4 Cara Menambahkan Lagu di Instagram Story Android

Instagram Story telah menjadi salah satu fitur yang sangat populer di platform media sosial Instagram. Dengan Instagram Story, pengguna dapat berbagi momen sehari-hari mereka dalam bentuk gambar, video, atau teks yang bersifat sementara selama 24 jam. Salah satu fitur menarik dalam Instagram Story adalah kemampuannya untuk menambahkan musik atau lagu sebagai latar belakang dalam cerita.

Bagi pengguna Android, menambahkan lagu di Instagram Story dapat menjadi cara yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan konten cerita mereka. Lagu dapat memberikan suasana yang lebih hidup, meningkatkan daya tarik, dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi para pengikut. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara menambahkan lagu di Instagram Story Android, berikut adalah 4 cara yang bisa kamu coba.

Cara Menambahkan Lagu di Instagram Story Android

1: Menggunakan Fitur Musik di Instagram Story

Instagram Story adalah salah satu fitur populer di platform media sosial Instagram yang memungkinkan pengguna untuk berbagi cerita dalam bentuk foto atau video yang hanya aktif selama 24 jam. Salah satu cara untuk membuat Instagram Storymu lebih menarik dan interaktif adalah dengan menambahkan lagu di dalamnya. Berikut adalah 3 cara untuk menambahkan lagu di Instagram Story Android:

  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Androidmu.
  2. Pilih ikon kamera di pojok kiri atas layar untuk membuat Instagram Story baru.
  3. Ambil atau pilih foto atau video yang ingin kamu tambahkan di Instagram Story.
  4. Swipe ke atas untuk membuka fitur sticker.
  5. Pilih opsi “Music” di antara stiker-stiker yang tersedia.
  6. Cari lagu yang ingin kamu tambahkan di Instagram Story dengan menggunakan fitur pencarian.
  7. Pilih lagu yang kamu inginkan dari hasil pencarian.
  8. Pilih potongan lagu yang ingin kamu gunakan di Instagram Story, maksimal 15 detik.
  9. Atur posisi dan ukuran stiker musik di dalam cerita sesuai keinginanmu.
  10. Posting Instagram Storymu dengan lagu yang sudah ditambahkan.

Fitur Musik di Instagram Story memungkinkan kamu untuk menambahkan lagu dari berbagai genre, artis, atau album yang tersedia dalam database musik Instagram. Kamu juga bisa mengatur potongan lagu yang ingin ditampilkan dalam Instagram Storymu sesuai keinginanmu. Dengan menambahkan musik di Instagram Story, kamu bisa membuat cerita yang lebih menarik dan mengekspresikan mood atau suasana hati kamu dengan lagu yang kamu sukai.

2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur Musik di Instagram Story, kamu juga bisa menambahkan lagu di Instagram Story Android menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah 3 aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan:

  1. Spotify: Spotify adalah salah satu aplikasi streaming musik terpopuler yang memungkinkan kamu untuk membuat playlist musik favoritmu. Kamu bisa memilih lagu dari Spotify dan membagikannya di Instagram Storymu dengan memilih opsi “Share” di Spotify dan memilih Instagram Story sebagai opsi berbagi. Setelah itu, kamu bisa mengatur potongan lagu yang ingin ditampilkan di Instagram Storymu dan memposting cerita dengan lagu yang sudah ditambahkan.
  2. SoundCloud: SoundCloud adalah platform streaming musik yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan berbagi lagu mereka. Kamu bisa mencari lagu di SoundCloud, membagikannya di Instagram Storymu dengan memilih opsi “Share” di SoundCloud, dan memilih Instagram Story sebagai opsi berbagi. Kemudian, kamu bisa mengatur potongan lagu yang ingin ditampilkan dalam cerita dan memposting Instagram Storymu dengan lagu yang sudah ditambahkan.
  3. Storybeat: Storybeat adalah aplikasi yang dikhususkan untuk menambahkan musik di Instagram Story. Kamu bisa mengunduh aplikasi Storybeat dari Play Store, memilih lagu dari koleksi musik dalam aplikasi, dan mengatur potongan lagu yang ingin ditampilkan dalam Instagram Storymu. Setelah itu, kamu bisa menyimpan cerita dalam format video dan mempostingnya di Instagram Story.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Instal Android Studio: Panduan Lengkap untuk Pemula

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu memiliki lebih banyak pilihan lagu yang bisa ditambahkan di Instagram Storymu. Selain itu, kamu juga bisa lebih fleksibel dalam mengatur potongan lagu yang ingin ditampilkan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga mungkin memerlukan izin akses ke akun media sosialmu dan harus digunakan dengan bijaksana.

3: Tips dan Trik dalam Menambahkan Lagu di Instagram Story Android

Agar pengalaman menambahkan lagu di Instagram Story Androidmu lebih lancar, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba:

  • Pilih lagu yang sesuai: Pastikan lagu yang kamu pilih sesuai dengan konten Instagram Storymu dan sesuai dengan mood atau tema cerita yang ingin kamu sampaikan. Lagu yang tepat dapat membuat cerita menjadi lebih menarik dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penontonmu.
  • Potong lagu dengan bijaksana: Instagram Story memiliki batasan waktu maksimal 15 detik untuk setiap potongan lagu. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih potongan lagu yang sesuai dan dapat memberikan pesan yang ingin kamu sampaikan dalam batasan waktu tersebut. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur potongan lagu yang ingin ditampilkan dengan lebih detail.
  • Gunakan stiker musik dengan kreatif: Setelah menambahkan lagu di Instagram Story, kamu bisa mengatur posisi dan ukuran stiker musik di dalam cerita. Cobalah untuk menggunakan stiker musik dengan kreatif, seperti menggabungkan dengan stiker lain, mengatur posisi stiker musik yang unik, atau mengatur transparansi stiker musik untuk membuat cerita lebih menarik dan unik.
  • Perhatikan hak cipta: Pastikan lagu yang kamu tambahkan di Instagram Storymu tidak melanggar hak cipta atau aturan penggunaan lagu. Hindari menggunakan lagu yang melanggar hak cipta atau mengunduh lagu secara ilegal. Kamu bisa menggunakan lagu-lagu yang sudah tersedia di perpustakaan musik dalam fitur Instagram Story atau menggunakan lagu dari sumber yang sah, seperti Spotify, Apple Music, atau SoundCloud yang memiliki lisensi resmi untuk digunakan di platform media sosial.
  • Gunakan lagu yang populer atau relevan: Lagu-lagu yang sedang populer atau relevan dengan tren saat ini bisa membuat cerita Instagram Storymu lebih menarik dan menarik perhatian para pengikutmu. Kamu bisa menjelajahi playlist musik terpopuler atau mengikuti tren musik di media sosial untuk menemukan lagu yang sesuai dengan konten ceritamu.
  • Eksplorasi variasi lagu: Selain lagu-lagu populer, kamu juga bisa eksplorasi variasi lagu untuk menghadirkan variasi dalam cerita Instagram Storymu. Cobalah untuk mencampurkan berbagai genre musik, lagu-lagu instrumental, atau remix yang menarik untuk memberikan nuansa yang unik dalam ceritamu.
  • Gunakan fitur musik Instagram Story dengan bijaksana: Instagram Story menyediakan berbagai fitur musik, seperti stiker musik, lirik, dan pemilihan potongan lagu. Gunakan fitur-fitur ini dengan bijaksana untuk meningkatkan pengalaman menonton para pengikutmu. Misalnya, kamu bisa menambahkan lirik lagu yang relevan dengan ceritamu atau mengatur pemilihan potongan lagu yang sesuai untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi para penontonmu.
  • Uji coba sebelum memposting: Sebelum memposting cerita Instagram Story dengan lagu, pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Periksa apakah lagu telah ditambahkan dengan benar, potongan lagu sesuai, dan stiker musik atau lirik telah diatur dengan baik. Hal ini akan membantu kamu memastikan bahwa cerita Instagram Storymu tampil dengan baik dan memberikan pengalaman terbaik bagi para pengikutmu.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melihat Nomor HP di Android

4: Inspirasi Penggunaan Lagu di Instagram Story Android

Jika kamu masih bingung atau ingin mendapatkan inspirasi tentang cara kreatif untuk menggunakan lagu di Instagram Story Android, berikut adalah beberapa ide yang bisa kamu coba:

  1. Menambahkan lagu di cerita perjalanan: Jika kamu sedang berlibur atau melakukan perjalanan, kamu bisa menambahkan lagu yang sesuai dengan suasana perjalananmu di cerita Instagram Story. Misalnya, jika kamu berada di pantai, kamu bisa menambahkan lagu yang berirama santai atau lagu dengan tema pantai untuk memberikan nuansa yang lebih hidup dalam ceritamu.
  2. Menggunakan lagu sebagai latar belakang dalam cerita harian: Kamu bisa menggunakan lagu sebagai latar belakang dalam cerita harianmu di Instagram Story. Misalnya, saat kamu sedang memasak, kamu bisa menambahkan lagu yang sesuai dengan suasana memasakmu untuk memberikan nuansa yang lebih hidup dalam cerita memasakmu.
  3. Menambahkan lagu di cerita olahraga:
    Jika kamu suka berolahraga atau membagikan rutinitas olahraga kamu di Instagram Story, kamu bisa menambahkan lagu yang sesuai untuk menambahkan semangat dan energi dalam cerita olahragamu. Misalnya, kamu bisa menambahkan lagu dengan tempo yang cepat atau lagu-lagu yang memiliki lirik yang menginspirasi untuk meningkatkan motivasi dalam olahragamu.
  4. Menggunakan lagu sebagai pengiring dalam cerita kreatif: Kamu bisa menggunakan lagu sebagai pengiring dalam cerita kreatifmu di Instagram Story. Misalnya, jika kamu sedang membuat stop motion, kamu bisa menambahkan lagu dengan tempo yang cocok untuk menghadirkan suasana yang lebih hidup dalam cerita stop motionmu. Atau jika kamu sedang membuat cerita perjalanan waktu, kamu bisa memilih lagu yang sesuai dengan era yang ingin kamu ceritakan untuk memberikan nuansa yang lebih autentik dalam ceritamu.
  5. Menambahkan lagu di cerita promosi atau bisnis: Jika kamu menggunakan Instagram Story untuk promosi atau membangun bisnis, menambahkan lagu yang relevan dapat membantu meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengikutmu. Misalnya, kamu bisa menambahkan lagu yang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu promosikan, atau lagu yang mencerminkan brand image atau nilai-nilai bisnismu.
  6. Menggunakan lagu dalam cerita penghargaan atau perayaan: Jika kamu ingin berbagi penghargaan atau perayaan dalam cerita Instagram Story, menambahkan lagu yang sesuai dapat memberikan sentuhan emosional dan memperkuat pesan yang ingin kamu sampaikan. Misalnya, kamu bisa memilih lagu yang memiliki lirik yang menginspirasi atau lagu yang mencerminkan perasaan syukur atau kebahagiaanmu dalam ceritamu.
🔴 BACA JUGA:  7 Cara Upgrade Versi Android

Kesimpulan

Menambahkan lagu di Instagram Story Android dapat menjadi cara yang kreatif dan menarik untuk menghadirkan konten yang menarik bagi pengikutmu. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat dengan mudah menambahkan lagu di cerita Instagram Storymu dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penontonmu.

Ingatlah untuk selalu menggunakan lagu yang sah dan memiliki lisensi untuk digunakan di media sosial, dan mengikuti panduan dan peraturan yang berlaku di Instagram terkait penggunaan musik. Selain itu, pastikan juga untuk memilih lagu yang relevan, menggunakan fitur musik Instagram Story dengan bijaksana, dan melakukan uji coba sebelum memposting cerita Instagram Story dengan lagu.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu yang ingin menambahkan lagu di Instagram Story Android. Dengan menggunakan lagu yang sesuai, kamu dapat meningkatkan kreativitas dan daya tarik cerita Instagram Storymu, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengikutmu. Selamat mencoba!