7 Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Apakah Anda pernah mengalami masalah di mana Anda tidak dapat menghapus file di perangkat Android Anda? Jika iya, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Android menghadapi masalah serupa di mana mereka tidak dapat menghapus file tertentu, entah itu gambar, video, atau dokumen. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 cara yang efektif untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

1. Mengecek Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin menjadi penyebab utama mengapa Anda tidak dapat menghapus file di Android Anda. Beberapa aplikasi tersebut mungkin memiliki izin khusus yang mencegah penghapusan file. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Pertama, buka Pengaturan pada perangkat Android Anda dan cari opsi “Aplikasi” atau “Pengelola Aplikasi”. Setelah itu, cari aplikasi pihak ketiga yang mungkin berkaitan dengan file yang ingin Anda hapus. Setelah menemukannya, pilih aplikasi tersebut dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Hapus Cache” dan “Hapus Data”. Setelah menghapus cache dan data aplikasi, coba hapus file lagi dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Jika langkah pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi pihak ketiga tersebut secara permanen dari perangkat Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan dan cari opsi “Aplikasi” atau “Pengelola Aplikasi”.

2. Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus dan pilih aplikasi tersebut.

3. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Hapus” atau “Uninstall”.

4. Ketuk opsi tersebut untuk menghapus aplikasi dari perangkat Android Anda.

Setelah menghapus aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan, coba hapus file lagi dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Jika Anda masih tidak dapat menghapus file setelah menghapus aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mencoba cara berikutnya.

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Mencari HP Android yang Hilang

2. Menghapus File melalui Mode Aman

Mode Aman adalah mode di perangkat Android yang hanya memuat aplikasi sistem dan mengabaikan semua aplikasi pihak ketiga yang telah Anda instal. Dalam beberapa kasus, menghapus file yang tidak dapat dihapus di Android dapat dilakukan melalui Mode Aman. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Matikan perangkat Android Anda sepenuhnya.

2. Tekan dan tahan tombol Power sampai muncul menu pilihan.

3. Pada menu pilihan, cari opsi “Mode Aman” atau “Safe Mode”.

4. Ketuk opsi tersebut untuk memasuki Mode Aman.

Setelah perangkat Anda masuk ke Mode Aman, coba hapus file yang tidak dapat dihapus. Mode Aman akan menghilangkan pengaruh aplikasi pihak ketiga yang mungkin menghalangi penghapusan file. Jika Anda dapat menghapus file di Mode Aman, kemungkinan besar ada aplikasi pihak ketiga yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Jika Anda berhasil menghapus file di Mode Aman, Anda dapat mencoba mengidentifikasi aplikasi yang menyebabkan masalah dengan cara menghapus aplikasi pihak ketiga satu per satu dan menguji kembali setiap kali Anda menghapus aplikasi. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan masalah dan menghapusnya secara permanen.

3. Menggunakan Aplikasi Pembersih

Ada banyak aplikasi pembersih yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android. Aplikasi pembersih ini umumnya menawarkan fitur-fitur seperti pembersihan cache, penghapusan file sementara, dan manajemen file yang lebih baik.

Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi pembersih yang terpercaya dari Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, ikuti petunjuknya untuk memindai perangkat Anda dan mencari file yang tidak dapat dihapus. Aplikasi pembersih akan membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus file-file yang tidak dapat dihapus dengan lebih mudah.

4. Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)

ADB atau Android Debug Bridge adalah alat yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan perangkat Android melalui komputer Anda. Dengan menggunakan ADB, Anda dapat memiliki akses lebih lanjut ke perangkat Android Anda, termasuk menghapus file yang mungkin tidak dapat dihapus secara normal.

Untuk menggunakan ADB, Anda perlu menginstal Android SDK di komputer Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Ganti Thumbnail YouTube Lewat Android

1. Buka Command Prompt atau Terminal pada komputer Anda.

2. Hubungkan perangkat Android Anda ke komputer melalui kabel USB.

3. Di Command Prompt atau Terminal, ketik “adb devices” untuk memastikan perangkat Anda terdeteksi.

4. Setelah perangkat terdeteksi, ketik “adb shell” untuk masuk ke shell perangkat Android.

5. Di shell perangkat Android, ketik “rm [nama file]” untuk menghapus file yang tidak dapat dihapus. Gantilah [nama file] dengan nama dan lokasi file yang ingin Anda hapus.

Pastikan Anda berhati-hati saat menggunakan ADB karena Anda dapat menghapus file penting jika Anda tidak berhati-hati. Jika Anda tidak yakin tentang penggunaan ADB, disarankan untuk mencari bantuan dari sumber yang lebih terpercaya atau berkonsultasi dengan ahli Android sebelum menggunakan ADB.

5. Menggunakan Aplikasi File Manager Alternatif

Jika Anda tidak dapat menghapus file melalui aplikasi bawaan perangkat Android, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi file manager alternatif. Aplikasi ini sering kali memiliki fitur yang lebih lengkap dan dapat membantu Anda mengatasi masalah penghapusan file yang tidak dapat dihapus.

Anda dapat mencari aplikasi file manager alternatif di Google Play Store. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memilih aplikasi yang memiliki reputasi baik dan kompatibel dengan perangkat Anda. Setelah menginstal aplikasi tersebut, gunakan fitur pencarian atau navigasi untuk menemukan file yang tidak dapat dihapus dan coba hapus melalui aplikasi tersebut.

6. Menghapus File melalui Komputer

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android melalui komputer. Anda dapat menggunakan kabel USB untuk menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer dan mengakses file melalui File Explorer atau aplikasi pengelola file komputer.

Buka File Explorer di komputer Anda dan cari perangkat Android yang terhubung. Navigasikan ke file yang ingin Anda hapus dan coba hapus file tersebut. Terkadang, menghapus file melalui komputer dapat mengatasi kendala yang mungkin ada di perangkat Android Anda.

Namun, pastikan Anda berhati-hati saat menghapus file melalui komputer dan hanya menghapus file yang Anda yakini tidak penting atau tidak diperlukan. Jika Anda tidak yakin, disarankan untuk mencadangkan file tersebut terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

🔴 BACA JUGA:  Cara Transfer Pulsa yang Aman dan Cepat untuk Tetap Terhubung dengan Orang Terdekat

7. Merefresh Media Storage

Ketika file tidak bisa dihapus di perangkat Android, terkadang masalahnya terletak pada sistem Media Storage yang mengelola file multimedia di perangkat Anda. Anda dapat mencoba merefresh Media Storage untuk mengatasi masalah ini.

Untuk merefresh Media Storage, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Cari opsi “Aplikasi” atau “Pengelola Aplikasi”.

3. Di daftar aplikasi, cari dan pilih “Media Storage”.

4. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

5. Setelah menghapus cache dan data Media Storage, restart perangkat Android Anda.

Setelah perangkat Android Anda menyala kembali, coba hapus file yang sebelumnya tidak bisa dihapus dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 7 cara yang efektif untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android. Mulai dari memeriksa aplikasi pihak ketiga, menggunakan Mode Aman, aplikasi pembersih, ADB, aplikasi file manager alternatif, menghapus file melalui komputer, hingga merefresh Media Storage, Anda memiliki beberapa opsi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini. Penting untuk diingat bahwa setiap perangkat Android mungkin memiliki perbedaan dalam langkah-langkahnya, jadi pastikan untuk menyesuaikan dengan perangkat Anda.

Terkadang, masalah penghapusan file yang tidak bisa dihapus di Android bisa menjadi frustrasi. Namun, dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Penting juga untuk mencadangkan file yang penting sebelum melakukan penghapusan atau percobaan yang lebih lanjut, untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam menghapus file yang tidak bisa dihapus di perangkat Android Anda, disarankan untuk mencari bantuan lebih lanjut dari sumber yang terpercaya, seperti forum pengguna Android atau menghubungi dukungan teknis dari produsen perangkat Android Anda.

Dengan sedikit kesabaran dan dengan mencoba beberapa metode yang disebutkan di atas, Anda dapat mengatasi masalah penghapusan file yang tidak bisa dihapus di perangkat Android Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menghadapi masalah tersebut.