7 Cara Download YouTube di Android

YouTube telah menjadi platform streaming video terbesar di dunia. Banyak pengguna yang ingin menyimpan video favorit mereka ke perangkat Android untuk ditonton secara offline. Namun, YouTube sendiri tidak menyediakan fitur unduhan langsung di aplikasinya. Tapi jangan khawatir, di artikel ini, kami akan membagikan 7 cara unik untuk mendownload video YouTube di perangkat Android Anda. Jadi, jika Anda ingin menikmati konten YouTube tanpa koneksi internet, teruslah membaca!

Cara Download YouTube di Android

1. Menggunakan Aplikasi Resmi YouTube Premium

Salah satu cara terbaik untuk mengunduh video YouTube di perangkat Android adalah dengan menggunakan aplikasi resmi YouTube Premium. Dengan berlangganan layanan ini, Anda tidak hanya bisa menikmati konten YouTube tanpa iklan, tetapi juga dapat mengunduh video ke perangkat Android Anda secara langsung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, unduh aplikasi YouTube Premium dari Google Play Store dan pasang di perangkat Android Anda.
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka YouTube Premium dan login menggunakan akun Google Anda.
  3. Pilih video yang ingin Anda unduh, kemudian tap pada ikon unduhan yang terletak di bawah video.
  4. Anda dapat memilih kualitas video yang ingin diunduh, lalu tap “Unduh”.
  5. Video akan diunduh dan tersedia di perpustakaan unduhan di aplikasi YouTube Premium.

Dengan menggunakan YouTube Premium, Anda dapat dengan mudah mengunduh video favorit Anda dan menikmatinya kapan pun tanpa koneksi internet.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin berlangganan YouTube Premium atau mencari alternatif lain, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh video YouTube di perangkat Android. Berikut ini beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba:

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Membuka Situs yang Diblokir tanpa Aplikasi di Android

a. VidMate: VidMate adalah salah satu aplikasi pengunduh video terbaik yang tersedia untuk Android. Selain YouTube, aplikasi ini juga mendukung unduhan dari berbagai platform streaming video lainnya.

b. Snaptube: Snaptube adalah aplikasi lain yang populer untuk mengunduh video dari YouTube. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, Anda dapat dengan cepat mengunduh video dalam berbagai kualitas.

c. TubeMate: TubeMate juga merupakan pilihan yang bagus untuk mengunduh video YouTube di perangkat Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai opsi pengunduhan dan format video yang berbeda.

Meskipun menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda mendownload dari sumber yang terpercaya dan berhati-hati terhadap iklan atau tautan yang tidak diinginkan.

3. Menggunakan Konversi Video Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan layanan konversi video online untuk mengunduh video YouTube. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi salah satu layanan konversi video online seperti SaveFrom.net atau KeepVid.com.

b. Salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, kemudian tempelkan di kotak yang disediakan di situs web konversi video.

c. Pilih format dan kualitas video yang diinginkan, lalu tap “Unduh” atau “Convert”.

d. Tunggu hingga proses konversi selesai, dan Anda akan diberikan opsi untuk mengunduh video tersebut.

Perlu diingat bahwa beberapa layanan konversi video online mungkin menyertakan iklan atau batasan tertentu. Pastikan Anda menggunakan layanan yang terpercaya dan waspada terhadap tautan atau iklan yang mencurigakan.

4. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Offline YouTube

YouTube juga menyediakan fitur penyimpanan offline di aplikasinya, yang memungkinkan pengguna mengunduh video dan menontonnya tanpa koneksi internet. Berikut ini cara menggunakan fitur ini:

a. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan cari video yang ingin Anda unduh.

b. Di bawah video, tap pada ikon unduhan yang muncul seperti panah menghadap ke bawah.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Struk SPBU dengan Android

c. Anda akan diberikan pilihan kualitas video yang tersedia untuk diunduh. Pilih kualitas yang diinginkan.

d. Tap “Unduh” dan tunggu hingga video selesai diunduh.

e. Video yang diunduh akan tersedia di bagian “Video Saya” di aplikasi YouTube.

Fitur penyimpanan offline ini memungkinkan Anda mengunduh video secara legal dan menikmatinya tanpa koneksi internet. Namun, perlu diingat bahwa video yang diunduh hanya dapat ditonton di dalam aplikasi YouTube dan tidak bisa dipindahkan ke perangkat lain.

5. Menggunakan Aplikasi Downloader Browser

Beberapa browser di perangkat Android juga menyediakan fitur pengunduhan video yang memudahkan pengguna untuk mengunduh video langsung dari situs web YouTube. Berikut adalah contoh penggunaan aplikasi downloader browser:

a. Unduh dan pasang aplikasi downloader browser seperti UC Browser atau Google Chrome di perangkat Android Anda.

b. Buka browser tersebut dan arahkan ke situs web YouTube.

c. Cari video yang ingin Anda unduh dan putar video tersebut.

d. Akan muncul ikon unduhan di pojok layar. Tap ikon tersebut dan pilih kualitas video yang diinginkan.

e. Video akan mulai diunduh dan tersimpan di perangkat Android Anda.

Fitur ini memungkinkan Anda mengunduh video langsung dari situs web YouTube tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa situs web YouTube mungkin memiliki kebijakan yang melarang pengunduhan video, jadi gunakan fitur ini dengan bijak.

6. Menggunakan Aplikasi Download Manager

Aplikasi Download Manager adalah solusi lain untuk mengunduh video YouTube di perangkat Android Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengelola dan mengunduh berbagai jenis file, termasuk video. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Unduh dan pasang aplikasi Download Manager seperti Advanced Download Manager (ADM) atau Internet Download Manager (IDM) di perangkat Android Anda.

b. Buka aplikasi Download Manager tersebut dan konfigurasikan pengaturan sesuai preferensi Anda.

c. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda dan temukan video yang ingin Anda unduh.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio

d. Putar video tersebut dan akan muncul opsi untuk mengunduh dengan aplikasi Download Manager yang Anda instal.

e. Pilih opsi unduhan, seperti kualitas video dan lokasi penyimpanan, lalu tap “Unduh”.

f. Video akan mulai diunduh dan akan tersedia di folder yang ditentukan di aplikasi Download Manager.

Aplikasi Download Manager dapat meningkatkan kecepatan unduhan dan memberikan lebih banyak kontrol dalam mengelola file yang diunduh. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang terpercaya dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Menggunakan Fitur Unduh Video di Aplikasi YouTube Alternatif

Di samping aplikasi YouTube resmi, ada juga aplikasi YouTube alternatif yang menawarkan fitur unduhan video di dalam aplikasinya. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah NewPipe, OGYouTube, dan YouTube Vanced. Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

a. Unduh dan pasang salah satu aplikasi YouTube alternatif di perangkat Android Anda.

b. Buka aplikasi tersebut dan login menggunakan akun Google Anda (jika diperlukan).

c. Cari video yang ingin Anda unduh dan buka video tersebut.

d. Di bawah video, akan ada opsi unduhan yang dapat Anda pilih.

e. Pilih kualitas video yang diinginkan, lalu tap “Unduh”.

f. Video akan diunduh dan tersedia di perangkat Android Anda.

Aplikasi YouTube alternatif ini dapat memberikan fitur unduhan video yang tidak tersedia di aplikasi YouTube resmi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat melanggar kebijakan dan syarat penggunaan YouTube. Gunakan aplikasi ini dengan pertimbangan dan risiko Anda sendiri.

Penutup

YouTube adalah platform streaming video yang sangat populer di seluruh dunia. Namun, ada saat-saat ketika Anda ingin menonton video di YouTube tanpa koneksi internet, atau ingin menyimpan video favorit Anda ke perangkat Android untuk ditonton kapan saja. Beruntungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video YouTube di perangkat Android Anda. Dalam artikel ini, kami telah membagikan 7 cara unik yang dapat Anda gunakan. Jadi, selamat mencoba!