasi Resmi PLN

Jika ingin memeriksa tagihan listrik dengan mudah, salah satu cara terbaik adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi resmi dari PLN. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Anda harus membuat akun dan login terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk ke akun, Anda dapat memeriksa tagihan listrik bulanan, membeli token listrik, dan memantau penggunaan listrik bulanan dengan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi resmi PLN, Anda tidak perlu lagi mengunjungi kantor PLN untuk memeriksa tagihan listrik bulanan, yang dapat menghemat waktu dan tenaga.

2. Cek Tagihan Listrik Lewat Situs Resmi PLN

Selain menggunakan aplikasi resmi dari PLN, Anda juga dapat memeriksa tagihan listrik bulanan melalui situs resmi PLN. Untuk melakukannya, Anda harus membuka situs resmi PLN dan memasukkan nomor meteran listrik Anda.

Setelah itu, situs akan menampilkan informasi tentang tagihan listrik bulanan, termasuk jumlah tagihan, jatuh tempo pembayaran, dan rincian pemakaian listrik bulanan.

Memeriksa tagihan listrik melalui situs resmi PLN dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, asalkan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika tidak ingin menggunakan aplikasi resmi PLN atau situs resmi PLN, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memeriksa tagihan listrik bulanan. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan antara lain:

  • MyPulsa
  • MyIndiHome
  • Payfazz
  • Indomaret
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Merekam Audio Internal Android

Aplikasi pihak ketiga tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Namun, sebelum menggunakan aplikasi tersebut, pastikan aplikasi tersebut aman dan terpercaya.

4. Aktifkan Notifikasi Tagihan Listrik

Jika Anda ingin selalu mendapatkan informasi tentang tagihan listrik bulanan, Anda dapat mengaktifkan notifikasi tagihan listrik melalui aplikasi resmi PLN atau situs resmi PLN. Dengan begitu, Anda akan selalu mendapatkan pemberitahuan melalui email atau SMS setiap kali tagihan listrik bulanan diterbitkan oleh PLN.

Notifikasi tagihan listrik dapat membantu Anda untuk menghindari keterlambatan pembayaran dan denda akibat keterlambatan pembayaran.

5. Gunakan SMS Banking

Jika Anda tidak memiliki koneksi internet, tetapi ingin memeriksa tagihan listrik bulanan, Anda dapat menggunakan SMS Banking dari bank tempat Anda memiliki rekening. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan format tertentu ke nomor yang telah disediakan oleh bank. Setelah itu, bank akan mengirimkan informasi tentang tagihan listrik bulanan melalui SMS.

Pastikan bahwa nomor telepon yang digunakan untuk SMS Banking sudah terdaftar dan terhubung dengan nomor meteran listrik Anda. Hal ini penting agar informasi tagihan listrik dapat dikirimkan dengan tepat dan akurat.

6. Gunakan Mobile Banking

Jika Anda memiliki rekening di bank yang menyediakan layanan mobile banking, Anda dapat memeriksa tagihan listrik bulanan melalui aplikasi mobile banking tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu login ke aplikasi mobile banking dan mencari menu untuk memeriksa tagihan listrik.

Dengan menggunakan mobile banking, Anda dapat memeriksa tagihan listrik bulanan kapan saja dan di mana saja, selama Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik melalui mobile banking.

7. Gunakan Layanan e-Wallet

Jika Anda menggunakan layanan e-wallet seperti OVO, GoPay, atau Dana, Anda juga dapat memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan melalui layanan tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari menu untuk memeriksa dan membayar tagihan listrik di dalam aplikasi e-wallet tersebut.

Beberapa layanan e-wallet bahkan menawarkan promo cashback atau diskon untuk pembayaran tagihan listrik melalui aplikasi mereka. Sehingga, selain memudahkan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan.

8. Gunakan Fitur Virtual Assistant

Jika Anda memiliki asisten virtual seperti Google Assistant atau Siri, Anda juga dapat menggunakan fitur tersebut untuk memeriksa tagihan listrik bulanan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur suara dan mengucapkan perintah “cek tagihan listrik”.

Setelah itu, asisten virtual akan mencari informasi tentang tagihan listrik bulanan Anda dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Namun, pastikan bahwa nomor telepon Anda terdaftar dan terhubung dengan nomor meteran listrik Anda.

9. Gunakan QR Code

PLN juga menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik melalui QR Code. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi pembayaran yang mendukung QR Code dan memindai QR Code yang terdapat pada tagihan listrik bulanan.

Setelah itu, aplikasi pembayaran akan menampilkan informasi tentang tagihan listrik bulanan dan Anda dapat melakukan pembayaran dengan mudah. Beberapa aplikasi pembayaran yang mendukung QR Code antara lain OVO, Dana, dan GoPay.

10. Gunakan Layanan PPOB

Jika Anda tidak ingin repot menginstal aplikasi pembayaran atau e-wallet, Anda dapat menggunakan layanan PPOB (Payment Point Online Banking) untuk memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan. Layanan PPOB tersedia di beberapa minimarket atau warung dengan logo PLN Prabayar atau PLN Non-Taglis. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu datang ke minimarket atau warung yang menyediakan layanan PPOB dan memberikan nomor meteran listrik Anda kepada petugas.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Mengembalikan Chat Messenger yang Terhapus di Android

Setelah itu, petugas akan memeriksa informasi tagihan listrik bulanan Anda dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan di tempat tersebut.

11. Unduh Aplikasi Resmi PLN

PLN juga menyediakan aplikasi resmi yang dapat digunakan untuk memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Dalam aplikasi PLN tersebut, Anda dapat memeriksa informasi tagihan listrik bulanan, melihat riwayat pembayaran, dan melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan dengan mudah. Selain itu, aplikasi PLN juga menyediakan berbagai promo dan diskon untuk pembayaran tagihan listrik melalui aplikasi mereka.

12. Langganan Email

Jika Anda tidak ingin menerima tagihan listrik bulanan melalui surat, Anda dapat memilih untuk menerima tagihan listrik bulanan melalui email. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan alamat email Anda pada laman resmi PLN.

Setelah itu, tagihan listrik bulanan akan dikirimkan ke alamat email Anda dan Anda dapat memeriksanya kapan saja dan di mana saja. Selain itu, dengan menerima tagihan listrik melalui email, Anda juga dapat mengurangi penggunaan kertas dan membantu lingkungan.

13. Aktifkan Autodebet

Jika Anda tidak ingin repot melakukan pembayaran tagihan listrik setiap bulan, Anda dapat mengaktifkan fitur autodebet. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan rekening bank Anda pada laman resmi PLN atau datang ke kantor PLN terdekat.

Setelah itu, tagihan listrik bulanan akan otomatis dibayar melalui rekening bank Anda setiap bulan. Dengan mengaktifkan fitur autodebet, Anda dapat menghindari keterlambatan pembayaran dan menghemat waktu dan energi Anda.

14. Gunakan Mesin ATM

Jika Anda tidak memiliki koneksi internet atau tidak ingin menggunakan layanan mobile banking atau internet banking, Anda dapat memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan melalui mesin ATM. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari menu untuk pembayaran tagihan listrik pada mesin ATM tersebut.

Setelah itu, mesin ATM akan menampilkan informasi tentang tagihan listrik bulanan dan Anda dapat melakukan pembayaran dengan mudah. Namun, pastikan bahwa mesin ATM tersebut mendukung pembayaran tagihan listrik dari PLN.

15. Datang ke Kantor PLN

Jika semua cara di atas tidak memungkinkan atau Anda mengalami kesulitan dalam memeriksa atau membayar tagihan listrik bulanan, Anda dapat datang ke kantor PLN terdekat untuk mendapatkan bantuan. Petugas PLN akan membantu Anda memeriksa informasi tagihan listrik bulanan dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan di kantor PLN tersebut.

Catatan Penting dalam Mengecek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Setelah mengetahui berbagai cara untuk memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android, ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Masuk Deep Web Android dengan Aman

1. Pastikan Nomor Meteran Listrik yang Anda Masukkan Benar

Sebelum memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android, pastikan nomor meteran listrik yang Anda masukkan benar. Jika nomor meteran listrik yang Anda masukkan salah, maka informasi tagihan listrik bulanan yang ditampilkan juga akan salah.

2. Pastikan Koneksi Internet Anda Stabil

Pastikan bahwa koneksi internet pada HP Android Anda stabil saat memeriksa tagihan listrik bulanan. Jika koneksi internet Anda tidak stabil, maka proses memeriksa tagihan listrik bulanan dapat terganggu atau bahkan gagal dilakukan.

3. Periksa Informasi Tagihan Listrik Bulanan dengan Teliti

Setelah berhasil memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android, pastikan bahwa informasi yang ditampilkan sudah benar. Periksa jumlah tagihan, periode tagihan, dan informasi lainnya dengan teliti. Jika terdapat kesalahan informasi, segera hubungi PLN untuk mendapatkan penjelasan atau koreksi.

4. Lakukan Pembayaran Tagihan Listrik Bulanan Tepat Waktu

Pastikan bahwa Anda melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan tepat waktu. Jika terlambat melakukan pembayaran, maka Anda akan dikenakan denda dan biaya tambahan lainnya. Selain itu, jika tagihan listrik bulanan tidak dibayar dalam jangka waktu yang lama, maka sambungan listrik Anda dapat diputus oleh PLN.

5. Pilih Cara Pembayaran yang Tepat dan Sesuai dengan Kebutuhan

Pilih cara pembayaran tagihan listrik bulanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda lebih suka menggunakan layanan internet banking atau mobile banking, maka pilih cara pembayaran tersebut. Namun, jika Anda tidak memiliki koneksi internet, maka pilih cara pembayaran yang lain seperti datang ke minimarket atau warung PPOB atau datang ke kantor PLN terdekat.

Kesimpulan

Mengecek tagihan listrik bulanan lewat HP Android sangat mudah dilakukan dengan berbagai cara yang telah disebutkan di atas. Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan dengan mudah dan tepat waktu. Pastikan bahwa Anda memeriksa informasi tagihan listrik bulanan dengan teliti dan melakukan pembayaran tepat waktu untuk menghindari denda dan biaya tambahan lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan catatan penting yang perlu diperhatikan saat memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android semakin mudah dan praktis. Anda tidak perlu lagi datang ke kantor PLN atau datang ke minimarket atau warung PPOB untuk membayar tagihan listrik bulanan. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan dengan mudah dan cepat lewat HP Android.

Selain itu, PLN juga terus berupaya untuk mempermudah pelanggan dalam memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan menyediakan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi PLN Mobile, Anda dapat memeriksa tagihan listrik bulanan, membeli token listrik, dan melakukan berbagai transaksi PLN lainnya dengan mudah dan praktis.

Dengan demikian, memeriksa tagihan listrik bulanan lewat HP Android bukanlah lagi hal yang sulit dan merepotkan. Dengan beberapa langkah sederhana dan memperhatikan catatan penting yang perlu diperhatikan, Anda dapat memeriksa dan membayar tagihan listrik bulanan dengan mudah dan tepat waktu. Selamat mencoba!