15 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android Sangat Mudah

Saat ini, hampir semua orang memiliki ponsel pintar atau smartphone, terutama Android. HP Android merupakan salah satu jenis ponsel pintar yang memiliki berbagai fitur dan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Namun, terkadang ada aplikasi yang ingin kita sembunyikan dari orang lain, baik itu untuk melindungi privasi atau hanya untuk alasan pribadi.

Dalam artikel ini, akan dibahas 15 cara menyembunyikan aplikasi di HP Android yang sangat mudah untuk dilakukan. Mulai dari menggunakan fitur bawaan HP, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga, semuanya akan dijelaskan secara detail sehingga Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan begitu, Anda dapat menjaga privasi dan keamanan aplikasi di HP Android Anda dengan lebih baik. Mari simak penjelasannya!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

1. Gunakan Fitur Bawaan Android

Android memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke menu “Settings” di HP Anda dan mencari opsi “Apps” atau “Applications”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu klik “Disable” atau “Turn Off”. Aplikasi tersebut akan hilang dari daftar aplikasi di HP Anda, tetapi masih ada di dalam HP.

Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang juga menggunakan HP Anda. Namun, Anda harus berhati-hati karena aplikasi yang dinonaktifkan mungkin tidak berfungsi dengan baik atau bahkan dapat merusak sistem operasi HP Anda.

Untuk mengaktifkan kembali aplikasi yang sudah dinonaktifkan, Anda cukup kembali ke menu “Settings” dan mencari opsi “Apps” atau “Applications”. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin diaktifkan kembali dan klik “Enable” atau “Turn On”. Aplikasi tersebut akan kembali muncul di daftar aplikasi di HP Anda.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dengan lebih aman, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “App Hider” atau “Calculator Vault”. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi di HP Anda dan mengunci aplikasi tersebut dengan password atau pola yang hanya Anda yang tahu.

Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi yang sangat penting atau rahasia dari orang lain. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi pihak ketiga karena tidak semua aplikasi tersebut aman atau dapat diandalkan.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda cukup mengunduh aplikasi tersebut dari Play Store, lalu menginstalnya di HP Anda. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk menyembunyikan dan mengunci aplikasi di HP Anda.

3. Ubah Nama Aplikasi

Cara lain untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda adalah dengan mengubah nama aplikasi tersebut. Anda dapat mengganti nama aplikasi dengan nama yang tidak mencurigakan atau bahkan menyerupai nama aplikasi lain.

Cara ini cukup efektif untuk menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang tidak tahu persis nama aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Namun, cara ini tidak akan berhasil jika orang lain mengetahui nama aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Untuk mengubah nama aplikasi, Anda cukup menahan ikon aplikasi tersebut selama beberapa detik, lalu pilih opsi “Rename” atau “Edit Name”. Setelah itu, ganti nama aplikasi tersebut dengan nama yang Anda inginkan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Unroot Android - Panduan Lengkap

4. Buat Folder Tersembunyi

Cara lain untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda adalah dengan membuat folder tersembunyi. Anda dapat membuat folder tersembunyi di layar utama HP Anda atau di dalam folder lain yang sudah ada di HP Anda.

Cara ini cukup efektif untuk menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang tidak tahu persis lokasi folder tersembunyi yang Anda buat. Namun, cara ini juga tidak akan berhasil jika orang lain mengetahui lokasi folder tersembunyi yang Anda buat.

Untuk membuat folder tersembunyi di layar utama HP Anda, Anda cukup menahan ikon aplikasi tersebut selama beberapa detik, lalu seret ikon aplikasi tersebut ke atas ikon aplikasi lain yang ingin Anda masukkan ke dalam folder tersembunyi. Setelah itu, buat nama untuk folder tersembunyi tersebut dan simpan perubahan.

Untuk membuat folder tersembunyi di dalam folder lain di HP Anda, Anda cukup buka folder yang ingin Anda gunakan, lalu seret ikon aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke dalam folder tersebut. Setelah itu, keluar dari folder tersebut dan masuk kembali ke folder tersebut. Anda akan melihat bahwa ikon aplikasi yang Anda sembunyikan sudah berada di dalam folder tersembunyi yang baru Anda buat.

5. Gunakan Fitur Kunci Layar

Jika HP Anda memiliki fitur kunci layar, Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke dalam daftar aplikasi yang tidak boleh diakses dari layar kunci.

Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang mencoba mengakses HP Anda saat Anda tidak ada di dekat HP Anda. Namun, Anda harus berhati-hati karena fitur ini hanya akan bekerja jika HP Anda dalam keadaan terkunci.

Untuk mengaktifkan fitur kunci layar, Anda cukup masuk ke menu “Settings” di HP Anda dan mencari opsi “Security”. Setelah itu, pilih opsi “Screen Lock” atau “Lock Screen”, lalu pilih jenis kunci layar yang ingin Anda gunakan dan atur pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Gunakan Fitur Private Mode

Jika HP Anda memiliki fitur Private Mode, Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke dalam mode private.

Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang memiliki akses ke HP Anda. Namun, Anda harus berhati-hati karena fitur ini hanya akan bekerja jika Anda sudah mengaktifkan mode private di HP Anda.

Untuk mengaktifkan fitur private mode, Anda cukup masuk ke menu “Settings” di HP Anda dan mencari opsi “Private Mode” atau “Secure Folder”. Setelah itu, aktifkan fitur private mode dan masukkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke dalam mode private.

7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara yang cukup populer untuk menyembunyikan aplikasi di HP Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menyembunyikan aplikasi di HP Android antara lain Nova Launcher, Apex Launcher, dan Go Launcher. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda dengan cara yang cukup mudah dan efektif.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang Anda inginkan, lalu menginstalnya di HP Anda. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi untuk menyembunyikan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Hidden Aplikasi di Android: Mengungkap Fitur Tersembunyi dengan Mudah

8. Gunakan Aplikasi Kalkulator Tersembunyi

Jika HP Anda memiliki aplikasi kalkulator bawaan, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan fitur kalkulator tersembunyi yang ada di dalam aplikasi kalkulator tersebut.

Fitur kalkulator tersembunyi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan aplikasi di dalam kalkulator dan mengakses aplikasi tersebut hanya dengan memasukkan kode tertentu pada kalkulator. Fitur ini cukup berguna jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang tidak tahu cara mengakses fitur kalkulator tersembunyi di HP Anda.

Untuk menggunakan fitur kalkulator tersembunyi di HP Anda, pertama-tama buka aplikasi kalkulator bawaan di HP Anda. Setelah itu, ketuk ikon titik tiga di sudut kanan atas kalkulator, lalu pilih opsi untuk mengakses fitur kalkulator tersembunyi. Setelah itu, masukkan kode yang Anda inginkan untuk mengakses aplikasi yang ingin Anda sembunyikan di dalam kalkulator tersebut.

9. Gunakan Aplikasi Pengunci Aplikasi

Jika HP Anda tidak memiliki fitur kunci layar atau private mode, Anda dapat menggunakan aplikasi pengunci aplikasi sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Ada banyak aplikasi pengunci aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda gunakan untuk mengunci aplikasi di HP Anda.

Beberapa aplikasi pengunci aplikasi yang populer antara lain AppLock, Smart AppLock, dan Norton App Lock. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi yang ingin Anda sembunyikan di HP Anda dengan menggunakan password atau PIN.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi pengunci aplikasi yang Anda inginkan, lalu menginstalnya di HP Anda. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Setelah itu, atur pengaturan pengunci aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Gunakan Aplikasi Pembatas Waktu

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang sering meminjam HP Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pembatas waktu sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Aplikasi pembatas waktu memungkinkan Anda untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi tertentu di HP Anda.

Beberapa aplikasi pembatas waktu yang populer antara lain Digital Wellbeing, Stay Focused, dan Offtime. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi tertentu di HP Anda, sehingga aplikasi tersebut akan otomatis tertutup setelah waktu yang ditentukan habis.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi pembatas waktu yang Anda inginkan, lalu menginstalnya di HP Anda. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan mengatur waktu penggunaan aplikasi tersebut.

11. Gunakan Folder Tersembunyi

Anda juga dapat menggunakan folder tersembunyi sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Android Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat folder baru di HP Anda dan menyembunyikan folder tersebut dari tampilan utama.

Untuk membuat folder tersembunyi di HP Anda, pertama-tama buat folder baru di HP Anda dan pindahkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke dalam folder tersebut. Setelah itu, ubah nama folder menjadi nama yang tidak mencurigakan, misalnya “Dokumen” atau “File Saya”.

Setelah itu, untuk menyembunyikan folder dari tampilan utama, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Nova Launcher atau Apex Launcher. Buka aplikasi tersebut dan pilih opsi untuk menyembunyikan folder yang telah Anda buat.

12. Gunakan Mode Tamu

Jika HP Anda memiliki fitur mode tamu, Anda dapat menggunakan fitur ini sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Fitur mode tamu memungkinkan Anda untuk membuat profil pengguna terpisah di HP Anda, sehingga orang lain tidak dapat mengakses aplikasi yang ada di dalam profil Anda.

🔴 BACA JUGA:  Rekomendasi 13 Hp Extended RAM vivo Terbaru Tahun 2023, Ponsel Jadi Super Lega

Untuk menggunakan fitur mode tamu di HP Anda, pertama-tama buka pengaturan HP Anda dan cari opsi untuk mode tamu. Setelah itu, aktifkan fitur mode tamu dan buat profil pengguna baru dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Setelah itu, Anda dapat memindahkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke dalam profil tamu tersebut. Ketika orang lain meminjam HP Anda, Anda dapat memilih untuk masuk ke dalam mode tamu sehingga mereka tidak dapat mengakses aplikasi yang ada di dalam profil Anda.

13. Gunakan Aplikasi Private Mode

Jika HP Anda memiliki fitur private mode, Anda dapat menggunakan fitur ini sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Fitur private mode memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan aplikasi tertentu di HP Anda dengan cara yang aman dan tersembunyi.

Untuk menggunakan fitur private mode di HP Anda, pertama-tama buka pengaturan HP Anda dan cari opsi untuk private mode. Setelah itu, aktifkan fitur private mode dan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan di dalam mode tersebut.

Ketika private mode aktif, aplikasi yang telah Anda pilih akan tersembunyi dari tampilan utama HP Anda dan hanya dapat diakses ketika private mode aktif. Anda juga dapat mengatur kunci sandi untuk private mode, sehingga hanya Anda yang dapat mengakses aplikasi yang ada di dalam mode tersebut.

14. Gunakan Aplikasi Pengunci Aplikasi

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang sering meminjam HP Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pengunci aplikasi sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Aplikasi pengunci aplikasi memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi tertentu di HP Anda sehingga hanya Anda yang dapat membuka dan mengakses aplikasi tersebut.

Beberapa aplikasi pengunci aplikasi yang populer antara lain AppLock dan Norton App Lock. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi tertentu di HP Anda dengan menggunakan kunci sandi atau pola kunci.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi pengunci aplikasi yang Anda inginkan, buka aplikasi tersebut dan pilih aplikasi yang ingin Anda kunci. Anda dapat menggunakan kunci sandi atau pola kunci untuk mengunci aplikasi tersebut.

15. Gunakan Aplikasi Kloning

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang sering meminjam HP Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi kloning sebagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Aplikasi kloning memungkinkan Anda untuk membuat salinan aplikasi tertentu di HP Anda sehingga Anda dapat memiliki dua aplikasi yang sama di HP Anda.

Beberapa aplikasi kloning yang populer antara lain Parallel Space, Dual Space, dan 2Accounts. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat salinan aplikasi tertentu di HP Anda sehingga Anda dapat memiliki dua akun yang berbeda untuk aplikasi yang sama.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi kloning yang Anda inginkan, buka aplikasi tersebut dan pilih aplikasi yang ingin Anda klone. Anda dapat mengatur akun yang berbeda untuk aplikasi tersebut di dalam aplikasi kloning yang telah Anda buat.

Kesimpulan

Itulah 15 cara menyembunyikan aplikasi di HP Android yang sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan salah satu atau beberapa cara di atas, Anda dapat menyembunyikan aplikasi dari orang lain yang sering meminjam HP Anda.

Sebagai catatan, penting untuk diingat bahwa menyembunyikan aplikasi bukanlah cara yang aman untuk melindungi privasi Anda. Jika Anda ingin benar-benar melindungi privasi Anda, disarankan untuk menggunakan kunci sandi atau pola kunci untuk mengamankan HP Anda dan tidak meminjamkan HP Anda kepada orang yang tidak dikenal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!