5 Aturan Sederhana Tentang Keamanan Siber Untuk Perangkat Komputer Anda di Rumah

5 Aturan Sederhana Tentang Keamanan Siber Untuk Perangkat Komputer Anda di Rumah. Banyak yang telah ditulis tentang perlindungan keamanan siber bagi mereka yang bekerja dari tempat yang jauh.

Sementara pekerja jarak jauh perlu menyadari dan menyadari langkah-langkah perlindungan data di jaringan bisnis perusahaan mereka, ini juga berlaku untuk mereka yang menggunakan perangkat mereka terutama di waktu luang mereka.

Mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan seharusnya tidak rumit. Bahkan, siapa pun dapat mengambil banyak langkah sederhana untuk mencegah mereka menjadi korban kejahatan dunia maya di rumah mereka sendiri.

Cara menghindari dan mencegah kejahatan siber

1. Gunakan kata sandi yang lebih panjang

Banyak orang menggunakan kata sandi yang pendek dan mudah diingat. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, kata sandi yang sederhana dan tidak dapat diandalkan adalah salah satu cara paling umum untuk membuat diri Anda rentan terhadap serangan siber.

Juga mudah untuk memecahkan kata sandi yang mudah diingat.

Aturan dasarnya adalah selalu menggunakan kata sandi yang merupakan campuran huruf besar dan kecil, serta angka. Satu atau dua karakter dapat ditambahkan untuk keamanan tambahan. Juga, hindari godaan untuk menuliskan semua kata sandi Anda.

2. Buat kata sandi yang berbeda untuk akun yang berbeda

Sebagian besar dari kita yang harus disalahkan ketika kita menggunakan akun yang sama di beberapa akun. Menggunakan kata sandi yang berbeda membuat sangat sulit bagi pencuri dunia maya untuk mencoba mengakses satu atau lebih akun Anda.

🔴 BACA JUGA:  Cara Merakit Komputer dengan Mudah: Panduan Lengkap

Kata sandi juga perlu diubah secara berkala. Jika kata sandi dicuri, ini akan membantu mengurangi kerusakan karena peretas tidak akan dapat mengakses akun Anda yang lain.

3. Hindari memposting informasi sensitif di jejaring sosial

Banyak orang tanpa sadar mengungkapkan informasi pribadi atau rahasia di jejaring sosial mereka. Sesuatu yang sederhana seperti memposting foto saat Anda sedang berlibur dapat menyebabkan seseorang masuk ke rumah Anda.

Akun media sosial harus dirahasiakan sehingga hanya teman dan keluarga tepercaya yang dapat melihat pesan Anda. Jangan pernah menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak Anda kenal, dan berhati-hatilah dengan akun duplikat.

Waspadalah terhadap teman yang mengirimi Anda pesan langsung dengan tautan aneh atau permintaan uang. Jika perilaku mereka tampak tidak wajar atau gaya komunikasi mereka tampak berbeda, peretas dapat memperoleh akses ke akun mereka.

4. Lebih bijaksana dalam menerima hak istimewa aplikasi

Saat aplikasi baru dipasang di ponsel Anda, aplikasi tersebut akan sering meminta Anda untuk mengakses hak istimewa tertentu, seperti lokasi Anda.

Pengumpulan data ini mungkin diperlukan untuk kinerja aplikasi, tetapi beberapa aplikasi kurang dapat diandalkan. Berikan perhatian khusus pada aplikasi yang lebih kecil dan kurang umum.

Sebelum memberikan hak istimewa secara otomatis, pertimbangkan logika permintaan. Jika tidak, jangan biarkan. Hak istimewa berbagi lokasi sangat berbahaya karena dapat mengungkapkan keberadaan Anda kepada siapa pun di Internet.

5. Lakukan pendekatan proaktif dengan perangkat lunak antivirus

Perangkat lunak antivirus yang andal harus diinstal di semua perangkat. Virus dapat memasuki komputer Anda dengan berbagai cara, dan program antivirus yang baik melindungi Anda dari virus tersebut. Tujuannya bukan untuk merusak sistem Anda kecuali jika terdeteksi.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Komik Digital di Android

Perangkat lunak perlu diperbarui untuk melindungi dari semua ancaman digital terbaru. Ini termasuk tidak membiarkan perangkat dalam mode siaga untuk waktu yang lama.

Sebaliknya, Anda harus me-restart dan memperbarui komputer Anda secara teratur. Hal ini memungkinkan penyedia perangkat lunak untuk memperbarui kemungkinan kelemahan dalam sistem mereka dan menambahkan tingkat perlindungan tertinggi untuk menjaga keamanan siber yang optimal.

Menciptakan serangkaian tindakan pencegahan keamanan siber akan melindungi Anda dan keluarga, kolega, dan atasan Anda. Serangan siber dapat terjadi kapan saja, dan kesalahan yang tidak disengaja sudah cukup untuk menyebabkan masalah serius.