6 Cara Memasang Subtitle di Android Tanpa Aplikasi

Apakah Anda sering menonton video atau film di ponsel Android Anda dan ingin menambahkan subtitle? Subtitle dapat membantu Anda memahami konten yang sedang Anda tonton, terutama jika itu dalam bahasa yang tidak Anda kuasai. Meskipun biasanya memerlukan aplikasi khusus untuk memasang subtitle di ponsel Android, dalam artikel ini kami akan membagikan 6 cara memasang subtitle di Android tanpa perlu mengunduh atau menggunakan aplikasi tambahan. Anda dapat dengan mudah menikmati video dengan subtitle yang diinginkan secara langsung dari perangkat Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Memasang Subtitle di Android Tanpa Aplikasi

Cara 1: Menggunakan File Subtitle Eksternal

Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda memiliki file subtitle yang kompatibel dengan video yang ingin Anda tonton di perangkat Android Anda. File subtitle biasanya memiliki ekstensi .srt, .sub, atau .sbv. Jika Anda tidak memiliki file subtitle, Anda dapat mencarinya secara online atau membuatnya sendiri menggunakan editor teks biasa seperti Notepad. Setelah Anda mendapatkan file subtitle, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, pastikan file subtitle dan video yang ingin Anda tonton berada dalam satu folder. Beri nama file subtitle dengan nama yang sama seperti file video, kecuali ekstensinya. Misalnya, jika video Anda bernama “film.mp4”, beri nama file subtitle menjadi “film.srt”.

Kedua, salin folder yang berisi file video dan subtitle ke dalam penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Android Anda. Pastikan Anda mengetahui lokasi penyimpanannya agar dapat mengaksesnya nanti.

Setelah itu, buka aplikasi pemutar video bawaan di ponsel Android Anda. Pilih video yang ingin Anda tonton dan ketuk opsi untuk memulai pemutaran.

Selanjutnya, ketuk ikon pengaturan atau opsi lainnya yang biasanya terletak di bagian atas atau bawah layar pemutar video. Cari opsi yang berkaitan dengan subtitle atau teks dan aktifkan fitur subtitle.

Terakhir, pilih opsi untuk memilih subtitle dari penyimpanan perangkat Anda. Pilih file subtitle yang sesuai dengan video yang sedang diputar, dan subtitle akan mulai muncul di layar saat video diputar.

Dengan menggunakan file subtitle eksternal, Anda dapat dengan mudah memasang subtitle di Android tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Langkah-langkah ini dapat bervariasi sedikit tergantung pada merk dan model perangkat Android yang Anda gunakan, tetapi konsepnya tetap sama.

Cara 2: Menggunakan Situs Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin repot mencari atau membuat file subtitle sendiri, Anda dapat memanfaatkan situs pihak ketiga yang menyediakan subtitle untuk berbagai video. Beberapa situs populer yang menawarkan subtitle gratis adalah Opensubtitles.org, Subscene.com, dan Addic7ed.com. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka situs subtitle pilihan Anda di browser ponsel Android Anda.

Kedua, cari video atau film yang ingin Anda tonton dan cari subtitle yang sesuai dengan bahasa atau versi video yang Anda miliki. Banyak situs menyediakan fitur pencarian yang memudahkan Anda menemukan subtitle yang tepat.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Reset Android - Mengatasi Masalah di Ponsel Anda

Setelah menemukan subtitle yang cocok, unduh file subtitle ke perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengingat lokasi penyimpanannya.

Selanjutnya, buka aplikasi pemutar video bawaan di ponsel Android Anda atau unduh aplikasi pemutar video yang kompatibel dengan format subtitle yang Anda unduh. Beberapa aplikasi pemutar video yang populer adalah VLC for Android, MX Player, atau BSPlayer.

Pilih video yang ingin Anda tonton di aplikasi pemutar video dan pastikan video tersebut terletak di penyimpanan perangkat Anda.

Ketuk ikon pengaturan atau opsi lainnya di layar pemutar video dan cari opsi yang berkaitan dengan subtitle atau teks. Aktifkan fitur subtitle dan cari opsi untuk memilih subtitle dari penyimpanan perangkat.

Pilih file subtitle yang telah Anda unduh dan subtitle akan mulai muncul di layar saat video diputar.

Dengan menggunakan situs pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengunduh subtitle untuk video atau film yang ingin Anda tonton di ponsel Android Anda. Pastikan untuk menggunakan situs terpercaya dan memilih subtitle yang sesuai dengan bahasa atau versi video yang Anda miliki.

Cara 3: Menggunakan Editor Teks di Ponsel Android

Jika Anda ingin lebih kreatif dan memiliki kontrol penuh atas subtitle yang akan Anda pasang, Anda dapat menggunakan editor teks di ponsel Android Anda untuk membuat dan memasang subtitle secara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, pastikan Anda memiliki editor teks yang terinstal di ponsel Android Anda. Beberapa aplikasi editor teks populer adalah Jota+ Text Editor, QuickEdit Text Editor, atau Notepad.

Buka aplikasi editor teks dan buat file teks baru. Anda dapat memberikan nama file subtitle sesuai dengan nama video yang ingin Anda tonton.

Di dalam file teks, masukkan teks subtitle secara berurutan sesuai dengan waktu munculnya di video. Format waktu biasanya menggunakan format jam:menit:detik,milidetik – jam:menit:detik,milidetik. Misalnya, “00:00:10,000 – 00:00:15,000”.

Tulis teks subtitle di bawah format waktu. Pastikan untuk memberikan jeda antara satu teks subtitle dengan teks subtitle lainnya.

Simpan file teks dan pindahkan ke penyimpanan perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengingat lokasi penyimpanannya.

Buka aplikasi pemutar video bawaan di ponsel Android Anda atau unduh aplikasi pemutar video yang mendukung subtitle.

Pilih video yang ingin Anda tonton di aplikasi pemutar video dan pastikan video tersebut terletak di penyimpanan perangkat Anda.

Ketuk ikon pengaturan atau opsi lainnya di layar pemutar video dan cari opsi yang berkaitan dengan subtitle atau teks. Aktifkan fitur subtitle dan cari opsi untuk memilih subtitle dari penyimpanan perangkat.

Pilih file teks subtitle yang telah Anda buat dan simpan di perangkat Android Anda. Subtitle akan muncul di layar saat video diputar.

Dengan menggunakan editor teks di ponsel Android, Anda dapat membuat subtitle dengan kontrol penuh sesuai keinginan Anda. Meskipun memerlukan sedikit usaha ekstra untuk membuat subtitle secara manual, ini adalah cara yang efektif jika Anda ingin mengatur teks subtitle dengan lebih detail.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Cara 4: Menggunakan Fitur Subtitle di Aplikasi Pemutar Video

Banyak aplikasi pemutar video di ponsel Android memiliki fitur bawaan untuk memasang subtitle. Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan fitur subtitle di aplikasi pemutar video:

Pertama, unduh dan instal aplikasi pemutar video yang mendukung fitur subtitle. Beberapa contoh aplikasi pemutar video yang populer adalah VLC for Android, MX Player, atau BSPlayer.

Buka aplikasi pemutar video dan pilih video yang ingin Anda tonton. Pastikan video tersebut terletak di penyimpanan perangkat Android Anda.

Pada layar pemutar video, cari ikon pengaturan atau opsi lainnya yang terkait dengan subtitle atau teks. Biasanya, ikon ini berbentuk tanda T atau tulisan CC.

Ketuk ikon pengaturan subtitle dan aktifkan fitur subtitle di aplikasi pemutar video.

Pilih opsi untuk memilih subtitle dari penyimpanan perangkat. Beberapa aplikasi pemutar video akan secara otomatis mendeteksi file subtitle yang cocok dengan video yang diputar.

Pilih file subtitle yang sesuai dengan video yang Anda tonton, dan subtitle akan muncul di layar saat video diputar.

Pastikan untuk mengatur preferensi subtitle seperti ukuran teks, gaya, atau posisi tampilan sesuai dengan keinginan Anda melalui opsi pengaturan yang tersedia di aplikasi pemutar video.

Dengan menggunakan fitur subtitle di aplikasi pemutar video, Anda dapat dengan mudah memasang dan mengontrol subtitle di ponsel Android Anda tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan atau file subtitle eksternal.

Cara 5: Menggunakan Fitur Subtitle di Layanan Streaming

Jika Anda sering menonton video melalui layanan streaming seperti Netflix, YouTube, atau Disney+, Anda akan senang mengetahui bahwa banyak layanan ini menyediakan fitur subtitle bawaan. Anda dapat mengaktifkan subtitle langsung dari aplikasi streaming tersebut tanpa perlu repot mencari atau memasang subtitle secara manual. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

Buka aplikasi layanan streaming yang Anda gunakan di ponsel Android Anda dan masuk ke akun Anda.

Cari dan pilih video atau film yang ingin Anda tonton melalui layanan streaming.

Pada layar pemutaran video, cari ikon pengaturan atau opsi lainnya yang terkait dengan subtitle atau teks. Biasanya, ikon ini berbentuk tanda T atau tulisan CC.

Ketuk ikon pengaturan subtitle dan aktifkan fitur subtitle di aplikasi streaming.

Pilih bahasa subtitle yang diinginkan. Beberapa layanan streaming juga menawarkan pilihan gaya dan ukuran teks subtitle yang dapat disesuaikan.

Pada beberapa layanan streaming, Anda juga dapat menyesuaikan posisi dan tampilan subtitle melalui pengaturan yang tersedia di aplikasi.

Setelah mengatur preferensi subtitle, mulai pemutaran video dan subtitle akan muncul di layar secara otomatis.

Jika Anda menggunakan layanan streaming yang mendukung banyak bahasa, pastikan untuk memilih bahasa subtitle yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa layanan streaming bahkan menawarkan opsi subtitle bahasa asing untuk pengalaman menonton yang lebih luas.

Dengan menggunakan fitur subtitle di layanan streaming, Anda dapat menikmati video dengan subtitle tanpa perlu repot mencari atau memasang subtitle secara manual. Pastikan untuk memanfaatkan fitur ini saat menonton konten favorit Anda melalui aplikasi streaming di ponsel Android.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Merubah Subtitle Inggris ke Indonesia di Android

Cara 6: Menggunakan Aplikasi Subtitle Player

Jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih khusus dan lengkap dalam memasang dan mengontrol subtitle di ponsel Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pemutar video yang dilengkapi dengan fitur subtitle player. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengatur subtitle dengan lebih detail, termasuk sinkronisasi waktu, gaya teks, dan penyesuaian tampilan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, unduh dan instal aplikasi subtitle player yang tersedia di Google Play Store. Beberapa contoh aplikasi populer adalah VLC for Android, MX Player, atau BSPlayer.

Buka aplikasi subtitle player dan pilih video yang ingin Anda tonton. Pastikan video tersebut terletak di penyimpanan perangkat Android Anda.

Pada layar pemutar video, cari ikon pengaturan atau opsi lainnya yang terkait dengan subtitle atau teks.

Ketuk ikon pengaturan subtitle dan aktifkan fitur subtitle di aplikasi subtitle player.

Pilih opsi untuk memilih subtitle dari penyimpanan perangkat. Beberapa aplikasi subtitle player akan mendeteksi file subtitle yang cocok dengan video yang diputar secara otomatis.

Pilih file subtitle yang sesuai dengan video yang Anda tonton, dan subtitle akan muncul di layar saat video diputar.

Dalam aplikasi subtitle player, Anda juga dapat melakukan penyesuaian lebih lanjut, seperti sinkronisasi waktu subtitle dengan video, penyesuaian gaya teks, dan tampilan subtitle.

Simpan preferensi pengaturan subtitle untuk digunakan pada pemutaran video selanjutnya.

Dengan menggunakan aplikasi subtitle player, Anda dapat memasang dan mengontrol subtitle dengan lebih fleksibel dan detail. Anda dapat menyesuaikan sinkronisasi waktu, gaya teks, dan tampilan subtitle sesuai dengan keinginan Anda. Aplikasi subtitle player memberikan Anda kontrol penuh atas pengalaman menonton dengan subtitle di ponsel Android.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi 6 cara unik untuk memasang subtitle di Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Mulai dari memanfaatkan subtitle yang terdapat dalam file video, menggunakan situs pihak ketiga, hingga aplikasi subtitle player, setiap metode memberikan Anda fleksibilitas dan kemudahan dalam menikmati konten audiovisual dengan subtitle.

Perlu diingat bahwa memasang subtitle dapat meningkatkan pengalaman menonton Anda dengan memahami dialog dan konten yang disajikan. Subtitle memungkinkan Anda untuk menikmati video atau film dalam bahasa yang Anda pahami atau membantu dalam memahami aksen atau logat yang mungkin sulit dipahami.

Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda ingin menggunakan subtitle yang telah ada dalam file video, pastikan untuk memilih video yang menyediakan subtitle dalam bahasa yang Anda inginkan. Jika Anda lebih suka menggunakan situs pihak ketiga, pastikan untuk menggunakan situs yang tepercaya dan memilih subtitle yang sesuai dengan video Anda. Jika Anda ingin mengontrol subtitle dengan lebih detail, aplikasi subtitle player adalah pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan metode yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat menikmati konten audiovisual di ponsel Android dengan subtitle yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat menonton!