google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

7 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak tanpa Memformat di Android

Selamat datang di artikel kami yang membahas tentang cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa harus memformat di perangkat Android. Kartu memori adalah perangkat penyimpanan yang umum digunakan pada ponsel cerdas, kamera, dan perangkat elektronik lainnya. Namun, terkadang kartu memori dapat mengalami kerusakan yang membuat data di dalamnya sulit diakses. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan 7 metode yang dapat Anda coba untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa perlu memformatnya. Simak terus artikel ini untuk mengetahui solusinya!

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak tanpa Memformat di Android

1. Membersihkan Kontak Kartu Memori

Salah satu masalah umum yang dapat menyebabkan kartu memori rusak adalah kotoran atau debu yang menempel pada kontaknya. Kontak yang tidak bersih dapat mengganggu koneksi antara kartu memori dan perangkat yang mengaksesnya. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, matikan perangkat Android Anda dan keluarkan kartu memori dari slotnya. Periksa kontak kartu memori dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Jika ada, Anda dapat menggunakan kain bersih atau cotton bud yang dibasahi dengan sedikit alkohol isopropil untuk membersihkannya dengan lembut. Pastikan untuk tidak menggores atau merusak kontak kartu memori saat membersihkannya.
  • Setelah membersihkan kontak kartu memori, biarkan beberapa saat hingga alkohol mengering sepenuhnya. Setelah itu, masukkan kembali kartu memori ke slotnya dengan hati-hati. Nyalakan perangkat Android dan periksa apakah masalah kartu memori rusak sudah teratasi. Jika masih ada masalah, lanjutkan ke metode berikutnya.

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika kartu memori Anda rusak dan Anda tidak dapat mengakses data di dalamnya, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Unduh dan instal aplikasi pemulihan data yang dapat digunakan di perangkat Android Anda.
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih kartu memori yang rusak sebagai sumber pemulihan data.
  • Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, misalnya foto, video, atau dokumen.
  • Mulai proses pemulihan data dan tunggu hingga selesai. Proses ini mungkin membutuhkan waktu tergantung pada ukuran dan kondisi kartu memori.
  • Setelah pemulihan selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file yang berhasil dipulihkan. Anda dapat memilih file-file tersebut dan menyimpannya ke perangkat Android Anda.
  • Dengan menggunakan aplikasi pemulihan data, Anda memiliki peluang untuk mengambil kembali data yang ada di kartu memori yang rusak. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua data dapat dipulihkan dan hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan kartu memori.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Animasi Bergerak di Android

3. Menggunakan Command Prompt di Windows

Jika Anda memiliki akses ke komputer dengan sistem operasi Windows, Anda dapat mencoba menggunakan Command Prompt untuk memperbaiki kartu memori yang rusak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hubungkan kartu memori ke komputer menggunakan adaptor kartu memori.
  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  • Ketik “chkdsk /X /f [drive letter]:” di Command Prompt. Pastikan untuk mengganti “[drive letter]” dengan huruf drive yang sesuai dengan kartu memori Anda, misalnya “D:”.
  • Tekan Enter dan biarkan Command Prompt melakukan proses pemeriksaan dan perbaikan pada kartu memori.
  • Setelah proses selesai, coba akses kartu memori melalui File Explorer dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.
  • Perlu diingat bahwa menggunakan Command Prompt untuk memperbaiki kartu memori dapat menghilangkan beberapa file yang rusak atau korup. Pastikan untuk membuat salinan cadangan data penting sebelum mencoba metode ini.

4. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Kartu Memori

Ada beberapa aplikasi pemulihan kartu memori yang dapat Anda temukan secara online. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformatnya. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pemulihan kartu memori:

  • Unduh dan instal aplikasi pemulihan kartu memori yang dapat digunakan di perangkat Android Anda.
  • Buka aplikasi tersebut dan pilih kartu memori yang rusak sebagai sumber pemulihan.
  • Pilih opsi pemulihan yang sesuai dengan masalah kartu memori Anda, misalnya pemulihan cepat atau pemulihan mendalam.
  • Mulai proses pemulihan dan tunggu hingga selesai. Pastikan untuk tidak mematikan perangkat atau melepaskan kartu memori selama proses berlangsung.
  • Setelah pemulihan selesai, aplikasi akan menampilkan hasil pemulihan yang berhasil. Anda dapat memeriksa file yang dipulihkan dan memindahkannya ke perangkat Android Anda.
🔴 BACA JUGA:  13 Cara Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD di Android

Penting untuk dicatat bahwa setiap aplikasi pemulihan kartu memori mungkin memiliki fitur dan fungsi yang berbeda. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan yang disediakan oleh aplikasi yang Anda pilih dan ikuti langkah-langkah dengan hati-hati.

5. Menggunakan Perintah Diskpart di Windows

Jika Anda memiliki akses ke komputer dengan sistem operasi Windows, Anda juga dapat menggunakan perintah Diskpart untuk memperbaiki kartu memori yang rusak. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Sambungkan kartu memori ke komputer menggunakan adaptor kartu memori.
  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  • Ketik “diskpart” di Command Prompt dan tekan Enter untuk membuka utilitas Diskpart.
  • Ketik “list disk” dan tekan Enter. Daftar disk yang terhubung ke komputer akan ditampilkan. Perhatikan nomor disk yang sesuai dengan kartu memori Anda.
  • Ketik “select disk [nomor disk]” dan tekan Enter. Pastikan untuk mengganti “[nomor disk]” dengan nomor disk yang sesuai dengan kartu memori Anda.
  • Ketik “attributes disk clear readonly” dan tekan Enter. Perintah ini akan menghapus atribut baca saja pada kartu memori yang dapat menghalangi akses ke data.
  • Setelah proses selesai, keluar dari utilitas Diskpart dengan mengetik “exit” dan tekan Enter.
  • Coba akses kartu memori melalui File Explorer dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.
  • Perlu diingat bahwa menggunakan perintah Diskpart untuk memperbaiki kartu memori membutuhkan kehati-hatian. Pastikan untuk memilih disk yang benar dan berhati-hati saat menggunakan perintah-perintah ini.

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil memperbaiki kartu memori yang rusak, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ditujukan untuk memperbaiki masalah kartu memori. Ada beberapa aplikasi yang tersedia secara online dan dapat diunduh sesuai dengan kebutuhan Anda.
Sebelum menginstal dan menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memastikan keamanan serta kehandalan aplikasi tersebut. Selalu unduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan pastikan untuk memindai dengan antivirus sebelum menginstalnya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Simbol di Keyboard Android

7. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua upaya untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda ambil adalah menghubungi layanan pemulihan data profesional. Ada perusahaan yang khusus menangani pemulihan data dari perangkat penyimpanan yang rusak.
Namun, perlu diingat bahwa layanan pemulihan data profesional biasanya cukup mahal dan prosesnya membutuhkan waktu. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa semua data yang rusak dapat dipulihkan sepenuhnya. Jika data yang ada di kartu memori sangat berharga dan tidak dapat direplikasi, maka mempertimbangkan layanan pemulihan data profesional dapat menjadi pilihan terbaik.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 7 metode yang dapat Anda coba untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa harus memformatnya di perangkat Android. Mulai dari membersihkan kontak kartu memori, menggunakan aplikasi pemulihan data, hingga menggunakan perintah diskpart di Windows. Jika semua upaya tersebut tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan kartu memori atau menghubungi layanan pemulihan data profesional.

Harap diingat bahwa setiap langkah perlu dilakukan dengan hati-hati dan bahwa hasilnya dapat bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan kartu memori. Selalu lakukan salinan cadangan data penting secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dipulihkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa harus memformatnya di perangkat Android.