5 Cara Keluar dari Fastboot Mode Android

Fastboot mode adalah mode pemulihan di perangkat Android yang memungkinkan pengguna untuk mem-flash firmware, menginstal pemulihan kustom, dan melakukan perubahan lain pada perangkat. Namun, terkadang pengguna dapat terjebak dalam mode ini dan bingung bagaimana cara keluar dari fastboot mode. Artikel ini akan memberikan 5 cara yang dapat Anda coba untuk keluar dari fastboot mode Android dengan mudah.

Cara Keluar dari Fastboot Mode Android

Cara 1: Melepas Baterai

Salah satu cara paling sederhana untuk keluar dari fastboot mode adalah dengan melepas baterai perangkat Anda. Hal ini akan mematikan perangkat sepenuhnya dan mengembalikannya ke kondisi normal saat Anda menghidupkannya kembali. Namun, perhatikan bahwa tidak semua perangkat Android memiliki baterai yang dapat dilepas, jadi pastikan Anda mengetahui jenis perangkat yang Anda miliki sebelum mencoba metode ini.

Jika perangkat Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, langkah pertama adalah mematikan perangkat. Setelah itu, lepaskan penutup belakang perangkat dan keluarkan baterai. Biarkan perangkat istirahat selama beberapa detik, lalu masukkan kembali baterai dengan benar. Terakhir, nyalakan perangkat seperti biasa, dan seharusnya sudah keluar dari fastboot mode.

Jika perangkat Anda tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, jangan khawatir. Masih ada cara lain yang bisa Anda coba untuk keluar dari fastboot mode.

Cara 2: Menggunakan Kombinasi Tombol

Banyak perangkat Android memiliki kombinasi tombol tertentu yang dapat Anda gunakan untuk keluar dari fastboot mode. Tombol yang harus Anda tekan mungkin bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Berikut adalah kombinasi tombol umum yang dapat Anda coba:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Daftar M-Banking BRI Lewat HP Android

1. Tekan dan tahan tombol daya + volume turun secara bersamaan selama beberapa detik hingga perangkat mati. Setelah itu, nyalakan kembali perangkat seperti biasa.

2. Tekan dan tahan tombol daya + volume naik secara bersamaan selama beberapa detik hingga perangkat restart. Perangkat harus keluar dari fastboot mode setelah restart.

3. Tekan dan tahan tombol daya + volume turun + tombol home (jika ada) secara bersamaan selama beberapa detik hingga perangkat mati. Setelah itu, nyalakan kembali perangkat seperti biasa.

Cara 3: Melakukan Hard Reset

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba melakukan hard reset pada perangkat Anda untuk keluar dari fastboot mode. Harap dicatat bahwa proses hard reset akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data penting sebelum melanjutkan.

Langkah-langkah untuk melakukan hard reset dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Android Anda. Secara umum, Anda dapat mengikuti panduan berikut:

1. Matikan perangkat Anda sepenuhnya.

2. Tekan dan tahan kombinasi tombol daya + volume naik (atau tombol daya + volume turun) secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo perangkat atau menu pemulihan.

3. Gunakan tombol volume untuk menavigasi menu pemulihan dan pilih opsi “Wipe data/factory reset” atau serupa. Konfirmasikan pilihan dengan tombol daya.

4. Tunggu proses hard reset selesai. Setelah selesai, Anda akan kembali ke menu pemulihan.

5. Pilih opsi “Reboot system now” atau serupa untuk me-restart perangkat Anda.

Perangkat Anda seharusnya keluar dari fastboot mode setelah melakukan hard reset. Namun, perhatikan bahwa proses hard reset dapat berbeda untuk setiap perangkat, jadi disarankan untuk mencari panduan spesifik yang sesuai dengan merek dan model perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Copy Paste Tulisan Arab di Android

Cara 4: Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih lanjut tentang Android dan memiliki akses ke komputer, Anda dapat mencoba menggunakan ADB (Android Debug Bridge) untuk keluar dari fastboot mode. ADB adalah utilitas yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan perangkat Android melalui koneksi USB dari komputer Anda.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan ADB:

1. Pastikan Anda telah menginstal driver USB yang diperlukan untuk perangkat Android Anda di komputer. Anda dapat mencarinya di situs web produsen perangkat atau melalui sumber daya online lainnya.

2. Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

3. Buka Command Prompt (Windows) atau Terminal (Mac/Linux) di komputer Anda.

4. Ketik perintah berikut untuk memeriksa apakah perangkat Anda terdeteksi:

Copy code
adb devices

Jika perangkat Anda terdaftar, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, Anda mungkin perlu memperbaiki masalah koneksi atau menginstal ulang driver USB.

5. Ketik perintah berikut untuk me-restart perangkat Anda dari fastboot mode:

Copy code
adb reboot

Perangkat Anda seharusnya mulai me-restart dan keluar dari fastboot mode. Jika perintah tersebut tidak berhasil, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

6. Ketik perintah berikut untuk mematikan perangkat Anda:
Copy code
adb reboot bootloader

Setelah perangkat Anda berada dalam mode bootloader, Anda dapat menggunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk memilih opsi yang sesuai. Pilih opsi “Reboot” atau “Reboot system” untuk me-restart perangkat Anda.

Perangkat Anda seharusnya keluar dari fastboot mode setelah melakukan langkah-langkah di atas menggunakan ADB.

Cara 5: Menghubungi Dukungan Pelanggan

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas namun masih tidak berhasil keluar dari fastboot mode, disarankan untuk menghubungi dukungan pelanggan resmi dari merek perangkat Android Anda. Mereka memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang produk mereka dan dapat memberikan panduan spesifik sesuai dengan masalah yang Anda alami.

🔴 BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Suara Vokal pada Video MP4 di Android

Hubungi pusat dukungan pelanggan atau kunjungi situs web resmi merek perangkat Android Anda untuk mendapatkan informasi kontak yang tepat. Sampaikan dengan jelas masalah yang Anda alami dan langkah-langkah yang telah Anda coba sebelumnya. Dengan begitu, mereka dapat membantu Anda menemukan solusi yang sesuai untuk keluar dari fastboot mode.

Penutup

Dalam penutup, terjebak dalam fastboot mode dapat menjadi pengalaman yang menyebalkan. Namun, dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk keluar dari fastboot mode dan mengembalikan perangkat Android Anda ke kondisi normal. Selalu ingat untuk berhati-hati dan mengikuti petunjuk dengan teliti saat melakukan tindakan pemulihan pada perangkat Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk keluar dari fastboot mode pada perangkat Android Anda!