5 Cara Untuk Mencegah Sindrom Penglihatan Komputer Saat Bekerja di Rumah

5 Cara Untuk Mencegah Sindrom Penglihatan Komputer Saat Bekerja di Rumah. Karena jumlah orang yang bekerja dari rumah terus bertambah, demikian pula waktu yang dihabiskan untuk bekerja dari jarak jauh di layar komputer.

Waktu ekstra yang dihabiskan di depan komputer, apakah itu desktop, tablet, e-reader, atau ponsel, menciptakan lebih banyak peluang untuk masalah mata. Ini dapat menyebabkan sindrom penglihatan komputer atau computer vision syndrome (CVS).

Perangkat yang tidak ditempatkan dengan benar dapat menyebabkan sindrom penglihatan komputer ini, mengakibatkan kekeringan, iritasi pada mata, kehilangan konsentrasi dan dapat berdampak negatif pada kualitas pekerjaan secara umum.

Ini terjadi karena beberapa alasan. Pertama, gerakan otot besar diperlukan untuk memastikan penglihatan yang jelas pada jarak kerja yang dekat. Dalam beberapa jam, sistem visual mengalami kelelahan otot.

Kedua, pekerjaan jarak dekat yang terus menerus juga membutuhkan konsentrasi dan dapat menyebabkan terowongan sensitif yang meningkatkan gangguan dan mengurangi perhatian.

Akhirnya, siapa pun yang bekerja di komputer akan merusak fungsi kedipan. Bulu mata menciptakan kelembapan dan merupakan bagian integral dari perawatan mata. Kedipan teratur terjadi sekitar 15 kali per menit.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa saat menggunakan komputer dan perangkat tampilan digital lainnya, kedipan hanya terjadi 5-7 kali per menit. Jika kelembaban pada permukaan mata rendah, mata bisa menjadi kusam, berair, dan terbakar.

Cara melawan sindrom penglihatan komputer dan menjaga kesehatan mata

1. Tempatkan area layar yang terlihat sedikit di bawah garis pandang

Jika Anda bermaksud ergonomis yang baik di desktop dan kursi Anda, komputer harus sedikit melihat ke bawah.

🔴 BACA JUGA:  12 Cara Mengetahui Versi Android

Lebih mudah untuk melihat ke bawah dengan ringan daripada berdiri atau berdiri.

Ini akan membantu menurunkan kelopak mata dan membantu menghilangkan kemungkinan angin kencang, terutama jika ruangan ber-AC. Membantu melindungi dari kekeringan. Selain itu, penempatan layar yang benar akan membantu menjaga kedua kaki tetap rata di tanah dan dalam kondisi baik.

2. Hilangkan atau kurangi kecerahan layar

Keracunan ringan atau ketidaknyamanan dapat terjadi akibat silau yang berlebihan. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan fungsi kerja normal.

Menempatkan folder di kepala Anda ketika Anda melihat terminal kerja adalah ujian yang baik. Jika folder mudah dibaca, pengguna mungkin mengalami masalah dalam hal ketidaknyamanan dan kecacatan.

Anda dapat mengurangi silau dengan menempatkan layar pada terminal komputer. Lapisan yang melindungi kacamata dari silau juga dapat membantu.

3. Minimalkan efek cahaya biru

Saat komputer menjadi lebih modern dan bergaya, mereka akan terkena cahaya biru. Jenis cahaya ini memiliki konsekuensi langsung, termasuk efek kesehatan makula jangka panjang yang membalikkan kemampuan mata untuk melihat 20-20 kali. Juga, cahaya biru dapat mengganggu siklus tidur. Filter dan pelapis membantu mengurangi efek cahaya biru.

4. Izinkan stasiun kerja untuk mengaktifkan penglihatan tepi

Stasiun kerja harus dibangun untuk memberikan stimulasi visual dari lingkungan atau aktivitas mata dalam penglihatan tepi. Penglihatan bekerja paling baik ketika dihadapkan dengan jenis rangsangan visual yang sama, mencegah orang lain melihat.

5. Istirahat

Untuk menghindari tekanan mata terkait komputer, pengguna harus memikirkan tentang mata untuk berkedip, menempatkan layar di tempat yang mereka perlukan, menghindari banyak layar dan segera beristirahat apabila mata sudah terasa capek.

Bangun, mungkin tangan, pergelangan tangan, leher dan punggung ke dalam cahaya atau panjang mata untuk mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Link di Android

Penutup

Itulah cara untuk mencegah sindrom penglihatan komputer saat bekerja. Apabila memang sudah merasa lelah matanya segeralah beristirahat.