7 Cara Mengetahui Password WiFi yang Belum Terhubung di Android

Apakah Anda sering berada di suatu tempat dan ingin terhubung ke jaringan WiFi, namun tidak tahu passwordnya? Jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda 7 cara untuk mengetahui password WiFi yang belum terhubung di perangkat Android Anda. Dengan tips dan trik ini, Anda akan dapat terhubung ke jaringan WiFi tanpa harus bertanya kepada pemiliknya. Mari kita mulai!

Cara Mengetahui Password WiFi yang Belum Terhubung di Android

1. Mencoba Password Default

Saat mengatur router WiFi, banyak pemilik tidak mengubah password default yang disediakan oleh produsen. Oleh karena itu, salah satu cara termudah untuk mencoba mengakses jaringan WiFi adalah dengan menggunakan password default. Anda dapat mencari password default untuk merek dan model router tertentu di internet. Jika berhasil, Anda dapat langsung terhubung ke jaringan tersebut.

Namun, ingatlah bahwa penggunaan password default dapat menghadirkan risiko keamanan. Penting untuk mengubah password setelah terhubung ke jaringan tersebut untuk mencegah akses yang tidak sah.

Jika mencoba password default tidak berhasil, ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba.

2. Menggunakan Aplikasi Penemuan Password WiFi

Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda menemukan password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Aplikasi seperti WiFi Map, WiFi Master Key, dan WiFi Password Recovery dapat memindai jaringan WiFi di sekitar Anda dan menampilkan password yang tersimpan di perangkat.

🔴 BACA JUGA:  8 Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen di Android

Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Selain itu, beberapa aplikasi juga dapat menampilkan password WiFi yang tersimpan di perangkat Android yang telah terhubung sebelumnya. Ini bisa menjadi pilihan jika Anda pernah terhubung ke jaringan WiFi tersebut sebelumnya.

3. Menggunakan Command Prompt

Untuk pengguna yang memiliki pengetahuan teknis lebih lanjut, Anda dapat menggunakan Command Prompt di perangkat Android Anda untuk mengetahui password WiFi yang belum terhubung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Buka aplikasi Terminal Emulator atau aplikasi serupa yang memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah shell di perangkat Android.

b. Ketik perintah “su” dan tekan Enter untuk mendapatkan akses root jika perangkat Anda sudah di-root.

c. Ketik perintah “cd /data/misc/wifi” dan tekan Enter untuk mengubah direktori ke tempat penyimpanan informasi jaringan WiFi.

d. Ketik perintah “cat wpa_supplicant.conf” dan tekan Enter untuk melihat file yang berisi informasi jaringan WiFi.

e. Temukan jaringan WiFi yang ingin Anda ketahui passwordnya dan cari baris yang berisi “psk=” di depannya. Di sebelah “psk=”, Anda akan melihat password WiFi yang tersembunyi.

Catatan: Metode ini membutuhkan akses root ke perangkat Android Anda dan pengetahuan teknis yang cukup. Harap berhati-hati saat menggunakan Command Prompt dan pastikan Anda memahami apa yang Anda lakukan.

4. Menggunakan File Konfigurasi WiFi

Pada perangkat Android yang telah di-root, Anda dapat mengakses file konfigurasi WiFi yang berisi informasi tentang jaringan yang pernah terhubung. Dengan menggunakan aplikasi file manager yang mendukung akses root, Anda dapat mencari file bernama “wpa_supplicant.conf” atau “wpa.conf” di direktori sistem perangkat Anda.

Buka file tersebut dengan menggunakan editor teks dan Anda akan menemukan daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung beserta passwordnya yang tersembunyi. Anda dapat mencari jaringan WiFi yang ingin Anda ketahui passwordnya dan mencatatnya untuk digunakan saat terhubung di perangkat lain.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Membuat File Zip di Android

5. Menggunakan Metode WPS

Jika router WiFi yang ingin Anda akses mendukung fitur Wi-Fi Protected Setup (WPS), Anda dapat memanfaatkannya untuk terhubung tanpa memasukkan password. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Buka pengaturan WiFi di perangkat Android Anda.

b. Pilih opsi “WPS Push Button” atau “WPS PIN Entry”, tergantung pada tipe router yang Anda gunakan.

c. Jika Anda memilih “WPS Push Button”, tekan tombol WPS pada router dalam waktu 2 menit setelah memilih opsi tersebut. Perangkat Android Anda akan terhubung ke jaringan WiFi secara otomatis.

d. Jika Anda memilih “WPS PIN Entry”, perangkat Android Anda akan meminta Anda untuk memasukkan PIN WPS. Cari PIN WPS pada router WiFi dan masukkan ke perangkat Android Anda. Jika PIN yang Anda masukkan benar, perangkat Anda akan terhubung ke jaringan WiFi.

Pastikan untuk memeriksa manual router atau mengunjungi situs web produsen untuk mengetahui apakah router Anda mendukung fitur WPS.

6. Menggunakan QR Code

Beberapa router WiFi memiliki opsi untuk menghasilkan QR code yang berisi informasi jaringan WiFi, termasuk passwordnya. Anda dapat menggunakan aplikasi pemindai QR code di perangkat Android Anda untuk memindai QR code tersebut dan secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi.

Cara ini memudahkan Anda untuk terhubung ke jaringan WiFi tanpa harus memasukkan password secara manual.

7. Menggunakan Perangkat Lainnya

Selain menggunakan perangkat Android Anda, ada beberapa perangkat lain yang dapat membantu Anda mengetahui password WiFi yang belum terhubung. Berikut adalah beberapa perangkat yang dapat Anda gunakan:

a. Laptop atau Komputer

Jika Anda memiliki akses ke laptop atau komputer, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti WirelessKeyView (untuk Windows) atau Keychain Access (untuk macOS) untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat tersebut. Caranya adalah dengan membuka aplikasi tersebut dan mencari daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung beserta passwordnya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Layar Android Full Screen

b. Router WiFi Lain

Jika Anda memiliki router WiFi lain yang telah terhubung ke jaringan yang ingin Anda akses, Anda dapat mencoba mengakses pengaturan router tersebut untuk melihat password WiFi yang digunakan. Caranya adalah dengan mengakses alamat IP router melalui browser di perangkat Anda, masuk ke pengaturan administratif, dan mencari opsi untuk melihat atau mengubah password WiFi.

c. Menghubungi Provider Internet

Jika Anda tidak dapat menemukan cara untuk mengetahui password WiFi yang belum terhubung, Anda juga dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda. Mereka mungkin dapat memberikan informasi password WiFi jika Anda adalah pelanggan resmi mereka.

Ingatlah bahwa mencoba mencuri atau mengakses jaringan WiFi tanpa izin adalah tindakan ilegal dan melanggar privasi orang lain. Pastikan untuk menggunakan tips ini hanya untuk jaringan WiFi yang Anda memiliki izin untuk mengakses.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 7 cara untuk mengetahui password WiFi yang belum terhubung di perangkat Android Anda. Mulai dari mencoba password default, menggunakan aplikasi penemuan password WiFi, hingga menggunakan metode teknis seperti Command Prompt dan file konfigurasi WiFi. Kami juga membagikan metode lain seperti menggunakan fitur WPS, QR code, dan perangkat lainnya.

Harap diingat bahwa privasi dan keamanan jaringan WiFi orang lain harus dihormati. Pastikan untuk menggunakan tips ini dengan bijak dan hanya untuk jaringan WiFi yang Anda memiliki izin untuk mengakses. Selamat mencoba menemukan password WiFi yang belum terhubung di sekitar Anda!