15 Cara Melihat Password Tersimpan di Android

Bagi sebagian orang, kebiasaan menyimpan password di ponsel menjadi solusi agar tidak lupa. Namun, terkadang kita lupa dan bingung mencari password yang telah tersimpan di Android. Untungnya, Anda bisa dengan mudah melihat password yang tersimpan di perangkat Android Anda. Berikut adalah 15 cara melihat password tersimpan di Android yang dapat membantu Anda menemukan password yang terlupakan.

Cara Melihat Password Tersimpan di Android

1. Aktifkan Pengelola Kata Sandi Android

Android memiliki fitur bawaan yang dapat membantu pengguna untuk menyimpan password mereka. Fitur ini disebut sebagai “Pengelola Kata Sandi”. Untuk mengaktifkannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan Android Anda
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Kata Sandi dan Keamanan”
  3. Pilih “Pengelola Kata Sandi”
  4. Aktifkan “Penawaran untuk menyimpan kata sandi”

Jika fitur ini sudah aktif, Android akan menawarkan untuk menyimpan password setiap kali Anda login ke akun Anda di browser atau aplikasi. Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola semua password yang tersimpan di pengelola kata sandi.

2. Gunakan Aplikasi Manajer Kata Sandi

Ada banyak aplikasi manajer kata sandi yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengatur semua password Anda dengan aman. Beberapa aplikasi manajer kata sandi yang populer di antaranya adalah 1Password, LastPass, dan Dashlane.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menginstal aplikasi di perangkat Android Anda, membuat akun, dan memasukkan semua password Anda. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengatur semua password Anda dengan menggunakan aplikasi ini.

3. Gunakan Fitur Autocomplete Browser

Browser di Android juga memiliki fitur otomatis yang dapat menyimpan dan mengisi password Anda secara otomatis. Fitur ini disebut “Autocomplete” atau “Autofill”. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser di perangkat Android Anda
  2. Pilih ikon “More” di kanan atas layar
  3. Pilih “Pengaturan”
  4. Pilih “Kata Sandi”
  5. Aktifkan opsi “Autofill kata sandi”
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Backup WhatsApp Android ke iPhone

Jika fitur ini sudah aktif, browser Anda akan menawarkan untuk menyimpan dan mengisi password Anda secara otomatis saat Anda login ke akun Anda di browser.

4. Gunakan Google Password Manager

Google juga memiliki layanan manajer kata sandi yang disebut “Google Password Manager”. Layanan ini tersedia di semua perangkat Android dan dapat dengan mudah diakses melalui akun Google Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses Google Password Manager:</

  1. Buka browser di perangkat Android Anda
  2. Buka situs web password.google.com
  3. Login dengan akun Google Anda
  4. Anda akan melihat semua password yang tersimpan di akun Google Anda

Dengan menggunakan Google Password Manager, Anda dapat dengan mudah melihat, mengelola, dan menghapus semua password yang tersimpan di akun Google Anda.

5. Cari Password di Email atau Pesan Teks

Beberapa situs web atau aplikasi akan mengirimkan email atau pesan teks yang berisi password setelah Anda mendaftar atau reset password. Jika Anda tidak dapat menemukan password di ponsel Anda, coba cek email atau pesan teks yang mungkin telah dikirim oleh situs web atau aplikasi tersebut.

Jika Anda menemukan email atau pesan teks yang berisi password, pastikan untuk menghapusnya dari kotak masuk Anda setelah Anda menemukannya untuk menjaga keamanan akun Anda.

6. Cari Password di Catatan atau Memo

Banyak pengguna Android menyimpan password mereka di catatan atau memo di ponsel mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan password di pengelola kata sandi, coba cek catatan atau memo yang mungkin telah dibuat oleh Anda sebelumnya.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi memo atau catatan seperti Google Keep atau Evernote untuk menyimpan password Anda dengan aman dan mudah diakses.

7. Cari Password di File Manager

Jika Anda menggunakan ponsel Android untuk menyimpan file penting, seperti dokumen atau gambar, coba cek folder atau file yang mungkin berisi password yang tersimpan di ponsel Anda.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi file manager untuk mencari file atau folder yang mungkin berisi password Anda.

8. Cari Password di Aplikasi Password Recovery

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan masih tidak dapat menemukan password Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi password recovery seperti Passware Kit atau Elcomsoft Phone Password Breaker.

Aplikasi ini dapat membantu Anda memulihkan password yang hilang atau terlupakan dari ponsel Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini mungkin tidak selalu berhasil dan juga dapat membahayakan keamanan akun Anda jika digunakan dengan tidak hati-hati.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

9. Cari Password di Google Chrome

Jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai browser di perangkat Android Anda, Anda dapat dengan mudah melihat semua password yang tersimpan di Chrome. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat password di Chrome:

  1. Buka Google Chrome di perangkat Android Anda
  2. Pilih ikon “More” di kanan atas layar
  3. Pilih “Pengaturan”
  4. Pilih “Kata Sandi”

Anda akan melihat semua password yang tersimpan di Chrome. Anda juga dapat menghapus password atau menambahkan password baru melalui menu ini.

10. Cari Password di Firefox

Jika Anda menggunakan Firefox sebagai browser di perangkat Android Anda, Anda juga dapat dengan mudah melihat semua password yang tersimpan di Firefox. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat password di Firefox:

  1. Buka Firefox di perangkat Android Anda
  2. Pilih ikon “More” di kanan atas layar
  3. Pilih “Pengaturan”
  4. Pilih “Kata Sandi”

Anda akan melihat semua password yang tersimpan di Firefox. Anda juga dapat menghapus password atau menambahkan password baru melalui menu ini.

11. Cari Password di Aplikasi Password Manager

Jika Anda menggunakan aplikasi password manager seperti LastPass, 1Password, atau Dashlane, Anda dapat dengan mudah melihat semua password yang tersimpan di aplikasi tersebut.

Langkah-langkah untuk melihat password di aplikasi password manager dapat bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan. Namun, pada umumnya, Anda dapat mengakses daftar password yang tersimpan di aplikasi tersebut dan juga dapat menambahkan password baru atau menghapus password yang sudah tidak digunakan lagi.

12. Cari Password di File Backup

Jika Anda pernah melakukan backup data di perangkat Android Anda, coba cek file backup tersebut untuk mencari password yang hilang. Anda dapat menggunakan aplikasi backup seperti Google Backup atau Helium Backup untuk mencari file backup di ponsel Anda.

Jika Anda menemukan file backup yang berisi password yang hilang, Anda dapat mengembalikan data tersebut ke perangkat Anda dan mendapatkan kembali akses ke akun Anda.

13. Cari Password di Google Drive atau Dropbox

Jika Anda menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox, coba cek folder atau file yang mungkin berisi password yang tersimpan di perangkat Android Anda.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Drive atau Dropbox untuk mencari file atau folder yang mungkin berisi password Anda.

14. Cari Password di Akun Google Anda

Jika Anda pernah menggunakan password yang sama untuk beberapa akun, Anda dapat mencoba mencari password di akun Google Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari password di akun Google:

  1. Buka situs web password.google.com
  2. Login dengan akun Google Anda
  3. Pilih opsi “Kata Sandi yang Sering Digunakan”
🔴 BACA JUGA:  6 Cara Mengembalikan Direct Message Instagram yang Terhapus di Android

Anda akan melihat semua password yang digunakan pada akun Google Anda dan juga dapat memperbarui password yang sudah tidak aman atau mudah ditebak.

15. Cari Password di Aplikasi Keychain

Jika Anda menggunakan perangkat Apple selain dari Android, seperti iPhone atau iPad, Anda dapat mencoba mencari password di aplikasi keychain bawaan dari Apple. Aplikasi ini dapat membantu Anda menyimpan dan mengatur password dengan aman dan mudah diakses.

Untuk mengakses keychain di perangkat Apple Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat
  2. Pilih opsi “Kunci & Kata Sandi” di bagian atas daftar
  3. Masukkan kata sandi atau sidik jari Anda untuk mengakses keychain
  4. Pilih opsi “Kata Sandi” untuk melihat semua password yang tersimpan di keychain

Anda dapat mengelola semua password yang tersimpan di keychain melalui aplikasi ini, termasuk menambahkan atau menghapus password.

Gunakan Aplikasi Pemulihan Kata Sandi

Jika semua langkah di atas tidak berhasil dan Anda masih tidak dapat menemukan password yang hilang, cobalah menggunakan aplikasi pemulihan kata sandi seperti Password Recovery Bundle atau Ophcrack. Aplikasi ini dapat membantu Anda memulihkan password yang hilang atau terlupa dengan menerobos atau memecahkan kode password Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan aplikasi pemulihan kata sandi, karena aplikasi ini dapat membuka celah keamanan di perangkat Android Anda atau membahayakan data pribadi Anda.

Catatan Penting

Sebelum mencoba mencari password yang hilang, pastikan untuk selalu mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga keamanan perangkat Android Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan perangkat Android Anda:

  1. Selalu gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun Anda
  2. Aktifkan verifikasi dua faktor di akun Anda jika tersedia
  3. Gunakan aplikasi keamanan yang dapat membantu melindungi perangkat Android Anda dari malware dan serangan
  4. Jangan pernah menginstal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui atau mencurigakan
  5. Perbarui perangkat Android Anda secara teratur dengan pembaruan keamanan terbaru

Kesimpulan

Melihat password yang tersimpan di perangkat Android Anda dapat menjadi tugas yang sulit, terutama jika Anda tidak ingat password yang tepat. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencari dan mengambil kembali password yang hilang dengan mudah.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan perangkat Android Anda dengan mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi akun Anda dan data pribadi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mencari password yang tersimpan di perangkat Android Anda.