6 Cara Membuat Instagram Hitam di Android

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang sangat populer saat ini. Dengan jutaan pengguna di seluruh dunia, Instagram menyediakan beragam fitur dan tampilan yang menarik untuk pengguna. Salah satu fitur yang banyak diminati adalah tema gelap atau dark mode yang dapat membuat tampilan Instagram menjadi lebih elegan dan nyaman bagi mata pengguna.

Meskipun Instagram telah menyediakan tema gelap di aplikasi versi terbaru, belum semua pengguna dapat mengaksesnya, terutama bagi pengguna Android yang menggunakan versi aplikasi yang lebih lama atau perangkat yang tidak mendukung tema gelap secara otomatis. Namun, jangan khawatir, karena Anda masih dapat membuat Instagram Anda menjadi hitam di perangkat Android Anda dengan beberapa cara sederhana. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 6 cara untuk membuat Instagram hitam di Android.

Cara Membuat Instagram Hitam di Android

1: Mengaktifkan Tema Gelap di Pengaturan Android

Cara pertama untuk membuat Instagram hitam di Android adalah dengan mengaktifkan tema gelap di pengaturan Android Anda. Beberapa perangkat Android memiliki opsi tema gelap yang dapat diterapkan pada seluruh sistem operasi, termasuk aplikasi pihak ketiga seperti Instagram. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tema gelap di pengaturan Android:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih Display atau Tampilan.
  3. Cari opsi Tema atau Tema Gelap.
  4. Aktifkan opsi Tema Gelap.

Setelah tema gelap diaktifkan di pengaturan Android Anda, Instagram akan mengikuti tema gelap yang diatur di perangkat Anda, dan tampilan Instagram Anda akan menjadi hitam.

đź”´ BACA JUGA:  Hp Android Murah Bisa Wa: Pilihan Tepat untuk Pengguna yang Ingin Hemat

2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kedua untuk membuat Instagram hitam di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda unduh di Google Play Store yang dapat mengubah tampilan Instagram menjadi tema gelap. Anda dapat mencari aplikasi seperti “Dark Mode for Instagram” atau “InstaXtreme” dan mengikuti petunjuk instalasi untuk mengaktifkan tema gelap di Instagram.

Beberapa aplikasi pihak ketiga juga memiliki fitur tambahan, seperti memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan Instagram Anda menjadi hitam pada jam-jam tertentu atau mengatur tema gelap hanya untuk Instagram tanpa mengubah tema sistem operasi pada perangkat Android Anda.

3: Menggunakan Aplikasi Khusus Tema Gelap

Cara ketiga untuk membuat Instagram hitam di Android adalah dengan menggunakan aplikasi khusus tema gelap. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk mengubah tema seluruh sistem operasi Android menjadi gelap, termasuk aplikasi Instagram. Salah satu aplikasi populer untuk hal ini adalah “Substratum” yang memungkinkan Anda menginstal tema gelap yang dapat diterapkan pada Instagram dan aplikasi lainnya di perangkat Android Anda.

Untuk menggunakan aplikasi Substratum, Anda perlu mengunduh aplikasi Substratum di Google Play Store dan mengikuti panduan instalasi yang diberikan. Setelah aplikasi Substratum terinstal, Anda dapat mencari tema gelap yang kompatibel dengan Instagram dan menginstalnya melalui aplikasi Substratum. Setelah tema gelap diaktifkan, Anda dapat melihat perubahan tema menjadi hitam di Instagram dan aplikasi lain yang didukung.

4: Menggunakan Pengaturan Aplikasi Instagram

Cara keempat untuk membuat Instagram hitam di Android adalah dengan menggunakan pengaturan aplikasi Instagram sendiri. Instagram memiliki pengaturan bawaan yang memungkinkan Anda mengubah tema aplikasi menjadi gelap tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga atau mengganti tema sistem operasi Android. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tema gelap di aplikasi Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda.
  2. Masuk ke profil Anda dengan mengklik ikon profil di pojok kanan bawah layar.
  3. Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.
  4. Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan atau Settings.
  5. Pilih Tema atau Theme.
  6. Pilih opsi Tema Gelap atau Dark Theme.
đź”´ BACA JUGA:  10 Cara Live Streaming Game YouTube di Android

Setelah Anda mengaktifkan tema gelap di pengaturan aplikasi Instagram, tampilan Instagram Anda akan berubah menjadi hitam.

5: Menggunakan Pengaturan Aksesibilitas

Cara kelima untuk membuat Instagram hitam di Android adalah dengan menggunakan pengaturan aksesibilitas di perangkat Anda. Pengaturan aksesibilitas memungkinkan Anda mengubah tampilan aplikasi menjadi tema gelap secara global tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tema gelap di Instagram melalui pengaturan aksesibilitas:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih Aksesibilitas atau Accessibility.
  3. Cari opsi Tema atau Tema Gelap.
  4. Aktifkan opsi Tema Gelap.

Setelah Anda mengaktifkan tema gelap melalui pengaturan aksesibilitas, tampilan Instagram Anda akan menjadi hitam.

6: Menggunakan Mode Pengembang

Cara keenam untuk membuat Instagram hitam di Android adalah dengan menggunakan mode pengembang di perangkat Anda. Mode pengembang adalah fitur yang tersembunyi di perangkat Android yang memungkinkan pengguna mengakses pengaturan lanjutan dan opsi yang tidak tersedia secara langsung di pengaturan bawaan. Dalam mode pengembang, Anda dapat mengubah tampilan tema sistem operasi Android menjadi gelap, termasuk tema di aplikasi Instagram. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tema gelap di Instagram melalui mode pengembang:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Tentang Telepon atau About Phone.
  3. Cari opsi Nomor Bangunan atau Build Number.
  4. Klik opsi Nomor Bangunan sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan mode pengembang. Anda akan menerima notifikasi bahwa Anda telah masuk ke mode pengembang.
  5. Kembali ke Pengaturan dan pilih Opsi Pengembang atau Developer Options yang sekarang sudah muncul di menu pengaturan.
  6. Cari opsi Tema atau Tema Sistem.
  7. Pilih opsi Tema Gelap atau Dark Theme.

Setelah Anda mengaktifkan tema gelap melalui mode pengembang, tampilan Instagram Anda akan menjadi hitam.

đź”´ BACA JUGA:  10 Cara Merubah Emoji Android Menjadi iPhone

Kesimpulan

Demikianlah 6 cara membuat Instagram hitam di Android. Anda dapat memilih salah satu dari cara-cara di atas sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dari menggunakan mode malam bawaan, pengaturan tema gelap pada perangkat Android, aplikasi tema gelap pihak ketiga, pengaturan aplikasi Instagram, pengaturan aksesibilitas, hingga menggunakan mode pengembang, semua cara tersebut dapat membantu Anda mengubah tampilan Instagram menjadi gelap yang lebih nyaman untuk mata dan memberikan pengalaman pengguna yang berbeda.

Namun, perlu diingat bahwa pengaturan tema gelap hanya berlaku pada aplikasi Instagram itu sendiri dan tidak mempengaruhi tema sistem operasi Android secara keseluruhan. Selain itu, beberapa cara mungkin memerlukan instalasi aplikasi pihak ketiga atau mengaktifkan mode pengembang yang dapat mempengaruhi kinerja atau keamanan perangkat Android Anda. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dalam mengikuti langkah-langkah dan pastikan untuk mengamati perubahan yang terjadi pada perangkat Anda setelah mengaktifkan tema gelap.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna dan membantu Anda dalam mengubah tema Instagram menjadi gelap di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!