4 Cara Mengembalikan Data Backup Android

Selamat datang di artikel ini! Jika Anda pernah kehilangan data penting di perangkat Android Anda, Anda pasti tahu betapa frustasinya itu. Namun, jangan khawatir, karena kami telah menyusun  cara yang dapat membantu Anda mengembalikan data backup Android Anda dengan mudah dan cepat. Simak terus artikel ini untuk mengetahui solusi-solusi yang dapat Anda gunakan.

Data yang hilang bisa menjadi masalah besar bagi pengguna Android, terutama jika itu berisi foto kenangan, pesan penting, atau file penting lainnya. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang langkah-langkah yang perlu diambil, Anda dapat mengembalikan data backup Android Anda dalam waktu singkat. Mari kita mulai dengan melihat  cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengembalikan Data Backup Android

1. Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan awan yang paling populer untuk pengguna Android. Selain menyimpan file Anda, Google Drive juga menyediakan fitur pencadangan data otomatis. Jadi, jika Anda telah mengaktifkan fitur pencadangan, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data Anda dari salinan cadangan tersebut. Cukup unduh aplikasi Google Drive, masuk dengan akun Anda, dan pilih file yang ingin Anda pulihkan.

Selain itu, Google Drive juga memiliki fitur Sinkronisasi Google yang memungkinkan Anda menyinkronkan data penting dari perangkat Android Anda secara otomatis. Jadi, pastikan fitur ini diaktifkan untuk memastikan data Anda selalu aman dan dapat diakses melalui perangkat lain.

Jika Anda belum mengaktifkan fitur pencadangan Google Drive, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Sistem” atau “Pengelolaan Umum” (tergantung pada versi Android Anda).
  3. Pilih “Cadangkan” atau “Cadangkan & Setel Ulang”.
  4. Aktifkan opsi “Cadangkan ke Google Drive”.
🔴 BACA JUGA:  13 Cara Menggunakan Inpods 12 di Android

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain Google Drive, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan data backup Android. Beberapa aplikasi populer termasuk EaseUS MobiSaver, Dr.Fone, dan DiskDigger. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fitur yang kuat untuk memulihkan data yang hilang, termasuk foto, video, pesan, kontak, dan banyak lagi. Anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi-aplikasi ini melalui Google Play Store.

Namun, berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat Anda ikuti saat menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga:

Unduh dan instal aplikasi pemulihan data pilihan Anda melalui Google Play Store.
Buka aplikasi tersebut dan berikan izin yang diperlukan.
Pilih jenis data yang ingin Anda pulihkan, seperti foto, video, pesan, atau kontak.
Pilih lokasi penyimpanan yang ingin Anda periksa, seperti memori internal atau kartu SD eksternal.
Tunggu hingga aplikasi memindai perangkat Anda untuk mencari data yang hilang.
Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan.
Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan tekan tombol pulihkan.
Tunggu proses pemulihan selesai dan pastikan untuk menyimpan file yang dipulihkan di lokasi yang aman.
Perlu diingat bahwa setiap aplikasi pemulihan data mungkin memiliki antarmuka yang sedikit berbeda dan fitur tambahan yang unik. Jadi, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan aplikasi yang Anda gunakan untuk memperoleh hasil terbaik.

3. Menggunakan Perangkat Lunak PC

Selain menggunakan aplikasi di perangkat Android Anda, Anda juga dapat memulihkan data backup menggunakan perangkat lunak pemulihan data yang diinstal di komputer Anda. Beberapa perangkat lunak populer untuk pemulihan data termasuk Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan R-Studio.

Untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan data di komputer, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal perangkat lunak pemulihan data pilihan Anda di komputer Anda.
  2. Sambungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  3. Buka perangkat lunak pemulihan data dan pilih perangkat Android yang terhubung.
  4. Pilih jenis data yang ingin Anda pulihkan.
  5. Tentukan lokasi penyimpanan yang ingin Anda periksa, seperti memori internal atau kartu SD.
  6. Mulai proses pemindaian dan tunggu hingga selesai.
  7. Setelah pemindaian selesai, perangkat lunak akan menampilkan file yang dapat dipulihkan.
  8. Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan pilih lokasi penyimpanan yang aman untuk menyimpannya.
  9. Tunggu proses pemulihan selesai dan pastikan untuk menyimpan file yang dipulihkan di tempat yang aman.
🔴 BACA JUGA:  Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

4. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua upaya pemulihan data Anda tidak berhasil atau jika data yang hilang sangat penting bagi Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi layanan pemulihan data profesional. Perusahaan pemulihan data terlatih dan berpengalaman dapat menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak khusus untuk memulihkan data yang hilang dengan tingkat keberhasilan tinggi. Namun, perlu diingat bahwa layanan pemulihan data profesional biasanya cukup mahal, tergantung pada tingkat kerumitan dan ukuran data yang akan dipulihkan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan pemulihan data profesional, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Cari dan pilih perusahaan pemulihan data yang terpercaya dan berpengalaman. Pastikan untuk membaca ulasan dan referensi sebelum membuat keputusan.

Hubungi perusahaan tersebut dan jelaskan situasi Anda dengan detail. Mereka akan memberikan informasi lebih lanjut tentang proses, estimasi biaya, dan waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan data.

Jika Anda setuju dengan syarat dan biaya yang ditawarkan, Anda dapat mengirimkan perangkat Android Anda ke perusahaan pemulihan data tersebut. Pastikan untuk mengemas dengan baik dan melindungi perangkat Anda selama pengiriman.

Setelah perangkat Anda diterima, teknisi akan melakukan analisis lebih lanjut untuk menentukan tingkat keberhasilan pemulihan data.

Jika data dapat dipulihkan, perusahaan akan mengembalikan data tersebut dalam format yang sesuai, seperti drive eksternal atau melalui unduhan online yang aman.

Pastikan untuk menyimpan data yang dipulihkan di tempat yang aman dan membuat cadangan reguler di masa mendatang untuk menghindari kehilangan data yang serupa.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas  cara untuk mengembalikan data backup Android Anda. Mulai dari menggunakan Google Drive, aplikasi pemulihan data pihak ketiga, perangkat lunak PC, hingga menghubungi layanan pemulihan data profesional, Anda memiliki beberapa opsi untuk mengatasi masalah kehilangan data di perangkat Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Kompres Foto di Android Tanpa Aplikasi

Ingatlah pentingnya membuat cadangan secara teratur dan mengaktifkan fitur pencadangan otomatis di perangkat Anda. Dengan langkah-langkah yang tepat dan kesabaran, Anda dapat memulihkan data backup Android Anda dengan sukses.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah kehilangan data di perangkat Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil!